Cara Ngereset HP Vivo

Bagaimana cara ngereset hp vivo? Apa saja yang dibutuhkan untuk bisa melakukan reset pada ponsel vivo? Apa yang harus disiapkan dan di perhatikan sebelum melakukan reset pada hp vivo?

Bicara tentang reset ponsel, tentu saja hal ini pernah dilakukan atau menjadi pilihan terakhir para pengguna smartphone ketika mereka mengalami masalah pada ponsel yang digunakan.

Read More

Biasanya, masalah yang kerap muncul pada pengguna ponsel sehingga mereka harus melakukan reset adalah kondisi lag, ataupun lemot ketika membuka aplikasi pada ponsel mereka.

Alhasil opsi terakhir yang bisa dilakukan adalah melakukan reset pada ponsel agar kondisi smartphone kembali seperti baru dan tidak lag seperti sebelumnya.

Tapi selain daripada masalah di atas, tentu saja masalah yang paling bertanggung jawab dalam hal ini adalah error. Karena mungkin saja ada pengguna yang tak sengaja menginstall sembarang aplikasi, yang menyebabkan kerusakan baik pada sistem ataupun fungsi perangkat.

Walaupun begitu, tentu saja efek dari mereset sebuah ponsel ialah kehilangan data, dan juga aplikasi yang sudah terinstall. Jika hal ini terjadi, tentunya pengguna harus melakukan backup terlebih dahulu kepada data-data penting yang tersimpan pada ponsel mereka masing-masing.

Tentu saja untuk masing-masing jenis ponsel memiliki cara dan juga metode yang berbeda untuk melakukan reset untuk kembali ke setelan pabrik atau default.

Salah satunya adalah ponsel Vivo. Jenis ponsel ini memang banyak digunakan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mereka akan gadget.

Tapi kembali lagi, kadang kala juga tak sedikti kok pengguna hp Vivo yang mengalami error ataupun lemot pada ponsel Vivo mereka. Alhasil, mereka memilih untuk melakukan reset pada smartphone yang digunakan.

Daftar Isi

Terkait:  Cara Membersihkan Case HP Berwarna

Cara Ngereset HP Vivo

Cara Ngereset HP Vivo
Cara Ngereset HP Vivo

Itulah mengapa pada artikel ini kita akan mengulas sedikit cara mereset atau melakukan reset pada hp dengan merek Vivo, karena mungkin tidak semua pengguna mengerti tentang bagaimana cara ngereset hp vivo mereka.

Jika kamu juga ingin melakukan hal yang sama, kamu bisa banget nih simak beberapa cara yang sudah mimin rangkum dan siapkan untuk kalian, seperti

Cara Ngereset HP Vivo lewat Pengaturan

Cara pertama yang paling mudah untuk melakukan reset atau kembali ke pengaturan pabrik dari ponsel Vivo adalah dari pengaturan. Karena memang di sini kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk melakukan reset.

Dan caranya juga terbilang mudah kok.

  1. Pastikan ponsel Vivo kalian memiliki daya baterai paling minim 30%
  2. Setelah itu kamu bisa membuka aplikasi Settings atau Pengaturan di smartphone Vivo kalian
  3. Jika sudah masuk ke menu pengaturan, kamu bisa scroll ke bawah dan cari menu System
  4. Pada pengaturan system ini, kamu bisa mencari opsi reset pabrik
  5. Kemudian, kamu akan diminta untuk memasukkan id dari akun Vivo (jika ada) atau juga menjawab pertanyaan apakah kamu ingin melakukan reset pabrik
  6. Pilih saja YA, dan secara otomatis smartphone kamu akan memulai proses resetnya.

Sangat perlu untuk diperhatikan, sebelum kamu melakukan reset pabrik pada ponsel Vivo, tak bosannya mimin ingatkan untuk kamu melakukan backup data terlebih dahulu.

Walaupun cara ini memang tidak ikut serta mereset data di Internal Storage kalian, namun mungkin saja ada beberapa aplikasi yang ikut terhapus ketika proses reset dilakukan.

Cara Ngereset HP Vivo lewat Recovery Mode Bawaan Vivo

Kemudian untuk cara yang kedua kamu bisa memanfaatkan fitur recovery mode yang ada di semua jenis smartphone dengan fitur dan penggunaan yang berbeda.

