Cara SS Samsung A12

Cara SS Samsung A12

Bicara tentang cara ss samsung a12, mungkin hal ini sudah tak lagi asing di telinga para pengguna smartphone asal Korea yang saat ini cukup banyak diminati para pengguna smartphone, untuk memenuhi kebutuhan mereka. SS atau singkatan dari screenshot merupakan sebuah cara yang mana memungkinkan kamu untuk menangkap tampilan pada layar ponsel untuk segala kebutuhan.

Seperti mimin misalnya, dulu waktu semasa kuliah mimin sering kali melakukan screenshot pada grup kampus ketika mendapati informasi mengenai perkuliahan. Tentunya, hal ini juga berlaku untuk kebutuhan lain dari para pengguna yang memang menggunakan smartphone untuk kebutuhan mereka. Biasanya, screenshot sendiri bisa menjadi salah satu dokumentasi dalam bentuk gambar yang bisa disimpan pada galeri ponsel, untuk dilihat kembali sewaktu waktu jika lupa.

Cara SS Samsung A12

Cara SS Samsung A12
Cara SS Samsung A12

Meskipun begitu, ternyat tak bisa dipungkiri memang, masih saja ada banyak para pengguna samsung yang tak begitu faham tentang cara ss samsung a12 yang mereka miliki. Biasanya, hal ini dikarenakan minimnya informasi atau memang sebelumnya tidak pernah menggunakan smartphone.

Namun tak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan informasi seputar cara di mana kamu bisa melakukan screenshot atau SS pada layar ponsel samsung A12, dengan beberapa cara mudah yang bisa kamu coba. Seperti

Cara SS Samsung A12 lewat Tombol Kombinasi

Untuk langkah pertama, jelas di sini kita bisa memanfaatkan tombol kombinasi yang terdapat pada ponsel samsung yang kita miliki. Cara ini termasuk cara yang paling mudah menurut mimin, karena kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun untuk melakukan ss pada ponsel samsung. Dan caranya juga mudah banget kok.

  1. Silakan arahkan layar ke aplikasi atau laman web yang hendak kamu screenshot
  2. Setelah itu kamu bisa menekan tombol kombinasi untuk mengambil screenshot yakni tombol power + volume down secara bersamaan
  3. Cukup tekan kedua tombol tersebut sekitar beberapa detik saja, sampai layar ponselmu berkedip yang menandakan jika penangkapan layar atau ss sedang dilakukan
  4. Nantinya, kamu akan melihat hasil dari screenshot yang kamu ambil di bagian pojok kiri bawah layar
  5. Selesai.
Terkait:  Cara Download Lulubox APK

Dengan menggunakan cara ini, tentunya kamu bisa melakukan screenshot pada layar baik ketika membuka aplikasi, ataupun ketika sedang mengakses browser dan melihat sebuah artikel atau laman blog. Perhatikan juga ketika menekan tombol disarankan untuk tidak terlalu menekan, agar tidak terjadi kerusakan pada tombol power ataupun volume.

Cara SS Samsung A12 lewat Aplikasi Bawaan

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi bawaan samsung yang mirip dengan 3D Touch pada iPhone. Fitur aplikasi ini sendiri memang diperuntukkan bagi pengguna agar lebih mudah dalam mengakses fitur-fitur dan juga shortcut penting lain, tanpa harus masuk ke aplikasi ataupun pengaturan. Dan caranya juga mudah banget kok.

  1. Kamu bisa mengarahkan ponselmu ke laman, aplikasi, atau tampilan manapun yang ingin kamu screenshot
  2. Kemudian, cari tombol flexible yang biasanya berwarna putih agak transparan di bagian layar samsung kamu
  3. Klik pada tombol tersebut, dan pilih pada device/perangat lalu pilih screenshot
  4. Tunggu beberapa saat dan nantinya secara otomatis proses ss akan dilakukan dan kamu bisa melihat hasilnya di galeri ponsel
  5. Selesai.

Jika mungkin pada ponsel samsung A12 kamu tidak terdapat 3D Touch sepert iPhone, kamu bisa mengaktifkannya dari pengaturan > aksessibilitas > shortcut dan aktifkan pada aksesibilitas ini.

