Cara Merekam Layar Hp Xiaomi

Cara merekam layar hp Xiaomi terbilang sangat mudah. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa metode yang bisa kamu pilih. Silakan baca artikel berikut untuk mengetahui apa saja langkah-langkah merekam layar di hp Xiaomi

Hp kini sudah semakin canggih-canggih. Keberadaannya sudah seperti menjadi kebutuhan di era yang sudah serba digital ini. Bagaimana tidak? Sekarang semua aktivitas keseharian banyak membutuhkan bantuan hp, seperti untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui chat atau telfon, belanja online, menonton tutorial memasak, mengirim dokumen, dan lain sebagainya.

Begitu juga halnya dengan merek-merek yang terus bermunculan setiap tahunnya yang menawarkan smartphone dengan segala fitur canggihnya. Maka dari itu, setiap merek hp berlomba-lomba untuk mengeluarkan tipe hp yang bisa menarik minat pembeli, baik itu dari segi tampilan atau fitu-fitur yang ditawarkan.

Salah satu merek hp yang juga banyak memiliki pesaing adalah merek Xiao Mi. Merek ini bisa menawarkan fitur-fitur terbaru tapi dengan harga yang relatif murah dibanding merek lain yang juga memiliki fitur yang sama.

Setiap tahunnya, Xiaomi selalu memperbarui fiturnya. Salah satunya adalah fitur Screen Recorder. Tepatnya pada tahun 2017 di setiap hp keluarannya, Xiaomi sudah melengkapi dengan Screen Recorder karena telah menggunakan MIUI 8 ke atas. Di mana fitur tersebut sudah bisa digunakan tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan lagi.

Tapi, selain kamu menggunakan fitur bawaan untuk merekam layar, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketika yang bisa kamu unduh di Google Play Store.

Untuk langkah-langkahnya sendiri pun terbilang cukup mudah. Mimin akan jelaskan di bawah ini.

Daftar Isi

Terkait:  Cara Mengembalikan Foto yang Hilang

Cara Merekam Layar Hp Xiaomi

Cara Merekam Layar Hp Xiaomi
Cara Merekam Layar Hp Xiaomi

Bagi kamu yang memiliki kebutuhan merekam layar untuk membuat tutorial, merekam saat bermain game, dan lain sebagainya, kamu bisa membaca cara-cara di bawah ini. Mimin sudah merangkum cara-caranya dengan langkah yang paling mudah. Berikut cara merekam layar hp Xiaomi.

Cara Merekam Layar Hp Xiaomi Menggunakan Fitur Bawaan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk merekam layar di hp Xiaomi adalah dengan menggunakan fitur bawaan dari hp Xiaomi itu sendiri. Pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka menu di hp mu, kemudian cari kelompok aplikasi Tools. Biasanya kelompok aplikasi ini sudah tersedia atau sudah dikelompokkan ketika kamu membeli hp Xiaomi. Selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi Screen Recorder
  • Pada halaman awal, kamu akan menumui menu video yang telah diambil, Settings, dan Screen Recorder dengan ikon kamera
  • Jika belum ada video yang diambil, maka pada halaman awal akan muncul tulisan No videos here, tap the button to start recording
  • Klik Settings dengan ikon gerigi yang berada di kanan atas
  • Aturlah resolusi, kualitas video, frame rate, sumber suara, dan opsi tambah
  • Jika sudah, kembali ke halaman awal aplikasi Screen Recording
  • Kemudian klik tombol Screen Recording dengan ikon kamera yang berada di kiri bawah
  • Lalu akan muncul panel Screen Recording yang melayang yang berisi tombol Start dengan ikon bulat merah
  • Silakan buka aplikasi yang akan kamu rekam, lalu klik tombol Start yang melayang
  • Pada panel tersebut akan menampilkan durasi dari aplikasi yang sedang direkam
  • Jika sudah selesai, klik tombol kotak yang berada di angka durasi

Jika kamu sudah selesai merekam, kamu bisa melihat hasilnya di galeri atau aplikasi MIUI Screen Recorder, karena secara otomatis tersimpan di sana. Selain kamu bisa membuka di galeri, kamu juga bisa membukanya di File Manager. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama, buka aplikasi File Manager yang terdapat pada daftar menu aplikasi
  2. Kemudian masuk ke Memori Internal
  3. Lalu buka folder DCIM
  4. Setelah itu, buka folder Screen Recorder
  5. Hasil rekaman layarmu tersimpan di folder ini beserta hasil rekaman layar lainnya
Terkait:  Harga Xiaomi Pocophone F1 Terbaru

Nah itulah cara merekam layar menggunakan fitur bawaan dari Xiaomi. Dengan menggunakan fitur ini, kamu tidak perlu ribet lagi karena tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan lagi.

