Home » Blokir » Cara Blokir ATM Mandiri

Cara Blokir ATM Mandiri

Bagaimana cara blokir ATM Mandiri yang tertelan atau hilang? Bisakah blokir ATM Mandiri lewat m banking?

Membuat dan membuka rekening Bank Mandiri baru pastilah sangat mudah, hanya butuh nominal saldo yang sedikit, dan beberapa persyaratan berkas tertentu saja.

Dengan membuka rekening Mandiri baru juga akan menjadi tabungan kita dikemudian hari. Kenapa? Karena menabung di Bank Mandiri akan mendapatkan bunga yang mengasyikkan.

Saat kita hendak membuka rekening Mandiri baru juga akan langsung mendapati sebuah kartu ATM dimana kartu tersebut yang akan memudahkan kita dalam bertransaksi menggunakan bank Mandiri.

Seperti yang kita tau bahwa kartu ATM Mandiri berbentuk persegi panjang kecil dengan setengah lingkaran dibagian tiap sudutnya. Karna bentuknya kecil, kartu ATM Mandiri seringkali dapat dibawa dan dimasukkan ke dalam dompet.

Blokir ATM Mandiri

ATM Mandiri

Meski demikian, tak jarang orang yang juga pernah mengalami ketinggalan kartu ATM Mandiri di mesin (tertelan) bahkan ada juga yang hilang setelah dipakai.

Bagaimana Jika Kartu ATM Mandiri Hilang?

Nah, bagi kamu pengguna kartu ATM Mandiri yang kehilangan kartu ATM, agar segera melakukan blokir kartu ATM Mandiri kamu sekarang juga. Hal ini karena, ditakutkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Sehubungan dengan hal tersebut maka kita diharuskan mendatangi kantor cabang bank Mandiri terdekat dengan tujuan mau mengurus kartu ATM MANDIRI yang hilang atau tertelan mesin. Namun sebelum kita kesana alangkah baiknya mempersiapkan beberapa berkas yang harus dilengkapi.

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut.

  1. Surat kehilangan dari kepolisian.
  2. Buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening tersebut.
  3. Kartu identitas (KTP/SIM/PASPOR).

Setelah persyaratan berkas terpenuhi maka langsung saja datangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat untuk mengurus kartu ATM Mandiri yang hilang atau tertelan. Atau bagi yang tak punya waktu untuk mendatangi kantor bank Mandiri, bisa juga mengurusnya dari rumah dengan melalui beberapa metode salah satunya menghubungi call center mandiri.

Apakah Call Center Mandiri 24 Jam?

Tenang saja, untuk dapat mengurus kartu ATM Mandiri yang hilang kita tetap bisa melakukannya dari rumah. Yaitu dengan cara menghubungi Call Center Mandiri di nomor 14000 (Surabaya, Medan, Palembang, Bandung, Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Denpasar, Balikpapan, Makassar, Banjarmasin, dan Semarang). Dan bagi yang berada di luar wilayah tersebut bisa menghubungi Call Center Mandiri di nomor (021) 5299-7777.

Disarankan, bagi yang hendak menghubungi Call Center Mandiri untuk menggunakan telepon rumah saja karena tarif yang dikenakan relatif murah. Berbeda jika menggunakan handphone akan dikenakan tarif flat dengan biaya per menitnya:

  • Telkomsel Kartu Halo Rp1.200
  • Telkomsel Simpati Rp1.800
  • Indosat (Postpaid/Prepaid) Rp1.700
  • StarOne (Jkt) Rp260
  • XL (Postpaid/Prepaid) Rp1.700
  • Fren (Postpaid/Prepaid) Rp1.200
  • Flexi (Jkt) Lokal
  • Esia (Jkt) Lokal
  • Untuk akses ke (021) 5299-7777 berlaku sesuai tarif Telkom (berlaku SLJJ)

Terkait: Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel

Dan bagi yang ingin mengetahui apakah Call Center Mandiri 24 Jam, perlu diketahui bahwa Call Center Mandiri dapat dihubungi kapan saja 24 jam nonstop. Kita akan dibantu sampai permasalahan selesai bahkan saat dini hari pun akan tetap dilayani.

Cara Blokir ATM Mandiri

Cara Blokir ATM Mandiri

Blokir ATM Mandiri

Nah bagi yang sayang pulsa, kita juga tetap dapat melakukan blokir ATM Mandiri dengan cara lainnya tanpa harus menghubungi Call Center. Beberapa metode yang dapat dipakai untuk blokir ATM Mandiri adalah:

1. Blokir ATM Mandiri Lewat Kantor Cabang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk dapat melakukan pemblokiran kartu ATM Mandiri, bisa dilakukan dengan mendatangi kantor cabang bank Mandiri terdekat. Sebelum mendatangi kantor kita harus menyiapkan beberapa berkas seperti KTP, Buku Tabungan Mandiri, dan Surat kehilangan dari kepolisian. Jika semua syarat sudah lengkap, perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Datangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat dari lokasimu.
  • Bawa berkas-berkas dan masuklah.
  • Ambil nomor antrianmu.
  • Setelah antrian dipanggil, kita akan disambut oleh customer service.
  • Sampaikan bahwa kamu hendak melakukan pemblokiran ATM Mandiri yang hilang atau tertelan mesin.
  • Customer service akan segera membantu permasalahanmu.
  • Selesai.
Salah kirim pesan WA? Coba pakai cara menarik pesan di WhatsApp.

