Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Berbicara mengenai Xiaomi, spek unggul dengan harga terjangkau adalah yang melekat pada merek HP asal Tiongkok satu ini. Soal kapasitas baterai, HP Xiaomi juga tidak perlu diragukan lagi. Meski demikian, beberapa pengguna masih banyak yang mencari informasi bagaimana cara menghemat baterai Xiaomi.

Xiaomi selalu menghadirkan inovasi terbaru untuk mendukung berbagai produk HP yang dikeluarkannya termasuk pada sisi efektivitas masa penggunaan baterai serta pengisian daya. HP Xiaomi keluaran terbaru juga telah didukung pengisian baterai yang lebih cepat dan kapasitas baterai besar. Dengan demikian, pengisian daya baterai bisa dilakukan dengan seminim mungkin.

Read More

Pada dasarnya, berapapun kapasitas baterai pada HP jika digunakan untuk mengoperasikan banyak fungsi sekaligus maka bisa membuatnya cepat habis. Itulah mengapa baterai HP kapasitas besar kamu yang diklaim mampu bertahan hingga berhari-hari saat digunakan serampangan hanya mampu bertahan sehari atau mungkin beberapa jam saja.

Jadi, meskipun digadang-gadang kapasitas baterai besar tapi tidak diimbangi dengan penggunaan yang wajar tetap saja boros dan cepat habis.

Lalu, Apakah ada cara menghemat baterai Xiaomi? Inilah informasi selengkapnya.

Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Cara Menghemat Baterai Xiaomi
Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat baterai Xiaomi, diantaranya adalah:

1. Matikan semua konektivitas jika tidak digunakan

Semua konektifitas pada perangkat Xiaomi kamu yang sudah tidak digunakan sebaiknya dimatikan. Contohnya seperti Bluetooth, Hotspot WiFi, NFC, Mi Share, dan lain sebagainya. Buka Pintasan Layar, kemudian nonaktifkan semua fitur yang tidak digunakan dan hidupkan saat berguna saja.

Terkait: Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi S2

2. Baterai & Performa

Buka pengaturan baterai dengan memilih Baterai & Performa, lalu lakukan optimasi. Tekan menu Optimalkan untuk mengoptimalisasi daya baterai HP. Opsi ini bisa kamu coba jika ingin menambah masa penggunaan HP agar tidak segera mati. Hal tersebut didapatkan dengan cara mengurangi beberapa aktivitas yang ada.

3. Optimasi koneksi data

Kamu juga bisa melakukan optimasi koneksi data untuk menghemat baterai. Caranya adalah dengan membuka menu Pengaturan atau Setelan, pilih Setelan Layar Kunci.

Pada opsi Matikan data seluler saat perangkat terkunci, pilih Jangan. Hal ini dapat meminimalkan penggunaan baterai.

4. Battery Saver

Apabila baterai HP lemah dan ingin membuatnya tetap hidup lebih lama lagi, kamu dapat mencoba menghidupkan fitur Battery Saver.

Nyalakan fitur penghemat baterai otomatis, yakni Battery Saver. Ketika mengaktifkan fitur ini, maka secara otomatis akan menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang serta menurunkan kinerja HP supaya bekerja lebih efisien.

5. Jadwalkan waktu ganti antar mode

Kamu juga bisa mengoptimalkan setelan sistem untuk menghemat baterai pada menu Penghemat baterai. Kemudian menjadwalkan waktu untuk berganti antara mode hemat atau tidak. Jadi mode tersebut hanya akan bekerja pada waktu yang sudah kamu tentukan. Atur waktu kapan mulai dengan klik tombol Mulai, dan klik tombol Akhir untuk mengakhirinya.

6. Mematikan Auto Brightness

Auto Brightness adalah fitur yang dapat mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis untuk malam maupun siang hari baik saat terang maupun gelap. Nah, kamu tidak perlu menggunakan fitur ini ini jika ingin baterai bertahan lama. Atur saja tingkat kecerahan layar hingga 20 persen. Kamu tetap bisa melihat layar dengan tingkat kecerahan tersebut.

Terkait: Cara Barcode WiFi Xiaomi

7. Power Saving

Dibandingkan Battery Saver, fitur Power Saving ini lebih ekstrim lagi. Karena jika mengaktifkan fitur Power Saving, hanya ada sedikit aplikasi yang dapat berjalan. Beberapa konektivitas juga akan dibatasi guna menghemat daya baterai.

