Cara Reset Jaringan iPhone

Bagaimana cara reset jaringan iPhone? Mengapa pengguna harus melakukan reset jaringan pada iPhone mereka? Apa benefit atau keuntungan dari reset jaringan iPhone? Bicara tentang iPhone, mungkin saja perangkat satu ini sudah bukan lagi hal yang asing untuk para pengguan ataupun pecinta smartphone ya. Karena memang produk dari apple satu ini selalu saja menjadi kebutuhan para pengguna ataupun pegiat smartphone untuk memenuhi kebutuhan komunikasi mereka.

Dengan adanya iPhone, para pengguna bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk berkomunikasi seperti Whatsapp, Telegram, dan lain sebagainya. Tentu saja, banyak dari mereka memilih iphone karena alasan lain seperti misalnya kualitas kamera yang cukup bagus, audio yang lebih jernih, dan lain sebagainya. Namun tentu saja, namanya barang elektronik pasti memiliki kelebihan ataupun kekurangan.

Salah satu yang jadi masalah dari pengguan iPhone di sini ialah pada jaringan atau SIM Card yang mereka gunakan. Karena memang pada dasarnya, di luaran sana iPhone tidak menggunakan SIM Card dan lebih banyak terhubung dengan WiFi sehingga mereka tak memerlukan jaringan SIM card yang mereka gunakan.

Cara Reset Jaringan iPhone

Cara Reset Jaringan iPhone
Cara Reset Jaringan iPhone

Sedangkan di Indonesia sendiri, iPhone justru lebih sering menggunakan jaringan data mobile atau jaringan dari SIM Card. Sehingga, kerap kali masalah jaringan pada iPhone menjadi momok yang pasti dialami pengguna iphone. Kendati demikian, untuk mengatasi hal ini sendiri memang banyak pengguna memilih untuk melakukan reset jaringan ketika mungkin jaringan yang mereka gunakan mengalami masalah, terlebih lagi untuk cara reset jaringan iphone masih masuk dalam kategori mudah untuk dilakukan, dan bisa kamu lakukan sendiri, dengan cara

Terkait: Cara Backup WhatsApp iPhone

Cara Reset Jaringan iPhone lewat Hard Reset

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mereset jaringan iphone adalah dengan menggunakan metode hard reset yang mana cara ini cukup mudah untuk dilakukan karena memang bisa digunakan untuk beberapa jenis ataupun seri dan tipe iPhone baik yang terlama, hingga seri paling baru. Dan untuk caranyapun juga mudah kok

  1. Posisikan ponsel kamu dalam mode pesawat atau offkan data kalian terlebih dahulu
  2. Kemudian tekan tombol home bebarengan dengan tombol power sampai muncul opsislide to power off
  3. Lalu, lepas tombol power dan home iphone kalian dan lakukan slide to power off
  4. Secara otomatis iPhone kamu akan melakukan restart atau reboot secara paksa dan kembali ke layar iphone kalian seperti biasa
  5. Jika sudah, coba hidupkan data dan test untuk browsing atau membuka browser

Cara ini sendiri sangat mudah untuk dilakukan karena selain melakukan reset pada jaringan iPhone, cara ini juga berguna untuk menghapus cache ataupun file sampah di iphone agar tidak lemot atau memperbaiki kualitas dan performa dari iphone kalian masing-masing.

Cara Reset Jaringan iPhone lewat Pengaturan

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa melakukan reset jaringan pada iphone lewat pengaturan ataupun settings dari iPhone kamu itu sendiri. Dan jujur saja, cara ini juga tak kalah mudah dengan yang sebelumnya

  1. Silakan masuk ke pengaturan atau settings dari perangkat iphone kalian
  2. Setelah itu pilih pada menunetworkataujaringan
  3. Jika sudah, kamu bisa melihat jaringan internet yang terhubung dari SIM Card kamu
  4. Scroll ke bagian paling bawah sampai kamu menemukan opsireset networkataureset jaringan
  5. Nantinya akan muncul beberapa opsi reset atau penghapusan
  6. Kamu bisa memilih untuk menghapus atau me restart pada jaringan internet milikmu sendiri, atuapun reset pada WiFi
  7. Jika kamu ingin melakukan reset pada SIM Card, pilih saja Network SIM Card, jika ingin pada WiFi, kamu bisa menggunakan opsi kedua.
Terkait: iPhone Tidak Ada Layanan

Baik dari cara pertama ataupun kedua, cara ini bisa digunakan untuk melakukan reset pada jaringan. Sedangkan untuk yang opsi reset WiFi, hal ini hanya membantu kamu untuk me-reset pada WiFi seperti password wifi yang tersimpan, dan juga saved network yang sudah terhubung.

