Home » Daftar » Cara Berjualan Di Shopee

Cara Berjualan Di Shopee

Sedang ingin mengetahui cara berjualan di shopee untuk pemula? Bagaimana cara berjualan di shopee agar cepat laku? Dan gimana sih cara daftar shopee sebagai penjual?

Shopee menjadi marketplace pendatang baru yang tak butuh waktu lama langsung melejit dan sukses meraih minat para pecinta online shopping. Berbagai kalangan telah mengenal bahkan dengan mudahnya menginat sebuah nama brand Shopee.

Sebagai marketplace, Shopee hadir dengan jutaan produk dan barang menarik untuk dipamerkan. Mulai dari barang-barang pribadi yang menjadi kebutuhan kita sehari-hari, hingga mainan terbaru yang tengah jadi trend alias viral dimasyarakat semuanya ada dan dapat dibeli di Shopee.

Tak heran nama Shopee kian semakin populer dan secara tidak langsung dapat ‘menghipnotis‘ telinga banyak orang untuk diingat. Ibarat pusat perbelanjaan, Shopee dapat disebut dengan sebuah mall online dimana siapa saja dapat berbelanja barang pribadi kesukaannya dengan beragam metode pembayaran yang mudah. Cara pembayaran di Shopee juga dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Shopee mempertemukan ratusan ribu penjual dan pembeli dalam satu wadah perbelanjaan online. Dimana Shopee menjadi penengah diantara pembeli dan penjual sehingga dapat meminimalisir terjadinya penipuan online. Hal inilah yang menjadikan berbelanja di Shopee sangat aman.

Bagi sebagian orang, tentu ada yang menginginkan untuk dapat berjualan di Shopee. Apakah kamu salah satunya? Lalu apakah kita bisa menjadi mitra Shopee dengan menjual produk sendiri atau menjual produk orang lain (dropship)? Tentunya bisa kok. Dengan panduan Cara Dropship di Shopee yang udah kami tulis, tentunya bisa jadi referensi buat kamu yang ingin menjadi dropshipper.

Bagi siapapun yang ingin berjualan di Shopee, akan dengan mudahnya dapat menjadi mitra Shopee. Yang kemudian menjadi sebuah toko yang menjual barang-barang menarik.

Apa Itu Mitra Shopee?

Meskipun Shopee menjadi pusat perbelanjaan online terbesar, apalah daya jika tak menghadirkan banyak mitra Shopee. Dimana nantinya mitra Shopee melakukan penjualan produk yang kemudian dibeli oleh online shopper.

Siapakah Mitra Shopee? Mitra Shopee adalah Pengguna yang telah mendaftarkan diri di Aplikasi Mitra Shopee untuk membeli barang melalui Aplikasi Mitra Shopee & menjualnya kembali secara offline.

Barang yang dapat dibeli oleh Mitra Shopee di antara lain adalah Pulsa & Paket Data, Voucher Game, Listrik PLN (Token & Tagihan), dan tagihan lainnya (Angsuran Kredit, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Pasca Bayar, Telkom, dan TV Kabel). Dan untuk kamu bara mobile gamers, Shoppe juga bisa membantu kamu dalam Membeli Diamond Mobile Legends dengan harga spesial.

Bisakah Dropship dari Shopee ke Shopee?

Bagi kamu yang ingin menjadi dropshipper Shopee, yang juga menanyakan satu hal penting yaitu bisakah dropship dari Shopee ke Shopee? Jawabannya adalah Tidak Bisa.

Hal ini dikarenakan resi di Shopee hanya dapat diinput dan diklaim ke 1 order. Resi yang telah diinput di toko 1 tidak dapat diinput di toko 2 atau toko lain.

Cara Berjualan Di Shopee

Cara Berjualan Di Shopee

Cara Berjualan Di Shopee

Setelah mulai mengetahui apa itu Shopee dan segala hal mengenai dropship, sekarang saatnya kamu membuka peluang. Yaitu dengan sedikit mengetahui sistem dropship untuk jualan di Shopee, dan mulai untuk action!

Bagi yang masih pemula, tak perlu risau dan mengkhawatirkan segala hal yang menurunkan niat. Stop overthinking! Let’s Do It Now!

Cara Berjualan Di Shopee untuk Pemula

Bagi pemula, sebenarnya untuk tau bagaimana cara berjualan di shopee itu sangatlah mudah untuk dilakukan. Berikut beberapa langkah dan tahapan untuk mulai berjualan di Shopee:

1. Tentukan Produk/Barang 

Langkah awal yang seharusnya kita ketahui sebelum mulai berjualan adalah menentukan sebuah produk/barang apakah yang hendak kita jual. Tentu saja! Kita juga harus bisa melihat peluang, manfaatkan moment, dan pandanglah jauh kedepan.

Dalam memilih/menentukan produk, kita harus memikirkan barang apa yang hendak kita jual. Apakah barang tersebut nantinya akan laku untuk saat ini saja, ataukah bisa untuk jangka panjang? Saran dari kami, tentukan sebuah barang yang menjadi kebutuhan penting setiap orang. Dalam artian, produk/barang tersebut selalu dibutuhkan dan dicari tanpa harus mengenal moment.

2. Buat Akun Di Shopee

Setelah produk/barang ketemu dan telah kamu tentukan, selanjutnya adalah kamu harus membuat akun di Shopee. Cara dan langkah pembuatan akun Shopee juga terbilang sangat mudah dan tak makan banyak waktu lho. Kamu juga hanya memerlukan sebuah email aktif dan nomor handphone saja untuk membuat akun Shopee. Untuk pembuatan akun Shopee sendiri dapat dilakukan melalui Website atau Aplikasi Shopee.

