Home » Go Food » Cara Cancel Gojek

Cara Cancel Gojek

Bagaimana cara cancel Gojek? Gojek kini teah menjadi salah satu moda transportasi favorit bagi sebagian orang saat ini. Kemudahan pemesanan layanan dengan menggunakan aplikasi, menjadi salah satu alasan utama banyak orang memilih Gojek.

Di samping itu, kemudahan dalam sistem pembayaran, dapat dilakukan secara tunai maupun dengan memanfaatkan saldo Gojek.

Dalam pemesanan seringkali ada saja hambatan yang terjadi, seperti aplikasi Gojek yang tiba-tiba error, atau adanya pembatalan order karena beberapa hal. Tidak jarang beberapa alasan orang mengkomplain layanan Gojek dikarenakan beberapa kendala di lapangan.

Sebenarnya, ada beberapa alasan cancel orderan yang terjadi di layanan Gojek, bisa dari penumpang atau driver dengan alasan yang beragam.

Apakah Driver Gojek Bisa Cancel Orderan?

Sebenarnya pihak Gojek sendiri telah menetapkan kebijakan yang telah mengatur para driver Gojek untuk tidak meng-cancel orderan. Jika driver Gojek membatalkan order terlalu banyak pada waktu tertentu. Maka driver akan menerima suspend untuk sementara waktu sampai 30 menit driver pun tidak bisa menerima order kembali.

Apa Arti Autobid Pada Gojek?

Autobid Gojek ialah aplikasi berupa file ekstensi APK dan tidak berasal dari Google Play Store, tetapi dari pihak ketiga, dimana mereka tidak bertanggungjawab menerima bid atau order dengan cara otomatis dari para pelanggan.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, maka seorang driver dapat melakukan bid secara otomatis tanpa perlu memencet tombol untuk terima orederan.

Autobid ini tentu sangat mempermudah driver dalam menerima orderan pelanggan, tapi melakukan ini sebenarnya justru melanggar aturan pihak Gojek sendiri. Selain itu, dampaknya pun dapat dirasakan secara langsung khususnya bagi sesama anggota Gojek.

Bagaimana Cara Membatalkan Gojek?

Cara cancel Gojek sendiri sebenarnya bisa dilakukan lewat beberapa cara, diantaranya lewat call center, aplikasi driver Gojek, ataupun saat driver meminta pelanggan atau konsumen untuk melakukan pembatalan order.

Namun pastikan bagi Anda konsumen atau pengguna  jasa Gojek, sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan cara cancel Gojek ini, karena memang bisa berdampak pada nasib driver Gojek itu sendiri.

Cara Cancel Gojek

Cara Cancel Gojek

Cancel Gojek via Liputan6.com

Saat kita memesan Gojek, tentunya kita akan mendapatkan driver yang terdekat dari lokasi kita. Lalu, bagaimana jika tiba-tiba kita ada keperluan mendesak yang mengharuskan cancel order Gojek? Bagaimana cara membatalkan pesanan Gojek sebelum dan sesudah mendapatkan driver?

1. Cara Cancel Gojek Sebelum Dapat Driver

Situasi awal yang didapati saat memesan Gojek adalah kita dihadapkan dengan tampilan pencarian driver. Nah, saat pencarian driver Gojek, kita bisa langsung membatalkan pemesanan apabila dalam keadaan darurat, seperti tidak jadi bepergian, atau memilih transportasi lain. Caranya seperti ini:

  • Ketika kita melakukan pemesanan Gojek, dan tampilan Aplikasi Gojek tengah mencari Driver, maka disitu tampil tombol Batalkan Pesanan atau Cancel Order.
  • Tekan saja Batalkan Pesanan atau Cancel Order dengan cepat sebelum menemukan driver terdekat.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan konfirmasi pembatalan order Gojek yang berisi “Apa benar kamu mau membatalkan pesananmu?”. Kemudian tekan saja tombol YA untuk cancel order Gojek yang sudah kita pesan tadi.

Catatan: Saat kamu menekan tombol Batalkan Pesanan harus cepat sebelum mendapatkan driver Gojek untuk kamu. Apabila kamu telat memencet tombol dan terlanjur mendapatkan driver, bisa baca cara yang kedua.

2. Cara Cancel Gojek Sesudah Dapat Driver

Apabila terlanjur telah mendapatkan driver saat pemesanan, kamu tetap dapat melakukan pembatalan order Gojek. Caranya seperti ini:

  • Setelah mendapatkan driver, kita bisa konfirmasi terlebih dahulu dengan driver untuk membatalkan pesanan. Kita bisa chat, SMS, atau telpon untuk konfirmasi kepada driver Gojek. Hal ini untuk menjaga perasaan driver agar tidak kecewa dengan pembatalan order yang telah kita lakukan.
  • Atau jika kamu mungkin tak suka berbasa-basi, langsung saja batalkan pesanan tersebut.
  • Pada tampilan pesanan Gojek sesudah mendapat driver, scroll keatas maka akan tampil detail transaksi mulai dari lokasi tujuan, penjemputan sampai detail pembayaran.
  • Scroll keatas lagi hingga menemukan tombol Batalkan Pesanan.
  • Tekan/Tap tombol Batalkan Pesanan atau Cancel Order tersebut.
  • Lalu, muncul konfirmasi “Apa benar kamu mau membatalkan pesananmu?”.
  • Pilih saja salah satu alasan kenapa kamu membatalkan pesanan Gojek yang telah dipesan.
  • Terakhir tekan tombol YA.

Membatalkan pesanan Gojek yang telah dipesan, memanglah menjadi hak setiap konsumen/customer Gojek. Akan tetapi, harap diperhatikan bahwa sebagai konsumen kita juga seharusnya bijak dalam bersikap. Jangan asal cancel order sembarangan.

Karena secara tidak langsung kita akan mengecewakan orang lain (driver). Sebaiknya, jika memang ingin cancel orderan Gojek, kita konfirmasikan terlebih dahulu kepada driver Gojek mengenai apa alasan kita membatalkan pesanan.

Demikianlah ulasan mengenai cara cancel Gojek untuk membatalkan pesanan sebelum dan sesudah mendapat driver. Jika dirasa menemui kesulitan maka silahkan tinggalkan komentar dibawah. Jangan lupa bagikan artikel ini ya! 😉

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *