Cara Setting Kamera Vivo Y20

Cara Setting Kamera Vivo Y20
Cara Setting Kamera Vivo Y20

Cara setting kamera vivo y20 merupakan sebuah cara yang saat ini banyak sekali digunakan pengguna smartphone terutama Vivo, untuk mendapatkan hasil foto ataupun video yang maksimal. Dengan memanfaatkan beragam fitur dan juga layanan yang disediakan pada kamera bawaan, membuat para pengguna bisa leluasa mengeksplor dan mendapatkan hasil dari beragam perbandingan setting pada kamera bawaan mereka.

Seperti yang kita tau, saat ini sudah banyak sekali smartphone yang menawarkan banyak fitur dan juga keunggulan dari segi kamera yang mana memang menjadi salah satu kebutuhan para pengguna smartphone saat ini. Dengan adanya fitur kamera, para pengguna bisa mengabadikan momen ketika mereka berlibur, membuat stories instagram, atau bahkan sekedar berkirim pap kepada pasangan untuk memberikan kabar.

Read More

Namun ternyata, hal ini juga sangat berpengaruh di sektor kreatif salah satunya. Sebagaimana kita tau saat ini sudah banyak sekali orang-orang yang berpindah ke platform sosial media seperti instagram atau TikTok, untuk membuat video ataupun content yang bisa dinikmati banyak audiens di kanal tersebut. Dengan begitu, mereka bisa lebih mengekspresikan diri mereka.

Cara Setting Kamera Vivo Y20

Cara Setting Kamera Vivo Y20
Cara Setting Kamera Vivo Y20

Dan salah satu smartphone yang cukup dikenal baik dari segi kameranya adalah Vivo. Smartphone satu ini memiliki keunggulan dari segi kamera yang mana hasil yang ditampilkan juga cukup baik, dan mendekati hasil dari kamera DSLR atau Mirrorless yang tentunya membuat banyak pengguna memilih ponsel Vivo sebagai gawai sehari-hari mereka.

Tapi sayangnya, tidak semua pengguna mengerti tentang cara setting kamera vivo y20 yang mereka miliki. Terlebih, saat ini ada saja pengguna yang sekedar ‘asal pakai’ atau sekedar menggunakan kamera bawaan seperlunya saja.

Terkait:  Cara Kunci Sinyal 4G Vivo

Padahal, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan hasil dari kamera ponsel kamu loh, seperti.

Aktifkan Camera 2API

Mendengar kata Camera 2API, mungkin sebagian orang masih agak awam dengan hal ini. Namun buat yang belum tau, Camera 2API ini sendiri merupakan sebuah perangkat atau kerangka framework yang biasa ditemukan dalam sebuah system android, yang mendukung kamu untuk melakukan pengaturan pada shutter, ISO, f/stop, dan lain sebagainya pada kamera.

Layanan Camera 2API ini sendiri bisa kamu aktifkan jika kamu sudah melakukan rooting pada perangkat Vivo yang kamu miliki, dengan menambahkan script pada bagian build.prop di bagian system android.

Dengan mengaktifkan layanan Camera 2API ini, tentunya kamu bisa lebih leluasa mengeksplor dan mencoba fitur-fitur dari kamera ponsel android Vivo kamu. Tapi, jika mungkin kamu belum melakukan root, jangan khawatir dulu sob.

Karena biasanya ada beberapa ponsel yang pada dasarnya secara system sudah mengaktifkan camera 2API secara otomatis, hanya saja pengguna tidak dapat melihat file configurasinya karena belum melakukan root.

Untuk itu, jika kamu ingin mengetahui apakah ponselmu sudah mengaktifkan kamera 2API, ada cara yang bisa kamu gunakan. Seperti

  1. Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi bernama Manual Camera Compability
  2. Setelah itu download dan install aplikasinya hingga selesai
  3. Jika sudah, buka aplikasinya lalu klik pada Check Device
  4. Tunggu beberapa saat, dan jika statusnya semua berwarna hijau, maka camera 2API kamu sudah aktif.

Namun jika hasil yang ditampilkan adalah merah, maka fitur Camera 2API kamu belum aktif.

Gunakan Mode Pro

Selain memanfaatkan fitur dari Camera 2API tadi, kamu juga bisa menggunakan mode pro yang ada di smartphone atau kamera bawan Vivo Y20. Fitur ini sendiri memang menjadi fitur bawaan yang bisa kamu temukan pada kamera Vivo, yang berguna untuk memaksimalkan hasil foto ataupun video kamu.

