Cara Menghemat Baterai Samsung

Baterai HP Samsung yang cepat habis tentu tidak nyaman terutama saat berada di luar ruangan atau bepergian. Nah, apakah kamu merasakan hal yang sama dan ingin tahu tahu cara menghemat baterai Samsung? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini.

Cara Menghemat Baterai Samsung

Cara Menghemat Baterai Samsung
Cara Menghemat Baterai Samsung

Semakin banyaknya aplikasi yang terpasang di HP maka dapat memengaruhi kapasitas penggunaan daya baterai. Hal ini dikarenakan aplikasi yang berjalan pada prosesor juga akan lebih banyak. Agar baterai HP Samsung tetap awet dan tidak cepat lowbat, beberapa cara berikut bisa kamu coba lakukan.

1. Matikan Konektivitas Jika Tidak Digunakan

Daya baterai cepat habis salah satunya dikarenakan banyak aplikasi atau fitur aktif terhubung dengan koneksi internet. Konektivitas-konektivitas ini bisa membantu untuk melakukan berbagai aktivitas dengan mudah. Namun, daya baterai akan bekerja lebih keras yang menjadikannya tidak bisa awet.

Beberapa fitur, seperti Bluetooth, Hotspot, GPS, NFC, dan konektivitas lainnya yang tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja. Jika konektivitasnya terus terhubung, baterai HP Samsung akan cepat panas dan boros karena terus berusaha mencari koneksi yang dibutuhkan. 

2. Aktifkan Daya Penghemat Baterai Ultra

Cara menghemat baterai Samsung selanjutnya adalah dengan mengaktifkan daya penghemat baterai ultra.

Ketika fitur ini diaktifkan, pengaturan smartphone akan berubah. Pengaturan diubah guna membuat daya baterai dapat lebih hemat. Selain itu, layar akan menjadi greyscale ketika kamu mengaktifkan fitur daya penghemat baterai ultra. Penggunaan data juga akan dikurangi, tidak ada notifikasi yang masuk, serta Bluetooth juga akan secara otomatis mati pada mode ini.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30s

3. Hidupkan Wifi dan Nonaktifkan Koneksi Data

Apabila tersedia sinyal WiFi di sekitar kamu, maka manfaatkanlah. Sambungkan smartphone dengan WiFi dan matikan koneksi data. Sebagian besar dari kamu mungkin menyambungkan HP dengan WiFi karena untuk menghemat kuota internet. Padahal ini juga bisa membuat baterai lebih awet. Pasalnya, apabila koneksi data tidak stabil maka membuat HP terus mencari sinyal yang kuat supaya signal bar terisi penuh.

Selain menghemat kuota internet, cara satu ini bisa membuat baterai HP tahan lebih lama.

4. Atur Screen Timeout

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk menghemat baterai HP Samsung adalah dengan mengatur Screen Timeout. Ini dikarenakan layar ponsel yang menyala terus-menerus bisa membuat daya baterai menjadi cepat berkurang.

Screen Timeout adalah fitur yang dapat membuat lampu layar HP mati secara otomatis. Jadi, layar akan secara otomatis terkunci dan mati sesuai dengan durasi waktu yang kamu tentukan.

Mengaktifkan Screen Timeout terbukti berhasil menghemat daya baterai HP. Untuk mengaktifkan Screen Timeout pada HP Samsung, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, akses menu Settings pada HP Samsung.
  • Pilih menu Display, lalu klik Screen timeout.
  • Selanjutnya, kamu atur waktu menjadi 15 atau 30 detik.

5. Hidupkan Fitur Power Saving Mode

Pada HP Samsung tersedia juga fitur bernama power saving mode. Fitur ini dapat digunakan untuk menghemat daya baterai sehingga dapat bertahan lama.

Cara kerja fitur Saving Mode adalah dengan meminimalisir penggunaan CPU, mengurangi tingkat kecerahan pada layar, menurunkan frame rate, menonaktifkan lampu touchscreen, hingga mengurangi pondasi waktu time out pada layar. Dapat disimpulkan jika fitur satu ini secara keseluruhan dapat bekerja untuk menghemat daya baterai pada HP Samsung milikmu.

