Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Vivo

Bagaimana cara menghilangkan mode aman di hp vivo? Apa itu mode aman di hp vivo? Apa guna mode aman pada ponsel? Bagaimana cara masuk ke mode aman pada ponsel? Bicara tentang beberapa peratanyaan tadi, mungkin hal ini agak sedikit aneh atau awam untuk beberapa penggun ponsel tentunya. Seperti yang kita tau, smartphone android saat ini memang sudah dilengkapi dengan beberapa fitur dan juga fasilitas yang sangat membantu pengguna. Ditambah lagi dengan smartphone android yang saat ini sudah menjadi kebutuhan primer kita, memiliki OS yang open source sehingga banyak para pengguna bisa melakukan oprek atau tweaking pada ponsel yang mereka gunakan.

Mulai dari menginstall twrp, mengganti custom rom, melakukan root, dan lain sebagainya, tentu bisa dilakukan para pengguna ponsel android untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam melakukan tweaking pada ponsel untuk mendapatkan kinerja ataupun performa yang lebih baik lagi tentunya. Karena sebab itulah, tak heran jika sekarang ini kita bisa menemukan orang-orang yang menggunakan smartphone Android, bisa meningkatkan performa pada ponsel mereka lewat tweaking, ataupun hal lain yang meningkatkan kinerja pada ponsel.

Read More

Namun ternyata, selain daripada itu ada lagi hal yang mungkin jarang diketahui oleh orang banyak pada penggunaan smartphone android, yakni safe mode atau mode aman pada ponsel. Seperti yang tadi sudah mimin bahas, mode ini mungkin masih terdengar asing di telinga kalian. Namun kadang, ada saja pengguna yang tidak sengaja masuk ke dalam mode aman sehingga panik dan bingung harus melakukan apa, terutama untuk pengguan ponsel vivo.

Daftar Isi

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Vivo

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Vivo
Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Vivo

Itulah mengapa, di sini kita akan mengulas sedikit tentang cara menghilangkan mode aman di hp vivo yang mungkin bisa jadi solusi untuk kamu ketika tak sengaja masuk atau menekan tombol kombinasi sehingga masuk ke dalam mode aman atau safe mode pada ponsel vivo. Dengan cara

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Vivo lewat Hard Restart

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan metode hard restart. Buat yang belum tau, metode hard restart ini sendiri merupakan cara yang banyak digunakan pengguna ponsel ketika smartphone mereka mengalami stuck atau hang atau juga masuk ke dalam mode safe mode secara tak sengaja. Dan caranya juga mudah banget.

  1. Pastikan ponsel vivo yang masuk dalam mode aman ini masih menyala dan memiliki daya baterai yang cukup
  2. Setelah itu kamu bisa langsung melakukan hard restart dengan cara menekantombol poweragak lama ketika ponsel menyala
  3. Setelah beberapa detik, secara otomatis ponsel kamu akan melakukan restart
  4. Tunggu sampai proses restartnya selesai, dan kamu akan langsung masuk ke home screen atau halaman awal dari ponsel kamu seperti biasa
  5. Selesai.

Walaupun cara ini terbilang mudah, perlu untuk diperhatikan ketika kamu menekan tombol power untuk melakukan hard restart, pastikan kamu tidak menekannya terlalu keras atau dalam. Cukup tekan sampai benar benar terasa, dan lepas ketika ponsel sudah mulai melakukan restart, untuk menghindari kerusakan pada hardware atau tombol power pada ponsel.

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Vivo lewat Minimal ADB

Kemudian untuk langkah yang kedua, jika mungkin kamu mengalami masalah masuk ke safe mode dan sudah di restart pun masih berada di dalam mode aman, kamu bisa menggunakan alternatif kedua yakni dengan Minimal ADB.

