Cara Mengecek IMEI Xiaomi

Cara Mengecek IMEI Xiaomi
Cara Mengecek IMEI Xiaomi

Cara mengecek IMEI Xiaomi sangatlah mudah dengan beberapa langkah saja. Mengetahui IMEI sangatlah penting karena dapat menjadi informasi apakah ponsel memiliki garansi resmi atau hanya distributor.

Cara Mengecek IMEI Xiaomi

Cara Mengecek IMEI Xiaomi
Cara Mengecek IMEI Xiaomi

HP Xiaomi dengan nama “Xiaomi” merupakan ponsel Android yang menyasar segmen kelas menengah atas. Untuk HP kelas flagship milik Xiaomi ini memiliki spesifikasi unggul di atas tipe lainnya. Dibekali dengan chipset yang paling kencang, kamera yang canggih, serta layar super jernih. HP tipe Xiaomi memiliki layar yang jernih karena menggunakan Super AMOLED dengan IPS LCD.

Read More

Tidak heran jika Xiaomi menjadi salah satu merek HP China yang banyak diminati konsumen Indonesia. Spesifikasi yang unggul dibandingkan merek lain di kisaran harga yang sama mungkin jadi alasan utamanya.

Untuk mengetahui IMEI pada HP Xiaomi sangatlah mudah. IMEI sendiri  merupakan kepanjangan dari International Mobile Equipment Identity yang terdiri dari barisan angka untuk mengetahui informasi lengkap mengenai ponsel, mulai dari model, merek, serial number, tahun pembuatan, dan sebagainya. 

Semua ponsel baik yang biasa atau smartphone memiliki IMEI. Sebab, IMEI layaknya identitas dari sebuah perangkat ponsel. Masing-masing ponsel mempunyai nomor IMEI yang berbeda-beda termasuk pada Xiaomi.

Terkait:  Cara Cek Garansi Vivo (4 Metode) Cepat dan Simpel

Nomor IMEI juga digunakan sebagai fungsi dasar untuk mengecek garansi resmi. Sedangkan setiap ponsel Xiaomi mempunyai 14 sampai 15 digit IMEI. Selain itu, perlu diketahui bahwa ponsel yang dibekali dengan fitur dual SIM Card, memiliki dua IMEI Xiaomi.

IMEI ini nantinya yang akan digunakan oleh operator seluler dalam mengenali perangkat yang terhubung ke jaringannya. Nomor IMEI dapat dicek melalui laman imei.kemenperin.go.id. Apabila muncul kalimat IMEI terdaftar di database Kemenperin, artiya Hp XIaomi milikmu didistribusikan secara legal.

Namun, jika tidak muncul informasi apapun di laman Kemenperin maka ponsel milikmu bisa jadi didistribusikan secara tidak resmi di Indonesia atau merupakan perangkat BM (black market). Adanya nomor IMEI bisa mencegah berbagai hal seperti penjualan ilegal, penyelundupan barang, dan sebagainya.

IMEI juga dijadikan salah satu cara untuk memeriksa apakah perangkat tersebut asli atau KW. Cara cek IMEI penting sekali diketahui untuk memeriksa keaslian sebuah perangkat.

Ada beberapa cara untuk bisa mengetahui nomor IMEI Xiaomi. Cara yang paling mudah adalah dengan melihat kemasan box saat membelinya. Namun, ada beberapa kasus bahwa nomor IMEI yang tertera pada box tidak sama dengan yang ada dalam ponsel. Hal tersebut kemungkinan karena ponsel sudah mengalami perbaikan dan rekondisi sehingga kemasan box telah diganti.

Kamu tidak perlu khawatir karena tetap bisa mengetahui berapa nomor IMEI meskipun box sudha bukan yang asli ataupun sebaliknya.

Lalu, bagaimana cara mengecek IMEI Xiaomi dengan mudah?

Cara Mengecek IMEI Xiaomi Lewat Pengaturan

Cara yang pertama ini sangat mudah dan bisa digunakan untuk versi MIUI 7 sampai 11, yaitu melalui menu pengaturan.

  • Buka menu Setelan/ Settings
  • Pilih opsi Tentang ponsel, Keseluruhan Spesifikasi, lalu klik Status.
  • Kemudian, klik opsi Informasi IMEI.
Terkait:  Cara Cek Promo Telkomsel dengan Benar dan Praktis
Cara Cek IMEI Xiaomi
Cara Cek IMEI Xiaomi

Cara Mengecek IMEI dari Kardus HP

Cara lain yang tak kalah mudah adalah melihatnya dari kardus kemasan HP Xiaomi seperti yang sebelumnya telah disinggung. Untuk mengetahui IMEI XIaomi lewat kardus adalah dengan melihat pada kemasan belakang. Di sana tertera informasi IMEI Xiaomi pada bagian bawah. Akan tetapi, cara ini tentunya tidak bisa digunakan jika kamu membeli HP Xiaomi second tanpa kardus atau HP rekondisi.

