Cara Pesan Barang di Tiktok

Cara Pesan Barang di Tiktok

Cara pesan barang di Tiktok mungkin belum kamu ketahui caranya, apalagi jika kamu pengguna baru di aplikasi ini. Saat membuka Tiktok, kamu melihat barang yang kamu butuhkan dan ingin membelinya. Namun, untuk menggunakan caranya kamu sedikit bingung dan khawatir melakukan kesalahan. Nah, kamu bisa mengikuti salah satu cara di bawah ini yang akan mimin jelaskan.

Tiktok sendiri merupakan platform media sosial di mana penggunanya bisa melihat dan berbagi video. Video yang bisa dilihat adalah video dengan konten berbagai tema yang diunggah oleh pengguna Tiktok dari latar, usia, pendidikan, dan bahkan dari  negara yang berbeda. Seiring dengan berjalannya waktu, Tiktok semakin banyak diminati oleh setiap orang, khususnya oleh influencer dan juga pengguna yang ingin berjualan.

Seiring juga dengan penggunanya yang meningkat, Tiktok menghadirkan fitur Tiktok Shop di mana para penggunanya bisa berjualan dan bisa berbelanja di Tiktok. Platform ini kurang lebih sama dengan yang ada di e-Commerce lain seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya. Jadi, selain kamu bisa menggunakan Tiktok sebagai media sosial, kamu juga bisa berbelanja melalui aplikasi ini. Namun, tidak semua penggunaa Tiktok mengetahui cara pesan barang di Tiktop Shop. Maka dari itu, mimin akan menjelaskannya di bawah ini.

Cara Pesan Barang di Tiktok

Cara Pesan Barang di Tiktok
Cara Pesan Barang di Tiktok

Cara pesan barang di Tiktok Shop sangatlah mudah. Pada Agustus 2021, Tiktok bekerja sama dengan Shopify untuk meluncurkan Tiktok Shop di mana pengguna Tiktok bisa melakukan transaksi jual beli. Dengan adanya Tiktok Shop yang bisa memungkinkan menambahkan tab belanja di profilnya. Kemudian, para pembeli bisa memasukkan barang yang kamu inginkan ke keranjang belanja.

Terkait:  Cara Slowmo di TikTok: 2 Metode Bikin Video Estetik!

Biasanya untuk pengguna baru kamu bisa mendapatkan gratis ongkos kirim dan diskon. Jadi, mungkin saja kamu menemukan barang yang kamu butuhkan di Tiktok. Namun, jika kamu belum mengetahui cara berbelanja di Tiktok shop, kamu bisa mengikuti cara-cara di bawah ini.

Cara Pesan Barang di Tiktok Shop dari Toko Langsung

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memesan barang di Tiktok Shop adalah melalui toko langsung. Kamu tinggal mengunjungi profil penjual yang menjual produk yang kamu inginkan. Kemudian kamu bisa melakukan check out barang yang telah kamu pesan. Nah, untuk langkah detailnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Buka Aplikasi Tiktok

Langkah pertama silakan buka aplikasi Tiktok di hp kamu. Namun, jika kamu belum memiliki aplikasi tersebut, kamu bisa mengunduhnya di aplikasi Google Play Store. Kemudian, instal dan buka aplikasi tersebut. Kemudian silakan log in ke  akun Tiktok kamu sampai kamu masuk ke halaman Tiktok.

Langkah 2: Kunjungi Akun Toko

Nah, kemudian kamu bisa langsung mengunjungi toko yang produknya ingin kamu beli. Untuk mengunjunginya, kamu bisa mencari toko tersebut dengan mengetikkan nama toko di kolom pencarian.

Langkah 3: Klik Menu Shop

Kemudian, pada profil toko penjual, kamu bisa langsung klik menu Shop dengan ikon tas belanja yang ada di profil. Lalu, silakan untuk mencari produk yang kamu ingin beli.

Langkah 4: Klik Buy Now

Selanjutnya jika kamu sudah menemukan produk yang ingin kamu beli, kamu bisa langsung klik Buy Now yang berada di pojok kanan bawah pada halaman produk yang ingin kamu beli.

