Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Oppo

Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Oppo
Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Oppo

Bagaimana cara sembunyikan aplikasi di hp Oppo? Mungkin pertanyaan ini muncul bagi kamu pengguna hp Oppo dan belum mengetahui cara menyembunyikan aplikasi. Khususnya bagi kamu pengguna baru merek hp ini yang masih bingung untuk menyembunyikan aplikasi.

Di hp kamu mungkin saja berisi segala hal, baik foto, video, dokumen, dan lainnya. Atau kamu juga memiliki aplikasi atau dokumen rahasia dan tidak ingin orang lain melihat dan mengetahuinya. Maka dari itu, kamu ingin menyembunyikannya agar hanya kamu yang bisa melihat aplikasi tersebut.

Read More

Handphone sendiri sudah menjadi tempat penyimpanan yang berisi segala data pemiliknya. Wajar saja apabila kamu memiliki aplikasi atau data yang bersifat rahasia. Nah untuk hp Oppo sendiri kamu bisa menyembunyikan aplikasi tersebut dengan menggunakan fitur bawaan atau menggunakan aplikasi tambahan.

Pada artikel ini mimin akan menjelaskan cara menyembunyikan aplikasi atau mengembalikan aplikasi yang telah disembunyikan pada hp Oppo. Silakan untuk membaca artikel ini untuk mengetahui cara-caranya dan kamu bisa langsung menerapkannya ke hp kamu.

Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Oppo

Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Oppo
Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Oppo

Cara sembunyikan aplikasi di hp Oppo bisa kamu lakukan dengan beberapa cara seperti yang akan mimin jelaskan di bawah ini. Selain cara menyembunyikan aplikasi, mimin juga akan menjelaskan cara mengembalikan atau melihat aplikasi yang disembunyikan.

Terkait:  Cara Screenshot Oppo A5S

Cara di bawah ini sudah mimin ringkas dan kamu pasti bisa melakukannya sendiri. Setidaknya kamu bisa menyembunyikan aplikasi di hp Oppo, yaitu tanpa menggunakan aplikasi atau menggunakan aplikasi tambahan.

Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Oppo Tanpa Aplikasi

Kamu bisa menyembunyikan aplikasi di hp Oppo tanpa harus mengunduh aplikasi lagi atau biasa disebut dengan menggunakan aplikasi bawaan dari Oppo. Kamu bisa langsung menggunakan fitur ini karena sudah tersedia sejak pertama kamu membeli hp. Ini merupakan cara yang paling mudah dan tidak ribet karena tidak harus mengunduh aplikasi pihak ketiga lagi.

Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Oppo Menggunakan Fitur Bawaan

Cara yang bisa kamu lakukan untuk sembunyikan aplikasi di hp Oppo tanpa aplikasi adalah menggunakan fitur bawaan. Dengan menggunakan fitur ini, tentu bisa membantu kamu yang tidak memiliki memori yang cukup apabila harus mengunduh aplikasi tambahan.

Kamu bisa menemukan fitur ini di aplikasi Pengaturan atau Settings. Bagi kamu yang jarang mengecek fitur-fitur yang di hp nya mungkin tidak mengetahui fitur ini. Cara menggunakannya cukup mudah, agak sedikit berbeda bagi hp Oppo yang menggunakan Color OS 3.1 dan Color OS 3.0. Berikut langkah-langkah detailnya.

  • Langkah pertama, silakan Buka aplikasi Pengaturan atau Settings di hp Oppo kamu
  • Untuk Color OS 3.1 atau di atasnya, pilih Pengelola Telepon > Izin Privasi > Enskripsi Aplikasi
  • Untuk ColorOS 3.0 atau di bawahnya, masuk ke Keamanan/Pusat Keamanan > Izin Privasi > Enkripsi Aplikasi
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu enskripsi dengan klik Aktifkan enkripsi di X Apps
  • Lalu, buat kata sandi privasi atau kode akses terlebih dahulu
  • Setelah itu, akan muncul pertayaan keamanan untuk menyelesaikan proses enskripsi
  • Selanjutnya, masuk ke menu Pengaturan > Keamanan > Kunci Aplikasi. Masukkan kode verifikasi untuk masuk ke menu Enkripsi Aplikasi
  • Silakan tekan aplikasi dan aktifkan Mulai Verifikasi Kode Sandi, lalu aktifkan Sembunyikan Ikon Layar Utama
  • Kemudian, pesan Pop up akan muncul di layar untuk memintamu mengatur nomor akses. Kamu bisa mengakses aplikasi yang sudah kamu sembunyikan dengan menekan tombol akses tersebut
  • Nomor akses diawali dengan simbol # dan diikuti oleh angka di belakangnya dan diakhiri dengan # lagi. Contoh: #2#
  • Kamu sudah berhasil menyembunyikan aplikasi
Terkait:  Cara Pindah Kotak Android ke iPhone

