Cara Screenshot Realme C11

Cara screenshot Realme C11 sangatlah mudah dan kurang lebih cara melakukan screenshot di Realme C11 hampir sama dengan merek hp lainnya. Namun, bagi kamu pengguna baru hp merek Realme ini mungkin masih belum mengetahui untuk mengambil screenshot bisa dilakukan dengan cara apa saja. Nah, pada artikel ini mimin akan menjelaskan cara screenshot di hp Reame C11.

Screenshot merupakan kegiatan menangkap layar yang nantinya hasil dari tangkapan layar tersebut tersimpan ke galeri. Bisa dibilang screenshot sudah menjadi kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari. Biasanya pengguna ponsel melakukan screenshot untuk menangkap layar berupa percakapan di SMS atau di WhatsApp, untuk menangkap layar kemenangan bermain games, menangkap layar bukti transfer, dan lainnya sebagainya.

Read More

Layar pada ponsel yang discreenshot biasanya dianggap penting oleh pengguna ponsel, sehingga apabila sewaktu-waktu ingin melihat screenshot tersebut, ia tinggal melihatnya di galeri hp nya. Untuk melakukan screenshot sendiri, sekarang setiap ponsel sudah dibekali fitur screenshot bawaan sehingga penggunanya tidak perlu lagi mengunduh aplikasi tambahan.

Cara Screenshot Realme C11

Cara Screenshot Realme C11
Cara Screenshot Realme C11

Cara screenshot Realme C11 bisa kamu lakukan dengan beberapa cara. Silakan untuk mengikuti cara yang menurutmu paling mudah. Realme C11 sendiri sudah dilengkapi dengan fitur screenshot bawaan dan dengan fitur bawaan tersebut kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara.

Realme C11 merupakan hp keluaran tahun 2020 yang sudah dibekali dengan kamera belakang 13+2 MP dan kamera depan 5 MP, kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 5000 mAh, dan fitur-fitur lengkap lainnya, salah satunya adalah fitur screenshot bawaan yang bisa langsung kamu gunakan.

Cara Screenshot Realme C11 dengan Tombol Fisik

Cara pertama dan yang paling umum digunakan juga oleh merek ponsel lainnya untu screenshot adalah dengan menggunakan tombol fisik. Tombol yang digunakan yaitu tombol Power dan Volume Bawah. Kamu bisa menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan. Cara ini merupakan cara yang terbilang mudah dan cukup praktis dilakukan.

Terkait: Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Cara screenshot menggunakan kombinasi kedua tombol ini cukuplah mudah. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya.

  • Langkah pertama silakan siapkan terlebih dahulu area layar yang ingin kamu screenshot
  • Apabila sudah memilih area yang ingin discreenshot, tekan dan tahan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa detik
  • Tunggu hingga layar berkedip dan mengeluarkan suara shutter
  • Kemudian, akan muncul Pop up dari hasil screenshot yang kamu lakukan dan kamu bisa langsung membagikannya atau mengeditnya terlebih dahulu
  • Kamu telah berhasil melakukan screenshot

Untuk melihat hasil screenshotnya, kamu bisa melihatnya melalui aplikasi Photos kamu karena secara otomatis screenshot yang kamu lakukan tersimpan ke galeri kamu.

Cara Screenshot Realme C11 dengan Mode Gesture

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk screenshot di hp Realme C11 adalah dengan menggunakan Mode Gesture. Cara ini bisa membantu kamu apabila tombol fisik yaitu tombol power dan volume sedang rusak sehingga kamu tidak bisa melakukan screenshot menggunakan kedua tombol tersebut.

Sebagai alternatif, agar kamu tetap bisa melakukan screenshot, kamu bisa menggunakan Mode Gesture yang dimiliki oleh Realme C11. Mungkin bagi kamu yang jarang melihat-lihat fitur apa saja yang terdapat di hp kamu, tidak mengetahui fitur ini. Kamu bisa melihat fitur ini di aplikasi Pengaturan hp kamu.

Cara menggunakan Mode Gesture cukup mudah, kamu hanya perlu memakai tiga jari kamu untuk menangkap layar atau screenshot. Namun, sebelum kamu screenshot menggunakan fitur ini, kamu diharuskan untuk mengaktifkannya Mode Gesture terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Pengaturan atau Settings yang terdapat di daftar menu aplikasi
  • Kemudian, Buka menu Convenience Tools
  • Lalu, pada halaman Convenience Tools,silakan pilih menu Gesture & Motions
  • Selanjutnya, aktifkan fitur3-Finger Screenshot
  • Fitur3-Finger Screenshot berhasil diaktifkan
Terkait: Harga Realme 3 Pro Terbaru

Nah, sekarang fitur gesture tersebut sudah aktif dan kamu bisa menggunakannya untuk screenshot. Berikut lagkah-langkahnya.

