Cara Update Windows 7 ke 10 Tanpa Kehilangan Data

Cara Update Windows 7
Cara Update Windows 7

PindahLubang.com | Microsoft sudah menghentikan dukungan terhadap Windows 7 sejak tanggal 14 Januari tahun 2020 silam. Maka dari itu, penggunanya harus tahu cara update Windows 7 ke Windows 10 supaya bisa tetap menikmati semua layanan dan program yang tersedia.

Secara umum penggunanya tidak perlu menghabiskan uang banyak untuk memperbarui OS Windows 7. Pasalnya, prosesnya sendiri bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, bahkan tidak perlu biaya sepeserpun alias gratis. Jadi, kamu hanya perlu memeriksa spesifikasi perangkatnya saja.

Read More

Cara perbarui Windows 7 ke Windows 10 bisa dilakukan dari Microsoft secara gratis. Walaupun demikian, kebijakan tersebut tidak selalu berlangsung lama sedangkan kamu perlu menyiapkan sedikit budget untuk memperbarui sistem operasi tersebut.

Pengguna Windows 7 yang masih belum update masih bisa mencoba langkah-langkah lain secara gratis dan legal, lho. Selain itu, prosedurnya sendiri tidak jauh beda dengan cara update Windows 11 yang mudah. Kamu bisa memperbarui sistem operasi untuk menggunakan desktop lebih nyaman dan praktis.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Update Windows 7

Untuk mempercepat dan mempermudah proses pembaruan sistem operasi Windows 7, sebaiknya kamu memperhatikan hal-hal apa saja yang harus dilakukan sebagai berikut:

  • Cadangkan semua data atau file ke hard drive eksternal maupun penyimpanan cloud. Kami anjurkan mencadangkan semuanya ke dua lokasi penyimpanan tersebut. Kamu bisa melakukan backup penuh ke hard drive eksternal dengan program backup Windows 7.
  • Hapus instalasi software keamanan pihak ketiga seperti malware tools dan antivirus karena mengganggu proses update OS.
  • Cek driver update yang tersedia, khususnya untuk penyimpanan dan piranti keras jaringan, segera pasang yang ada.
  • Lepas perangkat eksternal yang tidak penting seperti hard drive eksternal dan USB flash drive.
  • Download dan install pembaruan BIOS yang tersedia untuk hardware. Jika kamu punya sistem yang sebelumnya dijual pada tahun 2015 silam, atau sebelum Windows 10 belum dirilis.
Terkait:  Cara Mengganti Nomor Whatsapp

Risiko Belum Update Windows 7

Seperti kami sebutkan sebelumnya kalau cara perbarui Windows 7 masih bisa dilakukan dengan mudah, sedangkan semuanya gratis dan legal. Jika kamu masih bersikeras menggunakan OS tersebut, terdapat risiko yang mengintai sebagai berikut:

  • PC rentan diretas melalui saluran software.
  • Program yang kadaluarsa seperti Windows 7 berisiko terkena serangan malware.
  • Kehilangan data.
  • PC tidak bisa menjalankan program antivirus dengan maksimal. Kinerjanya tidak mampu mendeteksi berbagai macam virus baru.
  • Banyak aplikasi maupun software yang tidak cocok dengan PC maupun laptop kamu.

Cara Update Windows 7

Cara Update Windows 7
Cara Update Windows 7

Cara perbarui Windows 7 sudah menjadi sesuatu yang wajib diketahui semua penggunanya, apalagi OS tersebut semakin lawas dan mulai ditinggali banyak orang. Kamu bisa upgrade sistem operasinya ke Windows 10 dengan mudah dan praktis.

Sementara itu, banyak sekali peningkatan dan perubahan yang bakal kamu rasakan kalau memperbarui OS Windows 7 ke Windows 10, lho. Kamu bukan sekadar melihat tata letak aplikasi yang rapi, melainkan interface nya semakin bagus dan ramah untuk digunakan setiap hari.

Langkah 1: Buka Menu Start

Cara Update Windows 7
Cara Update Windows 7

Cara perbarui Windows 7 pertama adalah menekan tombol Start yang berada di samping kiri bawah, sehingga kamu dapat melihat menu atau program yang tersedia. Kemudian, pilih menu Computer, klik kanan dan tekan tombol Properties yang terdapat di bagian bawah.

Langkah 2: Cek Aktivasi Windows

Cara Update Windows 7
Cara Update Windows 7

Langkah berikutnya adalah menekan tombol Control Panel pada bagian Properties. Jika kamu sudah masuk ke dalam menu tersebut, cari keterangan Windows Activation yang terdapat dibagian bawah. Jika muncul keterangan Windows is Activated, maka OS sudah bisa diperbarui ke versi lebih baru.

