Cara Mengecek IMEI Realme (5 Metode) Semua Tipe Terupdate

Cara Mengecek IMEI Realme
Cara Mengecek IMEI Realme

PindahLubang.com | Belakangan ini banyak orang ingin tahu cara mengecek IMEI Realme mereka, di mana nomor IMEI punya andil besar dalam mengetahui identitas dan keaslian smartphone masing-masing. IMEI alias International Mobile Equipment Identity adalah nomor khusus yang terdapat pada semua HP.

Nomor ini dikeluarkan oleh otoritas atau asosiasi GSMA untuk setiap kartu yang berada di dalam perangkatnya. Keberadaan IMEI bakal memudahkan kamu untuk mengetahui identitas sampai masa garansi HP yang sedang digunakan sekarang, lho.

Read More

Jika kamu menggunakan HP Realme, alangkah baiknya mengetahui cara mengecek IMEI Realme untuk mengetahui keaslian sampai kualitas perangkatnya. HP mana pun memang tampak sama, baik seegi body maupun modelnya, namun belum tentu asli dan bergaransi resmi.

Kalau HP Realme kamu agak berbeda dengan smartphone yang sama lainnya, sebaiknya periksa IMEI nya terlebih dulu. Selain itu, nomor ini bisa dicek menggunakan menu setelan perangkat sampai aplikasi atau website ketiga untuk memastikan kalau datanya sudah terdaftar pada Kemenperin.

Fungsi IMEI

Jika HP tidak mempunyai nomor IMEI, sistem pemakaiannya akan langsung terblokir secara otomatis di suatu wilayah. Di Indonesia, kalau smartphone tidak dilengkapi nomor tersebut maka kamu sulit mengakses aplikasi maupun internet dengan bebas.

Fungsi IMEI selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah memudahkanmu dalam mencari perangkatnya kalau hilang. Jadi, kamu bisa memblokir ponsel yang hilang hanya dengan menggunakan IMEI.

Terkait:  Cara Scan Barcode di Realme

Selain itu, kamu tidak perlu datang ke official store Realme guna memudahkan proses pelacakan karena cukup mengandalkan nomor ini saja.

Apakah Semua HP Realme Punya Nomor IMEI?

Pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan kebijakan untuk memblokir pemakaian smartphone yang tidak memiliki nomor IMEI.

Gunanya supaya bisa mencegah penyalahgunaan data bahkan peretasan informasi pribadi siapapun yang menggunakannya. Kebijakan ini bukan sekadar ditujukan untuk satu vendor ponsel pintar saja, melainkan semua merk HP Android maupun iOS.

Jadi, HP Realme sudah pasti mempunyai nomor IMEI dan setiap penggunanya harus mengeceknya untuk memastikan kalau perangkatnya adalah barang keluaran Realme asli, bukan palsu maupun BM (black market).

Apa yang Terjadi Kalau IMEI HP Realme Tidak Terdaftar?

Kalau IMEI HP Realme kamu tidak terdaftar, biasanya terdapat beberapa kerugian yang bakal terjadi sebagai berikut:

  • HP Realme akan susah dijual.
  • HP Realme akan diklaim sebagai produk black market dan barang ilegal.
  • Pengguna tidak bisa mengajukan klaim garansi ke official store Realme di seluruh Indonesia.
  • Sinyal 4G akan cepat hilang dan rentan mengalami kerusakan terus menerus.

Cara Mengecek IMEI Realme

Cara Mengecek IMEI Realme
Cara Mengecek IMEI Realme

Jika kamu mengira kalau cara mengecek IMEI Realme tidak mudah, maka bisa menemukan jawabannya melalui pembahasan artikel kami selanjutnya.

Nomor IMEI dapat diperiksa dengan menggunakan USSD, dusbook sampai setelan perangkatnya. Kamu tidak perlu membuang waktu dan paket internet untuk mengetahui keaslian HP Realme dengan IMEI.

Kalau IMEI sudah diperiksa dan terdaftar pada Kemenperin, dipastikan smartphone nya asli dan keluaran perusahaan Realme yang bergaransi.

Cara Mengecek IMEI Realme Lewat USSD

Metode pertama yang merupakan cara mengecek IMEI Realme paling sederhana adalah menggunakan kode dial atau USSD. Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan pulsa untuk melakukan panggilan telepon ini, lho.

Terkait:  Cara Booking OYO

HP Realme maupun merk smartphone mana pun biasanya selalu memakai kode dial *#06# untuk mengetahui nomor IMEI perangkatnya, sedangkan proses pengecekannya pun singkat.

