Cara Setting AC Samsung Biar Dingin

Cara Setting AC Samsung Biar Dingin
Cara Setting AC Samsung Biar Dingin

Cara setting ac samsung biar dingin merupakan cara yang kadang digunakan oleh mereka yang memiliki ac pada ruangan kerja, atau bahkan kamar di dalam rumahnya.

Sebagaimana kita tau, AC atau Air Conditioner, merupakan sebuah alat elektronik rumah tangga yang memang menjadi hal sekunder untuk mereka yang memiliki budget lebih, dan ingin merasakan sejuknya udara di dalam ruangan.

Hal ini sebenarnya tak jauh beda dengan kipas angin yang biasa kita temukan di rumah-rumah atau ruangan kamar kita, namun dengan menggunakan AC, udara yang dikeluarkan jauh lebih sejuk dan dingin, sebab alat ini menggunakan freon sebagai bahan bakarnya, dan juga alat pembuangan besar yang biasanya di taruh untuk memfilter udara.

Dengan menggunakan AC, tentu saja para pemilik rumah, kantor, atau bahkan cafe bisa memberikan nuansa sejuk dan dingin, yang membuat para pengunjung atau siapapun betah untuk berlama-lama di sana.

Untuk pengaturannya sendiri, AC tidak begitu sulit untuk di konfigurasi. Para pemilik AC bisa melihat panduan untuk pengaturan dari suhu, ataupun speed dari kipas ac melalui remote ac yang biasa di dapatkan ketika pemilik membeli AC untuk pertama kali.

Selain itu, pengguna AC juga bisa menjadi alternatif untuk mereka yang tidak biasa terkena dinginnya kipas angin, atau tidak terbiasa dengan udara yang panas baik di dalam ruangan, kantor, atau bahkan kamar.

Dengan menggunakan AC juga, para pemilik bisa terbebas dari penyakit yang biasa disebabkan oleh kipas angin berupa masuk angin. Sebab, AC saat ini sudah banyak yang menambahkan purifier atau filter udara, yang mana membuat udara yang keluar dari AC jauh lebih sehat.

Namun tentu saja, penggunaan AC di dalam ruangan yang terlalu lama akan berdampak pada kulit yang cepat kering, atau bahkan pegal-pegal jika terlalu lama terkena AC secara langsung.

Terkait:  Cara Reset HP Samsung Tanpa Menghapus Data (3 Metode), Valid!

Meskipun demikian, hal ini kembali lagi kepada kulit pengguna yang mungkin sudah terbiasa, atau bahkan belum terbiasa terkena AC dalam waktu yang cukup lama.

Dari sekian banyaknya merk AC yang bisa kita temukan, saat ini AC dengan merk samsung masih menjadi pilihan para pemilik rumah, kantor, atau bahkan tempat usaha lain sebagai pendinginnya.

Karena selain memiliki harga yang cukup terjangkau, AC dari samsung sendiri memiliki konfigurasi atau pengaturan suhu yang cukup mudah untuk dipelajari.

Cara Setting AC Samsung Biar Dingin

Cara Setting AC Samsung Biar Dingin
Cara Setting AC Samsung Biar Dingin

Namun kadang kala masih saja ada para pengguna dari AC samsung yang kadang mengalami kendala ketika mengatur suhu ruangan atau suhu AC yang mereka miliki.

Kadang, tak jarang juga para pemilik ac justru mencari cara setting ac samsung biar dingin, lantaran suhu yang tertera pada remote AC, tidak sedingin atau tidak sesuai dengan yang ditampilkan.

Nah, jika mungkin kamu juga pemilik AC samsung dan mengalmi hal yang sama di mana suhu dari udara yang keluar dari AC Samsung kamu kurang dingin, berikut sudah mimin siapkan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat AC samsung kamu menjadi lebih dingin, seperti

Cara 1: Atur Temperature AC Sesuai Kebutuhan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin menyetting AC Samsung agar lebih dingin ialah dengan melakukan pengaturan temperature atau suhu pada AC yang digunakan.

Biasanya, untuk melakukan pengecekan ini kamu bisa melihat pada remote AC yang kamu dapat dari membeli AC Samsung sebelumnya. Untuk barometer perhitungan suhu AC sendiri, semakin kecil angka yang muncul, maka angin yang keluar akan semakin dingin.

