Cara Screenshot Iphone 7

Cara Screenshot Iphone 7

Bagaimana cara screenshot iphone 7? Apakah ada cara lain selain menggunakan tombol kombinasi? Pertanyaan tersebut mungkin muncul bagi kamu pengguna baru iPhone 7 yang masih bingung perihal screenshot. Mungkin juga tombol fisik kamu sedang tidak berfungsi dan kamu tidak bisa melakukan screenshot sehingga kamu ingin mengetahui apakah ada cara lain selain menggunakan tombol fisik.

Screenshot atau tangkapan layar adalah kegiatan menangkap atau memfoto layar yang bisa dibagikan atau hanya untuk disimpan. Nantinya hasil screenshot tersebut akan otomatis tersimpan ke galeri hp. Bisa dikatakan screenshot merupakan kegiatan yang cukup penting digunakan setiap hari. Rata-rata setiap pengguna ponsel pasti pernah melakukan screenshot atau bahkan sering melakukannya.

Biasanya pengguna ponsel screenshot untuk menyimpan informasi yang dirasa penting. Misalnya, screenshot untuk menyimpan informasi penting dari internet, screenshot untuk menyimpan informasi atau percakapan di sms atau WhatsApp, screenshot untuk mendokumentasikan kemenangan saat bermain games, dan lain sebagainya. Nah, hasil dari screenshot tersebut bisa untuk disimpan saja atau untuk dibagikan.

Cara Screenshot Iphone 7

Cara Screenshot Iphone 7
Cara Screenshot Iphone 7

Cara screenshot iPhone 7 terbilang cukup mudah. Iphone 7 yang merupakan ponsel keluaran Apple ini sudah melengkapi hp nya dengan fitur screenshot bawaan yang bisa langsung digunakan oleh penggunanya. Jadi kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan lagi. Nah, di bawah ini mimin akan menjelaskan mengenai cara-cara sreenshot di iPhone 7 tanpa aplikasi tambahan lagi. Silakan dibaca dan dipahami.

Cara Screenshot Iphone 7 Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

Cara pertama untuk screenshot di iPhone 7 adalah dengan menggunakan Kombinasi Tombol Fisik. Nah, ini merupakan cara yang paling umum yang juga digunakan oleh ponsel merek lainnya untuk screenshot. Tombol fisik di iPhone yang bisa kamu gunakan untuk screenshot adalah tombol Power dan Volume Up. Cara ini terbilang cara yang cukup mudah karena letak kedua tombol yang mudah disentuh apabila ingin screenshot.

Terkait:  Cara Mengunci Jaringan 4G

Nah, cara menggunakannya cukup mudah kok, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Persiapkan terlebih dahulu area layar yang ingin kamu sceenshot
  • Apabila sudah kamu tentukan, silakan tekan secara bersamaan tombol Power dan Volume Up
  • Silakan tekan selama beberapa detik sampai layar iPhone kamu berkedip dan mengeluarkan suara shutter
  • Kemudian akan muncul preview dari screenshot yang kamu lakukan tadi
  • Kamu berhasil mengambil screenshot menggunakan tombol kombinasi

Nah, apabila kamu ingin meliha hasil screenshotnya lagi, kamu bisa menuju ke galeri karena secara otoatis hasil screenshot kamu tersimpan ke galeri. Jika kamu memang ingin screenshot menggunakan cara ini, ketika kamu menekan tombol power dan volume up usahakanaga menekannya tidak terlalu keras agar tombol fisik kamu tetap berfungsi dengan baik. Namun, jika memang kedua tombol tersebut sedang rusak, kamu bisa menggunakan cara lain seperti di bawah ini.

Cara Screenshot Iphone 7 Menggunakan Assistive Touch

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk screenshot adalah dengan menggunakan Assistive Touch. Fitur ini dimiliki oleh iPhone untuk memudahkan penggunanya. Nah, jika tombol fisik kamu sedang rusak atau tidak bisa digunakan untuk screenshot, kamu bisa memanfaatkan cara ini untuk screenshot. Jadi, walaupun tombol fisik kamu sedang tidak berfungsi, kamu tetap bisa melakukan screenshot menggunakan cara lain.

