Cara Pindah Data iPhone ke iPhone

Cara Memindahkan Data iPhone ke iPhone
Cara Memindahkan Data iPhone ke iPhone

Bagaimana cara pindah data iphone ke iphone? Apa yang harus dilakukan untuk bisa memindahkan data dari perangkat iphone lama ke iphone baru? Apakah kita bisa melakukannya tanpa menggunakan aplikasi? Bagaimana saja langkah langkahnya?

Bicara tentang data dan juga iPhone, tentu saja hal ini sudah menjadi hal yang tak bisa lepas dan sudah bukan lagi hal yang awam untuk sebagian pengguna smartphone, terutama iPhone.

Read More

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, peran smartphone di era serba digital saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan primer yang dibutuhkan masyarakat.

Dengan adanya smartphone, kita bisa dengan mudah menyimpan data berupa foto, video, file, dokumen, pdf, atau yang lainnya.

Inilah yang menjadikan masyarakat saat ini bisa lebih produktif dan mempermudah mereka dalam mengerjakan hal hal yang berkaitan dengan teknologi, ataupun pekerjaan.

Sama seperti iPhone misalnya, selain dikenal sebagai gadget yang memiliki kualitas yang cukup baik dari segi kamera, audio, dan daya tahan, iPhone juga sudah dilengkapi dengan media penyimpanan awan beranama iCloud, yang bisa digunakan pengguna untuk menyimpan ataupun membackup data mereka.

Selain itu para pengguna iPhone juga bisa membackup seluruh data yang mungkin kiranya tersimpan pada perangkat iPhone lama mereka, untuk kemudian di pindahkan ke perangkat iPhone baru.

Tapi sayangnya, untuk penyimpanan dari apple yang bernama iCloud ini masih memiliki keterbatasan pada ukuran penyimpanannya. Kalau tak salah, kamu hanya akan di berikan penyimpanan sektiar 5 GB saja.

Untuk itu, penting banget untuk kita mengetahui apa apa saja yang memang penting untuk di simpan pada perangkat, dan juga memilih untuk membackup data secara berkala agar ruang penyimpanan tidak terlalu penuh.

Namun ternyata, peran penyimpanan dalam ponsel terutama iPhone, tidak hanya berguna sebagai tempat kita menaruh data berupa foto ataupun video saja loh.

Terkait:  Cara Transfer Data iPhone ke iPhone

Karena dalam hal ini, kamu juga bisa memindahkan data tersebut ketika berpindah perangkat untuk memudahkan kamu ketika menggunakan iPhone baru, tanpa khawatir kehilangan data yang lama.

Cara Pindah Data iPhone ke iPhone

Cara Memindahkan Data iPhone ke iPhone
Cara Memindahkan Data iPhone ke iPhone

Lantas bagaimana cara pindah data iphone ke iphone? Berikut ini sudah mimin siapkan beberapa langkah mudah yang bisa kamu coba, untuk memindahkan data dari iphone lama ke iphone baru tanpa ribet, seperti

Cara Pindah Data iPhone ke iPhone lewat Antar Perangkat Menggunakan WiFi

Langkah pertama yang bisa kamu coba untuk memindahkan data dari iPhone lama ke iPhone baru dengan mudah ialah menggunakan fitur antar perangkat dengan menggunakan WiFi.

Fitur ini merupakan pengembangan fitur yang belum lama di perkenalkan Apple pada penggunanya, untuk memudahkan proses pemindahan data dari iPhone lama ke iPhone baru. Caranya juga mudah banget kok

  1. Siapkan perangkat lama dan perangkat baru dan letakkan secara berdekatan
  2. Setelah itu, hubungkan kedua perangkat (perangkat lama dan baru) dengan jaringan atau koneksi WiFi yang sama
  3. Jika perangkat lama dan baru sudah berdekatan dan terdeteksi, maka secara otomatis perangkat baru akan membuka membuka fitur quick start atau mulai cepat di perangkat baru
  4. Setelah terbuka, kamu bisa memasukkan id apple dan password di aplikasi quick start pada perangkat baru tadi
  5. Usahakan kamu menggunakan user id apple yang juga sama dengan yang ada di perangkat lama kamu
  6. Tunggu beberapa saat dan kamu bisa memilih opsi transfer file dari iPhone lama ke iPhone baru
  7. Setelah itu kamu tinggal menunggu proses pengunduhan data dari perangkat lama, berhasil pindah ke perangkat iPhone baru kalian.
Terkait:  Cara Cek IMEI iPhone

Sedikit catatan yang harus kamu ketahui, cara ini sendiri baru bisa dilakukan untuk para pengguna yang sudah mengupdate versi iOS mereka ke versi iOS 12.4 atau lebih.

