Cara Scan Barcode di Hp Vivo

Cara Scan Barcode di Hp Vivo
Cara Scan Barcode di Hp Vivo

Bgaimana cara scan barcode di hp Vivo? Apa yang digunakan untuk scan barcode di hp Vivo? Pertanyaan ini mungkin muncul bagi kamu yang ingin scan barcode di hp Vivo tapi belum mengetahui caranya. Nah, kamu bisa membaca artikel ini untuk mendapatkan solusinya.

Salah satu merek hp yang sudah berkembang selama tujuh tahun di Indonesia ini, sampai sekarang masih banyak penggunanya. Mungkin, bagi kamu pengguna baru hp Vivo belum mengetahui cara scan barcode di hp ini atau mungkin sebagai pengguna lama hp ini, juga belum mengetahui cara scan barcode.

Vivo sendiri sudah melengkapi hpnya dengan fitur bawaan scan barcode yang bisa kamu gunakan dengan sangat mudah dan kamu juga tidak perlu repot mengunduh aplikasi pihak ketiga lagi.

Namun, apabila hp Vivo-mu belum mendukung fitur tersebut, kamu bisa melakukannya secara online dan juga tanpa aplikasi tambahan. Untuk cara-caranya, mimin akan menjelaskannya di bawah ini. Boleh silakan dibaca sampai selesai, juga boleh sambil dipraktikan.

Cara Scan Barcode di Hp Vivo

Cara Scan Barcode di Hp Vivo
Cara Scan Barcode di Hp Vivo

Di bawah ini mimin akan memaparkan cara scan barcode di hp Vivo dengan langkah-langkah yang mudah. Namun, sebelum kita masuk ke pembahasan inti, mimin akan memberikan sedikit pembahasan mengenai apa itu barcode.

Barcode atau yang juga disebut Kode QR ini merupakan salah satu kode dengan bentuk gambar tertentu dan di dalamnya memiliki informasi atau data. Barcode tentunya sangat memudahkan penggunanya untuk mendapatkan informasi. Kamu hanya tingga men- scannya dan akan keluar data atau informasi dari barcode yang kamu scan.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y91C

Biasanya digunakan untuk apa sih min Barcode itu? Tentu kamu sering menemuinya dalam keseharianmu, seperti barcode untuk pembayaran belanja, barcode untuk berbagi wifi, barcode untuk berbagi kontak atau media sosial, barcode untuk berbagi lokasi atau maps, dan lain sebagainya.

Mungkin saja kamu tidak asing dengan barcode yang kini banyak digunakan. Jadi, untuk sekarang barcode cukup penting keberadaannya. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara scan barcode. Yuk simak di bawah ini.

Cara Scan Barcode di Hp Vivo Menggunakan Fitur Scan Bawaan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk scan barcode di hp Vivo adalah dengan menggunakan fitur bawaan dari Vivo, yaitu Scan. Ini merupakan fitur yang sudah ada sejak kamu membeli hp ini. Jadi, kamu tinggal menggunakannya. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan lagi.

Bagi kamu pengguna baru hp Vivo, mungkin belum menemukan fitur ini di daftar aplikasi. Dikarenakan fitur ini tidak terletak di menu aplikasi, tapi kamu akan menemukannya di Bar Notifikasi atau Notification Bar.

Jika kamu belum mengetahui letak Notification Bar, kamu bisa menemukannya sama seperti ketika kamu melihat ada notifikasi yang masuk, yaitu dengan mengusap ponsel dari ujung paling atas sampai ke bawah hingga kamu menemukan menu.

