iPhone Tidak Ada Layanan

iPhone Tidak Ada Layanan
iPhone Tidak Ada Layanan

Bicara tentang iphone tidak ada layanan atau no service, biasanya hal ini sering kali menjadi sebuah masalah untuk para pengguna ponsel iPhone yang memang tiba-tiba tidak bisa mengakses jaringan atau tidak mendapatkan sinyal dari kartu atau provider SIM Card yang mereka gunakan. Biasanya, hal ini sendiri terjadi karena beberapa hal. Namun, tak jarang dari pengguna iPhone yang merasa panik akan hal ini dan tentu saja menjadi hal yang sangat mengganggu mereka ketika ingin menggunakan iPhone

Seperti yang kita tau juga sebelumnya, jika iPhone tidak ada jaringan ini biasanya disebabkan karena beberapa hal, terlebih lagi ketika peraturan pemerintah yang baru mengenai perangkat iPhone di mana mereka harus menggunakan ponsel iPhone yang memiliki IMEI Resmi, sebab jika perangkat iPhone yang kamu miliki tidak memiliki IMEI yang terdaftar, maka kemungkinan ponsel kamu tak bisa digunakan atau tak dapat digunakan untuk beberapa SIM Card tertentu.

iPhone Tidak Ada Layanan

iPhone Tidak Ada Layanan
iPhone Tidak Ada Layanan

Untuk itu, jika mungkin kamu juga mengalami masalah iphone tidak ada layanan, kamu tidak usah khawatir, karena sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ketika ponsel iPhone yang kamu gunakan tidak mendapatkan layanan atau jaringan dari SIM Card ataupun dari ponsel itu sendiri.

Sekiranya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan, seperti.

Terkait:  Cara Mengatasi HP Panas

Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan lewat Cek IMEI

Langkah pertama adalah kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu melalui layanan Cek IMEI, untuk melakukan cek imei ini sendiri kamu bisa menggunakan beberapa cara mudah yang biasa digunakan para pengguna iPhone, seperti

Cara Cek IMEI iPhone lewat Kode Rahasia

  • Buka aplikasi telpon atau panggilan di iPhone kalian
  • Setelah itu ketikkan Kode *#06#
  • Kemudian tekan tombol call atau panggil
  • Tunggu beberapa saat dan nantinya IMEI iPhone kamu akan muncul

Cara Cek IMEI iPhone lewat Website

  • Buka situs appleid.apple.com di browser komputer, laptop, atau smartphone kalian
  • Setelah itu periksa pada dus atau box dari iPhone yang kamu punya dan masukkan nomor seri di kolom pencarian
  • Tunggu beberapa saat, sampai IMEI kamu muncul

Dari kedua cara di atas, sebenarnya bisa menjadi solusi atau alternatif untuk menyelesaikan masalah iPhone tidak ada jaringan. Karena setelah kamu mengetahui jika iPhone kamu memiliki IMEI yang valid, maka kamu bisa melakukan pengecekan ulang ke pihak provider untuk mengatasi masalah tidak ada jaringan pada iPhone. Namun, apabila IMEI kamu tidak muncul, bisa jadi iPhone yang kamu gunakan bermasalah atau dalam kondisi tidak original.

Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan lewat Reset Jaringan

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa menggunakan bantuan atau fitur reset jaringan yang memang ada di perangkat iPhone. Adapun tujuan dari reset jaringan di sini ialah untuk melakukan konfigurasi ulang, karena biasanya memang kejadian iphone tidak ada layanan atau jaringan ini disebabkan karena konfigurasi APN yang mungkin saja tidak sesuai.