Dan karena proses pemindahana data ini akan memakan waktu yang cukup lama, pastikan kedua perangkat yang digunakan memiliki daya baterai yang cukup, atau kamu juga bisa sembari men-charge kedua perangkat iPhone kalian, agar tidak kehabisan baterai.

Cara Pindah Data iPhone ke iPhone lewat iCloud

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa menggunakan layanan iCloud backup, yang berguna untuk memindahkan seluru data yang ada di perangkat lama kamu, agar bisa di restore pada perangkat iPhone baru kalian. Caranya juga mudah banget kok.

Pada Perangkat Lama

  1. Lakukan backup terlebih dahulu dengan cara masuk ke settingsnama iCloud > lalu pilih pada opsi iCloud Backup
  2. Jika sudah kamu bisa langsung memilih file apa saja yang akan di backup, lalu pilih pada Backup Now
  3. Tunggu sampai proses backupnya selesai.

Pada Perangkat Baru

  1. Nyalakan iPhone kalian dan pastikan masih dalam kondisi baru (belum terinstall apapun)
  2. Jika sudah, ikuti semua instruksinya sampai kamu masuk ke menu connect to wifi
  3. Hubungkan dengan jaringan WiFi, lalu ikuti instruksinya sampai ke menu apps and data
  4. Pada menu apps and data ini, kamu bisa memilih opsi restore from iCloud Backup
  5. Kemudian, masukkan apple id dan password dari iCloud yang sebelumnya sudah kamu backup di perangkat lama tadi
  6. Selesai.

Berbeda dengan cara yang paling pertama atau menggunakan quick start, cara ini hanya berlaku untuk kamu yang ingin melakukan pemindahan data untuk foto ataupun video saja.

Terkait:  Cara Hapus Semua Kontak di iPhone Update Desember 2023

Sementara untuk bagian settings seperti nada dering, vibrate, wallpaper, dan lain sebagainya, akan tetap mengikuti pengaturan awal dari iPhone baru kalian.

Tapi setidaknya, cara ini mempermudah kamu dalam memindahkan data dari perangkat lama.

Cara Pindah Data iPhone ke iPhone lewat iTunes

Kemudian untuk cara yang terakhir juga kamu bisa menggunakan iTunes untuk melakukan restore ataupun backup pada perangkat lama yang hendak dipindahkan ke perangkat baru. Cara penggunaannya juga tak jauh beda dengan menggunakan iCloud backup. Caranya

  1. Silakan kamu buka iTunes di perangkat Macbook ataupun Windows kamu
  2. Jika sudah, hubungkan perangkat lama kamu ke mac atau windows dengan menggunakan kabel data
  3. Kemudian buka iTunes dan pastikan devicemu terdeteksi
  4. Jika sudah terdeteksi, kamu bisa mulai melakukan backup untuk perangkat lama
  5. Tunggu sampai proses backup di iTunes kamu selesai
  6. Pada perangkat baru, silakan nyalakan perangkat dan tunggu sampai kamu masuk ke menu App dan Data (perlu di perhatikan, perangkat baru kamu harus benar benar perangkat baru yang belum tersetting apapun)
  7. Jika sudah masuk di menu App and Data, kamu bisa pilih pada Restore from Mac or PC
  8. Biasanya, kamu akan diminta untuk menghubungkan perangkat baru ke mac atau windows kamu, sembari membuka iTunes
  9. Setelah itu, kamu bisa melakukan proses restore dari perangkat lama yang sudah kamu backup sebelumnya melalui iTunes tadi.

Dalam penggunaan cara ini, pastikan semua perangkat yang digunakan untuk melakukan backup sudah terhubung dengan jaringan WiFi yang stabil agar memudahkan kamu dalam proses transfer file.

Dan itulah tadi beberapa cara memindahkan data iPhone ke iPhone yang bisa kamu lakukan. Kira-kira, mana cara yang paling mudah menurutmu?

Related posts