Cara Mencairkan Saldo OVO Merchant

Cara Mencairkan Saldo OVO Merchant, Keuntungan dan Syaratnya

PindahLubang.com | OVO menyediakan berbagai macam merchant atau mitra resmi, sehingga konsumen dapat menentukan pilihannya masing-masing, apalagi saat bertransaksi online. Akan tetapi, banyak orang bahkan kamu sendiri pasti belum tahu cara mencairkan saldo OVO merchant yang benar.

Akun OVO sendiri terbagi menjadi dua, yakni Club dan Premier. Jika kamu berstatus sebagai pedagang atau pengusaha, maka bisa bekerja sama dengan OVO sebagai mitranya. Kamu bisa mencairkan e-money melalui OVO merchant khusus para pedagang saja.

OVO pelanggan dan merchant sebetulnya mempunyai fungsi yang sama, di mana satu sama lain biasanya digunakan untuk bertransaksi melalui aplikasi OVO. Namun, perbedaan keduanya terletak pada status kepemilikan saja.

OVO Club dan Premier hanya ditujukan untuk konsumen saat hendak melakukan pembayaran dan transaksi apapun. Selain itu, OVO Merchant dikhususnya bagi pedagang atau dapat melihat hasil penjualan dengan cara cairkan saldo OVO merchant melalui e-wallet maupun rekening pribadi masing-masing.

Pengertian OVO Merchant

OVO Merchant merupakan pedagang atau pengusaha yang sudah mendaftarkan diri sebagai bagian dari mitra resmi OVO, sehingga dapat menerima pembayaran melalui OVO Cash maupun penukaran OVO Point pada aplikasinya.

Pembayaran OVO Merchant sendiri memungkinkan setiap pedagang untuk menggunakan e-money alias uang digital dalam mengelola usaha pada satu aplikasi saja. Maka dari itu, aplikasinya mampu mengelola semua transaksi semakin cepat, aman dan instan dengan berbagai macam keuntungan yang menarik.

Terkait:  Cara Transfer OVO ke GoPay dan Sebaliknya, Bebas Ribet!

Ketentuan dan Syarat Daftar OVO Merchant

Bagi kamu yang berminat menjadi salah satu bagian dari mitra resmi OVO, ada beberapa ketentuan dan syarat untuk dipenuhi sebagai berikut:

  • KTP asli.
  • Calon mitra menyertakan identitas pemilik usaha mulai dari nama lengkap, alamat email, serta nomor ponsel yang bisa dihubungi.
  • Calon mitra menyertakan identitas bisnis atau usaha yang meliputi nama toko, bidang usaha, jenis usaha (kecil atau besar), serta alamat tempat usaha yang didaftarkan pada OVO Merchant.
  • Mempunyai SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).
  • Calon mitra melampirkan berkas/dokumen proposal pengajuan kerjasama dalam format PDF.

Cara Daftar OVO Merchant

Jika kamu sudah memahami ketentuan dan syarat daftar OVO Merchant, maka sekarang bisa mengetahui cara daftar OVO Merchant terlebih dulu. Kamu bisa bergabung untuk mendaftarkan bisnis non personal alias milik badan usaha tertentu. Simak langkah-langkahnya sekaligus beberapa file penting yang wajib disiapkan sebagai berikut:

  • Nama serta posisi direktur maupun wakil ketua merchant yang akan didaftarkan.
  • KTP, KITAS maupun paspor milik direktur dari badan usaha.
  • Nama serta alamat kantor pusat perusahaan.
  • Email dan nomor ponsel aktif milik direktur maupun wakilnya yang sudah dipercaya oleh perusahaan terkait.
  • Surat kuasa yang sudah disetujui sekaligus ditandatangani oleh direktur sesuai dengan akta, serta KTP/KITAS dan paspor milik wakil penanggung jawab merchant dari badan usaha (jika pendaftaran dilakukan oleh pihak penanggung jawab).
  • Kelengkapan semua berkas yang bersifat resmi mulai dari dokumen perizinan usaha (SIUP, TDUP, TDY atau NIB), Akta Pendirian dan NPWP beserta bukti pengesahan usaha. Akta perubahan paling baru berisi susunan anggota beserta jajaran direksi pembina/pengurus/sekutu dan akta yang sudah disesuaikan dengan UUD PT tahun 2007 beserta bentuk pengesahannya. Akta perubahan terbaru tentang pemegang saham dan pengesahan atas semua akta yang sudah disebutkan, dan tanda terima atau bukti informasi perubahan nama akta terkait.
  • Jumlah atau kuantitas badan usaha yang akan didaftarkan.
  • Informasi perbankan yang sudah didaftarkan untuk mencairkan dana mulai dari nama rekening, nama bank, nama pemilik rekening, serta lampiran buku tabungan atau rekening koran.
  • Registrasi dilakukan melalui kantor cabang OVO terdekat atau sales officer OVO (offline) atau email (online).
Terkait:  Apakah OVO Bisa Tarik Tunai di Alfamart dan Indomaret? Cek Disini!

