Cara Menggunakan NFC Samsung, Fungsi dan Kelebihannya

Cara Menggunakan NFC Samsung
Cara Menggunakan NFC Samsung

PindahLubang.com | Bagaimana cara menggunakan NFC Samsung? Orang-orang selama ini mengenalnya sebagai sebuah fitur sekaligus layanan yang bisa dimanfaatkan untuk mengecek, serta mengisi ulang saldo uang digital saja. Siapa sangka kalau NFC punya berbagai macam peran penting yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, lho.

Selain itu, beberapa produsen smartphone bahkan mulai menyematkan fitur ini ke dalam produk ponselnya masing-masing, salah satunya Samsung yang sudah menjadi vendor HP Android nomor satu di dunia saat ini.

Cara menggunakan NFC Samsung sebetulnya sangat mudah dan praktis, lho. Kamu cukup mengatur fitur tersebut melalui setelan perangkat terlebih dulu. Selain itu, keberadaannya pun punya kelebihan dan kelemahan yang perlu kalian tahu.

Fitur NFC sendiri punya fungsi yang bisa digunakan untuk memudahkan ativitas hanya dengan mengandalkan HP Samsung atau smartphone lain saja. Jadi, kamu bisa cek cara menggunakan NFC HP Samsung sehingga layanannya dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Apa itu NFC?

NFC atau Near Field Communication merupakan suatu protokol guna menyambungkan dua perangkat elektronik yang terdapat pada jarak sangat dekat, sedangkan jarak maksimum antar keduanya tidak lebih dari 4 meter.

Fitur ini bahkan sudah dikembangkan sejak akhir periode 1990-an sampai awal era 2000-an. Samsung menjadi vendor smartphone pertama yang resmi meluncurkan HP Android dengan layanan NFC, lho. Produk pertama tersebut adalah Samsung Nexus 5 yang sudah dirilis pada tahun 2010 silam.

Fungsi NFC

Fitur NFC bukan sekadar dimanfaatkan untuk mengecek atau mengisi ulang saldo e-wallet, tapi juga punya fungsi penting lainnya sebagai berikut:

  • Transfer File
    Fungsi NFC semakin berkembang karena dapat digunakan untuk transfer file. Kamu bisa mengirim nomor telepon, gambar, bahkan dokumen secara cepat dan praktis. Akan tetapi, proses transfer ini hanya bisa dilakukan kalau pihak penerima pakai HP dengan fitur NFC juga.
  • Sambungkan HP dengan Perangkat Lain
    NFC berguna sebagai alat penghubung antar dua perangkat secara bersamaan. Selain itu, kamu tidak butuh koneksi WiFi maupun data seluler, lho. Maka dari itu, kamu cukup tempelkan bagian NFC reader ke bagian yang sama pada perangkat milik orang lain tersebut.
  • NFC Tag Chip
    NFC Tag adalah suatu stiker atau tag kecil yang menyimpan chip NFC. Umumnya tag tersebut berisi alamat website maupun informasi khusus yang diperlukan seseorang. Jika kamu butuh datanya, cukup scan NFC tag dan semuanya akan ditampilkan melalui layar ponsel kamu, lho.
  • Pembayaran Digital
    Siapapun sekarang hampir sering melakukan pembayaran secara online. Kamu bisa pakai NFC untuk melakukan transaksi secara cashless. Jika kamu ingin melakukannya, download aplikasi pembayaran non tunai seperti Samsung Pay, Google Play, dsb yang menunjang hal tersebut.
  • Tandai Lokasi
    Fitur NFC ternyata tidak kalah saing dengan Google Maps. Pasalnya, layanannya bisa menandai suatu tempat yang sedang dicari. NFC bekerja pakai fitur tagging, yakni LBS alias Location Based Service untuk menandai lokasi suatu tempat favoritmu dengan NFC dari HP.
  • Buka Mobil Tanpa Kunci
    NFC juga bisa digunakan sebagai kunci mobil, lho. Kamu cukup aktifkan fiturnya dan dekatkan dengan bagian pembuka pintu mobilnya, sehingga kendaraan dapat terbuka secara otomatis. Jika kunci mobilmu lupa dibawa, maka bisa manfaatkan fitur NFC dari HP Samsung kamu.
Terkait:  Harga Samsung Galaxy A9 (2018) Terbaru

Kelebihan dan Kelemahan NFC

Jika kamu sudah mengetahui semua fungsi NFC, sebaiknya ketahui kelebihan dan kelemahan fitur tersebut. Kamu pasti tidak menyangka kalau fiturnya punya kinerjanya secanggih dan sekeren itu, di mana keberadaannya sendiri punya hal-hal penting lainnya yang perlu diperhatikan.