2. Blokir ATM Mandiri Melalui SMS

Kita juga tetap dapat melakukan pemblokiran ATM Mandiri hanya dengan menggunakan layanan SMS. Syaratnya, layanan SMS Banking Mandiri harus sudah diaktifkan sebelumnya. Jika layanan SMS telah aktif, maka perhatikan langkah-langkah berikut.

Kita bisa SMS bank Mandiri di Nomor 3355 dengan cara pilih menu ataupun ketik SMS. Akan tetapi metode satu ini kurang disarankan dikarenakan prosesnya cukup lama. Selain itu, biaya SMS juga cukup memakan pulsa yang banyak yaitu Rp. 500 per SMS nya.

3. Blokir ATM Mandiri Melalui Call Center

Bagi yang memiliki pulsa cukup banyak atau menggunakan telepon rumah, bisa menggunakan layanan Mandiri Call Center untuk melakukan pemblokiran ATM Mandiri. Akan tetapi prosesnya juga cukup memakan waktu lama.

Hubungi saja mandiri call center di nomor 14000 untuk wilayah Surabaya, Medan, Palembang, Bandung, Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Denpasar, Balikpapan, Makassar, Banjarmasin, dan Semarang. Sementara dilain wilayah tersebut bisa menghubungi Mandiri Call Center di nomor (021) 5299-7777.

Pernah mengalami kehilangan ponsel? Baca dulu cara melacak HP hilang lewat Whatsapp.

4. Blokir ATM Mandiri Melalui Mandiri Online

Bagi pengguna Mandiri Mobile Banking, bisa juga melakukan pemblokir kartu ATM Mandiri melalui aplikasi smartphone Mandiri online. Caranya juga cukup mudah, bisa perhatikan langkah berikut.

  • Download dan install terlebih dahulu aplikasi Mandiri Online melalui Google Play atau App Store.
  • Setelah terdownload buka aplikasi Mandiri Online di smartphone kamu.
  • Login ke akun Mandiri Online milikmu.
  • Cari menu Pemblokiran ATM Mandiri.
  • Selesai.

5. Blokir ATM Mandiri Melalui Akun Twitter Bank Mandiri

Bagi pengguna media sosial terutama Twitter, kita juga bisa melakukan pemblokiran ATM Mandiri melalui akun twitter bank mandiri (@bankmandiri). Langkahnya cukup mudah, yakni hanya melalui fitur DM di Twitter. Atau perhatikan langkah berikut.

  • Buka Twitter.com atau aplikasi Twitter di smartphone.
  • Login ke akun twitter kamu.
  • Cari akun twitter bank mandiri, atau kamu bisa langsung klik twitter » @bankmandiri.
  • Klik DM atau gambar kotak surat disebelah profil bank mandiri.
  • Bagian bawah akan muncul kotak bertuliskan “Start a new message”. Isikan pesanmu dikotak tersebut.
  • Katakanlah bahwa kamu ingin blokir ATM Mandiri.
  • Tunggulah balasan dari Bank Mandiri.
  • Maka akan langsung dibantu sampai permasalahanmu clear.
  • Selesai.

Proses ini memakan waktu cukup lama dikarenakan banyaknya nasabah Mandiri yang juga menghubungi akun Twitter Mandiri. Jadi, harap bersabar untuk menunggu dibalas satu per satu ya.

Mengurus Surat Kehilangan Kartu ATM Mandiri di Kantor Polisi

Untuk dapat mengurus surat kehilangan kartu ATM Mandiri lewat kantor polisi, kita diharuskan membawa beberapa berkas persyaratan seperti surat pengantar kelurahan atau desa, KTP atau Passport, Buku Tabungan Bank Mandiri.

Setelah itu, jangan lupa juga menyiapkan sejumlah uang antara Rp. 25.000 hingga Rp. 100.000 untuk keperluan administrasinya. Jika semuanya sudah disiapkan maka kita bisa langsung melakukan tahapan berikut.

1. Datanglah ke kantor polisi

2. Ambil antrian

3. Tunggu hingga dipanggil ke loket yang sesuai dengan petugas yang akan membuatkan kita surat keterangan kehilangan.

4. Jangan lupa bersiap-siap karena setelah di loket biasanya petugas akan menanyakan beberapa pertanyaan seperti:

  • Nama lengkap yang harus sesuai dengan identitas diri yang Anda bawa.
  • Alamat tempat tinggal yang juga harus sesuai dengan dokumen identitas diri yang Anda bawa.
  • Jenis pelaporan yakni berupa pelaporan kehilangan kartu debit Mandiri.
  • Kronologi kejadian.
  • Serta beberapa pertanyaan tambahan yang mungkin ditanyakan oleh petugas apabila petugas tersebut merasa jawaban Anda belum memuaskan. Tapi pertanyaan tambahan ini cukup jarang kok, selama Anda tenang dan tidak bergelagat mencurigakan pasti tidak akan muncul pertanyaan-pertanyaan tambahan.

5. Setelah itu petugas yang berwenang akan segera memproses permohonan pembuatan surat kehilangan ini. Jangan lupa mintalah kepada petugas untuk menyertakan beberapa lembar salinan surat keterangan kehilangan yang telah dilegalisir ya.

Baru Diulas:

Cara Melihat Barcode WhatsApp
Cara Menambahkan Font di Picsay Pro

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami ulas mengenai cara blokir ATM Mandiri dengan beberapa metode dan tahapan yang mudah. Silahkan bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang kehilangan kartu ATM Mandiri ya! Atau bagi kamu yang punya kartu ATM lebih dari satu bisa baca tips menarik seperti cara blokir ATM BRI dan cara blokir ATM BCA.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *