Cara Reset Tablet Advan

Cara Reset Tablet Advan
Cara Reset Tablet Advan

Bagaimana cara reset tablet Advan dengan cara yang mudah? Bagi kamu pengguna tablet Advan mungkin sedang mengalami masalah pada tabletmu yang menghambat kegiatanmu di tablet milikmu tersebut. Maka dari itu, mungkin kamu perlu untuk melakukan reset pada tabletmu. Namun, untuk melakukan reset, kamu belum mengetahui cara-caranya. Nah, pada artikel ini mimin akan menjelaskan mengenai beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk reset tablet Advan milikmu.

Advan yang merupakan salah satu merek tablet asal Indonesia ini sudah cukup lama melebarkan sayapnya di Indonesia, yaitu sejak 2007. Beberapa barang elektronik sudah dikeluarkan oleh Advan, seperti handphone dan tablet, juga barang elektronik lainnya. Namun yang namanya barang elektronik mungkin saja mengalami beberapa masalah yang cukup mengganggu penggunanya. Misalnya sistem operasi atau aplikasi yang tidak berjalan dengan lancar, terasa lemot atau lag saat sedang digunakan, aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri saat sedang digunakan, dan masalah-masalah lainnya.

Read More

Kamu sebagai pengguna tablet tentu ingin performa tablet kamu lancar saat digunakan. Maka dari itu, kamu diharuskan untuk melakukan reset agar tablet kamu kembali normal dan berjalan seperti semula saat kamu pertama membelinya. Nah, Advan ini sudah membekali tablet keluarannya dengan fitur reset bawaan dan kamu bisa juga reset menggunakan cara selain menggunakan fitur bawaan. Mimin akan memaparkannya di bawah ini.

Cara Reset Tablet Advan

Cara Reset Tablet Advan
Cara Reset Tablet Advan

Cara reset tablet Advan mungkin saja kamu belum mengetahuinya. Nah, dengan fitur reset bawaan yang dimiliki oleh tablet Advan, kamu bisa langsung menggunakannya. Setidaknya ada dua cara yang bisa kamu pilih untuk melakukan reset dan kamu bisa memilih cara yang menurutmu paling mudah dan efektif. Kamu juga bisa melakukan reset apabila kamu ingin menjual tablet kamu, selain berguna untuk melindungi kamu, juga agar pembeli tablet yang kamu jual bisa menggunakannya seperti baru.

Terkait:  Cara Merubah File Jpg ke Pdf di Android

Cara Reset Tablet Advan Melalui Factory Reset di Pengaturan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk reset tablet Advan adalah melalui Factory Reset di Pengaturan atau Settings. Karena kamu akan mengembalikan tablet kamu ke pengaturan pabrik, sebaiknya kamu melakukan back up atau pencadangan data-data di tablet kamu seperti foto, video, kontak, dan lainnya sebelum melakukan reset. Hal ini dikarenakan jika kamu melakukan factory reset tersebut akan menghapus semua data yang ada di tablet dan tidak akan bisa dikembalikan lagi.

Nah, jika kamu ingin melakukan reset menggunakan factory reset ini caranya mudah kok. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Pengaturan atau Settings di tablet Advan milikmu
  • Kemudian, silakan cari dan pilih menu Backup & Reset (Buat cadangan & atur ulang)
  • Lalu pada menu Backup & Reset, kamu bisa memilih Factory Data Reset (Kembalikan ke Setelan Pabrik)
  • Selanjutnya tekan tombol Reset Device (Setel Ulang Perangkat)
  • Kemudian akan muncul kotak dialog izin, maka kamu bisa menekan tombol Yes untuk melanjutkan proses
  • Setelah itu, tablet kamu akan restart dan melakukan reset data dan tunggu hingga tablet kamu akan menyala kembali
  • Proses Factory Reset pun selesai dilakukan

Jika kamu sudah berhaisl melakukan reset data di tablet Advan kamu, maka saat tablet kamu menyala, tampilannya seperti saat pertama kamu membelinya. Tablet kamu berhasil dikembalikan ke pengaturan pabrik.

