Cara Screenshot Samsung A32

Cara Screenshot Samsung A32
Cara Screenshot Samsung A32

Cara screenshot Samsung A32 sangatlah mudah. Mungkin bagi kamu pengguna baru hp Samsung belum mengetahui cara screenshot di hp Samsung bisa dilakukan dengan cara apa saja. Nah, mimin akan mejelaskannya dalam artikel ini.

Samsung merupakan salah satu merek ponsel yang penggunanya cukup banyak di Indonesia. Namun, mungkin kamu yang sebelumnya menggunakan ponsel merek lain belum mengetahui atau mengenal fitur-fitur yang terdapat di hp Samsung, khusunya adalah fitur screenshot.

Read More

Saat ini setiap merek ponsel sudah membekali hp keluarannya dengan fitur screenshot bawaan. Jadi penggunanya tidak perlu mengunduh aplikasi bawaan lagi. Begitu juga dengan Samsung, sekarang sudah membekali fitur screenshot bawaan yang bisa langsung digunakan oleh penggunanya. Screenshot atau screen capture atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai tangkapan layar ini merupakan kegiatan menangkap layar atau mengambil foto layar hp yang diinginkan. Nantinya hasil dari screenshot tersebut akan tersimpan secara otomatis ke galeri hp kamu.

Cara Screenshot Samsung A32

Cara Screenshot Samsung A32
Cara Screenshot Samsung A32

Cara screenshot Samsung A32 akan mimin jelaskan di bawah ini. Silakan untuk mengikuti cara yang menurutmu paling mudah. Screenshot sendiri bisa dikatakan merupakan kegiatan yang cukup penting. Hal ini dikarenakan saat ini setiap orang membutuhkan fitur ini untuk menyimpan hal-hal yang penting di hp nya.

Misalnya, kamu sedang mencari sesuatu di internet dan menemukan informasi penting dan ingin kamu simpan informasi tersebut, nah kamu bisa screenshot bagian penting yang ingin kamu simpan. Contoh lain apabila kamu ingin menyimpan informasi penting di WhatsApp, kamu juga bisa menyimpannya dengan melakukan screenshot.

Terkait:  Cara Mengatasi Baterai Kembung

Cara Screenshot Samsung A32 Dengan Tombol Fisik

Cara pertama untuk screenshot di hp Samsung A32 adalah dengan menggunakan kombinasi Tombol Fisik. Ini merupakan cara yang paling umum digunakan oleh merek ponsel lainnya untuk screenshot. Di ponsel Samsung sendiri kamu bisa melakukan kombinasi tombol fisik yaitu tombol Power dan Volume Bawah.

Ini juga termasuk cara yang cukup efektif untuk screenshot di ponsel Samsung. Karena hanya dengan menekan kedua tombol tersebut kamu bisa melakukan screenshot. Nah, untuk cara menggunakan kedua tombol tersebut cukuplah mudah. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama adalah persiapkan terlebih dahulu area layar yang ingin kamu screenshot
  • Apabila sudah ditentukan, silakan tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan. Tekan sebanyak satu kali dan tidak perlu ditahan
  • Layar hp kamu akan berkedip dan mengeluarkan suara shutter. Ini menandakan screenshot berhasil
  • Kemudian, saat layar mengedip, di bawah terdapat Pop up yang terdapat empat tombol, yaitu Preview untuk melihat hasil yang discreenshot, Scroll Capture untuk menggulirkan layar sampai ke bawah untuk screenshot, Edit untuk memotong hasil screenshot, dan Share untuk langsung membagikan hasil screenshot
  • Proses screnshot pun berhasil

Kamu bisa melihat hasil screenshot sebelumya di galeri hp kamu karena secara otomatis hasil screenshot tersebut tersimpan ke galeri.

Cara Screenshot Samsung A32 Dengan Menu Asisten

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk screenshot di ponsel Samsung A32 adalah dengan menggunakan Menu Asisten. Menu Asisten ini mirip dengan Menu Assistive Touch yang dimiliki oleh perangkat Iphone. Jika kamu pernah melihatnya di perangkat Iphone, mungkin kamu ada sedikit gambaran mengenai Menu Asisten ini.

Selain digunakan untuk melakukan screenshot, Menu Asisten ini juga bisa kamu gunakan untuk aktivitas lainnya, seperti bisa digunakan untuk mengatur volume suara, bisa menjadi kursor seperti pada laptop atau PC, sebagai notification panel, dan sebagainya. Jadi menu ini berisi fitur lain selain fitur untuk screenshot.