3. Buat Sebuah Toko di Shopee

Usai memiliki sebuah akun di Shopee, tahap selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat sebuah toko di Shopee. Melalui akun Shopee yang telah kamu buat, telah disediakan menu khusus untuk mulai membuka toko. Sebagai formulir pendaftarannya juga tak butuh banyak informasi, hanya cukup membuat nama toko beserta deskripsi singkat mengenai toko online kamu di Shopee.

4. Upload Produk

Nah setelah memiliki akun dan toko di Shopee, mulailah untuk membuat post produk pertama kamu. Lakukan unggah beberapa foto produk yang ingin kamu jual di Shopee. Kamu juga telah disediakan fitur mass upload yang mana akan memudahkanmu dalam mengunggah beberapa foto produk sekaligus.

5. Mulailah Promosikan Produk/Barang Kamu

Tahap menuju akhir, setelah kamu mengupload beberapa foto produk yang dijual, selanjutnya isilah deskripsi produk semenarik mungkin agar pengunjung dapat tertarik untuk melakukan pembelian di toko Shopee kamu.

Lakukan beberapa promosi kecil-kecilan atau langsung promosi besar-besaran seperti Promo Gratis Ongkir Shopee agar segera mendapatkan penjualan yang banyak. Shopee juga membantu memberi kesempatan kepada setiap penjual untuk mempromosikan 5 produk sekaligus dalam durasi 4 jam sekali.

Jualan Barang/Produk Sendiri di Shopee

Setelah kamu memahami tahapan cara berjualan di Shopee untuk pemula, maka mulailah untuk menjual barang/produk sendiri melalui web atau aplikasi Shopee. Tahap selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk dapat berjualan barang sendiri di Shopee adalah dengan membuat akun dan toko di shopee » posting produk » kirim pesanan pertamamu.

Membuat Akun dan Toko di Shopee

  • Kunjungi situs shopee.co.id lalu buat akun dengan klik Daftar. Kamu diharuskan menambahkan serta melakukan verifikasi no. handphone dan email.
  • Kunjungi Seller Centre dan pilih Pengaturan Toko untuk melengkapi profil Toko kamu
  • Profil Toko Kamu terdiri dari 3 bagian:
    Nama Toko: Pilih nama toko yang khas dan mudah diingat yang dapat menggambarkan toko serta produk kamu, sesuai dengan Panduan Penamaan Toko dari Shopee.
    Deskripsi Gambar: Upload hingga 5 foto dan video untuk memberikan toko kamu identitas brand yang kuat.
    Deskripsi Toko: Buat deskripsi singkat dan ringkas untuk menarik Pembeli mengunjungi toko kamu. Kamu dapat menambahkan berbagai informasi seperti riwayat toko, tipe produk atau waktu membalas chat. Jangan masukkan informasi personal seperti email dan no. handphone, atau melakukan transaksi dengan Pembeli di luar Shopee.

Menambahkan Produk untuk Dijual Di Shopee

  • Kunjungi Seller Centre dan pilih Produk Saya.
  • Klik + Tambah Produk Baru dan masukkan nama, kategori, atribut produk dan deskripsi
  • Upload foto produk kamu yang diambil secara profesional dengan resolusi tinggi.
  • Pilih pengaturan pengiriman seperti berat, ukuran paket, ongkos kirim, dan jasa kirim.
    Mohon perhatikan bahwa setiap jasa kirim memiliki ongkos kirim atau syarat yang berbeda pada ukuran paket dan berat. Agar pengiriman lancar, pilih Jasa Kirim Yang Didukung Shopee.

Mengirimkan Pesanan Pertama di Shopee

  • Di Seller Centre, kunjungi halaman Penjualan Saya dan klik Perlu Dikirim.
  • Lihat pesanan yang harus dikirim pada menu Perlu Dikirim.
  • Klik Pengiriman/ Pengiriman Massal untuk menentukan waktu pengiriman (pastikan Anda mengatur pengiriman sebelum batas waktu pengemasan).
  • Kemas produk kamu sesuai Langkah-Langkah Mengemas Pesanan dari Shopee dan tambahkan dokumen yang diperlukan seperti nomor resi.
  • Antar pesanan ke Jasa Kirim yang dipilih.

Cara Berjualan Di Shopee Tanpa Modal

“Saya tidak punya barang/produk sendiri dan belum punya modal nih, apakah bisa berjualan di Shopee dengan tanpa modal?” Tentu saja bisa. Bagi kamu yang punya keterbatasan modal alias minim modal alias tak punya barang/produk sendiri, bisa memanfaatkan sistem Dropship di shopee. Caranya?

Simak tahapan cara berjualan di Shopee tanpa modal berikut ini:

1. Tentukan Produk/Barang yang Ingin Dijual

2. Cari Supplier yang Bagus

3. Buat Akun dan Buka Toko di Shopee

4. Posting Produk dan Tentukan Harga Jual Kembali

5. Manfaatkan Fitur Promosi

6. Mulai Pasarkan Produk dan Promosikan Jika Perlu

7. Dapatkan Pelanggan Pertama

8. Kirimkan Pesanan Pertama

9. Nikmati Keuntungan Dropship di Shopee

Sebenarnya masih banyak tahapan dengan pembahasan lebih mendetail mengenai cara berjualan di Shopee tanpa modal (dropship) yang bisa diulas, namun karena keterbatasan waktu maka akan kami ulas secara lebih mendetail di lain artikel. Nantikan saja update artikel terbaru pembahasan dropship di Shopee.

Kita cukupkan sekian pembahasan mengenai cara berjualan di shopee untuk pemula dengan mudah, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu ya!