Nah untuk melakukan reset jaringan sendiri, kamu bisa mengikuti cara berikut ini

  1. Masuk ke bagian pengaturan atau settings dari iPhone
  2. Kemudian, kamu bisa memilih opsi Umum/General dan pilih pada menu Transfer atau Atur Ulang Perangkat
  3. Nantinya kamu akan menemukan opsi untuk melakukan reset, pilih saja opsi Atur Ulang
  4. Pada menu atur ulang ini, kamu juga akan menemukan beragam pilihan lagi, jangan sampai salah pastikan kamu memilih Atur Ulang Pengaturan Jaringan
  5. Kemudian jika sudah kamu tinggal menunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai
Terkait:  Cara Find My iPhone

Setelah proses reset atau restart ulang pengaturan jaringan selesai, kamu bisa langsung melakukan reboot perangkat, agar system melakukan penyesuaian ulang dari pengaturan jaringan yang sudah kamu buat tadi. Hal ini juga akan menghapus beberapa data jaringan seperti kata sandi WiFi, pengaturan jaringan, VPN, dan juga APN jaringan kamu.

Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan lewat SIM Card

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu juga bisa menggunakan SIM Card yang kamu gunakan. Jujur saja, kadang kala masalah iPhone tidak ada jaringan ini kerap kali muncul karena beberapa hal seperti

  • iPhone sudah support dengan 4G, namun kartu yang digunakan masih 3G
  • Masa aktif kartu sudah habis
  • SIM Card sudah masuk dalam masa tenggang
  • SIM Card belum terdaftar sesuai dengan NIK dan KK

Dari beberapa masalah tersebut, tentunya kamu bisa melakukan pengecekan dengan mengecek kembali SIM Card yang kamu gunakan, atau juga kamu bisa mematikan ponsel kamu dan kemudian mencabut SIM Card dari SIM Tray dalam beberapa detik, lalu kemudian memasukkannya kembali.

Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan lewat Service Center iBox

Kemudian untuk langkah yang terakhir adalah kamu bisa mendatangi service center atau iBox dari iPhone tempat kamu membeli ponsel iPhone itu sendiri. Biasanya, di sana kamu bisa mengatakan keluhan ataupun masalah yang terjadi pada ponsel kamu.

Ketika sampai iPhone, kamu akan diminta untuk membawa serta kelengkapan dari iPhone yang kamu miliki, bisa seperti dus iPhone yang kamu beli, atau pun membawa struk atau nota pembelian dari iPhone yang kamu miliki. TIdak usah khawatir ketika munkgin kamu membeli iPhone bukan dari iBox, karena mereka akan tetap melayanimu dengan baik terkait dengan iPhone yang tidak ada layanan.

Terkait:  Cara Hapus Cache di iPhone Agar Tidak Lemot dan Lag

Biasanya, untuk proses servis atau perbaikan dari iPhone yang tidak ada jaringan ini akan memakan waktu sekitar 2 – 3 hari, namun kembali lagi bisanya bisa saja melebihi waktu yang sudah di tentukan dari pihak iBox.

Untuk masalah biaya, jika mungkin iPhone kamu masih memiliki garansi resmi dari iBox, kamu biasanya tidak akan di kenakan biaya, namun kembali lagi, jika ada kerusakan lain seperti human error semisal ponsel terjatuh akibat kesalahan pengguna dan lain hal, bisa saja akan ada biaya yang harus dikeluarkan oleh kamu untuk melakukan service atau perbaikan pada iPhone.

Selain daripada solusi tersebut, ada beberapa penyebab atau hal yang memang menyebabkan masalah iPhone menjadi tidak ada layanan ini terjadi, seperti

  • iPhone yang digunakan belum memiliki IMEI yang terdaftar
  • Kartu yang digunakan pada iPhone tidak support dengan jaringan yang mendukung
  • Error atau rusak pada SIM Tray atau SIM Card
  • Kartu yang belum ter-registrasi dengan NIK ataupun Kartu Keluarga
  • Masa Aktif kartu yang sudah tak lagi aktif sehingga tidak dapat digunakan

Terlepas dari itu semua, mungkin dengan beberapa cara mengatasi iphone tidak ada layanan yang mimin bagikan berikut tadi bisa menjadi solusi ataupun alternatif dari bagaimana kamu bisa memecahkan masalah tersebut.

Kembali lagi semua pengecekan harus dilakukan terlebih dahulu, untuk memastikan apakah kerusakan yang terjadi ini karena human error atau memang dari kartu dan iPhone itu sendiri, semoga bermanfaat.

Related posts