Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi Agar Lebih Aman

Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi
Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi

PindahLubang.com | Cara mengunci aplikasi di HP Xiaomi bertujuan untuk meningkatkan keamanan sekaligus privasi bagi setiap penggunanya. Selain itu, kamu bisa mengamankan aplikasi apa saja dengan cepat dan mudah melalui perangkatnya langsung, lho.

Kamu sendiri dapat melakukannya dengan dua metode berbeda, yakni menggunakan fitur bawaan dan aplikasi. Walaupun demikian, keduanya memberikan hasil yang sama di mana aplikasi pilihanmu bakal langsung terkunci otomatis, sedangkan aksesnya hanya bisa dibuka dengan kode keamanan yang dibuat oleh dirimu sendiri.

Read More

Jika kamu tidak paham bagaimana cara mengunci aplikasi di HP Xiaomi dengan fitur bawaan, gunakan aplikasi ketiga yang diunduh melalui Google Play Store secara gratis. Tak hanya itu, aplikasi yang terkunci akan sulit dibuka bahkan dikelola orang lain ketika ponselmu sedang dipinjam orang lain.

Jika kamu menganggap prosedurnya sulit, sebenarnya cara mengunci aplikasi tersebut sama dengan penggunaan HP Android lainnya seperti Samsung, Oppo, dsb. Jadi, data dan file pribadimu akan tetap terjaga dan dirahasiakan.

Manfaat Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi

Cara mengunci aplikasi di HP Xiaomi memberikan manfaat tersendiri untuk penggunanya. Kamu mungkin sudah tahu kalau tujuan utamanya adalah menjaga privasimu. Data yang dirahasiakan akan sulit diketahui dan dilihat oleh siapapun.

Terkait:  Cara Kunci Galeri Samsung

Anak-anak sampai orang dewasa sekalipun tidak bisa tahu file apa saja yang tersimpan pada HP Xiaomi milikmu. Jadi, segera kunci aplikasi yang benar-benar penting agar data dan kontennya tidak dapat dibuka orang lain. Kamu pun bisa berkomunikasi dan melakukan apapun lebih aman dan nyaman.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi

Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi
Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi

Barangkali kamu masih belum tahu tentang cara kunci aplikasi di HP Xiaomi semua tipe dengan benar, jawabannya hanya bisa ditemukan melalui pembahasan artikel ini. Kami sudah merangkum panduan lengkapnya sehingga kamu dapat memilih apps yang benar-benar harus dikunci.

Aplikasi yang terkunci dapat dibuka kembali dengan kode akses berupa PIN, pola, atau kata sandi. Pastikan kode akses tersebut hanya diketahui oleh pengguna ponselnya saja, sehingga siapapun tidak dapat membukanya sembarangan.

Langkah 1: Buka Menu Pengaturan

Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi
Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi

Cara kunci aplikasi di HP Xiaomi pertama adalah membuka menu Pengaturan atau Setting terlebih dulu. Kemudian, kamu akan melihat berbagai macam submenu untuk mengelola perangkatnya, sedangkan kamu cukup klik opsi Aplikasi atau Application di bagian bawah. Kamu akan diarahkan ke laman selanjutnya untuk melakukan penguncian apps yang diinginkan.

Langkah 2: Klik Opsi App Lock

Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi
Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi

Jika kamu sudah masuk ke menu Application, cara kunci aplikasi di HP Xiaomi yang bisa dilakukan adalah menekan tombol Kunci Aplikasi atau App Lock. Kamu pun bakal langsung dibawa ke laman kunci aplikasinya, di mana semua apps sistem maupun unduhan yang terpasang akan ditampilkan secara keseluruhan.

Langkah 3: Nyalakan Fitur App Lock

Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi
Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi

Cara kunci aplikasi di HP Xiaomi berikutnya adalah menyalakan fitur tersebut dengan menekan tombol Turn On. Opsi tersebut terletak pada bagian bawah yang berwarna hijau, kamu cukup ketuk opsinya sekali saja untuk mengaktifkan fitur tersebut. Jika perlu, buat pula kode keamanan kalau kamu lupa kata sandi atau PIN aplikasinya suatu saat nanti.

Terkait:  Cara Mengunci Sinyal 4G Samsung

Langkah 4: Gunakan Fitur App Lock

Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi
Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi

Jika kode keamanannya sudah dibuat, maka bisa langsung masuk dengan menggunakan akun Mi yang aktif. Langkah selanjutnya adalah menggunakan fitur App Lock, yakni menekan tombol Use App Lock yang berada di bagian bawah. Kalau kamu sudah mengetuk opsi tersebut, aplikasinya bisa langsung dipilih.

