Cara Mengganti PIN Gopay

Bagaimana cara mengganti PIN Gopay jika kamu lupa dengan PIN-nya sehingga kamu tidak bisa melakukan transaksi dengan Gopay? Apakah akun Gopay kamu akan kembali jika kamu lupa dengan PIN-nya? Nah, mimin akan menjelaskan cara mengganti PIN Gopay pada artikel ini.

Gopay merupakan dompet digital atau e-wallet yang merupakan fasilitas yang dimiliki oleh Gojek yang bisaa digunakan untuk transaksi keuangan. Gopay ini bisa digunakan untuk transaksi digital, seperti pemabayaran ke e-Commerce, transfer antar bank, pembayaran tagihan, pembayaran ojek online, dan lain sebagainya.

Read More

Agar transaksi kamu menggunakan Gopay tetap aman, Gojek akan meminta kamu mengguanakan PIN 6 angka sebagai akses masuk dan ketika akan melakukan pembayaran. Namun, mungkin saja kamu lupa akan PIN yang harus kamu masukkan ketika akan melakukan transaksi di Gopay.

Bagi kamu yang masih bingung atau belum mengetahui cara mengganti PIN Gopay kamu karena mungkin untuk mengganti pin di Gojek cukup tersembunyi sehingga kamu belum menemukan fitur tersebut. Akibatnya adalah kamu tidak bisa mengakses atau melakukan transaksi dengan Gopay. Maka dari itu, kamu perlu untuk mengganti PIN Gopay kamu agar kamu bisa menggunakannya lagi.

Nah, tenang saja, kamu bisa kok mengganti PIN Gopay kamu. Silakan disimak informasi di bawah ini yang akan mimin jelaskan.

Cara Mengganti PIN Gopay

Cara Mengganti Pin Gopay
Cara Mengganti Pin Gopay

Mungkin kamu masih belum mengetahui cara mengganti PIN Gopay agar kamu bisa kembali mengakses dan melakukan transaksi melalui Gopay. Caranya bisa kamu lakukan dengan sangat mudah lho. Kamu bisa mengikuti cara-cara di bawah ini agar kamu bisa menggunakan Gopay lagi.

Cara Mengganti PIN Gopay Melalui Aplikasi

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengganti PIN Gopay adalah langsung melalui aplikasi Gojek. Kamu bisa mengganti PIN lama ke PIN baru dan juga bisa mengganti PIN apabila kamu lupa dengan PIN lama.

Terkait:  Cara Membuat PIN GoPay

Cara Mengganti PIN Gopay Saat Ingat PIN Lama

Cara pertama ini bisa kamu lakukan apabila kamu ingat PIN Gojek kamu dan hanya ingin mengganti dengan PIN yang baru. Kamu bisa melakukan cara ini apabila kamu hanya ingin mengganti PIN saja karena kamu masih ingat dengan PIN yang sebelumnya. Kamu bisa melakukan penggantian PIN secara berkala, atau mungkin saat akun Gojek kamu diretas.

Maka dari itu kamu ingin mengganti PIN kamu agar akun Gojek kamu bisa lebih aman. Mungkin saja saat kamu memasukkan PIN Gopay, ada yang melihat kamu memasukkannya. Jadi, kamu ingin menggantinya agar hanya kamu yang mengetahui PIN untuk mengaksesnya. Caranya juga mudah kok. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Buka Aplikasi Gojek

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengubah PIN Gopay kamu adalah dengan membuka aplikasi Gojek di hp kamu terlebih dahulu. Namun, apabila kamu belum memiliki aplikasi Gojek, kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store secara gratis. Apabila sudah terunduh, kamu bisa menginstal dan membuka aplikasinya.

Langkah 2: Log in Akun ke Aplikasi Gojek

Langkah kedua adalah kamu bisa langsung Log in ke aplikasi Gopay kamu. Silakan klik Masuk dan masukkan nomor telepon yang telah kamu daftarkan sebelumnya di Gojek. Jangan lupa untuk memastikan kode negara yang kamu pilih sudah benar. Akun yang kamu masukkan adalah akun yang ingin kamu ganti PIN Gopay-nya.

Apabila kamu sudah memasukkan nomor telepon, selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman pengiriman kode OTP. Nah, untuk pengiriman kode OTP, kamu bisa memilih untuk dikirim melalui WhatsApp atau melalui SMS. Kemudian klik Kirim OTP. Pastikan koneksi internet atau sinyal kamu stabil.

Jika sudah masuk kode OTP tersebut ke hp kamu, kamu bisa memasukkannya ke kolom yang telah disediakan kemudian klik Lanjutkan. Kamu berhasil Log in ditandai dengan kamu masuk ke halaman awal Gojek seperti biasanya.

Terkait:  Cara Transfer GoPay ke DANA

Langkah 3: Pilih Menu Explore

Selanjutnya kamu bisa memilih Explore yang ada di atas sebelah kanan halaman utama aplikasi. Kemudian kamu akan masuk ke halaman Gopay, lalu kamu bisa memilih Pengaturan atau Settings.

