Cara Ngereset Hp Samsung

Bagaimana cara ngereset hp Samsung? Terutama bagi kamu pengguna baru hp Samsung yang sebelumnya menggunakan hp merek lain belum mengetahui cara ngereset hp Samsung dan apa saja yang harus dilakukan?

Tenang saja, karena di sini mimin akan menjelaskan bagaimana cara mereset hp Samsungmu. Mengapa kita perlu mereset hp? Karena biasanya hal tersebut dilakukan untuk memperbaiki bug pada sistem operasi, seperti aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri, freezing, saat digunakan hp tersebut terasa lemot sekali sehingga membutuhkan waktu yang lebih dari biasanya, dan masalah lainnya.

Read More

Samsung sendiri merupakan salah satu merek hp yang cukup terkenal di Indonesia, untuk penggunanya pun cukup banyak. Samsung bisa mendapatkan tempat di Indonesia karena selalu melengkapi tipe hp nya dengan fitur-fitur yang canggih dan tentunya juga dibutuhkan oleh setiap orang. Selain itu, Samsung juga selalu membuat inovasi dengan menciptakan hp dengan bentuk yang unik seperti Samsung Z Flip dan Samsung Z Fold.

Namun, jika semakin lama digunakan atau apabila pengguna hp Samsung tidak merawat dengan baik hp miliknya, mungkin saja akan mengalami sedikit masalah yang mengganggu seperti yang telah disebutkan di atas. Maka dari itu, disarankan untuk mereset-nya agak bisa kembali berjalan normal seperti biasanya dan juga untuk melindungi data di hp kamu apabila kamu ingin menjualnya.

Cara Ngereset Hp Samsung

Cara Ngereset Hp Samsung
Cara Ngereset Hp Samsung

Nah, di sini mimin akan membagikan cara ngereset hp Samsung apabila kamu mengalami masalah pada sistem operasi lainnya atau dibutuhkan apabila kamu ingin menjual hp kamu ke orang lain, agar seluruh data dari hp kamu kembali seperti saat pertama digunakan.

Terkait:  Cara Merekam Layar di HP Realme

Mimin juga sudah merangkum cara mereset hp Samsung dengan langkah-langkah yang mudah. Silakan dibaca sampai selesai dan jangan sampai ada yang terlewat ya.

Cara Ngereset Hp Samsung Melalui Menu Settings

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mereset hp Samsungmu adalah dengan menggunakan Menu Settings atau Menu Pengaturan. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mereset hp mu. Namun, cara ini bisa digunakan pada hp Samsung dengan sistem operasi Android Oreo ke atas saja. Tapi mimin juga menambahkan cara mereset hp dengan sistem operasi Android di bawah Oreo.

Berdasarkan situs resmi dari Samsung, fitur reset data pabrik sepenuhnya menghapus informasi dan data pribadi kamu untuk menjaga ponsel kamu tetap bersih. Fitur ini dapat digunakan ketika ada yang tidak beres dengan hp kamu, atau ketika kamu ingin menghapus informasi dengan aman dari telepon kamu dan mengembalikan perangkat ke pengaturan pabriknya.

Namun, perlu diketahui, bahwa sebelum mereset hp Samsungmu, pastikan terlebih dahulu perangkat lunakmu sudah diperbarui. Jika belum memperbaruinya, ikutilah langkah-langkah berikut.

  • Langkah pertama adalah Buka Aplikasi Pengaturan yang terdapat pada menu aplikasi
  • Selanjutnya pilih Pembaruan Perangkat Lunak
  • Kemudian klik Unduh dan Instal
  • Lalu kamu tinggal mengikuti petunjuk layar hingga pembaruan perangkat lunak selesai.

Mudah kan cara memperbarui perangkat lunak? Selanjutnya kamu bisa melakukan reset pada hp Samsungmu agar kembali ke pengaturan pabrik. Tapi alangkah lebih baik sebelum kamu mereset adalah membuat cadangan salinan data-data pentingmu Jika sudah, silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk mereset hp Samsung.

  • Pertama, buka aplikasi Pengaturan yang terdapat pada daftar menu aplikasi
  • Kemudian, klik Manajemen Umum
  • Selanjutnya pilih Reset
  • Setelah itu, pilih Reset Data Pabrik (Factory Data Reset) dan tinjaulah informasinya
  • Jika kamu sudah membuat salinan data hp yang akan direset, silakan geser ke bawan dan klik Reset
  • Langkah terakhit adalah klik tombol Hapus Semua untuk melanjutkan pengaturan ulang dan menghapus semua informasi yang tersimpan di hp kamu
Terkait:  Cara Screenshot Samsung M22

Hp Samsungmu sudah berhasil direset dan sudah disetel ke pengaturan pabrik lagi. Apabila kamu menghidupkannya kembali, hp kamu akan mulai dari awal lagi atau pengaturan awal.

