Cara Restart HP Oppo

Bicara tentang cara restart hp oppo, mungkin hal ini sedikit terdengar asing untuk para pengguna ponsel dengan merk oppo yang saat ini banyak digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gadget mereka.

Sebagaimana kita tau, Oppo sendiri merupakan salah satu vendor atau merk dari smartphone yang cukup terkenal dan diketahui ponsel merk Oppo ini memiliki fitur camera dengan hasil gambar yang cukup baik.

Selain itu, ponsel Oppo juga memang memiliki harga yang cukup terjangkau dengan beragam varian dari segi penyimpanan, ataupun desain yang ditawarkan.

Dan bahkan tak jarang, banyak sekali para pengguna smartphone yang saat ini lebih memilih untuk menggunakan ponsel Oppo ketimbang merk lain.

Tentu saja, di tengah era digital dan teknologi saat ini, kita tak bisa lepas dengan adanya smartphone. Dengan menggunakan ponsel pintar ini, kita bisa dengan mudah mengakses layanan internet, mengunjungi situs-situs yang memang bermanfaat untuk mendapatkan berita ataupun hal baru, atau sekedar mengakses sosial media untuk memenuhi kebutuhan komunikasi kita.

Belum lagi saat ini smartphone yang kita temui sudah bisa digunakan untuk melakukan aktivitas bermain game di ponsel, bermodalkan jaringan internet saja. Itulah mengapa saat ini kita akan dengan mudah menemukan orang orang menggunakan smartphone dari beragam kalangan usia.

Walaupun demikian, faktanya smartphone sendiri menjadi salah satu hal yang cukup merepotkan, terlebih untuk OS Android. Karena memang kita bisa melakukan banyak hal yang tak kita temukan pada ponsel selain smartphone android.

Salah satunya adalah pengguna bisa dengan mudah menginstall aplikasi baik secara resmi dari google play store, ataupun dari luar play store atau yang lebih dikenal dari pihak ketiga.

Tapi sayangnya, hal ini juga menjadi hal yang cukup merepotkan. Mengapa demikian? Karena kadang kala ada saja pengguna yang tak sengaja mendownload aplikasi yang salah dari pihak ketiga, dan justru malah menimbulkan banyak masalah pada smartphone.

Terkait:  Cara Reset Hp Vivo Y12

Mulai dari smartphone yang tiba-tiba error, lag, atau bahkan keluar iklan dan juga munculnya aplikasi yang mungkin sebelumnya kita install.

Biasanya, hal ini terjadi karena kesalahan pengguna yang sembarangan mendownload apps untuk di install pada perangkat mereka.

Dan jika hal ini terjadi, tentu saja efek yang dirasakan pada saat menggunakan smartphone akan berbeda jauh ketika pertama pengguna membeli ponsel.

Biasanya, smartphone yang sudah terkontaminasi virus atau error ini akan mengami penurunan performa sehingga tak mampu lagi menjalankan beberapa aplikasi sekaligus (multitasking) secara cepat.

Cara Restart HP Oppo

Cara Reset HP Oppo
Cara Reset HP Oppo

Itulah mengapa, banyak pengguna smartphone dengan merk Oppo memilih untuk melakukan reset pada perangkat mereka. Dan tentu saja, hal ini bisa menjadi alternatif karena untuk cara reset hp oppo sendiri cukup terbilang mudah, dan bisa kamu lakukan dengan beberapa cara, seperti

Cara Restart HP Oppo dari Pengaturan

Sebagaimana kita tau, di semua jenis smartphone yang kita temui tentu kita bisa melakukan beragam customisasi dari menu pengaturan ponsel. Dan tentu saja sudah bukan hal yang baru lagi, jika kamu juga bisa kok melakukan reset pada perangkat Oppo, melalui pengaturan ponsel. Caranya

  1. Silakan buka pengaturan atau settings pada perangkat Oppo kalian masing-masing
  2. Setelah itu, masuk ke menu additional settings atau pengaturan tambahan
  3. Lalu, kamu bisa mencari pilihan menu backup and reset atau cadangkan dan hapus
  4. Klik pada opsi tersebut lalu kamu bisa memilih factory reset atau format ke setelan pabrik
  5. Kemudian kamu bisa memilih opsi untuk penghapusan atau format pada perangkat kamu
  6. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan, seperti
    – Hapus dan Reset Pengaturan Ponsel saja
    – Hapus Aplikasi yang Terunduh dan juga Data
    – Bersihkan Semua Data (termasuk internal storage)
    – Hapus Riwayat Panggilan saja
    – Hapus SMS dan MMS
  7. Karena di sini kita akan melakukan reset, kamu bisa memilih pada opsi hapus aplikasi yang terunduh dan juga data agar tidak menghapus internal storage kalian.
Terkait:  Cara Menghapus Aplikasi di HP Vivo

Tetapi, jika kamu ingin melakukan penghapusan untuk keseluruhan baik itu aplikasi dan juga internal storage untuk mendapatkan penyimpanan yang lebih besar, kamu bisa memilih opsi hapus semua data.

