Cara Menyambungkan HP Xiaomi ke TV, Bisa Tanpa Kabel

Cara Menyambungkan HP Xiaomi ke TV
Cara Menyambungkan HP Xiaomi ke TV

PindahLubang.com | Pernahkah kamu berpikir tentang cara menyambungkan HP Xiaomi ke TV? Pertanyaan ini mungkin dianggap aneh bahkan tabu untuk orang tertentu. Padahal, kamu sebenarnya bia menghubungkan perangkat smartphone ke semua merk televisi, lho.

Xiaomi sudah menjadi salah satu vendor ponsel pintar terbaik dan terkemuka saat ini. Bagaimana tidak, kamu bukan sekadar menikmati semua layanannya lewat satu genggaman saja, tapi juga dapat disambungkan ke perangkat lain seperti TV untuk melihat tayangan apapun lebih besar dan jelas.

Read More

Xiaomi resmi masuk ke Tanah Air pada tahun 2014 lalu dan mampu menarik perhatian banyak orang sampai sekarang. Pasalnya, smartphone nya memiliki fitur dan kualitas mumpuni dengan harga lebih bersaing, lho. Kamu bahkan bisa mencoba cara menyambungkan HP Xiaomi ke TV yang tidak jauh beda seperti HP Android lain seperti Oppo, Samsung, dsb.

Smartphone Android sekarang sudah dapat disambungkan ke televisi agar penggunanya dapat menonton konten lebih nyaman. Selain itu, risiko mata lelah dan rusak semakin minim dibandingkan melihatnya lewat ponsel langsung.

Pengertian Screen Mirroring

Screen mirroring adalah fitur yang memungkinkan setiap penggunanya untuk menampilkan tayangan dari layar smartphone ke layar televisi, sedangkan kamu dapat melakukannya dengan atau tanpa kabel. Pengguna HP Xiaomi sekarang bisa memanfaatkan fitur screen mirroring untuk menikmati konten apapun yang dilihat dari TV di rumah.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi S2

Fitur ini bahkan sudah disematkan ke semua model dan tipe HP Xiaomi, lho. Selain itu, mayoritas merk televisi juga bisa digunakan untuk screen mirroring seperti LG, Sharp, Toshiba, Panasonic, Polytron, TCL, Philips, Sanyo, dsb.

Keuntungan Menyambungkan HP ke TV

Jika kamu mengira kalau sambungan HP ke TV hanya bertujuan untuk menampilkan tayangan lebih besar dan jelas, ternyata banyak keutamaan lainnya yang wajib kamu tahu sebagai berikut:

  • Streaming Film Lebih Seru
    Kamu mungkin sudah biasa menonton film online melalui Netflix, iFlix, dsb dari HP. Namun, apa jadinya kalau tayangannya disambungkan ke TV? Kamu bisa menonton filmnya lebih seru, karena tampilannya lebih besar tanpa bagian terpotong untuk memberi pengalaman yang memuaskan.
  • Akses YouTube yang Nyaman
    Jika kamu sering menonton konten YouTube, sekarang bisa sambungkan smartphone ke TV untuk melihat semuanya lebih jelas dan nyaman. Tak hanya itu, video apapun dapat disaksikan lebih puas, sedangkan kamu tidak perlu repot membagi tempat dengan siapapun untuk menyaksikan kontennya setiap hari.
  • Main Game Online Lebih Asyik
    Gamers mana pun sekarang tidak akan merasa bosan saat permainan andalannya dimainkan setiap hari. Kamu bisa mengakses game online apa saja dari HP Xiaomi untuk dihubungkan ke televisi.Jadi, tayangannya dapat dilihat dengan jelas berkat fitur screen mirroring yang menampilkan ukurannya lebih besar, sehingga kamu dapat memainkannya lebih asyik.
  • Tampilan Gambar yang Lebar
    Kamu mungkin sudah biasa melihat tampilan gambar dan video dari HP Xiaomi langsung. Tapi, pernahkah kamu lihat media tersebut dari televisi? Jika tidak, sambungkan ponselmu ke TV di rumah untuk melihat semua foto dan video dengan jelas. Kamu cukup gunakan fitur screen mirroring agar setiap filenya dapat ditampilkan lewat layar lebih lebar.
Terkait:  Cara Koneksi HP ke TV Samsung

Cara Menyambungkan HP Xiaomi ke TV

Cara Menyambungkan HP Xiaomi ke TV
Cara Menyambungkan HP Xiaomi ke TV

Cara menyambungkan HP Xiaomi ke TV bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, bahkan kamu mampu mempraktikannya sendiri lho. HP Xiaomi sekarang sudah didukung fitur screen mirroring sehingga dapat dihubungkan ke semua merk televisi demi memanjakan setiap penggunanya.

Siapa sangka kalau sambungkan smartphone ke TV ternyata memberikan beragam hal menguntungkan yang kami sebutkan sebelumnya. Jadi, kamu bisa mencoba langsung untuk hubungkan HP Xiaomi ke televisi di rumah dengan atau tanpa kabel lewat pembahasan artikel kami selanjutnya.