Terkait:  Cara Menghapus Virus di Android

Salah satunya adalah Vivo. Jenis ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan Recovery Mode yang mana sebenarnya berguna untuk melakukan installasi ketika kamu ingin melakukan root, ataupun menginstall TWRP.

Namun, kamu juga bisa kok melakukan reset pada smartphone Vivo dengan masuk ke mode Recovery Mode. Caranya juga gampang banget

  1. Backup seluruh data kamu untuk berjaga jaga agar tak terjadi hal hal yang tak diinginkan
  2. Setelah itu, pastikan daya baterai ponselmu berada di angka minimum 50%, karena proses ini akan memakan waktu yang cukup lama
  3. Kemudian matikan ponsel kamu dengan menekan tombol power agak lama, dan tunggu beberapa saat
  4. Jika ponsel sudah benar benar dalam keadaan mati, kamu bisa masuk ke Recovery Mode dengan menekan tombol Volume Down + Power secara bersamaan
  5. Tunggu beberapa saat sampai kamu masuk ke Recovery Mode di hp Vivo
  6. Setelah muncul tampilan Recovery Mode, kamu akan menemukan banyak pilihan menu
  7. Karena kita akan ngereset hp Vivo kita, maka opsi yang kamu pilih adalah Wipe Data / Factory Reset
  8. Untuk memilih menu di Recovery Mode, kamu bisa menggunakan volume up untuk ke atas, volume down untuk ke bawah, dan power untuk OK
  9. Tunggu beberapa saat, dan nantinya Recovery Mode akan bekerja untuk melakukan reset pada ponsel kamu
  10. Setelah proses reset selesai, maka kamu bisa langsung pilih pada opsi Reboot untuk kemudian ponsel me-restart ke home screen kalian
  11. Dan selamat, ponsel kamu sudah ter-reset dan kembali seperti baru.

Masih sama seperti cara yang sebelumnya, pada saat menggunakan sebelumnya, mungkin memori internal kamu tidak akan terhapus. Sedangkan, ketika kamu me-reset lewat Recovery Mode, hal ini akan menghapus seluruh data internal kamu. Jadi kembali lagi mimin ingatkan, backup terlebih dahulu data kalian yang sekiranya penting.

Terkait:  Harga Vivo Y93 Terbaru

Cara Ngereset HP Vivo lewat TWRP atau Custom Recovery

Kemudian untuk cara yang terakhir ini sebenarnya agak advanced atau agak menengah. Karena memang biasanya cara ini digunakan oleh pengguna hp Vivo yang sudah biasa melakukan oprek atau tweaking pada ponsel mereka dengan melakukan Root dan menginstall TWRP atau Custom Recovery.

Bahkan tak jarang, para pengguna menggunakan cara ini untuk menginstall Custom ROM baru, untuk menggantikan ROM bawaan dari hp Vivo mereka.

Adapun langkah langkah yang bisa kamu lakukan untuk ngereset hp Vivo lewat TWRP adalah sebagai berikut

  1. Pastikan kamu sudah melakukan backup pada data internal ataupun aplikasi, dan pastikan kamu sudah menginstall TWRP
  2. Setelah itu pastikan juga daya baterai mu berada di angka 50% ke atas
  3. Matikan ponselmu sampai benar benar mati dengan cara shut down
  4. Ketika ponsel sudah mati, masuk ke TWRP mode dengan cara menekan Tombol Power + Volume Down secara bersamaan sampai kamu di bawa masu ke tampilan TWRP
  5. Jika sudah masuk ke mode TWRP, kamu bisa memilih menu Wipe Data
  6. Setelah itu kamu bisa langsung memilih menu Factory Reset yang mirip dengan Recovery bawaan dari Recovery Mode Vivo tadi
  7. Terakhir, kamu tinggal melakukan swipe to format/reset dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Satu perbedaan yang harus kamu tau antara menggunakan Recovery Mode bawaan Vivo dan TWRP adalah, ketika kamu menggunakan TWRP dan melakukan factory reset, data yang ada di Internal Storage tidak akan ikut terhapus. Namun hanya data dari aplikasinya saja. Namun, ingat ya. Do with your own risk.

Dan itulah tadi beberapa cara ngereset hp vivo yang bisa kamu coba, gimana nih kira kira mana yang menurutmu paling mudah? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts