Cara Mengecek Kecepatan Website

Cara Mengecek Kecepatan Website (3 Langkah) Mudah dan Praktis

PindahLubang.com | Siapapun sekarang hampir sering mencari semua informasi di internet, tapi beberapa dari mereka sering menghabiskan kuota dan waktu karena loading website yang diakses sangat lama. Oleh karena itu, alangkah baiknya kamu mengetahui cara mengecek kecepatan website yang akan diakses.

Seperti kamu tahu kalau nyaris segalanya yang semua orang butuhkan bisa ditemukan di internet. Jadi, siapapun bahkan kamu sendiri pasti ingin mendapatkan pengalaman lebih baik dan seru saat menjelajah dunia maya dengan akses loadingnya lebih cepat.

Internet bisa diakses melalui semua perangkat, sedangkan tingkat kecepatan loadingnya tergantung provider seluler yang digunakan. Selain itu, setiap website juga punya kualitas dalam memberi layanan dan akses loading masing-masing.

Tak bisa dimungkiri kalau loadingnya lebih dari 5 detik, biasanya pengunjung akan menutupnya dan beralih mengakses situs-situs lainnya. Jadi, cara cek kecepatan website perlu kamu tahu guna memaksimalkan potensi lamannya untuk masuk halaman pertama Google, serta meningkatkan jumlah pengunjungnya setiap hari.

Mengapa Kecepatan Website Sangat Penting?

Bagi kamu yang belum tahu alasan kecepatan suatu website sangat penting, maka bisa mengetahui semuanya melalui poin-poin utamanya di bawah ini:

  • Meningkatkan Reputasi Badan Usaha
    Tak bisa dimungkiri kalau kecepatan website punya andil besar terhadap reputasi sebuah badan usaha atau perusahaan, lho. Website adalah representasi digital untuk bisnis kepada setiap konsumen saat ini.Era modern seperti sekarang, di mana citra alias ‘image’ perusahaan diukur berdasarkan website yang dimiliki semua perusahaan saat ini. Jadi, semakin bagus dan kencang kecepatan suatu website milik badan usahanya, reputasinya pun akan meningkat.
  • Mempengaruhi Jumlah Pengunjung
    Berdasarkan informasi dari beberapa sumber tertentu, sebagian besar pengguna internet mengklaim kalau mereka sering mengakses website yang kecepatan loadingnya tidak lebih dari 3-5 menit.Jangan heran kalau kecepatan waktu lebih dari itu akan memengaruhi jumlah pengunjung website tersebut. Maka dari itu, pemilik laman wajib meningkatkan frekuensi waktu loadingnya, agar jumlah pengunjung bertambah dan dapat mengaksesnya setiap hari.
  • Mempengaruhi Rating di Google
    Beberapa website sekarang semakin bersaing menjadi laman terbaik di internet. Mereka saling berlomba memberi layanan dan pengalaman berbeda untuk para pengunjungnya, salah satunya adalah meningkatkan kecepatan websitenya.Jika suatu website punya akses loading sangat cepat, jangan heran laman tersebut akan selalu muncul pada halaman pertama Google SEO dan search engine nya sendiri sangat bagus dan informasi yang dimilikinya pun lebih baik.
Terkait:  Cara Mengecek IMEI Realme (5 Metode) Semua Tipe Terupdate

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Website

Ada berbagai macam faktor yang mempengaruhi kecepatan loading suatu website. Jika kamu belum tahu semuanya, maka bisa mengetahuinya melalui ulasan di bawah ini:

  • Ukuran Media
    Website mana pun pasti selalu menambahkan file, gambar, serta video ke dalamnya untuk menunjang suatu informasi yang disampaikan ke pengunjungnya.File yang bakal diunggah sebaiknya kamu kompres dulu supaya ukurannya bisa diperkecil. Ukuran file terlalu besar justru mengakibatkan kecepatan loadingnya semakin lama, lho.
  • Spesifikasi dan Lokasi Server
    Lokasi dan spesifikasi server menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi kecepatan website, lho. Kamu bisa memeriksa kedua hal tersebut, apakah sesuai dengan kebutuhanmu saat ini.Selain itu, biasanya lokasi server perlu menyesuaikan dengan target pengunjung lamannya, sedangkan spesifikasinya sama seperti jumlah pengunjungnya.
  • Source Code
    Source Code mempunyai andil cukup besar terhadap loading website, di mana pemilik laman perlu memperhatikan HTML, script PHP, CSS serta Javascript yang digunakan, apakah sudah sesuai dengan standar atau belum.
  • Kecepatan Sambungan Internet
    Bukan rahasia umum kalau kecepatan sambungan internet punya dampak besar terhadap rating website. Jika kecepatan nirkabelnya terlalu lambat, maka proses mengakses dan membuka website bisa membutuhkan waktu lebih lama.
  • Plugin pada Website
    Jika kamu menggunakan WordPress, jangan memanfaatkan plugin terlalu banyak. Plugin WordPress justru mengakibatkan server bekerja terlalu berat, sehingga dapat menurunkan kecepatan websitenya. Jadi, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Tips dan Trik Mempercepat Loading Website