Terkait:  Biaya Ganti LCD Samsung J7 Pro

Sedangkan, jika angka yang muncul semakin besar, maka suhu yang dikeluarkan akan semakin hangat. Nah, kamu bisa melakukan pengaturan dengan menurunkan suhu ke titik dingin pada umumnya, yakni sekitar 18 atau 16 drajat, untuk mendapatkan angin yang lebih dingin.

Pastikan juga ruanganmu selalu tertutup ya, karena jika ruangan terbuka sekalipun suhu ac berada di angka 16 derajat tetap saja angin yang dingin tersebut akan keluar dan membuat ruangan tidak terlalu dingin.

Cara 2: Gunakan Turbo Mode

Kemudian untuk cara yang kedua kamu bisa mengaktifkan turbo mode pada AC. Buat yang belum tau, fitur Turbo Mode ini merupakan sebuah pengaturan yang bisa kamu pakai untuk mengatur kecepatan kipas yang mengeluarkan udara melalui AC.

Untuk mengaktifkannya sendiri, kamu bisa mengklik tombol Turbo pada remote AC, dan pastikan sudah berbunyi beep untuk memastikan jika turbo mode sudah hidup.

Biarkan sementara sampai ruangan terasa dingin, dan jika dirasa sudah cukup, kamu bisa menggunakan mode auto untuk kecepatan kipas, atau mematikan turbo mode jika tak lagi dibutuhkan.

Cara 3: Cek Freon AC

Langkah yang ketiga adalah kamu bisa melakukan pengecekan pada freon AC kamu. Sebagaimana kita tau, freon sendiri merupakan hal penting yang dibutuhkan untuk para pemilik ac, agar mendapatkan udara yang dingin.

Sering kali, freon pada AC yang dimiliki mengalami kekurangan bahan atau habis, sehingga untuk angin yang dihasilkan menjadi kurang maksimal atau kruang dingin.

Itulah mengapa, kamu bisa menghubungi tukang service ac, atau service center dari Samsung, untuk melakukan pengecekan sisa freon, ataupun melakukan pengisian ulang untuk Freon AC yang kamu miliki.

Cara 4: Cek Blower AC

Kemudian untuk langkah yang selanjutnya adalah kamu bisa mengecek pada bagian Blower AC yang terpasang di rumah kamu.

Terkait:  Harga Samsung Galaxy A10S Terbaru

Kondisi blower AC yang kotor dan berdebu, akan menghambat masuknya angin sehingga untuk suhu yang dikeluarkan dari proses blower menuju AC akan sedikit, dan tidak terasa dingin.

Untuk masalah ini sendiri, kamu bisa melakukan pengecekan secara rutin baik 2 bulan sekali, atau bahkan 1 bulan sekali, dengan menggunakan jasa service ac atau service center dari samsung resmi.

Cara 5: Lakukan Pengaturan Ulang

Dan untuk langkah yang terakhir, kamu bisa melakukan reset atau pengaturan ulang untuk AC yang kamu miliki. Untuk melakukan pe-resetan ini, kamu bisa mengikuti installasi atau cara dari manual book yang tersedia ketika membeli AC, atau bahkan kamu bisa mencari informasinya di Internet.

Cara ini bisa menjadi opsi terakhir ketika kamu sudah melakukan beragam hal namun tak kunjung menemukan solusi atau hasil dari hal tersebut. Kalau kamu bingung, kamu bisa menghubungi layanan service center AC samsung terdekat di sekitar lokasimu.

Cara 6: Perhatikan Ruangan

Dan langkah terakhir yang paling penting ialah kamu harus mengetahui besaran PK pada AC yang kamu gunakan, apakah sudah sesuai dengan ukuran ruangan kamu atau tidak.

Biasanya, untuk beberapa tempat yang mungkin memiliki luas yang lumayan seperti alfamart atau indomaret, mereka menggunakan AC dengan ukuran 2 PK per unitnya. Sedangkan jika untuk ruangan biasa seperti kamar atau ruang tamu, kamu bisa menggunakan AC dengan pilihan 1 PK ataupun 1,5 PK.

Kesimpulan

Baik dari beberapa cara di atas, tentunya kamu bisa menyesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah. Adapun cara setting ac samsung biar dingin yang mimin bagikan ini dilandasi dari beberapa pengalaman pribadi mimin, yang sering kali di datangi oleh tukang service ac untuk melakukan pembersihan AC secara rutin dalam kurun waktu 1 kali sebulan.

Dan ya, itu saja mungkin yang bisa mimin bagikan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts