Cara Scan Barcode di Hp Xiaomi

Cara Scan Barcode di Hp Xiaomi
Cara Scan Barcode di Hp Xiaomi

Bagaimana cara scan barcode di hp xiaomi? Apakah kita bisa melakukan scanning barcode di hp xiaomi tanpa menggunakan aplikasi tambahan?

Bicara tentang barcode, tentunya saat ini kita tak lagi asing dengan sebuah cara yang mana memungkinkan kamu untuk mendapatkan informasi, atau bahkan untuk metode pembayaran.

Read More

Tentu kita sudah tau jika saat ini penggunaan barcode bisa kita temukan di beberapa toko ataupun minimarket yang memang menjual produk produk dengan barcode pada kemasannya.

Penggunaan barcode ini memang cukup beragam, salah satunya adalah jelas untuk mengidentifikasi ataupun menampilkan informasi yang tertera dalam barcode.

Karena penerapannya, barcode sendiri memang meringkas sebuah informasi pada produk, benda, atau yang lainnya dengan menggunakan kode batang yang bisa di scan melalui smartphone ataupun alat untuk melakukan scan barcode.

Nah, di tengah perkembangan zaman ini kita juga sudah bisa melakukan scanning pada barcode untuk mendapatkan informasi atau beragam hal yang memang dibungkus dalam barcode untuk bisa di scan dan tentu saja tidak bisa dilihat semua orang karena harus di scan terlebih dahulu.

Dan salah satu smartphone yang sudah support untuk melakukan scan barcode adalah xiaomi. Ponsel sejuta umat yang banyak dipilih pengguna ini, memang bisa digunakan untuk scan barcode baik untuk kebutuhan pribadi, ataupun hal lain.

Cara Scan Barcode di Hp Xiaomi

Cara Scan Barcode di Hp Xiaomi
Cara Scan Barcode di Hp Xiaomi

Namun sayangnya, tidak semua pengguna mengetahui tentang cara scan barcode di hp xiaomi mereka. Padahal, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu pakai untuk melakukan scan barcode di hp xiaomi kalian.

Terkait:  Cara Melihat Link Instagram Sendiri di Android Yang Benar

Langkah 1: Download Aplikasi QR Scanner

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendownload aplikasi yang bernama QR Scanner. Aplikasi ini bisa kamu temukan pada layanan Google Play Store secara gratis. Sebenarnya, masih ada juga kok aplikasi QR ataupun Barcode lain yang bisa kamu gunakan.

Namun di sini mimin lebih menyarankan kamu menggunakan QR Scanner, karena selain bisa digunakan untuk men-scan barcode atau kode batang, kamu juga bisa loh menggunakan QR Code, yang bisa di scan lewat aplikasi ini.

Langkah 2: Berikan Perizinan yang dibutuhkan

Setelah kamu berhasil mendownload aplikasi QR Scanner, kamu bisa langsung membukanya di home screen atau app drawer pada ponsel xiaomi kalian.

Nah biasanya, untuk pertama kali kamu selesai menginstall, aplikasi ini akan meminta perizinan berupa camera, dan juga penyimpanan untuk bisa menscan barcode ataupun qr code kalian.

Berikan semua perizinan yang muncul, agar aplikasi dapat berjalan dengan semestinya.

Langkah 3: Scan Barcode yang Hendak di Scan

Kemudian untuk langkah selanjutnya, kamu bisa langsung mencoba untuk menscan ataupun mencari barcode yang bisa kamu scan dengan menggunakan aplikasi QR Scanner, dan nantinya hasil dari Barcode tersebut akan muncul dilayar kamu.

Biasanya, barcode yang digunakan ini seringkali memuat informasi berupa link, harga produk, menu, atau bahkan yang lainnya. Dan secara otomatis juga, jika barcode yang digunakan adalah mengarah ke link, maka setelah proses scanning di lakukan kamu akan langsung diarahkan ke laman browser.

Langkah 4: Simpan Barcode

Barulah setelah proses scanning selesai, kamu bisa menyimpan barcode yang sudah kamu scan tadi, baik dengan cara memfoto barcode tersebut, ataupun melakukan screen shot untuk menyimpan barcode agar bisa di scan lagi di lain hari.

Terkait:  Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP Xiaomi

Cara Scan Barcode di HP Xiaomi untuk Pembayaran BCA

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa menggunakan aplikasi m banking dari BCA, yang mana memang cara ini kerap digunakan untuk mereka yang ingin berbelanja, ataupun membeli sesuatu dengan metode pembayaran debit yang terhubung dengan QR Code atau kode QR yang tak jauh beda dengan barcode pada umumnya.

Cara penggunannya juga mudah banget kok

  1. Silakan datang ke merchant atau toko yang memang menyediakan pembayaran dengan metode berupa Qris
  2. Setelah itu, pastikan kamu miliki aplikasi m banking BCA
  3. Buka aplikasi m banking BCA kamu, dan untuk loginnya kamu bisa memasukkan passcode atau kode akses yang sudah kamu miliki sebelumnya
  4. Tunggu sampai indikator di pojok kanan atas berubah ke warna hijau
  5. Kemudian di bagian bawah, kamu bisa klik pada icon scan atau qris
  6. Setelah itu aplikasi m banking BCA akan langsung membuka akses kamera ponsel kamu
  7. Lakukan Scanning pada Qris atau QR Code yang muncul, sampai keluar data penerima pembayaran
  8. Kamu bisa mengisikan nominal, dan juga berita transfer
  9. Setelah selesai, kamu bisa klik pada tombol bayar dan masukkan PIN M Banking BCA kalian
  10. Tunggu sampai prosesnya selesai

Setelah proses pembayaran dilakukan dan berhasil, kamu bisa mengklik pada opsi Simpan QR agar masuk dalam daftar rekening penerima yang bisa kamu gunakan untuk mengirim uang di lain hari. Dan konfirmasi penyimpanan QR tadi dengan memasukkan PIN Mobile banking BCA mu sekali lagi.

Cara Scan Barcode di HP Xiaomi untuk Pembayaran Gopay

Kemudian untuk yang ketiga, kamu juga bisa menggunakan ponsel xiaomi untuk melakukan pembayaran di beberapa merchant, dengan menggunakan dompet digital bernama Gopay, yang tentu saja sudah tak asing untuk para pengguna smartphone.

Terkait:  Cara Membuka Pola HP Oppo yang Lupa

Dengan menggunakan gopay ini, kamu tak hanya bisa berkirim uang ke sesama pengguna gopay ataupun transfer ke rekening, melainkan juga kamu bisa melakukan pembayaran dengan melakukan scan barcode ataupun QR dari aplikasi Gopay itu sendiri. Caranya

  1. Siapkan aplikasi Gopay, dan pastikan kamu memiliki saldo yang cukup untuk melakukan pembayaran
  2. Kemudian jika sudah, kamu bisa mencari merchant yang memang menyediakan pembayaran non tunai atau cashless
  3. Buka aplikasi Gopay, lalu klik pada menu Pay untuk melakukan pembayaran
  4. Tunggu beberapa saat, sampai aplikasi Gopay menampilkan camera atau barcode atau QR Scanner
  5. Scan barcode atau QR yang ada, dan tunggu sampai terdeteksi
  6. Setelah terdeteksi, seluruh harga atau total pembayaran akan muncul di layar ponsel kalian
  7. Klik pada tombol Bayar untuk melanjutkan proses pembayaran
  8. Terakhir, masukkan PIN Gopay kalian, untuk memverifikasi pembayaran via Saldo Gopay kalian
  9. Selesai.

Biasanya, cara ini sering kali digunakan untuk mereka yang berkunjung ke coffee shop ataupun toko toko yang memang sudah support dengan metode pembayaran digital. Dan tentu saja, hal ini bisa menjadi alternatif ketika kamu tidak membawa uang cash, namun memiliki saldo Gopay yang cukup banyak untuk berbelanja ataupun jajan dan membei sesuatu.

Kesimpulan

Dalam beberapa kasus, cara scan barcode di hp xiaomi sebenarnya bisa menjadi alternatif pembayaran yang mudah, ringkas, dan tak membutuhkan uang cash. Dan untuk ponsel xiaomi sendiri, di beberapa seri atau tipe terbarunya kadang sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan yang beguna untuk melakukan scan barcode. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhanmu ya. Semoga bermanfaat.

Related posts