Langkah 5: Pilih Aplikasi

Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi
Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi

Cara kunci aplikasi di HP Xiaomi terakhir adalah memindai sidik jari kalau kamu ingin memakai fingerprint unlock. Kemudian, cari dan pilih salah satu atau beberapa aplikasi yang harus dikunci. Jika aplikasinya sudah dipilih, geser toogle di samping nama aplikasinya untuk disematkan fitur App Lock, dan aplikasi tersebut akan langsung terkunci secara otomatis.

Cara Kunci Aplikasi di HP Xiaomi Lewat Aplikasi AppLock

AppLock sudah menjadi salah satu aplikasi keamanan terbaik untuk mengunci berbagai macam aplikasi di HP Android. Kamu bisa download dan pakai aplikasinya gratis, sedangkan memori yang dibutuhkan pun sangat rendah. Simak cara kunci aplikasi di HP Xiaomi dengan aplikasi AppLock di bawah ini:

  • Download aplikasi AppLock melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Pilih menu Mulai atau Start untuk meneruskan pemakaiannya.
  • Kemudian, muncul daftar aplikasi yang sudah terpasang pada smartphonemu.
  • Cari dan pilih aplikasi mana saja yang akan dikunci.
  • Klik Kunci Aplikasi atau Lock Apps untuk memulai proses penguncian aplikasinya.
  • Pilih menu Change to PIN Code untuk membuat kode keamanan seperti pola atau PIN.
  • Buat pertanyaan keamanan beserta jawabannya, namun pastikan informasinya simpel dan mudah dijawab. Fungsinya supaya bisa memudahkanmu tetap dapat akses aplikasinya kalau lupa kode keamanan tersebut.
  • Klik Izinkan Aplikasi atau App Permission untuk mengizinkan aplikasinya bekerja.
  • Pilih menu Enable.
  • Terakhir, sistem akan mengarahkan ke setelan perangkat sampai aplikasinya berhasil terkunci secara otomatis.
Terkait:  Cara Membuka Akun MI yang Terkunci

Cara Kunci Aplikasi di HP Xiaomi Lewat Aplikasi 360 Security

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengunci apps pada smartphone adalah 360 Security, sedangkan kamu dapat mengunduhnya lewat Google Play Store. Software ini bukan sekadar kunci aplikasi, tapi meningkatkan performa ponselmu. Simak cara kunci aplikasi di HP Xiaomi lewat 360 Security sebagai berikut:

  • Download aplikasi 360 Security melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Pilih menu AppLock pada halaman utamanya.
  • Cari dan pilih salah satu atau beberapa aplikasi yang ingin dikunci.
  • Jika aplikasinya sudah dipilih, klik Lock.
  • Masukkan PIN atau pola yang akan digunakan sebagai kode keamanan untuk membuka aplikasi tersebut.
  • Buat PIN atau pola yang mudah diingat.
  • Kemudian, aktifkan opsi izinkan aplikasi untuk memberikan akses terhadap programnya.
  • Klik Konfirmasi atau Confirm.
  • Tekan bagian 360 Security, nyalakan opsi Permit Drawing Over Other Apps menjadi ON.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai aplikasi terpilih sudah terkunci secara otomatis.

Cara Kunci Aplikasi di HP Xiaomi Lewat Aplikasi Smart AppLock

Metode selanjutnya yang merupakan cara kunci aplikasi di HP Xiaomi terakhir adalah menggunakan aplikasi Smart AppLock. Kamu bisa mengunduhnya melalui Google Play Store secara gratis, dan aplikasinya mampu mengamankan aplikasi dan data yang berada di dalamnya. Cek langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Download aplikasi Smart AppLock melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Berikutnya, tekan tombol + pada halaman utama untuk menambah aplikasi yang ingin dikunci.
  • Geser slider sampai warnanya berubah menjadi biru, kemudian tekan tombol + di bagian bawah.
  • Berikan izin akses untuk menjalankan program terhadap aplikasi yang sudah dipilih.
  • Terakhir, aplikasi pilihanmu sudah terkunci secara keseluruhan.

Demikian informasi tentang cara mengunci aplikasi di HP Xiaomi semua tipe yang mudah dengan aplikasi dan fitur bawaan yang wajib kamu tahu. Semoga membantu!

Related posts