Cara Reset Jaringan iPhone lewat Reset APN

Kemudian untuk cara yang ketiga kamu juga bisa melakukan reset APN atau Access Point Network. Biasanya, cara ini kerap digunakan pengguna iPhone ataupun Android yang memang senang melakukan tweaking pada jaringan sim card mereka. Alih-alih mendaptkan APN dengan sinyal yang lebih stabil, kadang ada saja pengguna yang salah memasukkan APN sehingga berakibat pada jaringan yang haru di reset. Caranya juga mudah banget kok

  1. Silakan masuk ke bagian pengaturan atau settings dari iphone kalian masing-masing
  2. Setelah itu silakan klik pada menunetworkataujaringan
  3. Lalu scroll ke bagian paling bawah, sampai kamu menemukan menuAccess Point NameatauAPN
  4. Klik pada menu tersebut, lalu klik pada menureset to default
  5. Terakhir, restart perangkat kamu

Setelah proses restart dilakukan, secara otomatis jaringanmu akan menggnuakan APN dari SIM Card yang kamu gunakan, sehingga kembali ke setelah awal. Jika dirasa APN bawaan tadi masih lemot juga, kamu bisa menanyakan pada pihak provider untuk jenis APN yang cocok dengan SIM Card yang kamu pakai, agar mendapat sinyal dan jaringan yang lebih stabil.

Cara Reset Jaringan iPhone lewat Airplane Mode

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan airplane mode. Di mana memang cara ini menjadi salah satu opsi terakhir bagi pengguna iPhone yang mengalami masalah pada jaringan internet ataupun SIM Card mereka.

Terkait: Cara Mengeluarkan Air dari iPhone

Cara ini sendiri cukup terbilang unik namun mudah, karena kamu hanya perlu

  1. Buka iPhone kalian seperti biasa lalu masuk ke bagian control center dengan cara swipe up dari bagian bawah layar iPhone
  2. Lalu klik pada icon pesawat untuk mengaktifkan airplane mode
  3. Setelah ponsel masuk dalam mode airplane mode, silakan restart perangkat iphone kamu seperti biasa
  4. Jika sudah restart dan kembali ke home screen, silakan matikan mode pesawat tadi dan periksa jaringanmu dengan cara test browsing atau kamu juga bisa menggunakan aplikasi Speed test.

Utnuk airplane mode sendiri sebenarnya berguna untuk memutus jaringan pada iPhone, agar terjadi penyesuaian jaringan sesuai dengan lokasi dan juga SIM Card kamu. maka dari itu, usahakan ketika airplane mode dimatikan kembali, hidupkan saja dulu fitur GPS dalam beberapa waktu, untuk melakukan penyesuaian ulang.

Penyebab iPhone harus di Reset Jaringan

Tentunya bukan tanpa sebab ya, karena memang aktivitas reset jaringan ini bisa saja dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti

  1. Jaringan kurang stabil
  2. Jaringan kerap kali terasa lemot
  3. Internet kurang stabil
  4. Sering terjadi gangguan pada saat menelpon atau sms

Keuntungan Melakukan Reset Jaringan iPhone

  • Jaringan bisa jadi lebih stabil karena adanya pengaturan atau konfigurasi ulang dari provider dan juga APN
  • Koneksi internet bisa lebih mudah untuk di konfigurasi ulang

Kekurangan Melakukan Reset Jaringan iPhone

  • Pengguna bisa kehilangan data yang sudah disimpan untuk wifi dll
  • Pengguna harus menyesuaikan APN pada jaringan

Dan itulah tadi beberapa cara reset jaringan iphone yang bisa kamu coba. Dari beberapa cara di atas, silakan sesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Related posts