Cara Merekam Layar Hp Xiaomi Menggunakan Aplikasi

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk merekam layar dengan hp Xiaomi adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketika yang bisa kamu unduh di Google Play Store.

Aplikasi-aplikasi tersebut memang mendukung untuk merekam layar atau screen recorder, khususnya bagi hp yang belum memiliki fitur bawaan perekam layar. Nah, tapi hp yang sudah memiliki fitur perekam layar bawaan tetap masih bisa menggunakan aplikasi-aplikasi ini.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk merekam layar adalah AZ Screen Rrecorder, Mobizen Screen Recorder, X Recorder, Super Screen Recorder, dan lain sebagainya. Namun, mimin hanya akan menjelaskan cara merekam layar menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder dan Mobizen Screen Recoder.

Cara Merekam Layar Hp Xiaomi Menggunakan Aplikasi AZ Screen Recorder

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar pada hp Xiaomi mu adalah AZ Screen Recorder. Berikut langkah-langkah untuk merekam layar menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder.

  • Unduh aplikasi AZ Screen Recorder di Google Play Store
  • Instal dan buka aplikasi tersebut pada hp mu
  • Pada halaman awal kamu akan menemukaan beberapa ikon bulat dengan pilihan untuk merekam, live streaming, dan sebagainya
  • Pilih Opsi Record dan kamu akan diminta untuk mengonfirmasi perekaman layar pada hp mu
  • Proses perekaman pun dimulai
  • Jika sudah dan kamu ingin menghentikan rekaman layar, kamu bisa usap layar dari atas ke bawah dan klik tombol Stop di notifikasi

Itulah cara merekam layar menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder, dan untuk melihat hasil dari rekamanmu sebelumnya, kamu bisa membuka galeri yang ada di hp mu karena video tersebut secara otomatis tersimpan ke galeri.

Terkait:  Cara Merekam Suara di Hp Vivo

Cara Merekam Layar Hp Xiaomi Menggunakan Aplikasi Mobizen Screen Recorder

Aplikasi kedua yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar pada hp Xiaomi mu adalah Mobizen Screen Recorder. Berikut langkah-langkah untuk merekam layar menggunakan aplikasi Mobizen Screen Recorder.

  • Langkah pertama adalah kamu harus mengunduh aplikasi Mobizen Screen Recorder-Record, Capture, Edit di Google Play Store
  • Jika sudah selesai proses pengunduhan, kamu bisa langsung instal aplikasi tersebut
  • Kemudia buka aplikasi
  • Selanjutnya kamu harus mengikuti panduan yang muncul di layar hp mu untuk mengatur pengaturan aplikasi Mobizen
  • Jika sudah, ikon “m” yang melayang akan muncul di bagian kanan layar saat aplikasi diaktifkan
  • Klik ikon “m” kemudian Menu dari aplikasi Mobizen akan terbuka
  • Lalu klik tombol rekam dan akan muncuk pesan konfirmasi yang memberitahukan bahwa layar akan mulai merekam. (Apabila kamu pertama kali menggunakan aplikasi ini, kamu diharuskan untuk mengklik tombol Allow ketika aplikasi meminta izin merekam layar dan menyimpan hasil rekaman ke galerimu)
  • Untuk memulai merekam, klik tombol Start Now, rekamanmu dimulai setelah hitungan mundur
  • Jika perekaman dirasa cukup, klik Berhenti Rekaman

Itulah cara merekam menggunakan aplikasi Mobizen Screen Recorder. Kamu bisa melihat hasilnya di galeri hpmu

Kesimpulan

Nah itulah cara merekam layar hp Xiaomi yang bisa membantu kamu untuk merekam layar. Ikutilah langkah-langkah yang menurutmu paling mudah. Jangan lupa untuk menyiapkan memori yang cukup sebelum kamu mulai merekam, agar kamu bisa merekam secara maksimal tanpa perlu memikirkan memori yang penuh. Selamat Mencoba.

Related posts