Cara Mengaktifkan Smart Sidebar Realme C11

HP Realme mempunyai salah satu fitur multitasking bernama Smart Sidebar. Kamu bisa mengaktifkan layanan ini untuk membuka aplikasi, screenshot sampai merekam layar lebih cepat. Sayangnya, banyak orang belum tahu cara mengaktifkan Smart Sidebar Realme C11 dengan benar.

Fitur ini sebetulnya bisa diaktifkan dan digunakan dengan atau tanpa aplikasi ketiga, lho. Jadi, kamu dapat melakukan berbagai macam hal sederhana melalui perangkatnya, supaya semuanya bisa dijalankan lebih mudah dan praktis setiap hari.

Fitur Smart Sidebar memang sudah menjadi salah satu andalan HP Realme. Penggunanya akan dimanjakan dengan sebuah layanan akses untuk melakukan apapun dengan cepat dan mudah. Jadi, kamu bisa menangkap sampai merekam layar secara praktis.

Cara mengaktifkan Smart Sidebar Realme C11 sendiri tidak butuh waktu lama, lho. Fitur ini bahkan bukan sekadar dinikmati para pemilik HP Realme C11, melainkan pengguna smartphone Realme tipe lainnya di mana layanannya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Cara Mengaktifkan Smart Sidebar Realme C11
Cara Mengaktifkan Smart Sidebar Realme C11

Apakah Smart Sidebar Bisa Diakses Lewat Semua HP Realme?

Fitur Smart Sidebar adalah suatu layanan akses aplikasi dan sebagian besar menu pada vendor smartphone tertentu, khususnya Oppo dan Realme. Fitur ini sebetulnya bisa digunakan oleh semua pengguna HP Realme tipe apapun, lho.

Smart Sidebar bisa diaktifkan dan dipakai melalui HP Realme C11, C12 dan model lainnya sesuai dengan kepemilikan masing-masing. Jadi, kamu bisa membuka aplikasi sampai merekam layar ponsel lebih leluasa. Kamu pun bahkan mampu menangkap gambar screenshot secara instan.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Realme C1

Cara Menggunakan Smart Sidebar HP Realme

Jika kamu belum tahu cara menggunakan smart sidebar pada smartphone Realme, sebaiknya ketahui informasi tersebut sebelum fitur tersebut diaktifkan.

Secara umum cara pemakaiannya sangat mudah dan praktis, sehingga kamu dapat mengakses semua menu ponsel lebih cepat. Fitur ini sendiri bisa diaktifkan dengan atau tanpa aplikasi ketiga, di mana kamu cukup memanfaatkan setelan perangkat saja.

Simak cara menggunakan Smart Sidebar pada HP Realme semua tipe yang benar di bawah ini:

  • Buka HP Realme kalian terlebih dulu.
  • Perhatikan tombol pop-up transparan yang muncul di samping kanan atas.
  • Geser tombol tersebut ke sebelah kiri, kemudian muncul beberapa pengaturan dan aplikasi bisa diakses melalui fitur tersebut secara otomatis.
  • Layanan yang bisa diakses terdiri dari kamera, screenshot, merekam layar sampai memblokir notifikasi yang selalu ditampilkan ketika bermain game online, bahkan bermain media sosial.
  • Jika ingin menambah aplikasi lain untuk diakses melalui fitur Smart Sidebar, tekan tombol +.
  • Beberapa aplikasi yang menunjang penggunaan floating windows terdiri dari WhatsApp dan Pesan.
  • Terakhir, kalau aplikasi baru sudah ditambahkan maka bisa tekan tombol Selesai atau Done.

Cara Memindahkan Smart Sidebar HP Realme

Penggunaan Smart Sidebar sangat mudah dan praktis, sehingga kamu dapat mengakses aplikasi atau menu apa saja dengan cepat. Selain itu, fitur tersebut juga bisa dipindahkan ke posisi mana pun sesuai keinginan, lho.

HP Realme sendiri mempunyai tampilan dan ukuran layar berbeda, di mana setiap penggunanya punya tingkat kenyamanan masing-masing.

