Cara Menggunakan VPN di iPhone

Cara Pakai VPN di iPhone

Bagaimana cara pakai vpn di iphone? Apa saja sih vpn yang bisa diguanakan secara gratis di iPhone? Mengapa pengguna smartphone saat ini menggunakan VPN?

Bicara soal internet dan juga smartphone, mungkin 2 hal ini merupakan hal yang lekat dan tak bisa lepas dari bagaimana pengguna memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan informasi melalui pencarian google.

Namun tak jarang, saat ini ada banyak sekali para penguna yang mengalami kesulitan ataupun masalah ketika mereka hendak mengakses situs situs ataupun website yang di blokir oleh pemerintah.

Memang sebelumnya hal ini berkaitan erat dengan peraturan pemerintah yang mana mulai memblokir beragam situs yang sekiranya berbahaya ataupun berpotensi menimbulkan kejahatan siber yang merugikan pengguna.

Tapi pada faktanya, saat ini justru ada banyak sekali situs yang sebenarnya tidak berbahaya namun malah terkena blokir oleh provider ISP karena memang mengikuti peraturan pemerintah, salah satunya adalah situs Reddit.

Tentuya hal ini menjadi salah satu penghalang bagi pengguna internet ataupun smartphone yang mungkin ingin bermain ataupun berkunjung ke situs reddit tersebut.

Akhirnya, alih alih membuka situs yang terblokir tadi, kini banyak pengguna smartphone ataupun internet yang berusaha mencari celah daripada hal tersebut.

Salah satunya adalah menggunakan VPN. VPN atau Virtual Private Network sendiri merupakan sebuah layanan dari aplikasi yanag memang membantu pengguna untuk bisa mengakses situs yang di blokir di lokasi Indonesia terutama.

Sistem atau cara kerja dari VPN ini sendiri ialah di mana para pengguna smartphone akan menggunakan koneksi secara virtual untuk lokasi di luar indonesia.

Tentu saja, hal ini menjadi angin segar untuk sebagian pengguna smartphone, terutama iOS atau iPhone. Karena memang cara ini banyak digunakan untuk pengguna bisa mengakses situs yang terblokir tadi.

Cara Menggunakan VPN di iPhone

Cara Menggunakan VPN di iPhone
Cara Menggunakan VPN di iPhone

Tapi sayangnya, walaupun saat ini kita bisa mendownload aplikasi VPN secara gratis di platform aplikasi toko seperti Google Play Store ataupun App Store, pada faktanya tidak semua pengguna mengerti tentang cara menggunakan VPN di iPhone.

Terkait:  Cara Melacak Handphone yang Hilang dengan Email

Namun tak usah khawatir, jika kamu juga mengalami hal yang sama, berikut ini mimin akan membahas sedikit tentang cara penggunaan dari VPN yang bisa kamu terapkan di smartphone iPhone kalian, seperti:

Cara Menggunakan VPN di iPhone lewat Change DNS

Cara pertama yang menurut mimin paling mudah adalah dengan metode change DNS. Cara ini sendiri merupakan sebuah trik yang cukup banyak digunakan pengguna iPhone untuk mengubah alamat DNS pada perangkat iPhone mereka untuk bisa mendapatkan lokasi di luar Indonesia untuk mencegah pemblokiran situs yang dilakukan.

Dan berikut ini adalah cara mengubah DNS yang bisa kamu coba di iPhone kalian

  1. Langkah pertama adalah kamu bisa mengkoneksikan jaringanmu dengan jaringan WiFi yang mungkin mengalami pemblokiran
  2. Setelah itu, kamu bisa masuk ke bagian settings atau pengaturan pada ponesel iPhone kalian
  3. JIka sudah, klik pada menu WiFi
  4. Kemudian kamu bisa klik pada icon (i) pada bagian samping menu WiFi yang terhubung
  5. Lalu scroll ke bagian agak bawah, sampai kamu menemukan menu DNS
  6. Pada menu DNS, kamu bisa mengisinya dengan 8.8.8.8 untuk kolom pertama, dan 8.8.4.4 pada kolom kedua
  7. Jika sudah klik pada tombol Save yang ada di pojok kanan untuk menyimpan perubahan

Setelah itu kamu bisa langsung surfing atau mencoba untuk membuka situs yang terblokir di iPhone baik dari google chrome atau safari. Cara ini sendiri tak jauh beda dengan menggunakan VPN. Sebab, kita mengalihan DNS yang terblokir di Indonesia, dengan menggantinya menggunakan DNS Google.