Terkait:  Cara Clone WA di Samsung

6. Kurangi Cahaya Layar

Cara menghemat baterai Samsung lainnya adalah dengan mengurangi tingkat cahaya pada layar. Seperti yang kita ketahui layar HP Samsung memiliki kualitas yang bagus. Urusan kejernihan layar Samsung tidak perlu diragukan lagi. Sebab, perangkat HP milik produsen asal Korea Selatan ini dibekali dengan resolusi layar yang cukup besar seperti QHD serta ukuran layarnya juga lebar.

Akan tetapi cahaya layar yang terang dapat membuat penggunaan daya baterai pun menjadi boros. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi tingkat kecerahan layar agar baterai lebih hemat.

7. Gunakan Warna Gelap untuk Layar Super AMOLED

Beberapa perangkat Samsung mid range atau high end telah dibekali dengan layar Super AMOLED. Fitur tersebut membuat tampilan layar menjadi sangat memukau.

Akan tetapi, layar Super AMOLED membuat penggunaan daya baterai menjadi lebih boros. Untuk itu, gunakanlah wallpaper warna hitam dan hindari menggunakan warna terang, cerah, atau putih pada layar Super AMOLED agar baterai tetap awet.

8. Matikan Fitur Smart Stay

Sebagian besar smartphone Android seperti Samsung dan lainnya sudah dibekali fitur Smart Stay. Fitur ini memungkinkan layar tetap menyala saat kamu menatapnya. Sayangnya, menghidupkan Smart Stay dapat menguras daya baterai sehingga membuatnya cepat habis. Layar dengan kondisi standby dapat membuat baterai berkurang sedikit demi sedikit.

Jika kamu ingin menghemat baterai, maka sebaiknya kamu nonaktifkan fitur Smart Stay tersebut.

9. Aktifkan Dark Mode

Selain menonaktifkan Smart Stay, terapkan juga fitur Dark Mode untuk membuat baterai lebih tahan lama. Fitur ini akan membuat tampilan layar menjadi gelap sehingga penggunaan baterai lebih berkurang.

10. Kurangi Widget pada Home Screen

Ada berbagai aplikasi dengan fitur widget. Jika kamu mengaktifkan fitur tersebut, maka aplikasi akan terus berjalan. Oleh sebab itu, kurangi pemakaian widget yang tidak penting jika ingin baterai lebih hemat.

Terkait:  Cara Menghemat Air

11. Hindari Menggunakan Live Wallpaper

Live wallpaper membuat layar tampak menarik dan tentunya memanjakan mata yang melihat. Namun, daya konsumsi baterai live wallpaper sangatlah boros. Nah, apabila kamu ingin daya baterai awet berjam-jam, maka jangan gunakan jenis wallpaper ini. Terapkan saja wallpaper biasa atau warna hitam seperti yang sudah disebutkan di atas.

12. Menghapus Aplikasi yang Tak Berguna

Rata-rata produk HP saat ini memiliki kapasitas memori yang besar. Ini tentunya membuat pengguna lebih leluasa dalam menginstal berbagai aplikasi dambaan. Namun, banyaknya aplikasi yang terpasang di HP juga membuat baterai menjadi lebih cepat habis. Jadi, hapus saja aplikasi yang tidak diperlukan untuk menghemat daya dan melonggarkan memori penyimpanan.

13. Mengubah Launcher

Apabila merasa bosan dengan tampilan layar HP yang itu-itu terus, kamu bisa mencoba instal aplikasi launcher di Google Play Store. Aplikasi tersebut dapat membuat tampilan HP lebih menarik dan menyesuaikannya dengan preferensimu. Namun, pastikan jika kamu memilih aplikasi dengan kapasitas ringan atau tidak terlalu besar. Pasalnya, penggunaan launcher ringan dapat lebih menghemat daya baterai HP Samsung milikmu.

14. Nonaktifkan Fitur Motions and Gestures

Fitur ini memang akan sangat membantu dalam memberikan perintah hanya melalui gesture khusus pada layar. Contohnya seperti, ingin melakukan screenshot, menolak atau mengabaikan panggilan telepon, dan lain sebagainya. Namun, jika ingin baterai hemat sebaiknya fitur ini dimatikan saja.

Pada dasarnya, umur baterai bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti pengaturan perangkat, penggunaan, dan lingkungan. Ketiga hal ini bisa membuat baterai kamu lebih awet atau malah boros. Jika ingin baterai tahan lama, kamu bisa mengikuti 14 tips cara menghemat baterai Samsung di atas. 

Rate this post

Related posts