Untuk detailnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, buka halaman Home Screen atau tampilan awal pertama di hp Vivo kamu
  • Kemudian, usap layar dari ujung paling atas sampai ke bawah sampai menampilkan menu notifikasi
  • Lalu, pada pojok layar, terdapat ikon Scan pada bagian samping kolom Pencarian
  • Selanjutnya, klik ikon Scan tersebut
  • Setelah itu akan muncul fitur Scan Barcode bawaan dari Vivo
  • Silakan arahkan kamera ke barcode yang ingin kamu scan
  • Tunggu beberapa saat hingga proses tersebut menampilkan hasil scan-mu
Terkait:  Cara Masuk Recovery Mode Samsung

Silakan klik hasil dari scan barcodemu dan kamu akan diarahkan ke tautan atau isi dari barcode yang sebelumnya kamu scan. Mudah bukan scan barcode dengan menggunakan Scan bawaan dari Vivo? Selamat mencoba.

Cara Scan Barcode di Hp Vivo Menggunakan Google Lens

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk scan barcode di hp Vivo adalah dengan menggunakan Google Lens. Ini merupakan fitur bawaan yang disediakan Google yang terdapat pada aplikasi Google Chrome.

Jadi, kamu bisa menemukan aplikasi ini pada Google Chrome. Untuk caranya sangat mudah, yang terpenting kamu sudah menginstal aplikasi tersebut dan selebihnya silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama, buka aplikasi Google Chrome di hp Vivo kamu
  • Pada halaman awal Google Chrome, kamu akan menemukan kolom pencarian di tengah pada bagian atas layar
  • Kemudian, pada kolom pencarian, di pojok kanan terdapat ikon kamera, biasanya berada di sebelah mikrofon
  • Lalu, klik ikon Kamera dan arahkan kamera ke barcode yang ingin kamu scan. Apabila barcode yang ingin kamu scan tersebut berupa foto di galerinya, kamu hanya perlu menguploadnya ke Google Lens
  • Tunggu beberapa saat sampai Google selesai membaca barcode-mu
  • Jika sudah berhasil terbaca oleh Google, kamu akan menemukan tautan link yang telah kamu scan

Silakan buka tautan tersebut dan kamu berhasil mendapatkan data atau informasi dari barcode tersebut. Perlu kamu ketahui, bahwa Google Lens selain digunakan untuk scan barcode, kamu juga bisa scan foto apa saja dan nantinya Google akan menampilkan hasil pencarian yang serupa atau mirip dengan foto yang kamu scan.

Cara Scan Barcode di Hp Vivo Menggunakan Website Aspose QR Code Reader

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk scan barcode di hp Vivo adalah dengan menggunakan Website Aspose QR Code Reader. Kamu bisa scan barcode secara online melalui situs website ini.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y15

Dengan menggunakan situs online kamu juga tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan yang mungkin saja memenuhi memori hp kamu. Kamu tinggal akses web-nya dan scan QR, kamu bisa mendapatkan informasinya.

Cara scan barcode melalui website ini cukup mudah kok. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Langkah pertama, buka Browser di hp Vivo kamu
  • Kemudian, ketik Aspose QR Code Reader di kolom pencarian dan klik Cari atau Enter
  • Nanti akan muncul hasil pencarian, silakan pilih situs web yang paling atas
  • Pada tampilan awal webnya, terdapat dua opsi untuk scan barcode, yaitu Upload File dan Camera
  • Jika barcode yang akan kamu scan tersimpan di galeri maka pilih opsi Upload File dan jika barcode yang akan kamu scan terdapat di luar hp kamu, silakan langsung untuk scan dengan memilih opsi Camera
  • Silakan upload foto dari galerimu atau silakan arahkan kamera belakang ke barcode yang ingin di-scan
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan nantinya akan menampilkan informasi dari barcode yang discan

Proses scan barcode pun selesai, kamu bisa melihat data atau informasi yang didapatkan tersebut. Kamu tinggal ikuti petunjuk layar apabila yang ditampilkan berupa link tautan.

Kesimpulan

Nah, itulah tiga cara scan barcode di hp Vivo yang sudah mimin jelaskan dan kamu tinggal memilih cara yang menurutmu paling mudah. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Related posts