Cara Cek IMEI di Body HP Xiaomi

Selain lewat dus kemasan, kamu juga bisa mengetahui IMEI di bagian body HP Xiaomi. Cara ini sangat praktis karena kamu hanya perlu melihat stiker yang tertempel di body HP. Di sana, tertera informasi IMEI Xiaomi dengan jelas terutama jika ponsel masih dalam kondisi baru.

Sayangnya, cara ini tidak efektif jika ponsel sudah digunakan cukup lama. Pasalnya, informasi IMEI yang menempel pada stiker a di belakang HP akan memudar seiring berjalannya waktu.

Cara Cek IMEI Xiaomi Melalui USSD

Kamu juga bisa mengecek IMEI XIaomi melalui kode dial up. Caranya dengan membuka menu telepon di HP. Selanjutnya, ketik kode *#06#. Akan muncul jendela khusus yang memuat informasi IMEI dari SIM1 dan SIM2.

Cara Cek IMEI Xiaomi
Cara Cek IMEI Xiaomi

Cara Mengecek IMEI Xiaomi Menggunakan Mode Penguji Jaringan

Selain kode khusus seperti cara sebelumnya, kamu juga bisa mengecek IMEI dengan memanfaatkan mode penguji jaringan. Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu telepon, lalu ketikkan kode *#*#4636#*#*.
  • Selanjutnya, klik Phone information 1 untuk mengecek IMEI dari SIM 1 dan klik Phone information 2 untuk melihat IMEI SIM 2.
  • Informasi IMEI biasanya terletak di bagian atas.

Mode penguji satu ini juga umum digunakan untuk mengunci jaringan HP yang sedang digunakan. Namun, tidak semua perangkat Xiaomi bisa menggunakan cara tersebut, hanya beberapa model saja.

Terkait:  Cara Cek IMEI Android

Beberapa model Xiaomi ada yang tidak dapat diakses karena dikunci sehingga tidak dapat mengaplikasi mode penguji jaringan ini. Meski demikian, masih banyak cara cek IMEI yang dapat kamu coba.

Cara Mengecek IMEI Xiaomi dari Mode Engineer atau CIT

Cara selanjutnya yang juga bisa kamu coba lakukan untuk memeriksa IMEI Xiaomi adalah melalui CIT atau mode engineer.

  • Buka HP Xiaomi, lalu buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Klik menu Tentang Ponsel, lalu ketuk 5x pada opsi Versi Kernel.
  • Kemudian muncul tampilan Engineering Mode, dan kamu dapat melihat IMEI pada bagian menu SW dan HW version.

Cara Mengecek Keaslian IMEI Xiaomi

Setelah mengetahui IMEI Xiaomi, kamu bisa mengecek apakah nomor IMEI tersebut asli atau palsu. Untuk mengetahui keaslian IMEI pada HP Xiaomi bisa dilakukan melalui situs resminya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut, antara lain:

  • Kunjungi alamat situs https://www.mi.com/global/verify/#/en/tab/imei pada browser.
  • Selanjutnya, masukkan IMEI Xiaomi dan kode verifikasi, lalu klik Verify.
  • Informasi selengkapnya mengenai keaslian IMEI dan spesifikasi khusus akan langsung ditampilkan jka IMEI Xiaomi asli.

Kamu juga bisa mengecek informasi IMEI Xiaomi dan merek lainnya melalui laman https://www.imei.info. Semua informasi mengenai HP akan dimunculkan oleh situs tersebut, mulai dari model,  tahun pembuatan, tipe, hingga spesifikasinya.

Cara Cek IMEI Xiaomi Online

JIka sebelumnya adalah mengecek keaslian IMEI, cara selanjutnya ini digunakan untuk mengetahui apakah IMEI tersebut sudah terdaftar resmi di Kementerian dan Perindustrian Indonesia atau belum. Kamu bisa mengeceknya secara online di laman Kemenperin.

Lewat situs ini, pengguna HP Xiaomi atau merek ponsel apapun dapat mengetahui informasi lengkap tentang HP termasuk sudaH terdaftar di Kemenperin atau tidak. Lebih lanjut, berikut langkah-langkah selengkapnya:

  • Kunjungi laman resmi Kemenperin https://imei.kemenperin.go.id.
  • Selanjutnya, masukkan IMEI XIaomi dan tekan ikon search di sampingnya.
  • Apabila IMEI telah terdaftar akan muncul kalimat yang menyebutkan bahwa IMEI sudah terdaftar di database Kemenperin.

Demikian 8 cara mengecek IMEI Xiaomi apakah asli atau palsu. Semoga membantu!

Related posts