Cara Reset Hp Realme C11

Cara Reset Hp Realme C11
Cara Reset Hp Realme C11

Cara reset hp Realme C11 sangatlah mudah dan kamu bisa melakukannya sendiri. Namun, bagi kamu pengguna baru hp Realme mungkin belum mengetahui cara mereset hp Realme. Nah, mimin akan menjelaskan cara-caranya pada artikel ini.

Realme merupakan salah satu merek hp yang pertama kali muncul ke Indonesia pada 9 Oktober 2018. Hingga saat ini, sudah empat tahun Realme terus mengeluarkan produk hp dengan tipe-tipe terbarunya. Pengguna hp ini pun cukup banyak di Indonesia.

Salah sattu tipe keluarannya yang masih belum terlalu lama adalah Realme tipe C11. Tipe ini pertama kali dirilis pada akhir akhir tahun 2020. Hp ini dibekali layar 6.5″ dan tingkat densitas piksel sebesar 270ppi, kamera belakang 13+2MP dan kamera depan 5MP, kapasitas baterai 5000mAh, dan lainnya.

Dengan fitur-fiturnya tersebut banyak yang tertarik dan ingin menggunakan Realme untuk penunjang dalam kegiatan sehari-harinya. Sehingga sampai saat ini masih ada yang menggunakan hp ini.

Namun, selama menggunakan hp tersebut mungkin saja kamu mengalami masalah-masalah yang cukup mengganggu. Contohnya seperti aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri saat sedang digunakan, aplikasi yang tidak merespon saat dibuka, atau mungkin hp kamu terasa sangat lemot ketika digunakan.

Hal tersebut tentunya bisa membuatmu merasa kesal bukan? Karena kamu bisa lebih banyak menghabiskan waktu dari biasanya. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa melakukan reset pada hp Realme C11 milikmu tersebut sehingga hp kamu bisa kembali ke pengaturan pabrikan.

Maka dari itu, silakan untuk membaca artikel ini karena mimin aka menjelaskan cara-caranya di bawah ini secara lengkap.

Cara Reset Hp Realme C11

Cara Reset Hp Realme C11
Cara Reset Hp Realme C11

Cara reset hp Realme C11 sangatlah mudah. Kamu bisa mengikuti cara yang akan mimin jelasakan dan silakan untuk memilih cara yang menurutmu mudah. Namun, sebelumnya mimin akan menjelaskan apa itu reset.

Terkait:  Cara Merekam Layar HP Oppo dengan Suara

Reset merupakan kegiatan untuk mengembalikan hp ke pengaturan pabrikan atau kembali ke pengaturan default yang sama seperti saat pertama kamu membeli hp. Selain itu, reset juga berfungsi untuk mengoptimalkan hp yang performanya mulai menurun dan juga bisa menghapus malware dan virus pada hp kamu.

Reset juga berguna untuk kamu yang mungkin lupa password atau sandi hp kamu sehingga kamu tidak bisa membuka hp kamu. Juga reset bisa kamu lakukan apabila kamu ingin menjual hp kamu ke orang lain, maka kamu perlu melakukan reset agar data kamu terlindungi.

Cara Reset Hp Realme C11 Melalui Pengaturan atau Settings

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mereset hp Realme C11 adalah melalui menu Pengaturan atau Settings. Ini merupakan aplikasi bawaan dari hp Realme C11 kamu sehingga kamu tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga lagi. Untuk langkah-langkahnya pun sangat mudah, kamu bisa mengikuti panduan di bawah ini.

  • Langkah pertama, silakan buka Pengaturan atau Settings yang terdapat pada daftar menu aplikasi
  • Kemudian pilih opsi Pengaturan Tambahan
  • Lalu pilih menu Buat Cadangan dan Reset
  • Berikutnya silakn untuk menekan opsi Cadangkan dan Pulihkan
  • Selanjutnya pilih menu Buat Cadangan Baru
  • Setelah itu, pilih opsi Reset Data Pabrik
  • Lalu klik menu Hapus Data & Aplikasi Hapus
  • Tunggu beberapa saat hingga hp Realme kamu akan restart otomatis

Silakan tunggu beberapa saat hingga proses reset pun selesai dan hp kamu akan kembali menyala. Sekarang hp kamu sudah kembali ke pengaturan pabrik atau pengaturan default lagi.