Langkah 3: Pilih Menu Windows Firewall

Cara Update Windows 7
Cara Update Windows 7

Jika aktivasi Windows sudah diperiksa, cara perbarui Windows 7 selanjutnya adalah kembali ke menu Control Panel. Kamu bisa mencari menu Windows Firewall atau mengetik kalimatnya ke dalam kolom pencarian yang terdapat di samping kanan atas. Jika ketemu, tekan tombol tersebut.

Terkait:  Cara Update Windows 8 ke Windows 8.1, Mudah dan Praktis

Langkah 4: Atur Windows Firewall

Cara Update Windows 7
Cara Update Windows 7

Kamu harus mematikan semua opsi jaringan pada menu Windows Firewall. Menu tersebut akan menampilkan dua macam jaringan yang berbeda, yakni Private dan Public. Jadi, kamu bisa klik Turn off Windows Firewall (not recommended) untuk kedua opsi tersebut, kemudian tekan tombol OK di bawahnya.

Langkah 5: Akses Web Resmi Microsoft

Cara Update Windows 7
Cara Update Windows 7

Cara perbarui Windows 7 berikutnya adalah mengakses situs resmi Microsoft via www.microsoft.com melalui peramban browser dari PC atau laptopmu. Tujuannya supaya kamu bisa mengunduh sekaligus memasang Windows 10 Media Creation Tools yang tersedia pada laman tersebut.

Langkah 6: Download Tools

Cara Update Windows 7
Cara Update Windows 7

Jika kamu sudah masuk ke dalam laman resmi Microsoft, maka bisa langsung menekan tombol Download Tools yang berwarna biru. Kemudian kamu akan diarahkan untuk proses pengunduhan dan pemasangan programnya. Jika muncul dialog pop-up, klik Accept.

Langkah 7: Klik Upgrade This PC Now

Cara Update Windows 7
Cara Update Windows 7

Langkah selanjutnya adalah kamu harus menekan tombol Upgrade This PC Now pada dialog pop-up yang muncul nanti. Jika kamu menekan tombol tersebut, semua data dan file bisa dipastikan aman bahkan tidak terhapus. Kemudian, tekan tombol Next yang berada di samping kanan bawah.

Langkah 8: Lakukan Instalasi

Cara Update Windows 7
Cara Update Windows 7

Kamu bisa menunggu beberapa saat sampai proses pembaruannya selesai. Jangan menekan tombol apapun selama proses upgrade berlangsung. Berikutnya, kalau muncul keterangan Applicable notices and license terms, maka kamu bisa tekan tombol Accept.

Langkah 9: Restart Perangkat

Cara Update Windows 7
Cara Update Windows 7

Untuk memaksimalkan hasil pembaruan OS, kamu harus melakukan restart perangkatnya. Caranya adalah menekan tombol Install pada laman Ready to Install. Perangkat PC atau laptop akan langsung melakukan proses rebooting, pastikan alurnya berjalan lancar sampai 100% tanpa dimatikan secara paksa.

Terkait:  Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer Windows 7

Langkah 10: Setujui Pengaturan Privasi

Cara Update Windows 7
Cara Update Windows 7

Kalau PC sudah melakukan restart ulang, kamu akan melihat laman selanjutnya yang menampilkan pengaturan privasi. Secara umum semua setelan tersebut tidak perlu diubah dalam bentuk apapun, sehingga kamu dapat menekan tombol Accept yang berada di samping kanan bawah untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Langkah 11: Pilih Menu This PC

Cara Update Windows 7
Cara Update Windows 7

Jika kamu sudah masuk ke home screen, maka bisa klik Start yang berada di samping kiri bawah dari cari menu This PC. Selanjutnya, klik kanan dan tekan tombol Properties yang berada di bagian paling bawah.

Kamu bisa melihat sendiri kalau tampilan layar utama dan struktur menunya pun berbeda dengan sebelumnya. Biasanya Windows 7 yang diperbarui ke Windows 10 punya display lebih bagus dan desain interface nya pun semakin keren.

Langkah 12: Proses Update Berhasil

Cara Update Windows 7
Cara Update Windows 7

Cara perbarui Windows 7 terakhir adalah masuk ke dalam menu Control Panel, kemudian klik System and Security, lalu tekan tombol System. Kamu bisa melihat opsi Windows Activation yang berada di bagian bawah, sedangkan informasinya menampilkan kalau proses update Windows 7 ke Windows 10 sudah selesai.

Demikian panduan lengkap tentang cara update Windows 7 ke Windows 10 secara gratis dan legal yang bisa kamu coba. Jika kamu masih menggunakan OS tersebut, sebaiknya upgrade dengan menggunakan tutorial kami di atas. Selamat mencoba!

Related posts