Cara Menggunakan VPN di iPhone dengan Turbo VPN

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa menggunakan aplikasi VPN yang memang tersedia di App Store pada perangkat iPhone. Dan VPN yang di sarankan di sini ialah Turbo VPN. Sebab aplikasi VPN ini sudah cukup terkenal dan banyak digunakan oleh pengguna smartphone baik itu Android ataupun iOS.

Terkait:  Cara Agar Baterai iPhone Awet: 17 Tips yang Wajib Kamu Tahu

Dan cara penggunannya juga cukup mudah.

  1. Silakan kamu buka aplikasi App Store di iPhone kalian
  2. Setelah itu kamu bisa mengetikkan kata kunci Turbo VPN  di kolom pencarian App Store
  3. Kemudian jika sudah ketemu, kamu bisa langsung klik pada tombol GET untuk memulai proses download dan installnya
  4. Jika sudah, tunggu sampai prosesnya selesai
  5. Setelah selesai kamu bisa langsung membuka aplikasi Turbo VPN di home screen iPhone kalian
  6. Untuk memilih lokasi, kamu bisa mengklik pada bagian pojok kanan atas dan memilih lokasi yang kamu inginkan
  7. Jika sudah, klik pada tombol atau icon wortel untuk memulai koneksi VPN di perangkat iPhone kalian masing-masing
  8. Selesai

Dalam beberapa kasus, mungkin pengguna iPhone akan melihat iklan yang muncul karena memang aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dengan iklan. Jika kamu ingin menghilangkan iklan tersebut, kamu harus melakukan pembelian aplikasi terlebih dahulu.

Cara Menggunakan VPN di iPhone dengan Express VPN

Kemudian untuk aplikasi yang kedua, kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi dari Express VPN. Aplikasi ini cukup powerfull dari segi lokasi dan juga kecepatan internet yang ditawarkan provider VPN. Walaupun memang aplikasi ini berbayar, kamu tetap bisa menggunakan masa trial untuk mengaksess VPN nya kok.

Caranya

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Express VPN dari layanan App Store di iPhone kalian
  2. Setelah itu kamu bisa menunggu sampai proses installasinya selesai
  3. Jika sudah kamu bisa langsung membuka Express VPN yang sudah terinstall tadi dan kemudian melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk bisa menikmati layanan trial Express VPN tadi
  4. Setelah berhasil kamu bisa langsung memilih lokasi yang tersedia di Express VPN (terbatas)
  5. Langkah terakhir adalah kamu bisa langsung mengklik pada tombol connect untuk menghubungkan VPN di perangkat iPhone kalian
  6. Selesai.
Terkait:  Cara Menggunakan VPN Turbo

Biasanya, untuk masa trial dari Express VPN ini hanya berlaku sekitar 7 hari saja. Namun setelah masa trial habis, kamu bisa menggunakan email lain untuk melakukan pendaftaran dan mendapatkan trial lagi selama 7 hari. Namun jika kamu merasa nyaman dengan layanan Express VPN, kamu bisa melakukan pembelian dengan sistem Subscribed di Express VPN.

Cara Menggunakan VPN di iPhone dengan Nord VPN

Kemudian untuk langkah yang terakhir adalah kamu bisa menggunakan aplikasi Nord VPN yang mana aplikasi ini hampir mirip dengan Express VPN. Yaps, aplikasi ini cukup terkenal dan banyak digunakan pengguna smartphone, dan tak cuma itu saja, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Nord VPN ini di platform lain seperti destkop windows, ataupun Mac loh.

Cara penggunannya di iPhone juga terbilang mudah kok

  1. Kamu cukup mendownload aplikasi Nord VPN melalui App Store
  2. Setelah itu kamu bisa menunggu sampai proses installasinya selesai
  3. Jika sudah, kamu bisa langsung membuka aplikasi Nord VPN di home screen iPhone kalian
  4. Kemudian kamu bisa melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu untuk menggunakan Nord VPN
  5. Lalu, kamu akan langsung di arahkan ke laman atau tampilan untuk memilih lokasi
  6. Kamu bisa menekan pada lokasi di Maps yang muncul ataupun dengan menggunakan fitur pencarian
  7. Terakhir, klik pada tombol connect dan tunggu sampai VPN mu terhubung.

Sama seperti Express VPN, Nord VPN juga masuk dalam aplikasi VPN yang berbayar. Namun, kamu masih bisa mendapatkan layanan trial selama 3 – 7 hari, dengan membuat akun baru. Tapi untuk selanjutnya, kamu di sarankan untuk melakukan pembelian pada aplikasi.

Nah, itulah tadi beberapa cara menggunakan VPN di Iphone. Kira kira, dari beberapa cara di atas tadi, mana yang menurutmu paling mudah?

Similar Posts