Cara Bayar BPJS Lewat M Banking BCA

Bagaimana cara bayar BPJS lewat m banking BCA? Cara bayar BPJS sendiri bisa dilakukan secara online dan secara offline. Untuk cara bayar secara offline, kamu bisa membayarnya melalui kantor cabang BPJS langsung, bisa juga melalui Alfamart atau Indomaret dan juga melalui kantor pos. Sedangkah kamu mungkin ingin melakukan pembayaran BPJS secara online dan dengan menggunakan m banking BCA.

Selain bisa menggunakan m banking BCA, kamu juga bisa membayar BPJS secara online melalui aplikasi JKN Mobile, dompet digital, atau e-commerce. Jika kamu menggunakan m banking BCA untuk melakukan pembayaran BPJS, caranya sangatlah mudah. BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, yakni lembaga khusus yang bertugas untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan bagi masyarakat, PNS, serta pegawai swasta. BPJS terbagi menjadi dua, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Bayar BPJS Lewat M Banking BCA

Cara Bayar BPJS Lewat M Banking BCA
Cara Bayar BPJS Lewat M Banking BCA

Cara Bayar BPJS Lewat M Banking BCA bisa kamu lakukan dengan mudah. Para pengguna BPJS mandiri, harus membayar tagihan BPJS tiap bulannya dan paling lambat untuk pembayaran adalah tanggal 10. Apabila pengguna BPJS telat membayar tagihannya satu minggu dari tanggal jatuh tempo maka status kepersetaan akan dinonaktifkan secara otomatis.

Jika status kepesertaan nonaktif, maka peserta BPJS tidak bisa menggunakan layanan BPJS di fasilitas kesehatan seperti puskesmas, klinik, hingga rumah sakit. Pembayaran BPJS harus dibayar sesuai dengan besarnya tagihan yang sesuai dengan kelas dan jumlah peserta dalam satu keluarga (KK). Nah, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk pembayaran BPJS melalui m banking BCA.

Terkait:  Tabel Angsuran BFI Finance BPKB Mobil

Seperti yang kita tahu, bahwa m banking adalah layanan mobile dari BCA yang bisa digunakan oleh penggunanya untuk bertransaksi di mana saja dan kapan saja secara online. Namun, apabila kamu belum memiliki akun m banking BCA, kamu bisa melakukan pendaftaran secara online atau bisa datang langsung ke kantor cabang BCA.

Langkah 1: Buka Aplikasi M Banking BCA

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk melakukan pembayaran BPJS melalui m banking BCA adalah silakan untuk membuka aplikasi M Banking BCA yang berada di daftar menu aplikasi di ponsel kamu. Ikon aplikasi ini berbentuk persegi berwarna biru dan pada aplikasi tersebut bertuliskan BCA mobile.

Langkah 2: Log in ke M Banking BCA

Langkah kedua adalah jika kamu sudah membuka aplikasi m banking BCA, hingga muncul menu dengan beberapa pilihan. Kamu bisa klik m-BCA, setelah itu silakan masukkan Kode Akses sebelum masuk ke M BCA. Kode akses tersebut terdiri dari enam digit yang apabila kamu lupa akan kode tersebut, kamu tidak bisa masuk atau log in ke akun m banking kamu.

Langkah 3: Pilih m-Payment

Langkah ketiga adalah apabila kamu sudah masuk ke akun m banking BCA kamu, maka akan tampil beberapa menu, seperti m-Info, m-Transfer, m-Payment, m-Commerce, dan pilihan menu lainnya. Pada menu ini kamu bisa memilih m-Payment yang berada di urutan ketiga dari sebelah kiri.

Langkah 4: Pilih BPJS

Kemudian, langkah keempat setelah kamu memilih m-Payment adalah akan muncul menu yang berisi beberapa layanan seperti kartu kredit, handphone, pajak, BPJS, asuransi, internet, dan lain sebagainya. Pada menu ini, silakan untuk memilih BPJS, sesuai dengan tujuan pembayaran kamu.

Langkah 5: Pilih BPJS Kesehatan

Setelah itu, langkah kelima setelah kamu klik BPJS, kemudian muncul format yang harus diisi oleh kamu yang ingin membayar BPJ. Pada pilihan Jenis BPJS, silakan ilih BPJS Kesehatan.

Terkait:  Cara Bayar Lazada Pakai OVO

Langkah 6: Isi No Bayar

Selanjutnya, setelah memilih jenis BPJS, kamu bisa klik pada Input No. Bayar, lalu silakan untuk diisi dengan nomor pembayaran tagihan JKN KIS BPJS Kesehatan dan apabila benar, klik OK.

