Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan

Monday, March 2nd, 2020 - BPJS, Daftar
Bagikan Ke:

Jika kamu tengah ingin mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah, instan dan cepat tanpa ribet, maka kita bisa gunakan cara daftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan. Sejak tahun 2018 lalu, BPJS Ketenagakerjaan sudah memberlakukan sistem daftar nomor antrian secara online untuk para peserta BPJS yang ingin mencairkan saldo JHT mereka secara manual.

Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan untuk Apa?

Bisa dikatakan bahwa dengan adanya sistem antrian online BPJS ketenagakerjaan ini, tentu dapat mempermudah para peserta BPJS untuk mengurus proses pencairan saldo JHT tanpa harus mengantri mengambil nomor antrian.

Dengan adanya kemudahan daftar antrian BPJS ketenagakerjaan online, maka sistem antrian pun jadi lebih pasti, sekaligus dapat meminimalisir menumpuknya antrian serta kemungkinan habisnya kuota untuk pelayanan. Sehingga bisa mempermudah proses pencairan saldo BPJS ketenagakerjaan Anda.

Antrian Online BPJS Dibuka Jam Berapa?

Dikarenakan kantor BPJS Ketenagakerjaan sendiri tidak beroperasi 24 jam selama 7 hari, jadi daftar antrian hanya dilakukan saat kantor BPJS buka. Waktu operasional sendiri dari hari Senin sampai Jumat pada jam 08.00 sampai jam 15.30 WIB.

Langkah Pencairan BPJS Ketenagakerjaan?

Proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan dua cara, Anda bisa mendaftaran nomor antrian BPJS ketenagakerjaan terlebih dahulu dengan mengunduh aplikasi resmi BPJS ketenagakerjaan. Jika sudah mendaftar, selanjutnya akan menerima konfirmasi via ponsel yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

Cara selanjutnya, datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan dan konfirmasikan nomor antrian BPJS Anda untuk proses pengajuan pencairan saldo JHT selanjutnya.

Bagaimana Cara Mendaftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan?

Cara daftar antrian online BPJS ketenagakerjaan sendiri sangat mudah, Anda cukup mengunduh aplikasi BPJS ketenagakerjaan dengan langkah-langkah mudah yang akan Kami jelaskan di bawah.

Terkait:  Cara Daftar Gojek Online

Adapun hal yang harus Anda ingat ialah, Anda akna sukses memperoleh nomor antrian BPJSTK secara online apabila masih tersedia kuota. Lalu jika kuota waktu, jam dan hari yang dipilih ternyata sudah penuh, nomor antrian BPJSTK online pun tidak tersedia.

Akan tetapi biasanya ada informasi jika kantor cabang serta jadwal pendaftaran proses pencairan BPJSTK di kantor cabang BPJS sudah penuh dan Anda diminta memilih lokasi kantor cabang yang lainnya.

Jika penasaran, simak langsung cara daftar antrian online BPJS ketenagakerjaan berikut ini!

Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan

Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan

Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan | Img by: Okezone.com

Terdapat beberapa point langkah mudah untuk mendaftar antrian BPJS Ketenagakerjaan secara online. Point utama yakni kita dapat melakukan pendaftaran antrian BPJS Ketenagakerjaan melalui website. Tahapan dan langkahnya yaitu:

1. Kunjungi Website ANTRIAN ONLINE – BPJS Ketenagakerjaan

Langkah awal yang harus dilakukan untuk dapat antrian online adalah dengan mengunjungi alamat website yang telah disediakan. Buka link/url website antrian online berikut ini : https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id. Kita bisa menggunakan browser smartphone atau komputer untuk mengunjunginya.

2. Isikan Formulir Pendaftaran Online

Tahapan kedua yang harus dilakukan setelah website terbuka, adalah dengan mengisikan data diri sesuai form online yang disediakan. Website antrian online BPJS Ketenagakerjaan telah menyediakan beberapa kolom formulir yang harus diisikan sesuai identitas pendaftar.

Isikan data identitas diri kamu mulai dari Nomor E-KTP, Nomor Peserta, Nama Lengkap, No Handphone, Wilayah Pelayanan (Provinsi), Cabang Pelayanan, Tanggal Kedatangan, dan Jam Kedatangan.

3. Checklist Captcha dan Simpan

Setelah dipastikan semua kolom formulir pendaftaran online terisi sesuai identitas diri kamu, kemudian klik checklist Captcha yang tersedia untuk memastikan bahwa kamu bukan robot. Terakhir, klik Simpan.

Terkait:  Cara Daftar BPJS Online

4. Konfirmasi SMS

Setelah klik Simpan pada pengisian formulir pendaftaran online, maka registrasi telah selesai. Yang harus dilakukan selanjutnya hanyalah menunggu SMS konfirmasi yang akan dikirimkan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan ke Nomor Handphone yang telah kita isi sesuai form online.

Setelah mendapatkan SMS konfirmasi, simpan SMS tersebut. Selanjutnya, tunjukkan SMS konfirmasi kepada petugas BPJS Ketenagakerjaan untuk mengajukan proses pencarian dana JHT.

Tips Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan

Hal-hal yang perlu kita perhatikan saat mengikuti antrian online BPJS Ketenagakerjaan meliputi:

  • Antrian online bisa diakses minimal sehari sebelum tanggal yang dipilih.
  • Peserta yang telah memilih tanggal dan jam pada sistem antrian online harus datang tepat waktu atau disarankan 30 menit sebelum jam yang dipilih. Jika terlambat dari waktu yang telah dipilih maka nomor antrian tidak akan berlaku dan harus mengulang dari awal untuk mendapatkan nomor antrian baru di kesempatan berikutnya.
  • Pastikan tidak ada perbedaan data pada Kartu Keluarga, KTP, dan Kartu Peserta BPJS.
  • Tunjukkan bukti pengajuan antrian online ke petugas pada saat sampai di lokasi.

Cara Mencairkan Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

Selain dapat ambil antrian secara online, kita juga dapat mencairkan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan melalui website online yang telah disediakan. Caranya:

  • Kunjungi situs http://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ menggunakan smartphone atau komputer.
  • Registrasi terlebih dahulu dengan mengklik tombol daftar pengguna.
  • Isikan Form Pendaftaran Data Segmen, kemudian klik tombol KIRIM.
  • Lalu buka email kamu dan konfirmasi pengguna melalui link yang dikirim via email.
  • Setelah memiliki akun, maka Login menggunakan Email dan Password kemudian centang kotak captcha, dilanjutkan dengan mengklik tombol LOGIN.
  • Masuk ke halaman depan dan pilih menu ‘Klaim Saldo JHT’.
  • Isi informasi yang diminta, kolom ‘KPJ’ diisi dengan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan, kolom ‘keperluan’ diisi dengan ‘pengajuan klaim’, lalu kolom ‘keperluan’ diisi dengan kondisi status pekerjaanmu saat ini.
  • Unggah dokumen yang menjadi persyaratan klaim saldo JHT.
  • Tunggu email konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan dalam waktu 1×24 jam. Dalam email tersebut diinformasikan mengenai tanggal dan kantor cabang BPJS yang harus didatangi untuk melanjutkan ke proses pengecekan berkas.
  • Saat datang ke kantor BPJS yang diminta, jangan lupa membawa dokumen-dokumen asli yang sudah diunggah sebelumnya.
  • Menunggu proses pencairan yang umumnya memakan waktu kurang lebih 10 hari kerja.
Terkait:  Cara Daftar Paket Yellow

Dokumen Persyaratan Klaim Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Sembari menunggu, kita dapat mempersiapkan beberapa dokumen persyaratan yang harus dilengkapi. Adapun berbagai dokumen persyaratan klaim saldo BPJS adalah sebagai berikut:

  • Fotocopy dan Asli KTP
  • Fotocopy dan Asli kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan/Kartu JAMSOSTEK
  • Fotocopy dan Asli Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopy dan Asli Paklaring (surat keterangan berhenti bekerja)
  • Fotocopy dan Asli buku tabungan bank

Semua dokumen tersebut wajib di scan dan disimpan dalam bentuk .jpeg, .jpg, .png, .bmp, atau .pdf untuk dilampirkan dalam formulir online dengan minimal ukuran 100KB dan maksimal 1,8MB.

Harap diperhatikan bahwa jika dokumen persyaratan tidak lengkap, maka resikonya adalah pengajuan klaim saldo JHT akan ditolak oleh pihak BPJS.

Demikianlah ulasan secara detail mengenai cara daftar antrian online BPJS Ketenagakerjaan dengan beberapa langkah dan metode yang cukup mudah. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini kepada teman-teman kamu ya! 😉 Agar mereka bisa segera mengambil antrian BPJS Ketenagakerjaan secara online.

 

Apa Pendapatmu?

Topik Terkait:

  • antrian online bpjs ketenagakerjaan penuh
Bagikan Ke:
Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan | Myta Mellinda | 4.5

Tulung ojo di copy ya lur...