Cara Video Layar iPhone dengan Suara, Cepat dan Mudah

Cara Video Layar iPhone
Cara Video Layar iPhone

PindahLubang.com | Apple merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan sudah meluncurkan berbagai macam produk gadget terbaik, salah satunya iPhone. Penggunanya justru belum tahu cara video layar iPhone yang sebetulnya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

Fitur screen recorder sudah menjadi sebuah layanan yang disematkan pada perangkat iPhone. Meski begitu, layanan tersebut juga dapat ditemukan pada smartphone Android. Beberapa produsen ponsel pintar sekarang semakin gencar meluncurkan fitur-fitur terbaru untuk memanjakan penggunanya.

Read More

iPhone sudah menjadi smartphone premium yang menawarkan berbagai macam layanan untuk pengguna setianya. Jika kamu baru pertama kali menggunakannya, alangkah baiknya mencoba dan mengetahui cara rekam layar iPhone dengan benar.

Pengguna iPhone yang sering bermain game online pasti sering mengabadikan hasil permainannya ke media sosial, maka bisa menggunakan fitur rekam layarnya. Jadi, hasil kemenangannya mampu diketahui banyak orang atau bahkan merekam suara melalui aplikasi media sosial yang digunakan.

Tips Saat Merekam Video Layar iPhone

Pengguna iPhone semua seri sekarang bisa merekam video layar perangkatnya dengan cepat, mudah, dan praktis. Meski begitu, banyak hal penting yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil rekaman yang bagus. Simak poin-poin penting tersebut di bawah ini:

  • Update Minimum iOS 11
    Secara umum sistem operasi merupakan hal utama yang wajib diperhatikan sebelum kamu merekam layar iPhone. Oleh karena itu, pastikan sistem operasi iPhone kamu sudah diperbarui, paling tidak iOS 11 agar proses rekamannya dapat berjalan lancar.
  • Gunakan Panduan yang Benar
    Pengguna iPhone masih belum tahu cara video layar iPhone yang benar dan mudah, sehingga mereka tidak dapat merekam layarnya dengan baik. Kamu bisa mengikuti panduan lengkapnya melalui pembahasan kami selanjutnya yang perlu disimak secara seksama.
  • Aktifkan Microphone
    Untuk merekam video layar iPhone dengan menggunakan suara, sebaiknya aktifkan microphone yang terdapat pada fitur screen recording HP iPhone. Jika tombolnya ditekan, kamu akan langsung merekamnya dengan tambahan suara sendiri atau audio lainnya.
  • Cek Baterai dan Memori
    Jika ingin merekam video layar iPhone, pastikan kapasitas baterai dan memori internal sudah diperiksa. Pasalnya, pengguna HP iPhone akan butuh ruang penyimpanan agak besar sehingga hasil rekamannya dapat tersimpan ke galeri, sedangkan baterai yang dipakai cukup banyak.
  • Restart Perangkat
    Kami anjurkan HP iPhone langsung di restart kalau proses rekaman video layarnya sudah selesai. Tujuannya supaya bisa mencegah lag dan lemot akibat pemakaian baterai dan memori yang banyak, sehingga perangkat dapat bekerja maksimal dan lebih kencang saat digunakan.
Terkait:  Cara Merekam Video Call WhatsApp

Cara Video Layar iPhone

Cara Video Layar iPhone
Cara Video Layar iPhone

Kemampuan iPhone untuk menangkap layar dengan baik dan profesional memang tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, penggunanya harus tahu cara rekam layar iPhone untuk merekam setiap laman dari aplikasi maupun game yang sedang digunakan.

Kamu bahkan tidak perlu mengunduh aplikasi ketiga untuk merekam layar, lho. Pengguna iPhone cukup menggunakan fitur screen recorder supaya bisa menangkap layar video dengan suara dalam satu waktu yang sama, sedangkan prosedurnya sangat cepat yang akan dibahas melalui artikel ini.

Langkah 1: Buka Menu Setting

Cara Video Layar iPhone
Cara Video Layar iPhone

Cara rekam layar iPhone pertama adalah membuka menu Pengaturan atau Setting yang berada pada halaman utama. Jika kamu sudah masuk ke dalam setelan perangkatnya, maka bisa menekan tombol Control Center yang berada di bagian atas.

Langkah 2: Pilih Menu Customize Controls

Cara Video Layar iPhone
Cara Video Layar iPhone

Jika kamu sudah masuk ke dalam menu Control Center, cara rekam layar iPhone berikutnya adalah menekan tombol Customize Controls. Opsi tersebut akan membantumu untuk memilih dan menentukan program mana saja yang bakal selalu digunakan pada bagian control center.