Apabila kamu masih menggunakan hp Samsung yang masih menjalankan sistem operasi Android 6.0 (Marshmallow) atau versi sebelumnya, berikut ini langkah-langkah untuk mereset hp Samsung dengan versi tersebut.

  • Buka aplikasi Pengaturan yang terdapat pada daftar menu aplikasi
  • Lalu pada layar Pengaturan, klik Cadangkan dan Atur Ulang (Back Up and Reset)
  • Kemudian pada layar Cadangkan dan Atur Ulang, ketuk Atur Ulang Data Pabrik (Factory Data Reset)
  • Selanjutnya pada layar Atur Ulang Data Pabrik, klik (Reset Device)
  • Ketuk Hapus Semua (Delete All)
  • Setelah hp mu selesai direset, kamu akan melihat layar Welcome dan kamu dapat mengatur lagi hpmu

Itulah cara ngereset hp Samsung apabila hp Samsung kamu masih menggunakan sistem operasi Android Marshmellow dan di bawahnya. Jangan lupa juga untuk membuat cadangan salinan data-data penting di hp kamu ya.

Cara Ngereset Hp Samsung Melalui Kode Reset Hp Samsung

Cara selajutnya untuk ngereset hp Samsung adalah menggunakan Kode Reset hp Samsung. Kode ini harus kamu masukkan pada menu dial-up. Selain Samsung, merek hp lain juga memiliki kode rahasia yang berbeda untuk mereset hpnya. Berikut langkah-langkah mereset hp Samsung menggunakan Kode Reset.

  • Langkah pertama, masuk pada menu Dial-up, seperti saat kamu hendak ingin menelfon
  • Lalu, ketik *2767*3855#, kemudian klik Call atau Panggil
  • Setelah kamu mengetik ini kamu akan secara otomatis dibawa ke menu Factory Reset
  • Selanjutnya hp Samsung kamu akan tereset secara otomatis ke pengaturan pabrik
Terkait:  Cara Screenshot Hp Oppo

Langkah ini bisa kamu lakukan apabila kamu memang sudah siap untuk mereset dan data di hp mu sudah kamu salin ke perangkat lain. Silakan mencobanya jika sudah siap.

Cara Ngereset Hp Samsung Melalui Recovery Mode

Cara selanjutnya untuk mereset hp Samsung adalah menggunakan Recovery Mode. Biasanya cara ini dilakukan apabila kamu sudah tidak bisa mengakses hp Samsungmu lagi, seperti Bootloop. Nah, untuk masuk ke Recovery Menu, kamu hanya bisa melakukannya saat hp dalam keadaan mati. Berikut langkah-langkah menggunakan Recovery Mode untuk mereset hp Samsung.

  • Langkah pertama, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pastikan baterai hp kamu cukup, minimal 70%
  • Nonaktifkan hp Samsung kamu
  • Kemudian tekan dan tahan tombol Power+Home+Volume up secara bersamaan
  • Tunggu beberapa saat sampai kamu masuk ke menu Recovery Mode
  • Lalu, gunakan tombol volume untuk navigasi atas dan bawah, serta tombol power atau home untuk memilih menu Factory Reset/Wipe Data
  • Selanjutnya klik OK unuk memulai dan gunakan tombol Power atau Home untuk mengonfirmasinya
  • Tunggu sampai beberapa saat hingga proses selesai
  • Apabila sudah berhasil, pilih lagi menu Reboot System Now
  • Ponsel akan tereset secara otomatis
  • Kamu akan mengetahui bahwa proses resetmu sudah selesai yaitu dengan ditandai hp yang kembali menyala

Proses reset menggunakan Recovery Mode pun sudah selesai. Kamu akan mengetahui bahwa proses resetmu sudah selesai yaitu dengan ditandai hp yang kembali menyala. Jika menurutmu cara di atas mudah dan bisa kamu ikuti, silakan ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara ngereset hp Samsung yang sudah mimin ringkas dengan langkah-langkah yang mudah. Silakan ikuti cara yang menurutmu paling mudah. Jangan lupa untuk membuat cadangan salinan data-data penting dari hp mu. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Rate this post

Related posts