Tak bisa dimungkiri kalau banyak orang masih menilai kalau NFC akan selalu bekerja kalau di bawah operasi bluetooth. Hal ini sebenarnya tidak benar, sedangkan kelebihan dan kelemahan fitur NFC bisa kamu tahu sebagai berikut:

  • Kelebihan
    • NFC tidak membutuhkan ruang penyimpanan dan daya baterai besar, sehingga dapat digunakan lebih ringan dan praktis.
    • NFC mendukung beberapa perangkat agar kamu dapat sambungkan dimana saja dan kapan saja.
    • Cepat tersambung ke perangkat dalam waktu 10 detik, sedangkan NFC hanya perlu 10 kilobit untuk langsung terhubung dengan perangkat lain.
  • Kelemahan
    • Jika ingin transfer data, perangkat harus berjarak sangat dekat. Kalau HP jauh, sambungannya akan langsung terputus secara otomatis.
    • NFC hanya tersedia pada smartphone level flagship dan mid saja.
    • Walaupun kinerjanya cepat, tapi bluetooth masih diklaim lebih baik dan cepat untuk transfer apapun.

Cara Menggunakan NFC Samsung

Cara Menggunakan NFC Samsung
Cara Menggunakan NFC Samsung

Cara menggunakan NFC Samsung tidak sulit seperti yang kalian bayangkan, lho. Jika kamu sudah tahu semua fungsi beserta kelebihan dan kelemahan fitur tersebut, sebaiknya ketahui cara kerja NFC Samsung yang bakal dibahas melalui pembahasan artikel kami selanjutnya.

Fitur ini memang hanya terdapat pada smartphone mid dan flagship level saja. Meski begitu, siapapun bisa mencoba dan menggunakannya untuk menunjang kegiatan seperti transfer file, transaksi cashless, sampai unlock kunci mobil dengan mudah.

Langkah 1: Buka Menu Pengaturan

Cara Menggunakan NFC Samsung
Cara Menggunakan NFC Samsung

Cara menggunakan NFC Samsung pertama adalah membuka menu Pengaturan atau Setting melalui HP Samsung kamu terlebih dulu. Kamu bisa mengelola setelan fitur NFC melalui opsi tersebut, sehingga layanannya dapat digunakan dengan mudah. Kemudian, pilih menu Sambungan atau Connections melalui pengaturan smartphone Samsung nya.

Terkait:  Cara Bayar Menggunakan ShopeePay untuk Pemula, Praktis!

Langkah 2: Klik Opsi NFC and Payment

Cara Menggunakan NFC Samsung
Cara Menggunakan NFC Samsung

Jika kamu sudah memilih menu Connections tadi, maka cara menggunakan NFC Samsung selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menekan tombol NFC and Contactless Payments atau NFC dan Pembayaran Non Kontak. Jika menunya tidak tersedia, cukup klik opsi NFC and Payment atau NFC dan Pembayaran pada bagian menu sambungan sebelumnya.

Langkah 3: Gunakan NFC

Cara Menggunakan NFC Samsung
Cara Menggunakan NFC Samsung

Cara menggunakan NFC Samsung terakhir adalah mengaktifkan fiturnya dengan menggeser toogle nya ke samping kanan sampai indikatornya berubah warna menjadi hijau, di mana artinya fitur NFC sudah aktif. Namun, jika kamu sudah selesai menggunakannya maka bisa geser toogle nya lagi ke arah kiri yang berarti nonaktif.

Cara Menggunakan NFC Samsung Lewat Quick Setting

HP Samsung mempunyai quick setting alias pengaturan cepat agar kamu dapat mengelola setelan apapun dengan praktis. Berikut cara menggunakan NFC Samsung melalui quick setting di bawah ini:

  • Pertama, tarik bar notifikasi dari atas ke bawah sampai semua panel Quick Setting terlihat dari layar ponselmu.
  • Geser ke kiri untuk mencari fitur NFC (biasanya ditandai dengan logo huruf N).
  • Jika tidak tersedia, klik Pilihan Lainnya atau More Options yang ditandai dengan icon titik tiga di samping kanan.
  • Pilih menu Edit Button atau Button Order berdasarkan model perangkatnya.
  • Cari icon NFC.
  • Geser ke mode ON dan sesuai dengan posisinya, kemudian klik Selesai atau Done.
  • Terakhir, lakukan hal yang sama seperti awal jika ingin mengaktifkan atau menonaktifkan fitur NFC melalui HP Samsung kamu.

Demikian informasi lengkap tentang cara menggunakan NFC Samsung beserta fungsi, kelebihan, serta kelemahannya yang wajib kamu tahu. Selamat mencoba!

Terkait:  Cara Mengganti Tulisan di HP Samsung (6 Metode) Mudah

Related posts