Langkah 5: Isi Detail Pembelanjaan

Lalu, langkah kelima kamu bisa langsung mengisi detail pembayaran, yaitu alamat lengkap pengiriman, jumlah barang dan warna yang ingin kamu beli, masukkan catatan jika ada, dan juga jangan lupa untuk memilih metode pembayaran. Kamu bisa memilih metode pembayaran yang tersedia, yaitu OVO, GoPay, DANA, transfer bank atau antarbank, kartu kredit, Indomaret, atau Alfamart.

Terkait:  Cara Menyimpan Video TikTok ke Galeri Tanpa di Post, Bebas Ribet!

Langkah 6: Lakukan Pembayaran

Kemudian selesaikan proses belanja kamu dengan mengetuk Place Order kamu bisa melakukan pembayaran menggunakan metode yang sebelumnya kamu pilih. Pastikan saldo kamu cukup ya.

Langkah 7: Selesai

Jika kamu sudah melakukan pembayaran, kamu tinggal menunggu barang belanjaanmu diantar ke rumah kamu. Untuk melacak paketmu sudah sampai di mana, kamu bisa mengunjungi menu Settings > Privacy > Orders.

Cara Pesan Barang di Tiktok Shop Melalui Siaran Langsung

Selanjutnya kamu bisa memesan atau berbelanja barang di Tiktop Shop melalui siaran langsung atau live. Nah biasanya kamu akan mendapatkan diskon jika kamu berbelanja langsung saat penjual sedang live, terutama pada momen tertentu seperti Harbolnas, hari raya dan lain sebagainya. Jika kamu ingin berbelanja melalui siaran langsung penjualnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Buka Aplikasi Tiktok

Langkah pertama silakan buka aplikasi Tiktok di hp kamu. Namun, jika kamu belum memiliki aplikasi tersebut, kamu bisa mengunduhnya di aplikasi Google Play Store. Kemudian, silakan instal dan buka aplikasi tersebut. Kemudian silakan log in ke  akun Tiktok kamu sampai kamu masuk ke halaman Tiktok.

Langkah 2: Kunjungi Akun Toko yang Sedang Siaran Langsung

Nah, kemudian kamu bisa langsung mengunjungi toko yang sedang melakukan siaran langsung, baik dengan mengunjungi profil penjual dan jika penjual sedang siaran langsung atau live, kamu bisa menekan foto profil yang di bawahnya bertuliskan Live. Selain itu, kamu bisa langsung ke fitur Live di Tiktok kamu.

Langkah 3: Tonton Siaran Langsung secara Seksama

Langkah ketiga, silakan untuk menonton siaran langsung toko yang produknya ingin kamu beli. Produk yang dijual saat siaran langsung biasanya akan dimunculkan di bagian bawah layar ponsel kamu.

Terkait:  Cara Live Bareng di TikTok, Bisa Tanpa 1000 Followers Lho!

Langkah 4: Klik Buy Now

Silakan klik Buy Now di bagian bawah layar hp kamu saat produk yang ingin kamu beli sedang ditampilkan oleh penjual. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman untuk mengisi detail transaksi.

Langkah 5: Isi Detail Pembelanjaan

Lalu, langkah kelima adalah silakan isi detail pembayaran, yaitu alamat lengkap pengiriman, jumlah barang dan warna yang ingin kamu beli, masukkan catatan jika ada, dan juga jangan lupa untuk memilih metode pembayaran. Kamu bisa memilih metode pembayaran yang tersedia, yaitu OVO, GoPay, DANA, transfer bank atau antarbank, kartu kredit, Indomaret, atau Alfamart.

Langkah 6: Lakukan Pembayaran

Kemudian selesaikan proses belanja kamu dengan mengetuk Place Order kamu bisa melakukan pembayaran menggunakan metode yang sebelumnya kamu pilih. Pastikan saldo kamu cukup untuk melakukan pembayaran.

Langkah 7: Selesai

Jika kamu sudah melakukan pembayaran, kamu tinggal menunggu barang belanjaanmu diantar ke rumah kamu. Jika kamu berbelanja melalui siaran langsung, kamu tetap bisa melacak keberadaan paketmu, sama seperti saat kamu belanja dari toko langsung. Untuk melacak paketmu sudah sampai di mana, kamu bisa mengunjungi menu Settings > Privacy > Orders.

Kesimpulan

Nah itulah dua cara pesan barang di Tiktok Shop yang telah mimin jelaskan. Silakan untuk memilih cara yang menurutmu paling mudah untuk kamu lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga berhasil.

Similar Posts