Cara Menghubungkan iPhone ke TV, Nonton Makin Seru!

Cara Menghubungkan iPhone ke TV
Cara Menghubungkan iPhone ke TV

PindahLubang.com | Bagaimana cara menghubungkan iPhone ke TV dengan mudah? Kamu mungkin belum pernah melakukan hal tersebut sebelumnya. Perangkat iPhone sekarang bisa disambungkan ke TV, sehingga kamu dapat melihat tayangan apa saja yang tersimpan pada ponselnya.

Kamu bisa menggunakan kabel atau tidak untuk melakukannya, lho. Selain itu, prosesnya sendiri terbilang cepat dan praktis karena kamu hanya butuh waktu beberapa menit saja, sedangkan semua data akan tetap aman meski disambungkan ke TV merk apapun.

Read More

Cara menghubungkan iPhone ke TV semua merk bahkan mampu menampilkan tayangan yang jernih dan tajam, lho. Kamu bisa melihat apapun dengan resolusi gambar maupun video lebih tajam, bahkan tidak pecah sejak awal penayangannya.

Perangkat iPhone sendiri mempunyai kualitas lebih baik dibandingkan Android. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkannya sebagai media hiburan dengan menggunakan kabel atau media lain sebagai penghubung ke TV. Jadi, kamu bisa menonton film apa saja lebih seru bersama keluarga setiap hari.

Apa itu AirPlay?

AirPlay merupakan aplikasi bawaan iPhone yang biasanya digunakan untuk menyambungkan perangkat ke TV. Letak aplikasi tersebut berada pada pusat kontrol dan bisa dipakai dengan sekali ketuk saja.

Kamu hanya perlu menekan bagian tombol tersebut yang berada di samping kanan atas, maka kamu bisa menemukan menunya dengan mudah.

Terkait:  Cara Cek iCloud iPhone Sebelum Beli HP Second (Penting!)

Aplikasi ini sangat berguna karena mampu digunakan untuk menyambungkan ke TV. Selain itu, kamu bisa menghubungkan perangkatnya tanpa kabel hanya dengan menggunakan aplikasi AirPlay, lho.

Fungsi Screen Mirroring iPhone

Screen mirroring iPhone bisa digunakan kalau kamu ingin menyambungkan perangkat ke Apple TV dengan mudah. Jika ingin menghubungkan kedua perangkat tersebut, maka kamu bisa sambungkan terlebih dulu ke koneksi WiFi yang tersedia.

Fungsi bagian ini dapat dibilang sebagai suatu metode sederhana guna menyambungkan perangkat iPhone ke TV tanpa kabel. Oleh karena itu, banyak pengguna iPhone hampir sering menggunakannya untuk menghubungkan ponsel pribadinya ke semua merk TV tanpa kabel apapun.

Cara Menghubungkan iPhone ke TV

Cara Menghubungkan iPhone ke TV
Cara Menghubungkan iPhone ke TV

Cara menghubungkan iPhone ke TV bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Kamu tidak perlu repot menghabiskan waktu untuk menyambungkan perangkatnya, sedangkan prosesnya terbilang cepat dan sederhana.

Jika kamu belum pernah melakukannya, kami akan memberitahu prosedurnya agar iPhone dapat dihubungkan ke merk TV apapun. Jadi, kamu bisa menonton siaran apa saja dengan jelas dan puas. Tak hanya itu, semua konten yang tersimpan pada perangkat pun dapat dilihat melalui TV yang layarnya lebih besar dan jernih.

Langkah 1: Buka Pusat Kontrol

Cara menghubungkan iPhone ke TV pertama adalah membuka Pusat Kontrol melalui AirPlay terlebih dulu. Kamu hanya perlu mengusap layar, kemudian menu tersebut akan langsung muncul secara otomatis. Kamu harus swipe atau menyapu layarnya perlahan dari atas ke bawah, sehingga opsinya dapat terlihat dengan jelas.

Langkah 2: Klik Opsi Screen Mirroring

Kalau Pusat Kontrol sudah dibuka, cara menghubungkan iPhone ke TV berikutnya adalah menekan tombol Screen Mirroring. Fitur ini harus diaktifkan jika kamu ingin menggunakan AirPlay. Jika tombolnya sudah ditekan, maka kamu bisa memilih penerima AirPlay yang sudah terlihat pada layar iPhone nya.

Terkait:  Cara Screen Record iPhone

Langkah 3: Periksa iPhone

Cara menghubungkan iPhone ke TV selanjutnya adalah mengecek ponselmu. Pasalnya, kamu harus memastikan kalau terdapat icon gelembung yang berarti iPhone sudah terkunci. Icon tersebut biasanya berada di bagian pojok, sedangkan keberadaannya tidak langsung muncul begitu saja. Akan tetapi, icon gelembung akan terlihat kalau fitur screen mirroring sedang berjalan.