Cara SS Samsung A12 lewat Aplikasi Screenshot

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga dari Google Play Store yang bernama Easy Capture atau Tangkapan Layar Mudah. Aplikasi ini gratis dan kamu bisa menemukannya di google play store pada ponsel samsung kalian.

Untuk cara penggunaannya juga mudah banget kok.

  1. Silakan buka google play store lalu cari aplikasi bernama Easy Screenshot atau Tangkapan Layar Mudah
  2. Kemudian jika sudah kamu bisa langsung klik pada tombol install dan tunggu sampai proses installasinya selesai
  3. Jika sudah, kamu bisa langsung membuka aplikasi tersebut dari dafar aplikasi dan berikan semua perizinan yang muncul atau diminta
  4. Untuk melakukan konfigurasi, kamu bisa mengklik pada hamparan icon dengan menggeser toggle nya ke arah on
  5. Setelah itu kamu akan diminta untuk memberikan perizinan aksesibilitas, ikuti saja instruksinya lalu pilih izinkan
  6. Nantinya, kamu akan melihat icon kamera yang mengambang pada layar smartphone samsung kamu
  7. Untuk melakukan screenshot, kamu bisa mengklik pada icon kamera tersebut, lalu tunggu beberapa saat sampai proses ss berhasil dilakukan
  8. Selesai
Terkait:  Cara Screenshot Samsung S21 Ultra

Dengan mengguankan bantuan dari aplikasi ini, tentunya ini menjadi solusi dan juga alternatif bagi pengguna ponsel samsung a12 yang mungkin mengalami masalah pada tombol power, volume, atau bahkan 3d ball tracking yang ada di smartphone samsung. Terlebih lagi, aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan, dan bisa kamu temukan di google play store.

Cara SS Samsung A12 lewat Aplikasi Screen Recorder

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu juga bisa menggunakan bantuan dari aplikasi screen recorder yang juga bisa kamu temukan di google play store. Nah, untuk cara ini sendiri sebetulnya sama seperti menggunakan easy screenshot yang sudah mimin jelaskan di poin sebelumnya.

Terlebih lagi, untuk aplikasi screen recorder sendiri ada banyak macam dan jenisnya, dan tentu saja masing-masing dari aplikasi screen recorder ini bisa digunakan untuk merekam layar.

Tapi tau gak, selain merekam layar, kamu juga bisa kok mengambil screenshot dengan menggunakan bantuan aplikasi screen recorder yang bernama xRecorder. Berikut caranya

  1. Silakan buka google play store kalian dan kemudian cari aplikasi xRecorder
  2. Setelah itu, kamu bisa mendownload serta menunggu proses installasinya hingga selesai
  3. Setelah selesai kamu bisa langsung membuka aplikasi Screen recorder (xrecorder) dan memberikan semua perizinan yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut
  4. Kemudian jika sudah terbuka, kamu bisa langsung mengambil screenshot dengan cara merekam layar terlebih dahulu
  5. Untuk melakukan screenshotnya sendiri, kamu bisa menekan icon xrecorder yang ada di layar ketika kamu merekam layar ponsel dengan menggunakan video screen record
  6. Nantinya akan ada menu berupa tools yang memiliki icon seperti pengaturan, yang bisa kamu klik
  7. Pada menu tersebut, kamu bisa mengklik pada pilihan screenshot/tangkap layar
  8. Tunggu beberapa saat, dan secara otomatis layar yang kamu rekam akan tersimpan dalam bentuk screenshoot.
Terkait:  Cara Mengatasi Baterai Kembung

Selain memudahkan pengguna dalam melakukan screen recording, aplikasi xRecorder ini juga sangat berguna untuk para pembuat konten video di youtube, untuk menyimpan tiap gambar dari tutorial video screen record yang mereka buat.

Terlebih lagi, kamu juga bisa mengedit hasil screenshot tadi lewat aplikasi xrecorder untuk menambahkan elemen berupa garis, gambar, icon, tanda panah, dan lain sebagainya.

Nah, dari sekian banyak cara ss samsung a12 yang mimin bagikan tadi, kamu bisa mencoba salah satunya yang menurutmu paling mudah. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Similar Posts