Terkait:  Cara Screenshot Samsung M31 (5 Metode) Mudah

Menu ini bisa sangat membantu kamu apabila tombol fisik di hp kamu sedang rusak sehingga kamu tidak bisa melakukan screenshot menggunakan kombinasi tombol. Nah, apabila kamu ingin menggunakan Menu Asisten ini untuk screenshot, kamu diharuskan untuk mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan Menu Asisten.

  • Langkah pertama, Buka aplikasi Pengaturan atau Settings yang terdapat pada daftar menu aplikasi
  • Kemudian, silakan pilih Accessibility (Aksesibilitas)
  • Setelah itu, klik Interaction and Dexterity (Interaksi dan Kecelakaan)
  • Selanjutnya, pada Menu Asisten, silakan geser toggle ke arah On
  • Kamu berhasil menambahkan Menu Asisten ke layar hp Samsung A32 kamu

Kemudian, pada layar ponsel kamu, kamu akan melihat ikon melayang dengan bentuk lingkaran dengan empat kotak di dalamnya. Itu merupakan panel dari Menu Asisten yang bisa kamu geser ke mana pun dia akan mengikuti pergerakan jempol kamu apabila kamu menekan dan menggesernya. Nah, selanjunya kamu bisa mengguanakan Menu Asisten tersebut untuk melakukan screenshot. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk screenshot menggunakan Menu Asisten.

  • Langkah pertama, persiapkan terlebih dahulu area layar yang ingin kamu screenshot
  • Apabila sudah ditentukan, silakan klik panel Menu Asisten yang berbentuk lingkaran dengan empat kotak di dalamnya
  • Kemudian, cari opsi Screenshot pada Menu Asisten
  • Lalu, klik opsi Screenshot tersebut untuk mengambil tangkapan layar di hp kamu
  • Tunggu hingga layarmu berkedip dan mengeluarkan suara shutter
  • Kemudian, saat layar mengedip, di bawah terdapat Pop up yang terdapat empat tombol opsi, yaitu Preview untuk melihat hasil yang discreenshot, Scroll Capture untuk menggulirkan layar sampai ke bawah untuk screenshot, Edit untuk memotong hasil screenshot, dan Share untuk langsung membagikan hasil screenshot
  • Proses screenshot pun berhasil
Terkait:  Cara Menghubungkan HP Samsung ke TV dengan Kabel HDMI

Apabila kamu ingin melihat hasil screenshot tersebut, silakan untuk memlihatnya di galeri hp kamu.

Cara Screenshot Samsung A32 Dengan Usapan Telapak Tangan

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk screenshot di Samsung A32 adalah dengan menggunakan Usapan Telapak Tangan. Ini juga merupakan cara yang efektif dilakukan apabila tombol fisik kamu sedang rusak dan tidak bisa digunakan untuk screenshot. Cara menggunakan usapan telapak tangan untuk screenshot sangat mudah dan kamu juga harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah mengaktifkannya.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Pengaturan atau Settings yang terdapat di hp Samsung A32 kamu
  • Kemudian, silakan pilih Advanced Features
  • Lalu pilih Motions and Gestures
  • Setelah itu, aktifkan Palm Swipe to Capture
  • Fitur Screenshot dengan Usapan Telapak Tangan pun berhasil diaktifkan

Nah, selanjutnya kamu sudah sudah bisa menggunakan usapan telapak tangan untuk screenshot. Berikut langkah-langkah menggunakan fitur tersebut.

  • Persiapkan terlebih dahulu area layar yang ingin kamu screenshot
  • Apabila sudah ditentukan, silakan letakkan tepi telapak tangan kamu pada layar
  • Selanjutnya, Usap secara perlahan dari tepi kiri layar sampai ke tepi kanan layar
  • Usahakan ketika melakukan screenshot, tanganmu menyentuh layar dalam satu gerakan
  • Setelah itu, layar hp kamu akan berkedip dan mengeluarkan bunyi shutter
  • Kemudian, saat layar mengedip, di bawah terdapat Pop up yang terdapat empat tombol opsi, yaitu Preview untuk melihat hasil yang discreenshot, Scroll Capture untuk menggulirkan layar sampai ke bawah untuk screenshot, Edit untuk memotong hasil screenshot, dan Share untuk langsung membagikan hasil screenshot
  • Proses screenshot pun berhasil

Hasil screenshot kamy sebelumnya akan tersimpan secara otomatis ke galeri hpmu. Kamu bisa mengecek hasilnya di sana dan kamu bisa membagikan atau mengeditnya.

Kesimpulan

Nah itulah tiga cara screenshot Samsung A32 yang telah mimin jelaskan. Silakan untuk memilih cara yang menurutmu paling mudah dan efektif. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Related posts