Cara Reset Hp Realme C11 Melalui Recovery Mode

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mereset hp Realme C11 adalah melalui Recovery Mode atau biasa juga disebut Hard Reset. Cara ini bisa kamu lakukan apabila kamu tidak bisa mengakses hp kamu. Namun jika hp kamu masih bisa menyala dan ingin menggunakan cara ini tetap bisa kamu lakukan.

Terkait:  Cara Memperjelas Foto yang Blur: 2 Trik Rahasia 100% Gratis!

Jadi untuk mereset menggunakan cara ini adalah hp kamu harus dalam kondisi mati atau dinonaktifkan. Pastikan kamu sudah siap ketika ingin mereset hp kamu menggunkan cara ini. Berikut langkah-langkah menggunakannya.

  • Pastikan hp kamu memiliki baterai yang cukup sebelum melakukan reset, minimal 70%. Hal ini untuk menghindari proses reset berhenti tiba-tiba di tengah jalan
  • Silakan matikan atau nonaktifkan hp Realme C11 kamu
  • Kemudian, tekan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan
  • Silakan untuk menahannya selama beberapa detik dan kemudian lepaskan. Gunakan tombol volume atas atau bawah sebagai tombol navigasi dan tombol power untuk mengonfirmasi atau OK
  • Lalu kamu diharuskan untuk memilih bahasa yang akan digunakan
  • Setelah itu, pilihlah opsi English untuk bahasa yang akan digunakan
  • Langkah selanjutnya, klik opsi Wipe Data
  • Kemudian tap opsi Wipe data (Keep SMS, Contacts and Photos)
  • Untuk selanjutnya silakan klik OK menggunakan tombol Power
  • Lalu klik opsi Reboot
  • Hp kamu akan otomatis melakukan restart

Silakan tunggu beberapa saat hingga proses restart selesai. Usahakan untuk melakukan pencadangan berupa salinan data-data dari hp yang akan kamu reset. Hal ini betujuan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sehingga data kamu bisa hilang dan tidak bisa kembali.

Cara Reset Hp Realme C11 Melalui Google Find My Device

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mereset hp Realme C11 kamu adalah meluli situs atau aplikasi Google Find My Device. Cara ini biasanya dilakukan apabila seseorang kehilangan hpnya dan ingin melacak lokasi keberadaan hpnya yang hilang.

Selain untuk melacak lokasi keberadaan hp yang hilang, Google Find My Device juga bisa melakukan reset jarak jauh tanpa kamu memegang hpnya. Untuk caranya sendiri cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

  • Silakan buka browser pada PC, laptop, tab, atau hp lain
  • Langkah selanjutnya, masuk ke halaman https://google.com/android/find
  • Kemudian Log in menggunakan akun google yang sama seperti yang kamu gunakan pada hp yang akan kamu reset
  • Jika kamu mengunakan akun Google tersebut pada beberapa device, nanti akan muncul device yang terhubung
  • Silakan pilih hp yang ingin kamu reset yaitu Realme C11
  • Kemudian pilih menu Hapus Data
  • Lalu, kamu akan diminta memasukkan password akun Google lagi
  • Setelah itu klik tombol Hapus
Terkait:  Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone Tanpa Aplikasi

Tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai dan hp kamu pun berhasil dikembalikan ke pengaturan pabrikan atau pengaturan default yang sama seperti pada saat kamu membeli hp kamu.

Selain kamu bisa menggunakan layan Google Find My Device melalui situsnya, kamu juga bisa menggunakan layanannya yang berupa aplikasi yang bisa kamu unduh di Google Play Store. Untuk caranya sendiri kurang lebih sama seperti cara di atas.

Kesimpulan

Nah itulah tiga cara reset hp Realme C11 yang telah mimin jelaskan. Silakan untuk memilih cara yang menurutmu paling bisa kamu ikuti, baik menggunakan menu pengaturan, menggunakan hard reset atau recovery mode, atau menggunakan layanan google find my device.

Jangan lupa untuk selalu membuat salinan data dari hp yang ingin kamu reset. Terutama data-data yang menurutmu penting agar tidak hilang apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Jadi, kamu masih memiliki datanya. Silakan mencoba dan semoga berhasil.

Related posts