Cara Daftar BPJS Online

Wednesday, March 4th, 2020 - BPJS, Daftar
Bagikan Ke:

Cara daftar BPJS online saat ini semakin banyak dicari, mengingat kemudahan prosesnya. Dengan demikian, kita tidak perlu mengantri lama untuk mendaftarkan BPJS.

Pendaftaran BPJS sendiri sebenarnya dibagi ke dalam 2 cara, yaitu untuk peserta perorangan atau mandiri, dan karyawan. Bagi yang mendaftar BPJS perorangan secara online, kita harus memiliki nomor kartu BPJS serta verifikasi data ke kantor BPJS kesehatan secara langsung sesuai alamat domisili di kartu identitas kita.

Sementara bagi karyawan sendiri, registrasi BPJS kesehatan biasanya dilakukan pihak perusahaan. Dengan demikian, kita pun tidak harus melakukan verifikasi lagi di kantor BPJS kesehatan secara langsung. Pihak HRD akan memberikan data-data pribadi kita sebagai karyawan berdasarkan database perusahaan.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara daftar BPJS online dari kedua jenis kepesertaan tersebut? apakah cukup mudah langkah-langkahnya? kita bisa membaca artikel ini untuk melihat tutorial pendaftaran BPJS online.

Apakah BPJS Bisa Daftar Perorangan?

Peserta bisa mendaftar langsung ke kantor BPJS kesehatan terdekat, meskipun KTP yang bersangkutan alamatnya tidak sesuai wilayah kerja di cabang BPJS setempat. Calon peserta BPJS, selain bisa mendatar langsung juga dapat melakukan pendaftaran secara online.

Apa Saja Syarat Membuat BPJS Kesehatan?

Untuk persyaratan yang harus dipenuhi saat membuat kartu BPJS kesehatan, diantaranya fotokopi KK, fotokopi paspor atau KTP sebanyak 1 lembar, fotokopi tabungan salah satu calon peserta BPJS yang namanya terdapat dalam KK, serta pasfoto dari calon peserta BPJS berukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar.

Terkait:  Cara Daftar GoFood Online

Bagaimana Cara Mendaftar BPJS Online?

Pada umumnya, cara daftar BPJS online bagi peserta mandiri sendiri terdiri atas 2 tahap, tahapan pertama kita harus mendatangi kantor cabang BPJS kesehatan terdekat secara langsung sebagai tahap verifikasi data. Selanjutnya di tahap kedua, kita mendaftarkan nomor kepesertaan BPJS lewat aplikasi mobile JKN.

Dengan menyertakan persyaratan yang sudah di bahas di atas, seperti fotokopi KK terbaru, fotokopi KTP yang masih berlaku, pas foto, buku nikah untuk peserta yang sudah menikah dan fotokopi tabungan dari peserta penanggung biaya.

Cara Daftar BPJS Online

Cara Daftar BPJS Online

Daftar BPJS Online

Agar lebih jelas, berikut akan dipaparkan ragam metode pendaftaran BPJS online via website dan aplikasi.

Daftar BPJS Online Melalui Website

Bagi kamu yang tak ingin ribet keluar rumah untuk antri daftar BPJS, bisa mengambil langkah daftar BPJS online via website. Caranya:

  1. Siapkan dulu berkas-berkas yang diperlukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), kartu NPWP, serta alamat email serta nomor handphone aktif.
  2. Kunjungi website https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/arsip/categories/MQ/formulir-daftar-isian-peserta memakai smartphone atau laptop.
  3. Pilih form registrasi dan isilah data yang telah disediakan dengan benar, mencakup data diri serta pilihan kelas yang ditawarkan, alamat lengkap, fasilitas kesehatan, dan lainnya.
  4. Pilih biaya iuran sesuai dengan kebutuhan kamu.
  5. Simpan data, dan tunggu ada email notifikasi berisikan nomor registrasi. Setelah kamu dapatkan email tersebut, print lembar virtual account tersebut.
  6. Lakukan pembayaran melalui bank yang telah ditunjuk.
  7. Serahkan uang beserta nomor virtual account ke teller bank, setelahnya kita akan diberikan bukti pembayaran.
  8. BPJS Kesehatan kamu sudah aktif, cek email kembali dan buka email dari BPJS yang berisi E-ID Card BPJS yang bisa di print sendiri.
  9. Atau bisa juga print kartu BPJS di kantor cabang BPJS terdekat. Untuk melakukan ini, Kita langsung saja ke bagian print kartu BPJS Kesehatan. Cukup memberikan semua data sebelumnya, formulir isiannya, virtual account, serta bukti pembayaran.
Terkait:  Cara Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan

Catatan: Fitur Pendaftaran Peserta Online via Web Sedang Dalam Penyesuaian. Untuk pendaftaran dapat menggunakan Aplikasi Mobile JKN Android atau dapat menghubungi Care Center 1500 400.

Daftar BPJS Online Melalui Aplikasi Mobile JKN

Bagi pengguna smartphone yang gemar pakai aplikasi, bisa memanfaatkan aplikasi Mobile JKN untuk mendaftar BPJS online tanpa harus mengantri. Caranya:

  1. Buka smartphone kamu, pastikan sudah dalam posisi standby agar dapat langsung digunakan.
  2. Download dan Install aplikasi Mobile JKN melalui Google Play atau App Store.
  3. Setelah terunduh dan terinstall, maka buka aplikasi Mobile JKN.
  4. Pilih menu Pendaftaran Peserta Baru.
  5. Setujui syarat dan ketentuan.
  6. Masukkan NIK di e-KTP dan otomatis akan muncul nama-nama anggota keluarga kamu.
  7. Isi data seluruh anggota keluarga.
  8. Masukkan alamat email, nomor ponsel, dan kamu akan mendapatkan nomor virtual account.
  9. Lakukan pembayaran iuran.
  10. Jika belum mendapat nomor peserta, bisa menghubungi Care Center BPJS  Kesehatan di nomor 1500 400.
  11. Nanti kita akan mendapat nomor peserta.
  12. Masuk ke aplikasi Mobile JKN lagi, dan lakukan pendaftaran pengguna mobile.
  13. Setelah itu, kita akan mendapat informasi e-ID dan mencetaknya agar dapat memperoleh akses jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara daftar BPJS online dengan dua metode lengkap yang dapat dicoba. Bagi yang mungkin ingin mendaftar offline bisa baca cara daftar BPJS Kesehatan melalui kantor. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-teman kamu ya! 😉

Apa Pendapatmu?
Latest posts by Myta Mellinda (see all)
Bagikan Ke:
Cara Daftar BPJS Online | Myta Mellinda | 4.5

Tulung ojo di copy ya lur...