Terkait: Kelebihan dan Kekurangan Vivo NEX 3

Buat yang belum tau, minimal adb ini merupakan tools untuk para pengguna yang ingin melakukan tweaking ataupun root dan lain sebagainya, dan tentu saja kamu bisa juga kok menghilangkan safe mode pada hp vivo, lewat minimal ADB. Dan caranya juga mudah banget kok.

  1. SIapkan komputer, laptop, kabel data, dan pastikan komputer atau laptop kamu sudah terinstall minimal ADB atau driver android ya
  2. Kemudian, hubungkan perangkat kamu menggunakan kabel data sampai muncul tulisanUSB Debuggingdi status bar kamu yang menandakan jika perangkatmu masuk ke dalam mode debugging usb
  3. Buka cmd atau command prompt di minimal adb, dan ketikkan perintahadb devices
  4. Biasanya akan muncul pop up di ponsel yang meminta izin apakah kamu membolehkan komputer atau laptop ini untuk melakukan USB Debugging, klik saja padaIzinkan
  5. Jika sudah, kembali ke command prompt minimal adb tadi, dan ketikkan lagiadb devicesuntuk memastikan jika perangkatmu sudah terdeteksi
  6. Apabila sudah terdeteksi, kamu bisa langsung ketikkan perintahadb devices rebootlalu enter
  7. Nantinya, secara otomatis ponselmu akan melakukan restart perangkat, setelah perintah dari minimal adb di eksekusi
  8. Dan secara otomtatis juga, kamu akan di arahkan ke homescreen ponsel vivo kalian, dan kamu sudah berhasil untuk keluar dari mode aman hp vivo
  9. Selesai.

Walaupun cara ini terlihat mudah karena hanya menghubungkan perangkat dengan komputer atau laptop saja, namun pada faktanya tidak semudah itu. Karena untuk bebepa devicesyang belum di hidupkan USB Debuggingnya, cara ini akan cukup sulit untuk dilakukan karena minimal adb belum mendapatkan izin ataupun akses untuk menggunakan USB debugging. Jadi pastikan dulu minimal kamu sudah pernah menghidupkan USB Debugging di ponsel kalian masing-masing.

Terkait: Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Vivo lewat TWRP

Kemudian untuk cara yang selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan bantuan dari TWRP untuk keluar dari mode aman di ponsel vivo. Biasanya, cara ini memang menjadi alternatif para pengguna yang mungkin mengalami stuck atau ketika sudah restart ponsel, masih kembali ke safe mode. Dan caranya juga mudah banget kok.

  1. Posisikan ponselmu yang masih dalam kondisi mode aman memiliki daya baterai minimal 50%
  2. Kemudian, lakukan hard restart dengan menekantombol poweragak lama sampai ponsel melakukan restart
  3. Ketika ponsel sudah restart dan layar menjadi hitam, segeralah tekan tombolvolume down agak lama, sampai splash logonya hilang
  4. Nantinya, kamu akan di arahkan ke laman TWRP atau Custom Recovery
  5. Pada menu Custom Recovery, kamu bisa pilih padapower offataureboot to system
  6. Tunggu sampai ponselmu melakukan power off, lalu nyalakan kembali seperti biasa
  7. Jika kamu memilih opsireboot to system, pastikan kamu sudah melakukan clear cache dan dalvik untuk berjaga-jaga (opsional)
  8. Selesai.

Untuk beberapa pengguna yang mungkin belum menginstall TWRP di ponsel vivonya, kamu gak usah khawatir, karena biasanya Vivo sudh dilengkapi dengan recovery bawaan yang fiturnya juga mirip dengan TWRP kok, hanya saja untuk recovery bawaan ini tidak mendukung penginstallan Zip dan lain sebagainya. Jadi, sesuaikan saja ya.

Nah, itulah tadi beberapa cara menghilangkan mode aman di hp vivo yang bisa kamu coba. Dari beberapa metode yang mimin bagikan di atas tadi, kamu bisa menyesuaikan dengan cara yang mana menurutmu paling mudah. Selamat mencoba, do with your own risk, dan semoga bermanfaat.

Related posts