Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan

Bagaimana cara membersihkan ruang penyimpanan pada ponsel? Jika pada ponselmu ruang penyimpanannya sudah penuh sehingga kamu tidak bisa menambah data atau file lagi. Nah, mimin akan memberikan informasi mengenai cara membersihkan ruang penyimpanan juga agar aplikasi di ponsel kamu tidak ikut terhapus saat kamu sedang melakukan pembersihan ruangan. Dengan kamu membersihkan ruang penyimpanan di ponsel kamu, tentunya kamu bisa menambah data lagi baik itu foto, video, file pdf, dan bisa kembali membuka aplikasi.

Agar kamu bisa mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel kamu maka kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara yang tentunya aplikasi kamu tidak akan ikut terhapus. Ruang penyimpanan atau phone storage atau penyimpanan internal adalah memori yang digunakan untuk menyimpan file yang berhubungan dengan aplikasi atau konten seperti foto, musik, dokumen, atau video. Sebesar apapun storage atau ruang penyimpanan di pada ponsel, pasti suatu saat akan penuh juga. Karena setiap harinya mungkin saja pengguna ponsel akan menambah file di ponselnya dan setiap ruang penyimpanan tidak bisa diperbesar atau ditambah lagi.

Read More

Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan

Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan
Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan

Dengan kamu mengetahui cara membersihkan ruang penyimpanan tentu kamu bisa menambah lagi data atau file dan juga kamu bisa membuka aplikasi yang tidak bisa dibuka apabila ruang penyimpanan ponselmu penuh. Cara membersihkan ruang penyimpanan pada ponsel kamu cukup mudah. Silakan untuk membacar informasi mengenai caranya di bawah ini.

Menghapus Cache pada Ponsel

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan ruang penyimpanan di ponsel kamu adalah dengan menghapus Cache di ponsel kamu. Cache adalah tempat menyimpan data sementara pada sistem, baik pada komputer, aplikasi atau website. Nah, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan Cache di ponsel kamu.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Pengaturan atau Settings di ponsel kamu
  • Kemudian, pada menu Pengaturan silakan cari dan pilih Aplikasi atau Application Manager
  • Silakan pilih aplikasi yang Cache-nya ingin kamu hapus, silakan pilih satu per satu
  • Lalu, klik atau tap ikon aplikasi pilihan kamu
  • Selanjutnya terdapat beberapa opsi, silakan pilih opsi Storage
  • Setelah itu klik Clear Cache, biasanya berada di sebelah kiri opsi Clear Data
Terkait: Cara Membersihkan Cache di HP Vivo

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menghapus chace agar ruang penyimpanan di ponsel kamu bersih dan ruang penyimpanannya bisa diisi data kembali.

Memindahkan File ke Micro SD

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan ruang penyimpanan pada ponsel kamu adalah dengan memindahkan file ke Micro SD. Micro SD merupakan media penyimpanan data yang biasa digunakan pada perangkat ponsel, tablet, mp3 dan lainnya. Biasanya setiap ponsel sudah dibekali dengan slot untuk menambahkan Micro SD. Kamu bisa melihat slot ini pada tempat penyimpanan kartu SIM. Dengan menambah Micro SD, kamu bisa memindahkan file dari ponsel kamu ke Micro SD tersebut sehingga bisa mengurangi penyimpanan. Untuk memindahkan file ke Micro SD kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silakan masukkan Micro SD ponsel Vivo kamu
  • Kemudian, cek pada File Manager apakah Micro SD tadi sudah masuk dan terbaca oleh ponsel kamu
  • Apabila berhasil terbaca, kamu bisa memilih file yang sekiranya memiliki ukuran besar ke Micro SD
  • Kamu bisa memindahkannya langsung melalui File Manager
  • Kamu bebas memindahkan berapa file ke Micro SD selama ruang penyimpanan pada Micro SD masih tersedia

Usahakan agar kamu menggunakan Micro SD yang ukurannya besar, sehingga bisa untuk menyimpan seluruh file dari ponsel kamu. Usahakan agar kamu mendahulukan memindahkan file yang ukurannya besar terlebih dahulu.

Mencadangkan File ke Google Drive

Selanjutnya kamu bisa memindahkan file pada ponsel kamu ke Google Drive. Google Drive adalah layanan dari Google yang berupa penyimpanan berbasis cloud gratis yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan dan mengakses file secara online. Untuk jenis filenya sendiri, Google Drive hanya bisa menyimpan file berupa dokumen word atau pdf, gambar atau foto, video, dan audio. Jadi, kamu tidak bisa mengupload file selain dari jenis file tersebut.

Terkait: Cara Agar Memori Tidak Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

Mencadangkan file ini dilakukan dengan cara diupload dan file yang berada di ponsel yang dipindahkan sebelumnya tidak akan terhapus, karena mencadangkan atau mengupload ke Google Drive sama saja dengan menyalin file. Namun, untuk memindahkan file harus memiliki jaringan internet. Hal pertama yang wajib dimiliki adalah kamu memiliki akun Google, karena jika tidak memiliki akun Google, kamu tidak bisa menggunakan Google Drive.

Mengupload file dari ponsel ke Google Drive sangatlah mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silakan buka aplikasi Google Drive di ponsel kamu
  • Biasanya aplikasi Google Drive sudah tersedia saat pertama kamu membeli ponsel
  • Kamudian, silakan klikTambahkandengan ikon tanda plus
  • Lalu, klikUpload
  • Cari dan klik file yang ingin kamu upload
  • Tunggu hingga file kamu berhasil diupload

Usakahan saat kamu mengupload file, kamu memiliki jaringan internet yang baik. Agar lebih cepat, kamu bisa memanfaatkan jaringan Wifi. Untuk melihat file yang sudah diupload juga hanya bisa diakses secara online. Setelah kamu pindahkan semua file ke Google Drive, kamu bisa langsung menghapus file di ponsel kamu yang sudah dipindahkan ke Google Drive.

Menghapus File Shared WhatsApp

Selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan ruang penyimpanan di ponsel kamu adalah dengan menghapus Shared WhatsApp. Selain digunakan untuk chat dan melakuka panggilan, penggunanya bisa berbagi file berupa audio, foto, video, dokumen, dan lainnya. Nah, jika kamu berbagi file ke salah satu kontakmu di WhatsApp, maka di dalam chat tersebut kamu masih bisa membuka file dokumen yang dikirim.

Namun, WhatsApp selalu menyimpan file yang dikirim oleh pengguna ke kontaknya dan tersimpan secara otomatis ke File Shared WhatsApp. Apabila kamu menghapus file yang berada di file Shared WhatsApp, maka jika kamu membuka chat dengan orang tersebut, maka file dokumen yang kamu kirimkan tidak bisa ditampilkan karena sudah kamu hapus. Biasanya file yang tersimpan di Shared WhatsApp tersebut memakan memori yang cukup besar apalagi jika penggunanya tidak pernah menghapus file tersebut sejak dulu.

Terkait: Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan Hp Vivo Tanpa Menghapus Aplikasi

Untuk menghapus file Shared WhatsApp, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama silakan bukaFile Manager di ponsel kamu
  • Kemudian, klik opsi ikon titik tiga pada bagian pojok kanan atas
  • Lalu, silakan klik opsiPengaturan
  • Selanjutnya, tap opsi tampilkan file tersembunyi
  • Kemudian, pada kolom pencarian ketik WhatsApp
  • Lalu, klik folderShared,apabila kamu buka folder tersebut berisi banyak file yang jumlahnya cukup banyak. Jika kamu belum pernah membersihkannya filenya bisa berjumlah cukup banyak
  • Silakan pilih semuanya dan klikHapus

Selanjutnya kamu bisa menuju file WhatsApp media, dan kamu bisa melihat pada file foto dan video, apabila ada foto atau video yang ingin kamu hapus, silakan untuk menghapusnya. Namun, agar lebih mudah menghapus foto atau video, kamu bisa menghapusnya melalui Galeri.

Kesimpulan

Nah, itulah cara membersihkan ruang penyimpanan pada ponsel. Silakan untuk mempraktekkan cara di atas agar ruang penyimpanan kamu tidak penuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Related posts