Cara Pindah Kotak Android ke iPhone

Cara Pindah Kotak Android ke iPhone

Cara pindah kontak android ke iphone merupakan sebuah cara yang kadang digunakan pengguna android, yang mungkin saja sudah mendapatkan device baru berupa iPhone, dan mereka tak ingin kehilangan kontak yang sebelumnya sudah ada di smartphone mereka.

Sebagimana kita tau, peran kontak di dalam smartphone memanglah sangat penting. Hal ini mempengaruhi bagaimana pengguna bisa berkomunikasi dan menghubungi kerabat, teman kerja, keluarga, pasangan, ataupun orang lain.

Dengan adanya kontak, para pengguna bisa dengan mudah mengorganisir siapa saja yang masuk dalam daftar mereka, untuk tetap terhubung dan masuk dalam daftar chat di aplikasi Whatsapp ataupun Telegram.

Itulah mengapa tak sedikit dari pengguna smartphone yang memilih untuk memindahkan data ataupun daftar kontak di smartphone mereka daripada harus mengetik ulang nomor nomor yang ada, dan kemudian menyimpannya. Karena hal ini akan memakan banyak waktu dan belum lagi ada banyak kontak yang bisa saja terlewat.

Selain itu, operating system dari Android dan iPhone sendiri jugalah beda. Alhasil, ketika kamu mengganti perangkat, otomatis semua kontak yang ada di perangkat iPhone tersebut belum tersinkronasi dengan yang ada di Android sebelumnya.

Cara Pindah Kotak Android ke iPhone

Cara Pindah Kotak Android ke iPhone
Cara Pindah Kotak Android ke iPhone

Itulah mengapa, pada artikel ini kita akan mengulik sedikit pembahasan tentang cara pindah kontak android ke iphone yang mana bisa membantu kamu yang mungkin saja bermingrasi dari menggunakan android, menjadi iOS. Adapun beberapa langkah yang bisa kamu lakukan ialah:

Terkait:  Cara Mengembalikan File yang Sudah Lama Terhapus di Android

Cara Pindah Kotak Android ke iPhone lewat Akun Google

Cara pertama yang menurut mimin paling mudah untuk dilakukan adalah kamu bisa menggunakan akun Google. Sebagaimana kita tau, akun Google sendiri memang menjadi hal penting bagi para pengguna ponsel android untuk bisa mengakses seluruh aplikasi atau bahkan ponsel itu sendiri.

Untuk itu, langkah yang bisa kamu lakukan ialah

  1. Buka aplikasi Google Contact atau Contact di smartphone android kalian. Jika belum memilikinya, kamu bisa mendownloadnya terlebih dahulu di Google Play Store
  2. Jika sudah, buka aplikasi Contact yang ada di smartphone android kalian, lalu pilih garis tiga yang ada di pojok kiri atas
  3. Kemudian pastikan kamu sudah login dengan email yang nantinya akan kamu masukkan ke iPhone
  4. Pilih pada email yang digunakan, lalu pilih pada backup
  5. Arahkan backup contact tadi ke email yang nantinya akan kamu masukkan atau login ke perangkat iPhone
  6. Tunggu prosesnya selesai

Walaupun iPhone tidak mendukung login dengan menggunakan email google, kamu bisa mendownload aplikasi Google Contact ataupun Aplikasi Sync for Gmail di iPhone, dengan memasukkan email yang sudah berisi kontak backup tadi.

Setelah berhasil login, kamu tinggal restore saja data kontak yang ada di email tersebut. Gampang banget kan?

Cara Pindah Kotak Android ke iPhone lewat File VCF

Kemudian untuk langkah yang kedua, kamu bisa menggunakan file VCF atau Virtual Contact File yang mana hal ini akan membantu kamu untuk membuat file baru yang berisikan data dari kontak di android kamu. Caranya juga gampang banget kok.