Terkait:  Cara Menyembunyikan Aplikasi Xiaomi

Untuk mengakses fitur atau mode pro sendiri, kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun, kamu hanya perlu membuka kamera bawaan ponsel, lalu geser menu yang ada di bagian atas shutter atau tombol capture, lalu geser ke menu Pro.

Setelah itu, kamu bisa melihat beragam pengaturan yang tersedia, seperti

  • ISO
  • White Balance
  • Shutter
  • Exposure
  • Shutter Speed
  • Zoom
  • Focus
  • Dll

Setelah itu kamu tinggal melakukan pengaturan sesuai dengan keinginanmu, baik dengan mengatur shutter, ISO, f/stop, dan lain sebagainya. Dan dengan begitu, kamu bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal, daripada foto dengan menggunakan kamera bawaan tanpa pengaturan sama sekali.

Aktifkan Fitur HDR Photo

Kemudian kamu juga bisa menggunakan fitur HDR Photo yang mana HDR sendiri memiliki arti High Definition Resolution, untuk mendapatkan hasil gambar yang jauh lebih maksimal lagi.

Untuk fitur HDR ini sendiri juga mirip dengan mode Pro, hanya saja tidak ada pengaturan manual yang bisa kamu lakukan. Namun dengan menggunakan Fitur HDR ini, tiap foto yang kamu ambil akan di proses lagi oleh system untuk menghasilkan gambar yang jauh lebih jernih, detail, dan juga lebih berwarna tentunya.

Jika kamu ingin mengaktifkan mode atau fitur HDR ini, kamu bisa membuka kamera bawaan Vivo kamu, masuk ke bagian pengaturan dan pilih pada Aktifkan Mode HDR lalu coba untuk ambil gambar.

Dalam beberapa jenis atau tipe dari ponsel Vivo, fitur HDR ini masuk dalam 2 kelas, ada HDR biasa, dan juga ada HDR+. Baik dari kedua fitur HDR ini, kamu sangat di sarankan untuk mengambil foto secara stabil baik dengan tidak bergerak agar tidak blur, atau menggunakan bantuan Tripod.

Aktifkan Mode Live Potrait (Bokeh)

Selanjutnya kamu juga bisa menemukan fitur yang bernama Live Potrait atau Bokeh, yang mana fitur ini memungkinkan kamu untuk mengambil gambar dengan latar belakang yang blur, dan hanya fokus pada objek yang ada di depan kamera.

Terkait:  Cara Ngelacak Hp Samsung

Fitur ini sendiri berada di sebelah menu mode pro. Jadi, kamu bisa mengaktifkan mode ini dengan cara menggeser menu di atas tombol shutter, untuk berpindah ke mode live potrait atau bokeh.

Selain itu, cara ini juga sangat berguna untuk kamu yang ingin membuat fotomu semakin terlihat aesthetic untuk dibagikan ke stories instagram, ataupun whatsapp dan lain sebagainya.

Gunakan Mode Night Sight

Di pengaturan selanjutnya adalah kamu bisa menggunakan mode night sight atau mode malam yang biasa digunakan pengguna smartphone vivo untuk mengambil foto pada malam hari.

Tak bisa dipungkiri memang, mengambil foto pada malam hari cukup menyulitkan. Terlebih, kadang para pengguna mengalami masalah dari segi kurangnya pencahayaan.

Nah, di smartphone Vivo ini, kamu bisa menemukan mode Night Sight atau mode malam, yang mana membantu kamu untuk mendapatkan gambar tanpa noise pada malam hari.

Untuk mengaktifkannya sendiri, kamu tinggal menggeser menu di atas shutter (tombol foto) dari mode normal ke mode night sight. Jangan lupa untuk menggunakan tripod untuk hasil yang lebih maksimal.

Gunakan Mode Enchance

Dan cara yang terakhir adalah kamu bisa menggunakan mode enhance yang mana cara ini berguna untuk lebih memaksimalkan hasil foto yang kamu ambil. Untuk fitur enhance ini, bisa kamu temukan pada mode HDR, dengan memilih mode HDR+ Enhance.

Dengan menggunakan fitur ini, maka secara otomatis fotomu yang sudah HDR, akan jauh lebih detail lagi dan warna yang ditampilkan akan jauh lebih keluar.

Dan mungkin segitu saja untuk cara setting kamera vivo y20. Semoga dengan adanya cara ini, bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal ketika memotret menggunakan kamera ponsel. Semoga bermanfaat.

Related posts