Nah, mungkin bagi kamu pengguna baru iPhone masih belum mengetahui apa itu assistive touch. Assistive Touch adalah sebuah tombol virtual yang terdapat di perangkap iOS. Ia bisa berfungsi sebagai pengganti tombol fisik, seperti home button, tombol volume, sebagai shortcut, atau tombol fisik lainnya dan pintasan lainnya. Kebanyakan pengguna iPhone menggunakan Assistive Touch sebagai pengganti home button. Ini merupakan salah satu fungsi yang paling sederhana tapi sangat membantu. Jadi, kalau  tombol home kamu sedang rusak, kamu bisa menggunakan tombol ini.

Terkait:  Cara Dapat Flash Sale Shopee iPhone (6 Metode), Pasti Menang!

Nah, selain digunakan sebagai pengganti tombol fisik, kamu juga bisa menggunakannya  untuk screenshot. Mimin akan menjelaskan langkah-langkah menggunakannya di bawah ini. Namun, sebelum kamu menggunakannya, kamu diharuskan untuk mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, silakan buka aplikasi Pengaturan atau Settings di iPhone 7 milikmu
  • Kemudian, gulir ke bawah dan cari menu Accessibility
  • Lalu, pada menu Accessibility, silakan pilih Touch di bagian Physical and motor
  • Selanjunya kamu bisa mengaktifkan Assistive Touch dengan menggeser toogle hingga warnanya berubah menjadi hijau
  • Maka Assestive Touch sudak aktif dan di layar kamu ada shortcut melayang yang merupakan menu Assestive Touch
  • Kemudian kamu bisa memilih Customize top level menu
  • Ada banyak pilihan di dalam menu tersebut, silakan untuk memilih screenshot
  • Kamu sudah bisa melakukan screenshot

Nah, kamu telah berhasil mengaktifkan fitur Assistive Touch di iPhone 7 kamu dan kamu sudah bisa menggunakannya untuk melakukan screenshot. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Persiapkan terlebih dahulu area layar yang ingin kamu screenshot
  • Apabila sudah ditentukan, silakan klik Assistive Touch dan kemudian pilih Screenshot
  • Tunggu hingga layar iPhone kamu berkedip dan mengeluarkan suara shutter yang merupakan tanda kamu berhasil melakukan screenshot
  • Lalu, muncul preview dari screenshot yang kamu lakukan tadi
  • Kamu berhasil melakukan screenshot menggunakan Assistive Touch

Apabila kamu ingin melihat lagi hasil screenshot kamu sebelumnya, kamu bisa melihatnya di galeri karena secara otomatis akan tersimpan ke galeri. Assistive Touch ini bisa kamu geser-geser posisinya ke mana pun karena ia akan mengikuti pergerakan jari kamu apabila kamu menyentuhnya.

Cara Screenshot Iphone 7 Memanjang

Cara terkahir ini merupakan cara yang bisa kamu lakukan apabila kamu ingin screenshot secara memanjang di iPhone kamu. Dengan begitu, kamu bisa screenshot sampai ke layar bawah dan hasilnya utuh dalam satu foto. Cara melakukannya cukup mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Persiapkan terlebih dahulu area layar yang ingin kamu screenshot
  • Apabila sudah kamu tentukan, kamu bisa melakukan screenshot seperti biasa baik menggunakan tombol fisik atau menggunakan Assistive Touch
  • Jika kamu sudah menekan tombol screenshot, nanti layar kamu akan berkedip dan mengeluarkan suara shutter
  • Kemudian akan muncul preview atau pratinjau dari screenshot yang kamu lakukan tadi
  • Pratinjau ini biasanya akan muncul di sisi kiri bagian bawah layar
  • Lalu, tekan prantinjau tersebut dan untuk screenshot secara penuh atau memanjang, kamu bisa memilih opsi Full Page atau Halaman Penuh yang berada di mode pratinjau atau preview
  • Kamu telah berhasil screenshot memanjang
Terkait:  Cara Screenshot iPhone XR

Dengan screenshot panjang kamu bisa melihat hasilnya dalam satu file foto, tidak dalam beberapa foto. Kamu bisa melihat hasilnya di galeri hp kamu karena secara otomatis akan tersimpan ke galeri. Silakan untuk membagikan atau mengeditnya apabila diperlukan.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa cara screenshot iPhone 7 yang telah mimin jelaskan. Kamu bisa memilih cara yang menurutmu paling mudah dan efisien untuk digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Similar Posts