Cara Mengembalikan Jaringan 4G Vivo

Cara Mengembalikan Jaringan 4G Vivo Supaya Tidak Lemot

PindahLubang.com | Cara mengembalikan jaringan 4G Vivo adalah sesuatu yang biasa dilakukan para pengguna smartphone tersebut. Tujuan utamanya supaya koneksi hanya bisa terhubung dengan satu jaringan saja, yakni 4G LTE. Secara umum kalau jaringan 4G LTE merupakan satu-satunya jaringan seluler yang paling bagus dan stabil saat ini.

Meski begitu, beberapa wilayah masih belum terakses sambungan 5G yang belakangan ini dirumorkan bakal segera diterapkan di Indonesia. Akan tetapi, banyak orang masih mengandalkan jaringan 4G sampai sekarang. Di Indonesia, semua merk smartphone masih mengandalkan jaringan 4G sebagai primadona untuk menyambungkan layanan seluler ke internet setiap hari.

Maka dari itu, kamu harus tahu cara mengembalikan jaringan 4G Vivo agar koneksinya dapat stabil dan tetap kencang. Sinyal ini bahkan sudah tersebar merata ke seluruh wilayah Indonesia, lho. Jika kamu menggunakan HP Vivo yang koneksinya masih 2G bahkan 3G, alangkah baiknya menyimak pembahasan artikel ini untuk mendapat pengalaman akses internet lebih kencang dengan kualitas sinyal 4G LTE.

Ketentuan dan Syarat Mengunci Jaringan 4G Vivo

Jika kamu ingin selalu mengakses internet dengan jaringan 4G LTE, sebaiknya ketahui ketentuan dan syaratnya terlebih dulu di bawah ini:

  • Kartu SIM harus mendukung layanan komunikasi pada smartphone. Jika belum menunjang pemakaian ponsel, kunjungi gerai operator seluler terdekat untuk memperoleh layanan upgrade kartunya.
  • Jika menggunakan kartu SIM baru untuk akses internet, alangkah baiknya mendaftarkan kartunya terlebih dulu. Jadi, kartu tersebut dapat digunakan untuk tetap terhubung dengan data seluler ketika dipakai pada HP Vivo.
  • Cek kuota internet dan pastikan paket datanya mencukupi.
  • Penguncian jaringannya akan memudahkanmu untuk tetap terhubung dengan jaringan 4G LTE lebih kencang dan stabil setiap hari.
Terkait:  Oppo A3S vs Vivo Y91

Kelebihan dan Kelemahan Mengunci Jaringan 4G Vivo

Pengguna HP Vivo harus mengetahui beberapa kelebihan dan kelemahan yang akan dirasakan kalau mengunci jaringan 4G pada smartphone nya masing-masing. Keutamaan yang biasanya didapatkan adalah memperoleh sinyal 4G lebih stabil, di mana kamu mampu akses internet lebih lancar.

Jika kamu sering streaming video bahkan game online, kondisi ini memudahkanmu untuk mendapat pengalaman baru ketika menonton tayangan apapun lebih nyaman. Selain itu, kamu akan melihat siaran apapun tanpa lag bahkan buffering, lho.

Walaupun keuntungannya cukup menggiurkan, sayangnya terdapat kelemahan yang perlu kalian ketahui. Pasalnya, jika smartphone nya hanya menunjang jaringan 4G LTE saja maka bisa membuatmu sulit menerima SMS sampai panggilan masuk, lho.

Masalah ini mampu diatasi hanya dengan mengembalikan koneksinya ke default. Kamu hanya perlu menerapkan sambungan jaringan ke 2G/3G/4G LTE dibandingkan menguncinya ke 4G only. Tak hanya itu, HP Vivo akan cepat panas dan daya baterainya semakin boros bahkan terpaksa diisi ulang berkali-kali dalam sehari.

Kenapa Harus Mengunci Jaringan 4G?

Kamu mungkin bingung bahkan tidak tahu landasan utama mengapa banyak orang harus selalu mengunjungi jaringan 4G pada smartphone nya. Di Indonesia, jaringan 4G masih menjadi koneksi terkuat dan paling stabil sampai sekarang.

Walaupun demikian, sinyal 5G sebetulnya menjadi koneksi paling tinggi tapi hanya bisa diakses melalui lokasi tertentu saja. Jadi, sambungan jaringan tersebut masih dianggap sebagai primadona. Beberapa SIM card alias provider seluler mana pun masih tetap mengandalkannya sampai sekarang.

Tak bisa dimungkiri kalau kualitas internet sekarang selalu berubah, mulai dari 2G sampai H+ sesuai dengan lingkungan masing-masing. Lalu, bagaimana cara mengetahui kalau sinyal 4G LTE pindah ke koneksi atau jaringan lain?.