Keuntungan Menjadi OVO Merchant

Jika kamu sudah bergabung menjadi bagian dari OVO Merchant nanti, jangan heran banyak sekali hal-hal menarik yang menguntungkan akan dirasakan dalam jangka panjang. Beberapa keuntungan tersebut antara lain:

  • Bisa mengelola keuangan dengan baik.
  • Bisa memantau kemajuan bisnis/usaha.
  • Layanan semakin cepat dan efektif.
  • Bisa melakukan transaksi usaha setiap hari.

Cara Mencairkan Saldo OVO Merchant

Cara Mencairkan Saldo OVO Merchant
Cara Mencairkan Saldo OVO Merchant

Cara cairkan saldo OVO merchant sebetulnya tidak sulit selama kamu sudah mengelola bisnis yang digelut saat ini. Kami akan memberitahu panduan lengkapnya melalui pembahasan artikel selanjutnya.

Mitra OVO bisa mencairkan dananya melalui usaha masing-masing, bahkan minimarket sampai rekening pribadi juga. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau hasil omset yang sudah terkumpul sulit dicairkan, proses transaksinya sangat mudah dan praktis agar kamu dapat mengelolanya sebagai modal bisnis lagi.

Langkah 1: Buka Aplikasi OVO Merchant

Cara Mencairkan Saldo OVO Merchant
Cara Mencairkan Saldo OVO Merchant

Cara cairkan saldo OVO merchant pertama adalah membuka aplikasi OVO Merchant melalui smartphone, sedangkan kamu dapat mengunduhnya melalui Google Play Store atau App Store dan lakukan registrasi atau login dengan akun usahamu.

Langkah 2: Akses Akun Grab Merchant

Cara Mencairkan Saldo OVO Merchant
Cara Mencairkan Saldo OVO Merchant

Langkah selanjutnya adalah membuka akun Grab Merchant, kemudian tekan tombol Akun yang berada di samping kanan bawah. Biasanya kamu akan melihat beberapa menu di sana, lalu klik Pusat Bantuan untuk mengetahui informasi tentang aplikasi dan portalnya.

Langkah 3: Pilih Menu Pembayaran

Cara Mencairkan Saldo OVO Merchant
Cara Mencairkan Saldo OVO Merchant

Kamu bisa masuk ke menu Pembayaran untuk mengetahui detail dan jumlah transaksi yang sudah dilakukan. Jika kamu belum mendapatkan fee nya alias masih Rp.0, tekan tombol Saya belum menerima pembayaran harian dan lampirkan informasi restoran terkait seperti nama restoran, alamat restoran, dsb.

Terkait:  Cara Transfer GoPay ke OVO dengan Cepat dan Mudah

Langkah 4: Cairkan Dana

Cara Mencairkan Saldo OVO Merchant
Cara Mencairkan Saldo OVO Merchant

Cara cairkan saldo OVO merchant terakhir adalah memilih menu Pencairan Dana. Kamu bisa melihat keterangan Mulai terima pendapatan Anda secara otomatis. Ikuti langkah-langkah yang tersedia sampai dananya diterima secara otomatis.

Cara Mencairkan Saldo OVO Merchant ke Rekening

Jika kamu ingin tahu cara cairkan saldo OVO merchant ke rekening pribadi, prosesnya sangat mudah bahkan tidak beda dengan transfer biasa, lho. Transfernya juga bisa dilakukan ke semua rekening bank di seluruh Indonesia. Berikut langkah-langkahnya yang wajib dicoba, antara lain:

  • Pertama, buka aplikasi OVO melalui smartphone kamu.
  • Login dengan menggunakan nomor ponsel yang terdaftar.
  • Pilih menu Transfer pada halaman utama.
  • Klik Ke Rekening Bank.
  • Pilih menu Bank Tujuan untuk mengirim dananya.
  • Kemudian, masukkan nomor rekening tujuan sekaligus nominal dana yang akan dikirim.
  • Cek kembali nominal uang yang akan dikirim, sedangkan batas minimumnya sebesar Rp.10 ribu.
  • Klik Lanjutkan.
  • Pada bagian Konfirmasi, periksa detail transaksi dan pastikan nama penerima beserta jumlah uangnya sudah benar.
  • Klik Transfer.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi kalau saldo OVO merchant sudah dikirim ke nomor rekening tujuan.

Demikian informasi lengkap tentang cara mencairkan saldo OVO merchant, cara daftar beserta ketentuan dan syaratnya yang wajib kamu tahu. Jangan lewatkan kesempatan untuk bergabung sebagai mitra resmi OVO, dapatkan beragam keuntungan menarik dengan mengikuti tutorial kami di atas untuk mencairkan hasil keuntungannya. Semoga membantu!

Similar Posts