Cara Merekam Suara di Hp Oppo

Cara merekam suara di hp Oppo? Bagaimana caranya? Apa yang harus dilakukan dan apa saja yang dibutuhkan untuk merekam suara? Silakan baca artikel berikut untuk mengetahui cara merekam suara di hp Oppo?

Oppo merupakan salah satu merek ponsel yang cukup terkenal di Indonesia. Setiap tahunnya, Oppo selalu melengkapi hp keluaran terbarunya dengan fitur-fitur canggih yang bisa kamu manfaatkan. Salah satu fitur yang tersedia di hp Oppo yang bisa kamu manfaatkan adalah fitur perekam suara. Tapi, tidak semua mengetahui cara merekam suara di hp Oppo mereka.

Merekam suara adalah kegiatan merekam suara untuk kebutuhan video atau audio. Misalnya perekam suara ini digunakan untuk menambahkan voice over ke video atau merekam suara saat sedang menyanyi, dan lain sebagainya.

Dengan fitur yang tersedia, kamu harus bisa memanfaatkannya. Terutama memanfaatkan fitur perekam suara di hp mu. Kamu bisa merekam suara dengan beberapa metode yang nantinya akan mimin jelaskan di bawah ini.

Cara Merekam Suara di Hp Oppo

Cara Merekam Suara di Hp Oppo
Cara Merekam Suara di Hp Oppo

Nah bagi kamu yang ingin merekam suara di hp Oppo mu, pada artikel ini mimin sudah merangkum cara merekam suara di hp Oppo dengan langkah-langkah yang mudah. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa metode yang bisa kamu pilih, yaitu metode tanpa aplikasi dan metode dengan aplikasi.

Sebelum kamu memulai proses merekam suara, agar hasilnya jernih kamu bisa menggunaka mickofon eksternal tambahan dan juga harus menyiapkan tempat yang sunyi atau jauh dari suara-suara yang bisa mengganggu. Tapi, jika kamu tidak memiliki mikrofon eksternal, kamu juga bisa menggantinya dengan menggunakan headset.  Yuk simak langkah-langkah cara merekam suara di hp Oppo di bawah ini.

Terkait:  Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Cara Merekam Suara di Hp Oppo Menggunakan Fitur Bawaan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk merekam suara di hp Oppo adalah dengan menggunakan fitur atau aplikasi bawaan dari Oppo. Fitur bawaan ini sudah tersedia dan dipasang di hp mu ketika baru pertama membeli hp. Jadi kamu tinggal menggunakannya dan juga kamu tidak perlu repot untuk mengunduh aplikasi tambahan lain.

Jika kamu mencari aplikasi ini, kamu akan menemukannya di menu aplikasi. Berikut langkah-langkah merekam suara di hp Oppo dengan menggunakan fitur bawaan.

  • Buka aplikasi Perekam Suara di menu aplikasi atau kamu bisa mencarinya di fitur pencarian
  • Jika sudah dibuka, tap tombol yang berwarna merah yang biasanya berukuran besar untuk memulai proses merekam audio atau suara
  • Apabila kamu sudah selesai merekam, kamu bisa langsung menekan tombol berwarna merah yang tadi. Jika sudah di tekan, propses perekaman pun dihentikan otomatis
  • Kamu akan diminta untuk memberi nama hasil rekaman suara tadi
  • Kemudian jangan lupa untuk mengklik Simpan
  • Jka sudah selesai diberi nama, hasil rekaman pun sudah tersimpan

Hasil dari rekaman suaramu tadi akan tersimpan dan jika kamu ingin mendengarkan ulang rekaman tersebut, kamu bisa melihatnya di aplikasi perekam suara tersebut. Di sana kamu juga bisa melihat hasil rekaman suara yang telah disimpan lainnya.

Cara Merekam Suara di Hp Oppo Menggunakan Aplikasi

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk merekam suara di hp Oppo adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketika. Aplikasi-aplikasi ini sangat membantu bagi kamu yang ingin merekam suara tapi hp mereka belum mendukung fitur bawaan berupa perekam suara. Tapi, walaupun di hp mu sudah tersedia perekam suara bawaan, aplikasi ini juga masih bisa tetap digunakan.

