Cara Upgrade Android Samsung

Bagaimana cara upgrade Android Samsung? Jika kamu sedang mencari informasi tersebut, maka bisa menemukan pembahasan lengkapnya melalui artikel ini. Kami sudah merangkum panduannya agar pengguna HP Samsung dapat meningkatkan versi Android masing-masing.

Samsung memang menjadi salah satu vendor smartphone Android nomor wahid saat ini. Bagaimana tidak, fitur dan layanan yang diberikan sangat diacungi jempol. Samsung bahkan mempunyai hal-hal menarik yang belum dimiliki brand HP Android mana pun sampai sekarang, lho.

Read More

Secara umum cara upgrade Android Samsung sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama, sedangkan kapasitas memori yang diperlukan lebih dari 1 GB. Oleh karena itu, kami pastikan bahwa daya baterai yang akan dipergunakan harus benar-benar penuh agar prosesnya lancar.

Kalian dapat menggunakan koneksi WiFi kalau tidak ingin menghabiskan kuota internet. Upgrade tersebut dilakukan supaya kamu bisa menikmati layanan lebih baru, serta fitur-fitur menarik lainnya yang terdapat pada versi Android di atasnya.

Cara Upgrade Android Samsung
Cara Upgrade Android Samsung

Cara Upgrade Android Samsung

Barangkali kamu masih belum tahu cara upgrade Android Samsung ke versi terbaru, sebaiknya ikuti dan simak pembahasan artikel kami selanjutnya. Pengguna HP Samsung harus tahu kalau versi Android One UI nya wajib diperbarui.

Pembaruan atau peningkatan tersebut biasanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu, setidaknya sebelum kamu menerima pemberitahuan. Akan tetapi, kalau kamu sudah mendapatkan peringatan untuk pembaruan versi Android, alangkah baiknya segera upgrade OS nya dengan mengikuti tutorial dari kami.

Terkait: Cara Download Lulubox APK

Langkah 1: Buka Menu Setelan

Cara Upgrade Android Samsung
Cara Upgrade Android Samsung

Cara upgrade Android Samsung pertama adalah membuka menu Setelan atau Setting terlebih dulu, kemudian tekan tombol Update Perangkat Lunak yang berada di bagian bawah. Kamu bisa langsung masuk ke dalam menu tersebut untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Langkah 2: Pilih Menu Unduh dan Pasang

Cara Upgrade Android Samsung
Cara Upgrade Android Samsung

Langkah berikutnya adalah memilih menu Unduh dan Pasang atau Download and Install pada bagian Update Perangkat Lunak. Kamu bisa melihat pembaruan dan peningkatan terakhir di bagian tersebut. Jika kamu ingin melakukannya secara otomatis, tekan tombol Unduh Otomatis di bawahnya.

Langkah 3: Upgrade Android

Cara Upgrade Android Samsung
Cara Upgrade Android Samsung

Cara upgrade Android Samsung berikutnya adalah membaca semua kebijakan peningkatan versi OS perangkat pada bagian Download and Install. Namun, kamu bisa mengetahui detailnya melalui keterangan Informasi Pembaruan Perangkat Lunak beserta ukuran OS nya. Jika sudah, klik Unduh.

Langkah 4: Instalasi

Cara Upgrade Android Samsung
Cara Upgrade Android Samsung

Untuk meningkatkan versi Android HP Samsung, maka kamu bisa melakukan pemasangan atau instalasi pada file yang sudah diunduh tadi. Cara upgrade Android Samsung selanjutnya adalah menekan tombol Pasang Sekarang atau Install Now di bagian bawah.

Langkah 5: Pembaruan OS

Cara Upgrade Android Samsung
Cara Upgrade Android Samsung

Jika tombol Install sudah ditekan, cara upgrade Android Samsung selanjutnya adalah melakukan pembaruan OS perangkatnya. Namun, kamu tidak boleh menyentuh menu apapun selama prosesnya sedang berlangsung. Jadi, peningkatan versi Android bisa berjalan dengan lancar dan mudah.

Langkah 6: Restart Perangkat

Cara Upgrade Android Samsung
Cara Upgrade Android Samsung

Kalau HP Samsung baru saja melakukan pembaruan sekaligus peningkatan OS, langkah selanjutnya adalah perangkat akan melakukan restart alias rebooting secara otomatis. Akan tetapi, kami beritahu kalau pengguna tidak boleh mematikan ponselnya secara paksa, biarkan prosesnya berjalan dengan sempurna.

Langkah 7: Update Perangkat

Cara Upgrade Android Samsung
Cara Upgrade Android Samsung

HP Samsung akan langsung nyala lagi secara otomatis, sedangkan perangkatnya akan melakukan update sekaligus mengoptimalkan semua aplikasi bawaan atau unduhan yang sudah terpasang. Jadi, kamu bisa melihat jumlah apps keseluruhan untuk dimaksimalkan kinerja dan performanya.