Langkah 7: Kllik Send

Lalu, jika kamu sudah mengisi jenis BPJS dan menginput nomor pembayaran BPJS, silakan klik Send. Kemudian, pada layar ponsel kamu, setelah kamu klik Send akan muncul pop up yang berisi data tagihan yang ingin kamu bayar.

Langkah 8: Masukkan PIN BCA

Selanjutnya apabila suda pada tahap muncul pop up berisi data tagihan yang akan kamu bayar, maka akan muncul kotak dialog di mana kamu harus memasukkan enam digin PIN BCA kamu. Usahakan untuk memasukkan PIN BCA yang benar, karena jika kamu salah memasukkan PIN BCA sebanyak tiga kali, maka akun m banking M BCA kamu akan otomatis terblokir.

Langkah 9: Pembayaran Berhasil

Jika sudah memasukkan PIN, tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi pembayaran BPJS kamu dan terdapat keterangan Berhasil. Kamu sudah bisa menggunakan BPJS kamu lagi sampai bulan selanjutnya.

Apa yang Terjadi Jika Saya Telat atau Tidak Membayar Tagihan BPJS?

Nah apa sih yang terjadi jika kamu telat membayar atau bahkan tidak membayar tagihan BPJS? Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kamu harus membayar tagihan BPJS paling lambat tanggal 10 dan apabila kamu telah membayar tagihan BPJS kamu satu minggu dari tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan, maka status kepesertaan BPJS kamu akan dinonaktifkan secara otomatis. Jadi, jika kamu telat satu minggu dalam membayar tagihan BPJS, maka kamu tidak akan dikenakan denda.

Jika sudah tidak aktif lalu bagaimana? Tentu jika status kepesertaan BPJS kamu menjadi nonaktif, maka kamu tidak bisa menggunakan layanan BPJS di fasilitas kesehatan. Nah untuk mengaktifkannya kembali agar bisa digunakan juga adalah kamu wajib membayar iuran yang belum dibayarkan.

Cara Mengecek Tagihan BPJS

Selanjutnya, untuk mengetahui tagihan BPJS kamu tiap bulannya kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara. Nah, jika kamu sudah menunggak tagihan BPJS selama beberapa bulan atau bahkan tahunan, kamu bisa mengeceknya melalui cara di bawah ini.

Terkait:  Cara Bayar FIF Lewat ATM BRI

Melalui SMS

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecek tagihan BPJS kamu adalah melalui SMS. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Message atau Pesan di ponsel kamu
  • Kemudian buat SMS dengan format TAGIHAN Nomor Kartu BPJS Kesehatan. Misalnya, TAGIHAN 0001233445578
  • Kirim ke 0877-7550-0400

Silakan tunggu hingga kamu mendapatkan balasan mengenai jumlah tagihan BPJS kamu.

Melalui Mobile JKN

Cara selanjutnya adalah kamu bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi Mobile JKN. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Mobile JKN
  • Klik Sign in menggunakna NIK atau nomor BPJS Kesehatan
  • Masukkan kata sandi atau password hingga muncul Captcha
  • Klik Sign in 
  • Pilih Menu Lainnya
  • Kemudian, pilih Info Iuran
  • Rincian tagihan BPJS kamu akan muncul

Jika kamu ingin mengetahui riwayat pembayaran premi atau dendanya  kamu bisa memilih Info Riwayat Pembayaran setelah kamu memilih Menu Lainnya.

Melalui Chika

Cara selanjutnya untuk mengecek tagihan BPJS kamu adalah melalui Chika. Chika adalah Chat Assistant JKN yang bisa digunakna di beberapa aplikasi chatting, salah satunya adalah WhatsApp. Berikut langkah-langkahnya.

  • Silakan simpan nomor 08118750400 di ponselmu
  • Buka WhatsApp
  • Chat ke nomor yang sebelumnya kamu simpan
  • Silakan ikuti instruksi yang tersedia untuk mengetahui jumlah tagihan BPJS kamu

Cara ini bisa kamu lakukan apabila kamu tidak menginstal aplikasi Mobile JKN.

Kesimpulan

Itulah cara bayar BPJS lewat m banking BCA yang telah mimin jelaskan. Silakan ikuti langkah-langkah di atas hingga kamu berhasil melakukan pembayaran tagihan BPJS. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Rate this post

Related posts