Langkah 3: Klik Screen Recording

Cara Video Layar iPhone
Cara Video Layar iPhone

Cara rekam layar iPhone selanjutnya adalah memilih menu Screen Recording yang berada di bagian bawah. Kamu cukup mengetuk tanda + yang berada di samping keterangannya, sehingga aplikasinya dapat ditambahkan ke dalam control center secara otomatis.

Langkah 4: Buka Control Center

Cara Video Layar iPhone
Cara Video Layar iPhone

Untuk memulai proses rekaman layar iPhone, maka kamu bisa mengetuk assistive touch yang berada di samping kanan atas atau bawah, kemudian tekan tombol Home. Jika kamu sudah kembali ke layar utama, buka control center dan tekan tombol Screen Recording yang berada di samping kanan bawah.

Terkait:  Cara Keluarkan Air dari iPhone

Langkah 5: Klik Start Recording

Cara Video Layar iPhone
Cara Video Layar iPhone

Cara rekam layar iPhone selanjutnya adalah menekan tombol Start Recording yang berada di atas icon microphone berwarna merah, sedangkan opsinya cukup diketuk sekali saja. Jika tombolnya sudah ditekan, maka kamu bisa melihat warnanya akan berubah dari hitam menjadi merah yang berarti proses rekaman layar sedang berlangsung.

Langkah 6: Tambahkan Suara

Cara Video Layar iPhone
Cara Video Layar iPhone

Kamu bukan sekadar merekam layar iPhone semata, sedangkan penggunanya juga dapat menambah suara sendiri, lho. Jika kamu tidak ingin menggunakan suara sendiri, audionya bisa berasal dari aplikasi yang sedang dibuka. Rekam aplikasi atau program yang tengah berjalan sesuai dengan keinginanmu.

Langkah 7: Hentikan Rekaman Layar

Cara Video Layar iPhone
Cara Video Layar iPhone

Jika proses rekaman layar akan dihentikan, ketuk menu bar berwarna merah yang berada di bagian atas layar. Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi pop-up dengan keterangan Screen Recording – Stop Screen Recording, tekan tombol Stop untuk mengakhiri proses rekamannya.

Langkah 8: Rekaman Video Tersimpan

Cara Video Layar iPhone
Cara Video Layar iPhone

Cara rekam layar iPhone terakhir adalah menunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan Screen Recording video saved to Photos. Jika kamu melihat notifikasi tersebut setelah proses rekaman video layarnya dihentikan, hasil rekamannya akan tersimpan dalam galeri secara otomatis.

Cara Video Layar iPhone Lewat Control Center

Pengguna iPhone sebetulnya tidak perlu masuk ke dalam menu setelan untuk merekam video layar perangkatnya. Sebab, kamu bisa langsung mengakses fitur control center atau pusat kontrol guna melakukan hal tersebut. Simak cara rekam layar iPhone melalui Control Center yang benar sebagai berikut:

  • Buka Pusat Kontrol atau Control Center dari iPhone kamu.
  • Pilih menu Screen Recording atau icon kamera video yang terletak di samping kanan bawah, namun posisinya mungkin berbeda tergantung model iPhone yang digunakan.
  • Kemudian, tekan tombol Mulai Rekaman atau Start Recording.
  • Lakukan proses rekaman video sesuai dengan aplikasi maupun program yang bakal digunakan.
  • Jika proses rekaman video layarnya sudah selesai, klik Hentikan Rekaman atau Stop Recording.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan kalau hasil video layarnya sudah tersimpan secara otomatis.
Terkait:  Cara Tanda Tangan di iPhone, Bisa Tanpa Aplikasi

Cara Edit Video Layar iPhone

Jika kamu sudah tahu cara rekam layar iPhone di atas, maka hasil rekamannya bisa di edit alias disunting sesuai dengan keinginanmu. Simak langkah-langkah mudahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Photos dari iPhone kamu.
  • Cari video layar yang akan disunting. Jika videonya baru direkam, biasanya akan tersimpan pada folder Rol Kamera Anda atau Your Camera Roll.
  • Klik Edit yang berada di samping kanan atas.
  • Kemudian, perhatikan garis waktu yang terdapat pada bagian bawah.
  • Geser panah atau bilah saklar guna menyesuaikan durasi videonya.
  • Terakhir, klik Selesai atau Done untuk menyimpan hasil editing tersebut.

Demikian panduan lengkap tentang cara video layar iPhone tanpa aplikasi sekaligus cara edit rekaman videonya yang benar dan mudah. Selamat mencoba!

Related posts