Terkait:  Cara Download Lulubox APK

Sebenarnya banyak aplikasi-aplikasi pendukung untuk hp, seperti aplikasi Audio Recorder, aplikasi Voice Recorder Pro, Easy Voice Recorder, Voices Recorder & Voice Memos, dan lain sebagainya. Namun, mimin hanya akan menjelaskan cara merekam suara dari dua aplikasi saja.

Biasanya orang merekam suara dengan aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga karena aplikasi-aplikasi tersebut biasanya memiliki fitur yang lengkap, seperti memperbesar hasil audio rekaman, memotong audio rekaman, menghilangkan suara-suara yang mengganggu, dan lain sebagainya.

Nah, maka dari itu yuk kita simak langkah-langkah cara merekam suara di hp Oppo menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Merekam Suara di Hp Oppo Menggunakan Aplikasi Audio Recorder

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk merekam suara adalah menggunakan aplikasi yang bernama Audio Recorder. Pada awalnya aplikasi ini dibuat atau dirancang hanya untuk hp Sony.

Namun, semakin lama aplikasi ini ada. membuat banyak orang tertarik dengan aplikasi ini karena tampilannya yang user friendly. Saat ini, hp Oppo pun sudah bisa menggunakan aplikasi ini. Selain tampilannya yang user friendly, aplikasi ini juga bisa membantumu dengan setiap hasil rekamannya bisa dijadikan sebagai soundcloud loh. Hal ini dikarenakan aplikasi ini dilengkapi dengan fitur canggih untuk mengoptimalkan mesin tambahan dan mikrofon untuk meningkatkan kualitas audio.

Berikut ini akan mimin jelaskan langkah-langkah merekam suara di hp Oppo menggunakan aplikasi Audio Recorder

  • Unduh aplikasi Audio Recorder di Google Play Store
  • Kemudian instal dan buka aplikasi tersebut
  • Ikutilah langkah-langkah yang muncul berupa perizinan untuk mengakses perangkat
  • Untuk mulai merekam, klik Record dengan ikon mikrofon
  • Ketika merekam usahakan jarak antara mulut dan mikrofon adalah 30 cm agar suara lebih jelas dan jernih
  • Jika sudah selesai merekam, klik Stop
Terkait:  Cara Ngelacak Hp Samsung

Nah itulah cara merekam suara di hp Oppo dengan menggunakan aplikasi Audio Recorder. SIlakan ikuti langkah-langkah di atas jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini.

Cara Merekam Suara di Hp Oppo Menggunakan Aplikasi Easy Voice Recorder

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk merekam suara di hp Oppo adalah menggunakan aplikasi Easy Voice Recorder. Aplikasi ini tentu bisa menjaddi alternatif bagi kamu untuk merekam suara. Bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? Caranya sanngat mudah, berikut mimin jelaskan langkah-langkah merekam suara di hp Oppo dengan menggunakan aplikasi Easy Voice Recorder.

  • Langkah pertama adalah kamu harus mengunduh aplikasi Easy Voice Recorder di Google Play Store
  • Instal dan buka aplikasi tersebut di hp kamu
  • Klik tulisan Got it ketika muncul di halaman awal pada layar hp mu
  • Kemudian akan muncul jendela perizinan di mana aplikasi ini meminta izin untuk bisa mengakses perangkat kamu
  • Apabila kamu ingin mulai merekam, klik tombol Record dengan ikon mikrofon
  • Jika suda mulai merekam, usahakan jarak mulut dan hp sekitar 30 cm agar audio yang dihasilkan nanti jernih
  • Selanjutnya jika kamu sudah selesai merekam, klik ikon centang atau ceklis
  • Klik ikon tanda titik dua (:) di bagian pinggir jika kamu ingin mengganti nama, maka klik Rename

Proses rekaman pun sudah selesai, jika hasil rekamanmu masih belum sesuai dengan keinginanmu, silakan melakukan rekaman ulang. Jangan lupa ketika sedang merekam, pastikan tempat tersebut jauh dari suara-suara berisik. Dengan begitu, hasil rekamanmu akan lebih jernih.

Kesimpulan

Itulah cara merekam suara di hp Oppo yang bisa kamu lakukan dengan beberapa metode. Jangan lupa untuk merekam di tempat yang sunyi atau jauh dari keramaian agar hasil rekaman suaramu lebih jernih. Sekian dan selamat mencoba.

Related posts