Cara Reset Tablet Advan Melalui Recovery Mode

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk reset tablet Advan kamu adalah dengan menggunakan Recovery Mode atau hard reset. Karena reset melalui cara ini menggunakan tombol fisik tablet kamu. Nah, cara ini juga bisa menjadi pilihan untuk kamu melakukan reset apabila tablet kamu mati dan kamu tidak bisa mengaksesnya. Maka, kamu bisa memanfaatkan tombol fisik untuk reset.

Terkait:  Cara Reset HP Advan Semua Tipe, Dijamin Ampuh!

Jika kamu ingin menggunakan cara ini, pastikan tombol fisik tablet Advan kamu berfungsi dengan baik. Jika tombol fisik rusak atau tidak bisa digunakan, kamu tidak bisa melakukan reset menggunakan cara ini. Nah, apabila tombolnya masih berfungsi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan reset.

  • Langkah pertama, pastikan tablet Advan kamu dalam kondisi mati atau nonaktif
  • Pastikan baterai tablet kamu cukup saat kamu akan melakukan reset
  • Kemudian silakan tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan
  • Setelah menyala, silakan lepaskan kedua tombol tersebut
  • Selanjutnya kamu akan masuk ke halaman Recovery Mode
  • Kamu bisa menggunakan tombol Power untuk memilih menu atau Ok dan tombol Volume untuk navigasi ke atas atau ke bawah
  • Setelah itu kamu bisa memilih menu Wipe data / Factory Reset dan pilih Yes menggunakan tombol Power
  • Kemudian, pilih Wipe cache partition dan konfirmasi dengan memilih Yes
  • Tunggu hingga proses selesai, lalu silakan untuk memilih opsi Reboot
  • Tablet Advan kamu akan menyala kembali dan tunggu selama beberapa menit untuk melakukan restart
  • Selesai

Kamu berhasil melakukan reset di tablet Advan kamu dan sekarang tablet kamu sudah kembali ke pengaturan pabrik atau sama seperti saat awal kamu membelinya. Performanya juga kembali seperti semula.

Cara Reset Tablet Advan Melalui Google Find My Device

Cara selanjunya yang bisa kamu lakukan untuk reset tablet Advan kamu adalah dengan menggunakan layanan Google Find My Device. Ini merupakan layanan dari Google yang biasanya digunakan untuk melacak lokasi ponsel yang hilang. Namun, layanan ini juga bisa digunakan untuk reset, khususnya untuk ponsel yang hilang bisa melakukan reset jarak jauh bisa menghapus data mereka agar tidak disalahgunakan.

Terkait:  Cara Refund Google Play

Syarat menggunakan layanan Google Find My Device untuk reset adalah akun Google kamu terhubung dan tablet kamu harus dalam keadaan online. Nah, jika Factory Reset di tablet kamu tidak bisa digunakan untuk reset, kamu bisa menggunakan cara ini. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Langkah pertama, buka Google Find My Device. Kamu bisa mengaksesnya melalui laman http://www.google.com/android/find melalui perangkat lain seperti komputer, laptop, tab, atau yang lainnya. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi Find My Device di Google Play Store.
  • Kemudian, silakan Log in menggunakan akun Google yang terhubung ke table Advan kamu
  • Lalu, akan muncul semua perangkat yang terhubung dengan akun Google yang kamu masukkan tadi
  • Silakan pilih perangkat yang ingin kamu reset. Karena kamu akan reset tablet Advan, maka pilih Advan
  • Selanjutnya, jika kamu sudah siap untuk melakukan reset, pilih Hapus Perangkat
  • Klik sekali lahi tombol Hapus Perangkat untuk konfirmasi
  • Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan password lagi
  • Kemudian, proses reset akan dimulai hingga selesai

Sekarang tablet Advan kamu sudah kembali ke pengaturan pabrik lagi dan juga tidak akan terkunci. Semua aplikasi dan semua data akan kembali seperti baru lagi. Juga kamu bisa menggunakannya dengan normal dan tidak lemot lagi.

Kesimpulan

Nah itulah tadi beberapa cara reset tablet Advan yang telah mimin jelaskan. Silakan pilih dan sesuaikan cara yang menurutmu paling mudah. Jangan lupa untuk membuat salinan atau cadangan data untuk menghindari hal yang tidak diinginkan yang memungkinkan data-data kamu tidak bisa dikembalikan lagi. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Related posts