Terkait: Cara Cek HP Samsung Normal

Langkah 8: Cek Aplikasi

Cara Upgrade Android Samsung
Cara Upgrade Android Samsung

Kamu bisa memeriksa semua aplikasi sesudah perangkat hidup kembali. Cek setiap program yang terpasang, pastikan satu sama lain bisa diakses dan dibuka seperti biasa. Meski begitu, cara upgrade Android Samsung tidak akan menghilangkan aplikasi yang sudah diunduh pada ponsel kalian.

Langkah 9: Buka File Manager

Cara Upgrade Android Samsung
Cara Upgrade Android Samsung

Untuk memastikan semua data dan file benar-benar aman, buka aplikasi File Manager pada home screen HP Samsung. Kamu bisa memilih menu Penyimpanan Internal untuk mengecek semua file yang tersimpan pada memori RAM. Cek semuanya untuk melihat setiap data tersimpan di foldernya masing-masing.

Langkah 10: Upgrade Berhasil

Cara Upgrade Android Samsung
Cara Upgrade Android Samsung

Kamu bisa mengetahui apakah cara upgrade Android Samsung berhasil atau tidak dengan membuka menu Pengaturan. Kemudian, klik Informasi Perangkat Lunak atau Software Information dan perhatikan bagian Versi One UI Core, di mana OS Android HP Samsung sudah ditingkatkan menjadi versi lebih baru.

Cara Upgrade Android Samsung Lewat Root ROM

Jika kamu ingin mencoba cara upgrade Android Samsung dengan Root ROM, maka bisa memperhatikan hal-hal penting sebagai berikut:

  • Cadangkan dan pindahkan semua file yang tersimpan pada HP Samsung, sehingga kamu dapat memindahkannya lagi kapan saja.
  • Rooting yang tidak didukung oleh produsen bisa membatalkan garansi pada HP Samsung.
  • Proses rooting pada setiap smartphone Android berbeda satu sama lain.

Kalau HP Samsung kamu sudah disiapkan dan semua hal-hal tersebut telah dipenuhi, silakan coba panduan lengkapnya di bawah ini:

  • Cari software root yang bakal kamu gunakan melalui Google.
  • Download software tersebut dan ikuti instruksi pemasangan programnya.
  • Sambungkan HP Samsung dengan laptop atau PC melalui kabel USB.
  • Kemudian, buka software rooting yang sudah diunduh tadi.
  • Jika software tidak memberikan instruksi atau perintah, cari cara rooting pada HP Samsung melalui internet.
  • Terakhir, segera restart HP Samsung kamu dan perangkatnya sistem operasinya baru saja di upgrade ke versi lebih baru.
Terkait: Cara Update Software Samsung

Cara Upgrade Android Samsung Lewat OTA

Kamu bisa meningkatkan versi Android pada HP Samsung dengan menggunakan Over the Air (OTA) yang tersambung melalui WiFi. Selain itu, prosesnya terbilang cepat dan mudah bahkan bisa dilakukan oleh pemula. Simak cara upgrade Android Samsung melalui OTA di bawah ini:

  • Sambungkan HP Samsung dengan koneksi WiFi terlebih dulu.
  • Jika sudah terhubung, buka menu Pengaturan atau Setting.
  • Pilih menu Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Klik Update.
  • Pilih menu Pembaruan Perangkat Lunak atau Software Update.
  • Klik Periksa Pembaruan atau Check for Update.
  • Kemudian, perangkat akan langsung memindai versi Android baru yang tersedia.
  • Jika tersedia, klik Update.
  • Pilih menu Download.
  • Perangkat akan langsung mengunduh dan memasang programnya.
  • Terakhir, perangkat bakal melakukan restart kalau proses download dan install versi Android sudah selesai.

Cara Upgrade Android Samsung Offline

Metode selanjutnya yang menjadi cara upgrade Android Samsung terakhir dengan tidak menggunakan sambungan internet. Meski begitu, beberapa orang sempat mencobanya dan terbukti berhasil. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Unduh file firmware terbaru melalui laman resmi Samsung di samsung.com.
  • Pastikan file tersebut sesuai dengan model dan tipe HP Samsung yang sedang digunakan.
  • Jika proses pengunduhan selesai, pindahkan memori internal perangkatnya.
  • Buka menu Pengaturan atau Setting.
  • Klik Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Cari menu Update from File atau Choose Update Package.
  • Kemudian, arahkan pada file firmware yang baru saja diunduh.
  • Jika muncul perintah restart perangkat, klik OK.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai proses restart selesai dan versi Android Samsung sudah ditingkatkan.

Demikian pembahasan tentang cara upgrade Android Samsung ke versi terbaru yang benar dan mudah. Semoga membantu!

Related posts