Terkait:  Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo Semua Tipe dengan Mudah

Kamu bisa tahu dan merasakannya melalui tingkat kecepatannya berubah saat digunakan untuk komunikasi maupun mengakses internet. Selain itu, rasio kecepatan sinyal 4G LTE diklaim mencapai 1 GBps, lho. Jaringan 3G hanya mampu menembus kecepatan tertinggi sekitar 672 Mbps.

Kecepatan tersebut tidak selalu tepat, tapi tergantung dengan wilayah masing-masing. Jika kamu berada di wilayah perkotaan, sinyal 4G bisa saja diakses lebih cepat dan stabil. Akan tetapi, situasi ini berbanding terbalik kalau kamu sedang bermukim di wilayah pedesaan.

Kawasan tersebut biasanya jarang terakses koneksi 4G yang kencang. Tak heran kalau banyak orang memutuskan untuk mengunci dan mengembalikan jaringan 4G LTE pada semua ponselnya, termasuk HP Vivo guna memudahkan komunikasi setiap hari.

Cara Mengembalikan Jaringan 4G Vivo

Cara Mengembalikan Jaringan 4G Vivo
Cara Mengembalikan Jaringan 4G Vivo

Cara mengembalikan jaringan 4G Vivo sebetulnya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Kamu sendiri tidak perlu menggunakan aplikasi ketiga untuk melakukannya, lho. Seperti kami sebutkan sebelumnya kalau sinyal 4G masih menjadi primadona yang digunakan banyak orang.

Koneksi tersebut memudahkanmu untuk tetap terhubung ke internet setiap hari. Selain itu, jaringannya pun dapat diakses dari wilayah mana pun, apalagi kalau kamu tinggal di kawasan perkotaan namun semuanya tergantung kualitas provider seluler yang digunakan.

Langkah 1: Buka Menu Telepon

Cara mengembalikan jaringan 4G Vivo pertama adalah membuka menu Telepon atau Phone terlebih dulu. Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi apapun, di mana proses penguncian sinyal 4G bisa langsung dengan mengandalkan fitur panggilan ini.

Langkah 2: Masukkan Kode Dial

Jika menu Telepon sudah dibuka, cara mengembalikan jaringan 4G Vivo selanjutnya adalah memasukkan kode dial atau nomor tujuan yang akan dihubungi. Kamu cukup mengetik *#*#4838#*#* melalui papan tombol yang tersedia.

Terkait:  Cara Reset Hp Vivo Y12

Langkah 3: Lakukan Panggilan

Kamu bisa langsung memanggil atau menghubungi nomor telepon dengan menekan tombol Call atau Panggil yang berwarna hijau di bagian bawah. Kemudian, tunggu beberapa saat sampai panggilanmu dialihkan ke laman selanjutnya secara otomatis.

Langkah 4: Buka Laman Menguji

Cara mengembalikan jaringan 4G Vivo berikutnya adalah masuk sekaligus membuka halaman Menguji sesudah melakukan panggilan tersebut. Jika lamannya sudah terbuka, maka bisa memilih menu Informasi Telepon atau Phone Information.

Langkah 5: Atur Jaringan yang Diinginkan

Jika menu tersebut sudah dibuka, langkah selanjutnya adalah menekan tombol Setel Jenis Jaringan yang Disukai atau Preferred Mobile Network. Di sana, kamu akan melihat berbagai macam koneksi sesuai dengan kebutuhanmu.

Langkah 6: Kunci Jaringan 4G LTE

Cara mengembalikan jaringan 4G Vivo terakhir adalah memilih menu LTE Only sehingga koneksinya hanya dapat terhubung dengan sinyal 4G saja. Berikutnya, cek segera sambungan nirkabel HP Vivo kamu dan pastikan kalau keterangannya sudah menjadi 4G LTE.

Cara Mengembalikan Jaringan 4G Vivo Lewat Aplikasi

Jika kamu mengalami kesulitan ketika mengunci sinyal 4G dengan panggilan telepon, maka bisa mencoba cara mengembalikan jaringan 4G Vivo dengan menggunakan aplikasi ketiga. Kamu cukup download salah satu aplikasi lock sinyal melalui Google Play Store secara gratis.

Aplikasi-aplikasi tersebut memudahkanmu untuk mengembalikan sekaligus mengunci koneksi 4G LTE. Jadi, kamu bisa tetap terhubung dengan sinyal tersebut dimana saja dan kapan saja. Namun, pastikan smartphone sudah diakses root untuk menggunakan layanan aplikasinya.

Demikian informasi tentang cara mengembalikan jaringan 4G Vivo dengan menu panggilan sampai aplikasi yang benar dan mudah. Jika HP Vivo kamu sering lemot saat akses internet, gunakan panduan kami di atas untuk mengunci sinyalnya untuk tetap terhubung ke koneksi 4G LTE setiap hari. Semoga membantu!

Similar Posts