Jika sudah, langsung saja lakukan reset dan secara otomatis Oppo akan memproses permintaanmu, dan setelah selesai ponsel Oppomu akan ter-restart dan masuk kembali ke home screen.

Cara Restart HP Oppo lewat Recovery Oppo

Selanjutnya untuk langkah yang kedua, kamu juga bisa menggunakan fitur recovery bawaan pada ponsel Oppo, untuk melakukan restart perangkat. Buat yang belum tau, Recovery bawaan merupakan salah satu fitur yang sudah ada di setiap smartphone, fungsinya sendiri ia bisa membantu kamu untuk melakukan installasi pada custom recovery atau lebih dikenal dengan TWRP, dan juga melakukan reset pada perangkat, caranya

  1. Perhatikan daya bateraimu, di sini kamu harus memiliki daya baterai minimal 50% untuk menggunakan fitur recovery
  2. Setelah itu kamu bisa men-shut down atau memtikan perangkatmu dengan menekan tombol power agak lama
  3. Jika sudah, biarkan sejenak ponselmu sampai benar benar ter shut down
  4. Lalu, nyalakan ponsel mu untuk masuk ke recovery mode dengan menekan tombol power + volume down secara bersamaan, dan lepas ketika tombol oppo muncul
  5. Setelah masuk ke menu Recovery, kamu bisa langsung memilih menu Wipe all Data and Cachae
  6. Konfirmasi pilihanmu dengan memilih opsi YES
  7. Tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai
  8. Terakhir, pilih pada opsi Reboot to System untuk kembali ke home screen.

Sedikit catatan, untuk kamu yang hendak menggunakan cara ini, pastikan kamu sudah membackup data kamu terlebih dahulu. Karena terkadang, ada beberapa jenis atau seri dari ponsel Oppo yang ketika kamu menggunakan cara ini, data di dalam internal storage kamu juga akan ikut terhapus.

Terkait:  Cara Membatalkan Langganan Getcontact

Jadi, jangan lupa untuk melakukan backup data ya.

Cara Restart HP Oppo lewat Custom Recovery/TWRP

Kemudian untuk langkah yang terakhir adalah kamu bisa menggunakan custom recovery atau yang lebih dikenal dengan TWRP. Nah, sedikit penjelasan singkat mengenai custom recovery atau TWRP ialah sebuah fitur yang mirip dengan recovery bawaan Oppo, hanya saja ada beberapa penambahan fitur yang mana memungkinkan kamu menginstall paket dengan format .zip

Lantas bagaimana cara reset hp vivo melalui custom recovery?

  1. Matikan ponselmu terlebih dahulu dan pastikan bateraimu berada di angka minimal 50%
  2. Setelah itu, masuk ke twrp mode dengan cara menekan tombol power + volume Up secara bersamaan dan lepas ketika logo Oppo muncul
  3. Nantinya kamu akan langsung di arahkan masuk ke TWRP mode
  4. Pada TWRP mode, kamu bisa memilih opsi Wipe lalu pilih mana saja yang hendak di hapus
  5. Untuk tahap ini, mimin menyarankan kamu untuk memilih cache/dalvik, cache, data
  6. Dan jika sudah tercentang ketiganya, langsung saja lakukan Swipe to Wipe
  7. Tunggu sampai proses resetnya selesai
  8. Klik pada Reboot to System

Baik dengan menggunakan recovery bawaan atau Custom Recovery, keduanya bisa berguna untuk melakukan reset pada perangkat Oppo. Dan kalian harus tau juga nih, kiranya apa saja yang akan di hapus, ketika menggunakan mode TWRP agar tidak ada kehilangan data atau terjadi hal hal yang tak diingkan.

Mungkin itu saja sedkit ulasan singkat mengenai cara restart hp oppo. Silakan sesuaikan saja cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Do with your own risk.

Rate this post

Related posts