Cara Menghapus History OVO di Android dan iPhone

Cara Menghapus History OVO
Cara Menghapus History OVO

PindahLubang.com | Bagaimana cara menghapus history OVO dengan benar? Kamu mungkin tahu kalau OVO sudah menjadi salah satu aplikasi e-wallet yang bisa digunakan secara cepat dan praktis. Kamu bisa melakukan pembayaran dan transaksi apa saja melalui satu aplikasi yang sama.

OVO mempunyai dua macam akun berbeda, yakni Basic dan Premier yang memiliki kegunaannya masing-masing. Siapapun dapat mendaftarkan diri sebagai penguna akun OVO, sedangkan registrasinya gratis dengan limit cukup besar untuk setiap akunnya, lho.

Read More

Pengguna OVO mana pun jangan sekadar menggunakan semua layanannya saja, namun perhatikan semua uang masuk dan keluar selama bertransaksi. Kamu biasanya mampu melihat informasi tersebut melalui menu History.

Tak jarang banyak penggunanya ingin tahu cara hapus history OVO supaya data transaksi tidak bisa diketahui siapapun. Selain itu, banyak orang masih kesulitan melakukannya karena membersihkan riwayat transaksi berbeda dengan cara menghapus akun OVO yang terdapat pada pusat bantuan aplikasinya.

Pengertian History Transaksi OVO

Fitur ini merupakan salah satu bagian penting pada aplikasi OVO, di mana penggunanya bisa mengetahui detail uang masuk dan keluar selama menggunakan layanannya. Menu ini bahkan terdapat pada aplikasi dompet digital mana pun, guna memudahkan pengguna dalam melacak perkembangan finansial masing-masing.

Terkait:  Cara Transfer Saldo GoPay ke OVO

Walaupun cukup informatif, tapi banyak pengguna OVO justru ingin menghapus informasi di dalamnya. Jadi, kamu bisa menghilangkan jejak transaksi dari siapa saja yang iseng membuka aplikasi OVO kamu.

Bisakah History OVO Dihapus?

Beberapa orang masih belum tahu apakah cara menghapus history OVO bisa dilakukan atau tidak, tapi ternyata siapapun justru sulit melakukannya melalui aplikasinya. Sayangnya, pihak developer (pengembang) aplikasi OVO belum menyediakan fitur hapus riwayat transaksi sampai sekarang.

Jika kamu ingin membersihkan semua informasi seputar riwayat transaksi tersebut, maka bisa memakai alternatif lain sesuai dengan smartphone kamu. Semuanya pasti akan terhapus dan tidak akan diketahui siapapun.

Cara Melihat History Transaksi OVO

Walaupun cara menghapus history OVO tidak bisa dilakukan melalui aplikasi langsung, tapi kamu dapat mengetahui informasi transaksinya secara jelas dan lengkap. Bagaimana sih caranya? Simak langkah-langkahnya yang benar sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi OVO melalui smartphone kamu.
  • Masukkan PIN OVO untuk masuk ke dalam akunmu.
  • Pilih menu History atau Riwayat.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai informasi riwayat transaksi OVO muncul secara otomatis.

Tips Sebelum Menghapus History OVO

Cara menghapus history OVO hanya bisa dilakukan dengan melakukan reset alias mengubah pengaturan perangkat ke setelan pabrik lagi. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dulu di bawah ini:

  • Cadangkan Kontak
    Kamu perlu mencadangkan semua nomor telepon yang tersimpan sebelum proses reset factory dimulai. Langkah ini dilakukan supaya kamu bisa menghubungi semua orang yang nomor ponselnya terdapat pada perangkat, sehingga dapat berkomunikasi lagi seperti biasa.
  • Cadangkan File
    Beberapa data penting seperti foto, video, dan sebagainya juga wajib dicadangkan, lho. Kamu bisa memindahkan file-file tersebut ke desktop seperti laptop atau PC. Selain itu, manfaatkan media penyimpanan seperti Google Drive, Dropbox, dll agar semua datanya tetap aman.
  • Cadangkan WhatsApp
    WhatsApp sudah menjadi aplikasi percakapan online yang paling banyak digunakan saat ini, sedangkan kamu harus back up semua datanya sebelum ponselmu diubah ke setelan pabrik lagi. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:
    • Pertama, buka aplikasi WhatsApp melalui smartphone kamu.
    • Klik Menu atau tekan tombol titik tiga yang berada di samping kanan atas.
    • Pilih menu Setelan atau Setting.
    • Klik Obrolan atau Chatting.
    • Pilih menu Cadangkan Obrolan atau Backup Chat.
    • Klik Cadangkan atau Backup.
    • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai semua data dan file berhasil dicadangkan ke email terkait.
Terkait:  Cara Hapus NSP Telkomsel Update Desember 2023

Cara Menghapus History OVO

Cara Menghapus History OVO
Cara Menghapus History OVO

Cara hapus history OVO memang masih belum diketahui banyak orang, sedangkan fitur hapus riwayat transaksi juga tidak tersedia pada bagian tersebut. Kami akan memberitahu rahasia agar history OVO dapat dihapus, salah satunya dengan melakukan setelan pabrik pada HP Android atau iPhone kamu.