Simak cara cek IMEI Realme melalui USSD yang gratis dan mudah sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Telepon atau Phone melalui HP Realme kamu.
  • Ketik *#06#.
  • Tekan Call/OK/Yes.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat hingga muncul pemberitahuan mengenai nomor IMEI HP Realme.
  • Jika kamu menggunakan dua kartu seluler, menu pop-up tersebut akan menampilkan dua nomor IMEI secara otomatis.
  • Terakhir, catat nomor IMEI tersebut untuk dicek lagi melalui internet kalau kamu belum yakin dengan data tersebut.

Cara Mengecek IMEI Realme Lewat Pengaturan

Kalau IMEI sudah diperiksa dengan menggunakan kode dial, tapi kamu masih belum yakin maka bisa mengeceknya melalui setelan perangkatnya, lho.

HP Realme mempunyai menu pengaturan agar penggunanya dapat mengatur fitur apa saja yang diinginkan. Nomor IMEI sampai tipe ponselnya pun mampu diketahui hanya dengan mengakses menu tersebut.

Jika kamu belum tahu prosedurnya, ikuti cara mengecek IMEI Realme lewat pengaturan ponselnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Realme kamu.
  • Pilih menu Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Kemudian, klik Status.
  • Jika tombol tersebut sudah ditekan, maka informasi mengenai nomor IMEI dan keterangan lain akan ditampilkan secara otomatis.

Cara Mengecek IMEI Realme Lewat Dusbook

Kalau HP Realme yang kamu beli adalah smartphone baru, pasti terdapat dus penjualan atau dusbook yang menyimpan semua komponen perangkat secara lengkap.

Jangan pernah membuat kardus tersebut karena kotaknya memuat beragam informasi penting yang wajib diketahui. Jika kamu sulit mengetahui nomor IMEI HP Realme, gunakan dusbook sebagai alternatif nya.

Terkait:  Cara Cek IP IndiHome Untuk Masuk ke Halaman Admin Router

Simak cara mengecek IMEI Realme dengan memakai kardus perangkatnya di bawah ini:

  • Pertama, ambil dusbook HP Realme terlebih dulu.
  • Lihat bagian belakang kardus ponsel tersebut.
  • Nomor IMEI akan langsung terlihat beserta model, tipe, serta keterangan lain mengenai HP Realme kamu.

Cara Mengecek IMEI Realme Lewat Situs IMEI.Info

Nomor IMEI yang sudah didapatkan melalui salah satu langkah di atas bisa saja kurang efektif, di mana kamu butuh pemeriksaan online untuk mengetahui keasliannya.

Pengguna HP Realme biasanya mengakses laman imei.info guna mengecek identitas perangkatnya dengan nomor IMEI nya. Kalian tidak perlu membuang waktu dan kuota banyak selama menggunakan website tersebut, di mana hasil pemeriksaannya sangat akurat.

Berikut cara mengecek IMEI Realme melalui laman resmi imei.info, yakni:

  • Pertama, akses laman imei.info melalui peramban browser (Google Chrome, UC Browser, Mozilla Firefox, dan sebagainya).
  • Masukkan IMEI yang sudah didapatkan melalui salah satu metode di atas ke dalam kolom tersedia.
  • Klik Check atau Periksa.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai informasi lengkap mengenai HP Realme ditampilkan secara otomatis.

Cara Cek IMEI Realme Lewat Situs Kemenperin

Metode selanjutnya yang merupakan cara mengecek IMEI Realme terakhir adalah dengan menggunakan situs resmi Kemenperin. Website ini sering diakses untuk memeriksa nomor IMEI setiap smartphone, lho.

Pengguna HP Realme maupun smartphone lainnya sering memanfaatkan portal ini untuk mengetahui keaslian ponselnya dengan menggunakan IMEI.

Simak cara cek IMEI Realme melalui website Kemenperin di bawah ini:

  • Pertama, kunjungi situs resmi Kemenperin via imei.kemenperin.go.id melalui peramban browser dari HP Realme kamu.
  • Masukkan IMEI perangkat ke dalam kolom pencarian yang tersedia.
  • Berikutnya, klik Check atau Periksa.
  • Silakan tunggu beberapa saat sampai proses pemeriksaan IMEI nya berhasil.
  • Terakhir, kalau nomor IMEI HP Realme kamu terdaftar maka bisa melihat keterangan IMEI terdaftar pada database Kemenperin, di mana ponselmu sudah pasti asli dan bergaransi.

Demikian informasi lengkap tentang cara mengecek IMEI HP Realme beserta fungsinya yang wajib kamu tahu. Semoga membantu!

Related posts