Oleh karena itu, kalau kamu merasa kurang nyaman dengan posisinya sekarang bisa cek cara memindahkan Smart Sidebar HP Realme berikut:

  • Pertama, buka layar utama HP Realme terlebih dulu.
  • Ketuk kotak kecil yang terdapat pada ujung layar ponselnya, di mana letaknya sesuai dengan keberadaan Smart Sidebar.
  • Swipe atau geser dengan satu jari ke bagian tengah sampai kotak tersebut tampak keluar dari arah pojok.
  • Pindahkan Smart Sidebar ke posisi lain sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  • Terakhir, Smart Sidebar akan muncul lagi ketika bagian tersebut diusap seperti biasa.
Terkait:  Cara Registrasi Ulang Kartu SIM Card

Cara Mengaktifkan Smart Sidebar Realme C11

Barangkali kamu masih belum tahu bagaimana cara mengaktifkan Smart Sidebar Realme C11, maka bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Kami sudah merangkum panduan lengkapnya agar kamu dapat menghidupkan fitur tersebut pada smartphone Realme.

Fitur Smart Sidebar bisa dibilang sebagai alternatif kalau kamu ingin mengakses semua aplikasi atau menu pada HP Realme dengan cepat. Jadi, segera aktifkan fiturnya untuk menunjang aktivitasmu untuk membuka apps apa saja tanpa buang waktu lama.

Langkah 1: Buka Pengaturan

Cara mengaktifkan Smart Sidebar Realme C11 yang pertama adalah membuka menu Pengaturan atau Setting terlebih dulu. Kamu tidak perlu menggunakan atau mengunduh aplikasi apapun dari Google Play Store. Pasalnya, fitur tersebut bisa langsung diaktifkan dengan mengandalkan setelan perangkatnya saja.

Langkah 2: Pilih menu Convenience Tools

Jika kamu sudah masuk ke dalam menu setelan, cara mengaktifkan Smart Sidebare Realme C11 selanjutnya adalah mencari dan menekan tombol Convenience Tools. Menu ini biasanya terdapat pada salah satu submenu dari pengaturan HP Realme. Jika sulit ditemukan, ketik namanya ke dalam kolom pencarian supaya bisa ketemu.

Langkah 3: Aktifkan Smart Sidebare

Cara mengaktifkan Smart Sidebar Realme C11 berikutnya adalah mengaktifkan fitur tersebut kalau menu Convenience Tools sudah ketemu. Kamu cukup menekan tombol Smart Sidebar melalui opsi sebelumnya. Geser toogle ke arah kanan sampai warnanya berubah menjadi hijau, di mana tanda tersebut mengartikan kalau fiturnya sudah diaktifkan.

Langkah 4: Kembali ke Halaman Utama

Jika kamu sudah menekan tombol Smart Sidebar, biasanya fitur tersebut akan langsung aktif secara otomatis. Namun, kamu bisa kembali ke halaman utama HP Realme C11 dengan menekan tombol Back di samping kanan bawah. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memperhatikan garis putih transparan pada layar utama ponselnya.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Realme 3 Pro

Langkah 5: Gunakan Fitur Smart Sidebar

Cara mengaktifkan Smart Sidebar Realme C11 terakhir adalah menggunakan langsung fitur tersebut melalui smartphone masing-masing. Kamu bisa mengakses beberapa aplikasi, melakukan screenshot hingga merekam layar melalui apps atau fitur lain dari menu tersebut. Jadi, semuanya bisa dilakukan dengan cepat dan praktis.

Cara Mengaktifkan Smart Sidebar Realme C12

Kalau HP Realme kamu berbeda tipe dengan pembahasan yang kami sebutkan di atas, misalnya C12 atau model lainnya maka fitur Smart Sidebar bisa tetap digunakan. Berikut cara mengaktifkan Smart Sidebar Realme C12 dan tipe lainnya yang wajib kamu tahu, yakni:

  • Download aplikasi Smart Sidebar dengan mengetik nama fitur tersebut melalui kolom pencarian Google.
  • Jika aplikasinya sudah diunduh, install terlebih dulu.
  • Buka Pengaturan atau Setting dari HP Realme.
  • Pilih menu Alat Serbaguna.
  • Aktifkan Smart Sidebar.
  • Kemudian, buat aplikasi bisa mengambang (floating) melalui semua aplikasi atau fiturnya sudah diaktifkan.
  • Buka Pengaturan
  • Pilih menu Manajemen Aplikasi.
  • Klik Jendela Apung atau Floating Windows.
  • Aktifkan kembali Smart Sidebar.
  • Kalau Smart Sidebar sudah diaktifkan, restart perangkat seperti biasa.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat hingga proses restart selesai dan fitur Smart Sidebar bisa langsung digunakan.

Demikian pembahasan seputar cara mengaktifkan Smart Sidebar Realme C11 atau tipe lain yang wajib diketahui. Jika kamu belum pernah menggunakan fitur tersebut, segera lakukan aktivasi dengan mengikuti panduan kami di atas. Selamat mencoba!

Rate this post

Related posts