Langkah 1: Aktifkan Fitur Smart Mirroring di TV

Cara Menyambungkan HP Xiaomi ke TV
Cara Menyambungkan HP Xiaomi ke TV

Cara menyambungkan HP Xiaomi ke TV yang pertama adalah mengaktifkan fitur smart mirroring dari televisi nya dulu. Jika fiturnya sudah diaktifkan, maka kamu bisa buka smartphone dan pilih menu Pengaturan atau Setting. Kemudian, geser ke bawah sampai menemukan menu Lainnya atau More, tekan tombol tersebut untuk menuju tahap berikutnya.

Langkah 2: Klik Opsi Tampilan Nirkabel

Cara Menyambungkan HP Xiaomi ke TV
Cara Menyambungkan HP Xiaomi ke TV

Cara menghubungkan HP Xiaomi ke TV selanjutnya adalah memilih menu Tampilan Nirkabel atau Wireless Display yang terdapat pada opsi Lainnya. Jika opsinya sudah ditekan, tunggu beberapa saat sampai muncul daftar merk televisi yang dapat disambungkan dengan HP Xiaomi kamu. Kamu bisa menghubungkannya tanpa kabel apapun.

Langkah 3: Hubungkan HP ke TV

Cara Menyambungkan HP Xiaomi ke TV
Cara Menyambungkan HP Xiaomi ke TV

Cara menghubungkan HP Xiaomi ke TV yang terakhir adalah hubungkan langsung perangkat smartphone ke televisi nya. Jika nama perangkat TV sudah muncul, maka kamu bisa ketuk langsung untuk disambungkan secara otomatis. Jadi, semua konten dan media apapun dapat ditampilkan pada layar TV tanpa kabel.

Cara Menghubungkan HP Xiaomi ke TV dengan Anycast

Anycast merupakan perangkat keras berukuran mini yang berfungsi untuk menghubungkan smartphone ke televisi. Kamu bisa membelinya di toko-toko komputer dengan harga relatif murah, sedangkan kinerjanya dapat hubungkan kedua perangkatnya lebih cepat. Simak cara menghubungkan HP Xiaomi ke TV dengan Anycast di bawah ini:

  • Sambungkan Anycast ke Mini HDMI2AV terlebih dulu.
  • Hubungkan kabel RCA ke perangkat Mini HDMI2AV.
  • Kemudian, sambungkan semuanya ke perangkat televisi.
  • Buka HP Xiaomi kamu, lalu pilih menu Pengaturan atau Setting.
  • Klik Lainnya atau More.
  • Pilih menu Tampilan Nirkabel atau Wireless Display.
  • Terakhir, sambungkan perangkat smartphone ke televisi sampai tampilannya muncul secara otomatis.
Terkait:  Cara Hapus Akun Google di Xiaomi

Cara Menghubungkan HP Xiaomi ke TV dengan Chromecast

Jika kamu kurang paham pemakaian Anycast, maka bisa mencoba cara menghubungkan HP Xiaomi ke TV dengan menggunakan Chromecast. Fitur besutan Google ini sudah menjadi andalan kalau pengguna ingin menghubungkan smartphone ke perangkat televisi. Berikut langkah-langkahnya yang bisa dicoba, yakni:

  • Download aplikasi Chromecast melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Jika aplikasinya sudah terpasang, pindahkan channel televisi ke HDMI dengan menggunakan remote control.
  • Terakhir, masukkan kode yang muncul pada layar televisi lewat aplikasi Chromecast untuk tahap sinkronisasi hingga kedua perangkat terhubung secara otomatis.

Cara Menghubungkan HP Xiaomi ke TV dengan Miracast

Cara menghubungkan HP Xiaomi ke TV yang terakhir adalah dengan menggunakan Miracast. Jika kamu ingin memanfaatkannya, pastikan perangkat televisi sudah berjenis Smart TV atau TV dengan dukungan OS Android. Berikut panduan lengkapnya yang harus kamu tahu, di antaranya:

  • Pertama, masuk ke setelan jaringan televisi untuk mengaktikan fitur Miracast.
  • Buka HP Xiaomi kamu, kemudian pilih menu Pengaturan atau Setting.
  • Klik Wireless and Networks, aktifkan opsi tersebut.
  • Kalau Miracast pada perangkat televisi sudah diaktifkan sebelumnya, biasanya notifikasinya akan muncul dan sambungkan secara otomatis.
  • Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya sampai HP Xiaomi dan TV sudah saling terhubung dengan sendirinya.

Demikian informasi lengkap tentang cara menyambungkan HP Xiaomi ke TV yang benar dan mudah untuk kalian ketahui. Jika kamu ingin menghubungkan smartphone Xiaomi ke perangkat televisi dengan praktis, maka bisa gunakan panduan kami di atas. Selamat mencoba!

Related posts