Langkah 4: Pilih Ubah PIN atau Change PIN

Nah selanjutnya jika kamu sudah memilih Pengaturan, kamu bisa memilih Ubah PIN atau Change Settings. Segera ingat dan siapkan PIN Gopay lama kamu.

Langkah 5: Masukkan PIN Lama

Selanjutnya kamu diharuskan untuk memasukkan PIN Gopay kamu, tapi PIN yang kamu masukkan adalah PIN lama kamu. Silakan ketik 6 angka PIN lama kamu.

Langkah 6: Masukkan PIN Baru

Lalu, jika kamu sudah memasukkan PIN lama kamu, kamu diharuskan untuk memasukkan PIN Gopay baru yang ingin kamu ganti. Usahakan agar PIN tersebut hanya kamu yang mengetahuinya.

Langkah 7: Selesai

Kamu berhasil mengganti PIN lama kamu ke PIN yang baru. Nah sekarang jika ingin melakukan transaksi, kamu bisa memasukkan PIN yang baru. Namun, jika kamu lupa dengan PIN yang lama, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini.

Cara Mengganti PIN Gopay Saat Lupa PIN Lama

Cara kedua ini bisa kamu lakukan apabila kamu lupa dengan PIN Gopay kamu. Tenang saja, kamu masih bisa mengakses Gopay kamu lagi kok. Cara mengganti PIN saat lupa PIN cukuplah mudah, silakan untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Buka Aplikasi Gojek

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengubah PIN Gopay kamu adalah dengan membuka aplikasi Gojek di hp kamu terlebih dahulu.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Gojek terlebih dahulu di Google Play Store apabila kamu belum memiliki aplikasinya. Jika sudah kamu unduh, kamu bisa langsung menginstal dan membuka aplikasi Gojek.

Langkah 2: Log in Akun ke Aplikasi Gojek

Langkah selanjutnya, apabila aplikasi Gojek kamu sudah terbuka, kamu bisa langsung Log in ke aplikasi Gojek dengan klik Masuk dan memasukkan nomor telepon yang sebelumnya telah kamu daftarkan ke aplikasi Gojek. Nomor telepon yang kamu masukkan adalah nomor akun yang ingin kamu ganti PIN Gopay-nya

Terkait:  Cara Top Up GoPay

Lalu, kamu akan diarahkan ke halaman pengiriman kode OTP. Kode OTP tersebut bisa kamu pilih untuk dikirim melalui WhatsApp atau melalui SMS. Jika kamu memilih melalu WhatsApp, pastikan nomor tersebut sudah terdaftar di WhatsApp.

Selanjutnya silakan masukkan kode OTP yang telah masuk ke kolom yang telah disediakan, kemudian klik Lanjutkan dan kamu akan masuk ke halaman awal aplikasi Gojek.

Langkah 3: Pilih Menu Explore

Selanjutnya kamu bisa memilih Explore yang ada di atas sebelah kanan halaman utama aplikasi. Kemudian kamu akan masuk ke halaman Gopay, lalu kamu bisa memilih Pengaturan atau Settings.

Langkah 4: Pilih Lupakan PIN atau Forgot PIN

Selanjutnya jika kamu sudah memilih Pengaturan, karena kamu lupa dengan PIN lamamu, kamu bisa memilih Lupakan PIN atau Forgot PIN untuk menghapus PIN kamu yang lama.

Langkah 5: Masukkan PIN Baru

Lalu, jika kamu sudah memilih Lupakan PIN, silakan untuk memasukkan 6 angka PIN Gopay yang baru. Nanti jika kamu sudah memasukkan PIN sebanyak satu kali, kamu diharuskan untuk memasukkan PIN yang baru sekali lagi sebagai konfirmasi PIN yang kamu masukkan benar.

Langkah 6: Masukkan Kode OTP

Selanjutnya kode OTP akan dikirimkan ke nomor telepon yang terdaftar di aplikasi Gojek, atau nomor yang sebelumnya kamu masukkan untuk Log in. Lalu, silakan masukkan 6 angka kode OTP tersebut ke aplikasi Gojek kamu.

Langkah 7: Selesai

PIN berhasil kamu ubah. Nah sekarang kamu bisa melakukan transaksi lagi, kamu bisa memasukkan PIN yang baru.

Kesimpulan

Nah itulah tadi dua cara ganti PIN Gopay yang telah mimin jelaskan. Silakan mencoba salah satu cara di atas sesuai dengna kebutuhanmu. Cara pertama bisa kamu gunakan apabila kamu ingin mengganti PIN secara rutin atau mungkin PIN kamu diketahui oleh orang lain. Sementara cara kedua bisa kamu lakukan apabila kamu lupa dengan PIN Gopay kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Rate this post

Related posts