  1. Silakan buka aplikasi kontak baik itu kontak google ataupun kontak bawaan android kalian
  2. Jika sudah, klik pada icon gear atau settings pada aplikasi kontak, lalu pilih Import/Ekspor
  3. Pada pilihan ini, kamu bisa klik pada opsi Eksport to file .vcf yang akan tersimpan secara otomatis ke perangkat android kamu
  4. Apabila proses backup sudah selesai dilakukan, kamu bisa memindahkan file tersebut ke komputer atau laptop kalian
  5. Di komputer atau laptop, silakan install aplikasi iTunes untuk melakukan sinkronisasi
  6. Jika sudah, kamu bisa menghubungkan iPhone kalian ke komputer atau laptop dengan kondisi iTunes yang masih terbuka
  7. Pada aplikasi iTunes, silakan kamu upload file VCF yang sudah kamu buat sebelumnya
  8. Kemudian akan muncul pilihan kontak mana saja yang ingin kamu import, kamu bisa memilih semua kontak atau sebagian saja
  9. Setelah itu klik pada tombol import.
Terkait:  Cara Cek Baterai Health iPhone (4 Langkah), Cepat dan Praktis!

Dalam menggunakan cara ini, mimin menyarankan kamu untuk menggunakan email yang juga sama dengan apple id yang terlogin di iPhone kalian. Tentu saja, tujuannya agar proses sinkronisasi berjalan dengan sempurna.

Cara Pindah Kotak Android ke iPhone lewat SIM Card

Kemudian untuk langkah yang selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan SIM Card kamu, untuk memindahkan kontak dari android ke perangkat iPhone kalian. Dengan catatan, kamu harus menggunakan SIM Card yang sama, ya. Caranya juga lebih mudah kok.

  1. Buka aplikasi kontak yang ada di smartphone android kalian
  2. Setelah itu kamu bisa masuk ke aplikasi kontak untuk melihat daftar kontak yang tersedia
  3. Pada aplikasi kontak, kamu bisa memilih pengaturan untuk Impor/Ekspor
  4. Jika sudah, kamu bisa memindahkan penyimpanan untuk semua kontak ke SIM Card yang ada di smartphone kalian
  5. Kemudian, kamu bisa menunggu sampai proses eksportnya selesai
  6. Setelah selesai kamu bisa mencabut SIM Card di android kalian, lalu memindahkannya ke perangkat iPhone
  7. Pada proses ini, iPhone membutuhkan waktu sekitar 10 – 30 detik untuk melakukan sinkronisasi ulang, untuk itu disarankan kamu untuk me-restart iPhone kalian, ketika sudah memasukkan SIM Card yang berisi kontak android tadi.

Barulah setelah semua proses dilakukan, kamu bisa membuka aplikasi telpon di iphone kalian lalu pindah ke tab kontak. Secara otomatis, semua kontak yang ada di SIM Card dari Android tadi akan berpindah ke kontak iPhone kalian masing masing. Dan kamu bisa mengeceknya melalui Whatsapp ataupun Telegram.

Cara Pindah Kotak Android ke iPhone lewat Google Drive

Pada langkah terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan layanan Google Drive dari smartphone android kamu, untuk melakukan backup kontak ataupun memindahkan kontak dari android ke iPhone. Caranya juga gampang banget kok.

Terkait:  Cara Menghilangkan Shadow di HP Samsung

Kamu hanya perlu melakukan backup pada kontak di android dengan mengekspor file .vcf seperti cara yang sebelumnya tadi, dan kemudian kamu bisa mengupload file tersebut ke layanan Google Drive.

Jika sudah, kamu bisa masuk ke perangkat iPhone kalian masing masing dan mendownload aplikasi Google Drive, kemudian login dengan menggunakan email yang sama.

Lalu kamu bisa mencari file yang kamu upload tadi, dan mendownloadnya seperti biasa hingga masuk ke penyimpanan iPhone kalian.

Langsung saja buka file tersebut, dan secara otomatis akan muncul pilihan di perangkat iPhone apakah kamu ingin melakukan import kontak dari file .vcf tadi.

Selain memudahkan pengguna untuk pindah kontak dari android ke iPhone, cara ini juga terbilang cukup safety atau aman, karena file kamu akan tersimpan di penyimpanan awan, sehingga bisa menjadi backup ketika file di android kamu terhapus.

Dan mungkin segitu saja untuk cara pindah kontak android ke iPhone yang bisa kamu coba. Dari beberapa cara di atas, kamu bisa menyesuaikan dengan cara mana yang menurutmu paling mudah. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Similar Posts