Bagi siapapun yang belum cara mempercepat loading website dengan mudah, alangkah baiknya mengikuti tips dan trik dari kami di bawah ini:

  • ­Menggunakan Hosting yang Tepat
    Website kamu lemot? Tenang, solusinya adalah dengan menggunakan hosting yang tepat. Cek terlebih dulu apakah hosting yang kamu gunakan normal atau bermasalah. Jika bermasalah, sebaiknya pindahkan semua data lamannya ke penyedia hosting terbaik.
  • Mengoptimasi Database Website
    Kamu tidak perlu membuang waktu lama untuk membuka baris coding yang sulit, sedangkan mengoptimasi database mampu menggunakan plugin WordPress. Gunakan plugin WP-Optimize untuk kompres gambar, blok komentar spam, draft post dan sebagainya.
  • Mengaktifkan Gzip Compression
    Kamu bisa mengaktifkan Gzip Compression supaya kecepatan website lebih tinggi, salah satunya adalah plugin WordPress bernama Check and Enable Gzip Compression. Jadi, kamu mampu kompres file berukuran besar dari 100 MB menjadi 25 dalam format ZIP, lho.
  • Memperkecil Ukuran Gambar
    Seperti ulasan sebelumnya kalau file, gambar dan video sudah menjadi hal-hal yang membuat website semakin lemot. Oleh karena itu, kamu perlu memperkecil ukuran gambarnya sebelum postingan di update, misalnya ukuran sebelumnya 400×200 maka bisa diubah ke 300×135.
  • Mengoptimasi Berat Gambar
    Jika ingin upload gambar, pastikan memilih dan menggunakan gambar dengan ukuran kurang dari 1 MB. Jangan pernah menggunakan gambar berukuran di atas 1 MB, sebab mengakibatkan proses loading semakin lambat, website nya pun bakal jauh lebih lemot.
  • Mengurangi Plugin Tidak Penting
    Plugin memang menjadi salah satu faktor yang menentukan kecepatan suatu website. Maka dari itu, kurangi plugin yang tidak penting pada websitemu. Gunakan dan pilih plugin yang tidak memuat script terlalu banyak, minim request sekaligus tidak menambah ekstra query terhadap database nya.
Terkait:  Cara Cek No Sendiri Telkomsel Gampang Banget, Pakai 7 Metode Ini

Cara Mengecek Kecepatan Website

Cara Mengecek Kecepatan Website
Cara Mengecek Kecepatan Website

Cara cek kecepatan website bisa kamu lakukan dengan cepat dan mudah, bahkan kurang dari 10 menit saja. Jika kamu belum pernah melakukannya, kami akan membantumu memeriksa kecepatan loading websitenya melalui pembahasan artikel selanjutnya yang wajib disimak dengan seksama.

Langkah 1: Kunjungi Laman PageSpeed Insights

Cara Mengecek Kecepatan Website
Cara Mengecek Kecepatan Website

Cara cek kecepatan website yang pertama adalah mengunjungi situs resmi PageSpeed Insights terlebih dulu. Kamu bisa mengetik PageSpeed Insights pada kolom pencarian Google, kemudian masuk ke halaman utamanya.

Langkah 2: Masukkan Nama Website

Cara Mengecek Kecepatan Website
Cara Mengecek Kecepatan Website

Jika kamu sudah masuk ke halaman utama PageSpeed Insights, cara cek kecepatan website selanjutnya adalah mengetik nama situsnya ke dalam kolom tersedia. Jika nama websitenya sudah benar, tekan tombol Analisis.

Langkah 3: Cek Kecepatan Website

Cara Mengecek Kecepatan Website
Cara Mengecek Kecepatan Website

Cara cek kecepatan website terakhir adalah melihat hasil analisis dari situsnya. Secara umum persentase angka lebih dari 85 menunjukkan bahwa website tersebut punya kecepatan yang bagus, sedangkan kurang dari 70-50 menandai kalau lamannya sangat lambat.

Demikian tutorial seputar cara mengecek kecepatan website beserta faktor yang mempengaruhi loadingnya dan cara mengatasi situs-situs yang lemot. Jika kamu punya website yang kecepatan loading cukup lama, gunakan panduan sekaligus tips dan trik kami di atas. Semoga bermanfaat!

Similar Posts