Langkah 4: Pilih Konten

Jika icon gelembung sudah terdeteksi, maka bisa memilih konten mana saja yang akan ditampilkan pada layar televisi. Selain itu, kamu dapat mencari medianya melalui platform pribadi sampai internet seperti Google, lho. Siapa sangka kalau kemudahan dan kenyamanan ini yang menjadi alasan banyak orang masih menggunakan AirPlay sampai sekarang.

Langkah 5: Menonaktifkan Screen Mirroring

Kalau iPhone kamu sudah selesai disambungkan ke televisi, maka bisa menonaktifkan fitur screen mirroring pada AirPlay. Kamu cukup membuka Pusat Kontrol lagi, serta tekan tombol Stop Mirroring agar fiturnya dapat berhenti secara otomatis. Jadi, semua konten yang tersimpan atau sedang dibuka akan langsung dihentikan dan TV akan kembali menampilkan channelnya seperti biasa.

Cara Menghubungkan iPhone ke TV Lewat Kabel dan Port HDMI

Jika kamu ingin menyambungkan perangkat iPhone ke televisi, gunakan kabel dan port USB agar semua konten dapat terbaca dengan jelas. Kamu bisa membeli kabel HDMI serta sebuah Apple Digital AV Adapter. Keduanya dapat dibeli melalui e-commerce maupun toko elektronik tertentu.

Fungsi adapter Apple yakni menyambungkan kabel HDMI ke iPhone kamu, di mana perangkatnya tidak punya komponen tersebut dan butuh adapter. Simak cara menghubungkan iPhone ke TV melalui kabel dan port HDMI di bawah ini:

  • Pertama, siapkan semua perangkatnya terlebih dulu.
  • Pasangkan AV adapter ke iPhone dan hubungkan kabel HDMI ke port yang terdapat pada adapter.
  • Sambungkan ujung kabel HDMI lainnya ke port HDMI TV yang biasanya terdapat di bagian belakang. Setiap TV digital model terbaru pasti mempunyai port HDMI, sedangkan jumlahnya pun lebih dari satu.
  • Kemudian, pasangkan kabel ke bagian port HDMI dan pastikan sudah dipasang dengan kuat.
  • Jika kabelnya sudah terpasang dengan benar dan kuat, hidupkan televisi dan cari setelan input yang pas sama seperti tipe perangkat iPhone kamu.
Terkait:  Cara Merekam Tlp di iPhone

Cara Menghubungkan iPhone ke TV Lewat AirPlay dan Apple TV

Jika kamu mempunyai perangkat iPhone sekaligus Apple TV, cara menghubungkan iPhone ke TV dapat dilakukan lebih cepat dan mudah, lho. Pasalnya, kedua perangkat tersebut sangat kompatibel satu sama lain dan tidak butuh waktu lama untuk disambungkan.

Sayangnya, kamu harus tetap mengetahui dan memperhatikan kalau iPhone yang dimiliki wajib menggunakan iOS versi terbaru, yakni iPhone 4 sampai iPhone 12. Bagaimana cara menyambungkan keduanya? Simak prosedurnya sebagai berikut:

  • Pastikan Apple TV merupakan generasi kedua dan seterusnya, serta mendukung semua program AirPlay.
  • Pastikan kedua perangkat sudah menggunakan iOS versi terbaru.
  • Hubungkan Apple TV dan TV yang sedang digunakan.
  • Kemudian, nyalakan Apple TV beserta TV dan pastikan program AirPlay sudah diaktifkan.
  • Hubungkan perangkat iPhone ke jaringan untuk streaming tampilan ke TV.
  • Apple TV dan iPhone harus berada pada frekuensi dan jaringan yang sama.
  • Terakhir, atur setelan sesuai dengan keinginanmu.

Cara Menyambungkan iPhone ke TV Analog

Metode selanjutnya yang menjadi cara menyambungkan iPhone ke TV adalah menggunakan televisi analog. Kalau kamu menggunakan iPhone 5 dan setelahnya, maka bisa mencoba langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, sambungkan adapter ke connector 30 pin atau lightning port pada perangkat iPhone serta ujung lain ke dalam kabel VGA, kemudian kencangkan menggunakan sekrup.
  • Jika kabelnya sudah dipasang dengan kencang, sambungkan kabel VGA ke TV.
  • Pastikan warna kabel sama seperti warna port pada TV analog sehingga gambar atau konten dapat muncul dengan jelas.
  • Kalau terdapat kabel audio pada lightning ke VGA adapter, sambungkan pada port audio yang bertuliskan Audio In.
  • Terakhir, atur channel atau siaran sesuai dengan kebutuhan.

Demikian pembahasan mengenai cara menghubungkan iPhone ke TV dengan menggunakan kabel yang benar untuk dicoba di rumah. Semoga membantu!

Related posts