Langkah ini sudah menjadi alternatif bagi siapa saja yang ingin menghilangkan jejak transaksi pada akun OVO pribadinya. Jika aplikasinya terhapus, kamu harus download lagi dan masuk dengan menggunakan nomor ponsel yang sudah terdaftar.

Langkah 1: Buka Menu Pengaturan

Cara Menghapus History OVO
Cara Menghapus History OVO

Cara hapus history OVO yang pertama adalah membuka menu Pengaturan atau Setting pada HP Android kamu. Jika sudah masuk ke menu setelan, maka kamu bisa menekan tombol Tentang Ponsel atau About Phone. Kemudian, klik Cadangkan dan Pulihkan atau Backup and Restore.

Langkah 2: Cadangkan Data dan File

Cara Menghapus History OVO
Cara Menghapus History OVO

Kami menyarankan pengguna OVO untuk melakukan setelan pabrik pada HP Android dan iPhone. Jadi, semua data atau file harus dicadangkan terlebih dulu. Kamu bisa memilih menu Lokal untuk melakukan backup pada perangkat yang menunjang.

Langkah 3: Klik Setel Ulang Pabrik

Cara Menghapus History OVO
Cara Menghapus History OVO

Jika kamu sudah memilih perangkat penunjang yang bakal digunakan, cara hapus history OVO berikutnya adalah menekan tombol Setel Ulang Pabrik atau Reset Factory. Menu ini akan langsung mengarahkanmu pada bagian pembersihan semua data dan file yang akan dihapus dari HP kamu.

Langkah 4: Bersihkan Data

Cara Menghapus History OVO
Cara Menghapus History OVO

Pada bagian Setel Ulang Pabrik, kamu akan melihat semua item yang terdapat pada smartphone untuk dihapus secara menyeluru. Beberapa data tersebut antara lain akun, kontak, aplikasi, foto dan video, data kartu SD dan lainnya.

Terkait:  Cara Mengganti Nomor OVO dengan Nomor Baru (Mudah)

Terakhir, klik Hapus Seluruh Data atau Clear All Data dan HP kamu akan restart otomatis, jika hidup lagi maka bisa download aplikasi OVO kembali.

Cara Menghapus History OVO di iPhone

Pengguna iOS juga bisa membersihkan semua riwayat transaksi aplikasi OVO melalui setelan pabrik seperti pembahasan sebelumnya. Simak cara hapus history OVO di iPhone di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari iPhone kamu.
  • Pilih menu Umum atau General.
  • Klik Atur Ulang atau Reset.
  • Pilih menu Hapus Konten & Pengaturan atau Delete Content & Setting.
  • Klik Cadangkan & Hapus atau Backup & Delete.
  • Kemudian, masukkan kode perangkat ke dalam kolom yang tersedia, sehingga kamu dapat melanjutkan tahap reset ulang iPhone.
  • Cadangkan semua data dan file, lalu tekan tombol Reset Ulang.
  • Terakhir, ikuti langkah selanjutnya sampai semua data beserta riwayat transaksi OVO terhapus secara otomatis.

Cara Menghapus History OVO Lewat Customer Service

Jika kamu sudah mencoba semua panduan sebelumnya, cara hapus history OVO terakhir dan paling sederhana adalah menghubungi customer service OVO. Kamu bisa mengandalkan mereka untuk membersihkan riwayat transaksinya, sedangkan kamu dapat hubungi pada hari dan jam kerja saja. Berikut daftar OVO call center yang dapat dihubungi, yakni:

Demikian pembahasan mengenai cara menghapus history OVO dengan melakukan setel ulang pabrik pada smartphone Android dan iPhone. Pihak OVO memang belum menghadirkan fitur hapus riwayat dalam history transaksinya. Jadi, kamu bisa mencoba panduan kami di atas untuk menghapus informasinya. Semoga bermanfaat!

Related posts