Kemudian, jika sudah disembunyikan dan bila kamu ingin mengakses aplikasi tersebut, sberikut langkah-langkahnya.

  • Silakan tekan Telepon dan masukkan Kode Akses
  • Untuk menampilkan kembali aplikasi, nonaktifkan Sembunyikan Ikon Layar Utama

Kamu berhasil mengakses aplikasi yang telah kamu sembunyikan tersebut. Sangat mudah bukan caranya? Silakan untuk mencobanya.

Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Oppo Menggunakan Aplikasi

Selain menggunakan fitur bawaan, cara selanjutnya adalah menyembunyikan aplikasi di hp Oppo dengan menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi tambahan ini bisa kamu unduh di Google Play Store. Sebenarnya, banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di hp Oppo kamu. Namun, di sini mimin hanya akan menjelaskan beberapa aplikasi, tidak semua aplikasi.

Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Oppo Menggunakan Aplikasi AppLock

Aplikasi pertama yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan aplikasi di hp Oppo kamu adalah aplikasi AppLock. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store. Aplikasi ini dibuat oleh DoMobile Lab, dan juga dikenal sebagai aplikasi yang ampuh dalam merahasiakan file milikmu.

Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap dan juga terdapat metode keamanan aplikasi yang tinggi. Aplikasi ini menggunakan metode penyembunyian pengamanan, jadi meskipun kamu membuka aplikasi ini dan memasukkan sandinya di depan orang lain, sandi tersebut tidak mudah dilihat oleh orang tersebut. Nah, jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini untuk menyembunyikan aplikasi penting kamu, berikut langkah-langkanya.

  • Langkah pertama, unduh aplikasi AppLock di Google Play Store
  • Kemudian, silakan instal dan buka aplikasi tersebut
  • Apabila sudah masuk, tentukan pola penguncian
  • Pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan
  • Lalu, pilih menu Akses Data Usage
  • Setelah itu, tekan tombol kembali
  • Kemudian, aplikasi yang telah kamu pilih telah terkunci dan tersembunyi
Terkait:  Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone Tanpa Aplikasi

Nah, itulah cara sembunyikan aplikasi di hp Oppo menggunakan aplikasi tambahan yaitu AppLock. Aplikasi ini terbilang aman dan aplikasi yang kamu sembunyikan tidak akan muncul.

Cara Sembunyikan Aplikasi di Hp Oppo Menggunakan Aplikasi Microsoft Launcher

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk sembunyikan aplikasi adalah Microsoft Launcher. Aplikasi Launcher biasanya banyak jenisnya, Microsoft Launcher merupakan salah satunya. Aplikasi ini merupakan perangkat lunak yang bisa mengubah tema serta tata letak menu pada hp penggunanya. Nah, aplikasi ini juga bisa menyembunyikan aplikasi lho. Jika kamu ingin menggunakannya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silakan unduh aplikasi Microsoft Launcher di Google Play Store
  • Kemudian instal dan buka aplikasi tersebut
  • Silakan pilih ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas aplikasi
  • Lalu, cari fitur Hiden App
  • Setelah itu, klik tombol Hide apps yang berwarna biru
  • Selanjutnya tentukan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dengan menekan tombol Hide
  • Jika sudah kamu pilih, secara otomatis aplikasi Microsoft Launcher akan menyembunyikan aplikasi tersebut
  • Kamu sudah berhasil menyembunyikan aplikasi penting kamu

Nah, jika kamu ingin mengembalikan atau memunculkan lagi aplikasi yang telah kamu sembunyikan tersebut, kamu tinggal menekan tombol Unhide pada pilihan yang tersedia.

Kesimpulan
Itulah beberapa cara sembunyikan aplikasi di hp Oppo yang telah mimin jelaskan. Silakan untuk memilih cara yang menurutmu paling mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Related posts