  • Persiapkan terlebih dahulu area layar yang ingin kamu screenshot
  • Apabila sudah kamu tentukan, silakan usap atau swipe layar dari atas ke bawah menggunakan 3 jari yang dirapatkan
  • Tunggu hingga layar berkedip dan mengeluarkan suara shutter
  • Kemudian, akan muncul pop up dari hasil screenshot yang kamu lakukan dan kamu bisa langsung membagikannya atau mengeditnya terlebih dahulu
  • Proses screenshot pun selesai

Kamu bisa melihat lagi hasil screenshot sebelumnya di aplikasi Photo di hp Realme C11 kamu. Nah, untuk mengusap menggunakan 3 jari, kamu bisa menggunakan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Selamat mencoba.

Cara Screenshot Realme C11 dengan Smart Sidebar

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk screenshot di hp Realme C11 kamu adalah dengan menggunakan fitur Smart Sidebar. Biasanya Smart Sidebar ini tersembunyi di bagian pinggir layar. Untuk memunculkan Smart Sidebar ini, kamu hanya perlu mengusap atau swipe layar dari samping layar ke tengah layar.

Cara ini juga efektif digunakan apabila tombol fisik kamu sedang rusak sehingga kamu tidak bisa screenshot menggunakan tombol Power dan Volume Bawah. Fitur ini bisa menjadi pilihan untuk kamu melakukan screenshot.

Cara menggunakannya cukup mudah. Namun, sebelum kamu menggunakan Smart Sidebar untuk screenshot, kamu diharuskan untuk mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah mengaktifkannya.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Pengaturan atau Settings yang terdapat pada daftar menu aplikasi
  • Kemudian, silakan pilih menu Convenience Tools
  • Lalu pada halaman berikutnya, pilih menu Smart Sidebar
  • Setelah itu, Aktifkan fitur Smart Sidebar
  • Fitur Smart Sidebar berhasil diaktifkan

Setelah berhasil diaktifkan, kamu bisa langsung menggunakan fitur tersebut untuk screenshot. Berikut langkah-langkahnya.

  • Persiapkan terlebih dahulu area layar yang ingin kamu screenshot
  • Apabila sudah ditentukan, silakan buka Smart Sidebar dengan cara mengusap atau swipe layar dari bagian pinggir ke tengah layar menggunakan ibu jari
  • Kemudian, pada menu Smart Sidebar, pilih Screenshot
  • Silakan tunggu hingga layar berkedip dan mengeluarkan suara shutter
  • Kemudian, akan muncul pop up dari hasil screenshot yang kamu lakukan dan kamu bisa langsung membagikannya atau mengeditnya terlebih dahulu
  • Screenshot pun berhasil
Terkait: Cara Membuka Pola HP Oppo yang Lupa

Apabila kamu ingin melihat kembali hasil screenshot sebelumya, kamu bisa melihatnya di aplikasi Photos karena hasil screenshot kamu otomastis tersimpan.

Cara Screenshot Realme C11 Panjang

Cara selanjutnya ini bisa kamu ikuti apabila kamu ingin melakukan screenshot secara memanjang atau scrolling screenshot. Screenshot panjang ini dilakukan apabila layar yang ingin kamu screenshot banyak hingga ke bawah di mana jika hanya dengan satu kali tangkapan tidak cukup.

Dengan melakukan screenshot panjang, kamu bisa screenschot secara utuh dan hasilnya tersimpan dalam satu foto. Cara melakukannya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

  • Persiapkan terlebih dahulu area layar yang ingin kamu screenshot
  • Silakan pilih salah satu dari tiga cara di atas untuk melakukan screenshot seperti biasa
  • Apabila sudah screenshot, maka akan muncul gambar kecil mengambang di sebelah kanan layar
  • Sebelum gambar tersebut menghilang, silakan tekan dan tahan sambil seret ke atas untuk screenshot panjang
  • Selain itu, kamu juga mengetuk gambarnya untuk screenshot panjang

Untuk melihat hasil screenshot-nya pun kamu bisa melihatnya pada aplikasi Photos di hp Realme C11 kamu karena tersimpan secara otomatis.

Kesimpulan

Itulah cara screenshot Realme C11 menggunakan tiga cara yang bisa kamu pilih salah satu caranya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Related posts