8. Penghemat baterai aplikasi

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan fitur penghemat baterai aplikasi di Xiaomi. Kamu bisa mengatur aplikasi yang dianggap menguras daya besar ketika berjalan di latar belakang.

Untuk mendapatkan performa yang maksimal, opsi Tidak ada pembatasan bisa dipilih. Karena jika mengaktifkan penghemat baterai, maka performa aplikasi sedikit diturunkan. Jadi, kamu pilih mana aplikasi yang ingin diatur sesuai kebutuhan agar baterai tidak boros dan kamu merasa nyaman ketika menggunakannya.

9. Penjadwalan hidup atau mati

Fitur ini akan sangat membantu terutama jika kamu tipe orang yang sering lupa mematikan HP saat malam.

Ada kondisi tertentu daya baterai tidak berkurang drastis, hanya saja jika dari malam sampai pagi datang akan mengurus daya yang lumayan besar. Apabila kamu sedang di rumah mungkin hal ini bukan suatu yang penting. Namun, jika kamu sedang ada di luar dan minim daya listrik untuk mengecas baterai HP, maka fitur ini akan sangat membantu.

10. Aktifkan fitur penghemat baterai ultra

Mode ini juga dapat digunakan untuk membatasi dan meminimalkan berbagai fitur sehingga hanya beberapa aplikasi saja di HP XIaomi yang dapat kamu gunakan. Tentunya, fitur ini dapat membuat durasi baterai yang tersisa menjadi lebih panjang dibandingkan dengan mengaktifkan fitur penghemat daya biasa.

11. Menggunakan Refresh Rate rendah

HP Xiaomi keluaran terbaru telah dibekali dengan refresh rate 90 Hz hingga 120 Hz. Semakin tinggi refresh rate maka kinerja baterai juga semakin boros. Karena refresh rate yang tinggi dapat membuat tampilan layar lebih mulus. Untuk mengatasi hal ini agar baterai HP lebih hemat, maka turunkan refresh rate hingga 60 Hz.

Terkait: Cara Mengatasi HP Xiaomi Panas dan Baterai Cepat Habis

12. Menonaktifkan Screen Saver

Jika ingin baterai hemat, jangan mengaktifkan fitur satu ini. Meskipun terlihat bagus di layar tapi Screen Saver membuat baterai sangat boros.

13. Membatasi notifikasi

Menonaktifkan notifikasi yang ditampilkan pada layar juga bisa menjadi salah satu solusi untuk menghemat daya baterai. Beberapa notifikasi dari media sosial atau aplikasi yang tidak begitu penting sebaiknya kamu batasi saja.

14. Mematikan GPS

Apabila tidak sedang menggunakan Google Maps atau aplikasi transportasi online, maka sebaiknya dimatikan saja. Nanti saat membutuhkan GPS, kamu bisa menghidupkannya kembali agar dapat mengakses aplikasinya secara maksimal.

15. Fix Battery Usage Issue

Fitur Fix Battery Usage Issue bisa membantu apabila ada masalah pada baterai HP milikmu. Fitur ini juga dapat membersihkan cache untuk beberapa aplikasi dan memperbaiki penggunaan baterai pada aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang dan membersihkan cache di aplikasi tertentu.

16. Nonaktifkan aplikasi Digital Wellbeing

Cara menghemat baterai Xiaomi lainnya adalah dengan menghentikan atau uninstal aplikasi Digital Wellbeing. Aplikasi ini bekerja pada latar belakang sehingga secara tidak langsung membuat daya baterai menjadi berkurang.

  • Untuk cara menonaktifkan atau uninstal aplikasi ini adalah sebagai berikut:
  • Buka menu Settings, pilih System App, lalu cari menu Digital Wellbeing.
  • Buka Digital Wellbeing, lalu pilih opsi Disable atau Uninstall.

17. Matikan mode getar dan suara

Saat HP tidak digunakan atau kamu sedang tidak menunggu kabar penting, sebaiknya matikan saja mode getar dan suara. Kamu bisa menggunakan mode tersebut untuk notifikasi ringan.

18. Hapus file sampah

Cara lain dalam menghemat baterai Xiaomi adalah dengan menghapus file sampah yang tidak digunakan. Karena saat memori internal sudah hampir penuh, biasanya membuat kinerja HP menjadi lebih berat dan itu berpotensi membuat baterai menjadi boros.

Apakah kamu sudah mencoba salah satu dari 18 cara menghemat baterai Xiaomi di atas?.

Semoga bermanfaat!

Related posts