Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh

Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh
Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh

Cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh memang menjadi salah satu cara yang cukup banyak di cari para pengguna ponsel ketika baterai ponsel mereka tidak kunjungi sampai di angka 100 pada saat mode charging. Biasanya, hal ini sendiri bisa disebabkan oleh kerusakan pada baterai, ataupun memang terjadi error pada charger yang digunakan. Namun kendati demikian, kondisi baterai yang tidak bisa penuh ini memang menjadi masalah yang cukup menyebalkan untuk para pengguna ponsel. Terlebih lagi, jika mereka sudah melakukan pengisian daya dengan waktu yang cukup lama.

Untuk itu tak jarang dari pengguna ponsel memilih untuk melakukan pengecekan dengan cara membawa ponsel mereka ke tukang service atau konter yang mana pada akhirnya membuat mereka harus mengeluarkan uang untuk biaya servis yang dilakukan. Padahal, jika hal ini terjadi kamu masih bisa mengatasi ataupun mencari penyebab dari bagaimana ponsel kamu tidak dapat penuh ketika di charge.

Read More

Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh

Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh
Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh

Dan tentu saja, untuk cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh ini kamu bisa menggunakan beberapa metode mudah yang sudah mimin rangkum untuk menjadi referensi bagi kamu yang mengalami masalah yang sama, dan untuk caranya sendiri bisa kamu ikuti seperti berikut.

Terkait:  Cara Mengatasi HP Ngehang Baterai Tanam (3 Langkah) Simpel

Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh lewat Aplikasi Ampere

Langkah pertama adalah kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi yang bernama Ampere. Sedikit penjelasan tentang aplikasi Ampere, aplikasi ini merupakan aplikasi yang memiliki fitur untuk membaca ataupun melakukan diagnosa pada ponsel dalam urusan charging. Selain itu, kamu juga bisa mendeteksi apakah ada kerusakan pada baterai ponsel yang kamu miliki, dengan cara

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Ampere di Google Play Store
  2. Kemudian kamu bisa menginstall aplikasinya seperti biasa hingga selesai
  3. Jika sudah, silakan buka aplikasi ampere, dan berikan perizinan yang muncul
  4. Setelahnya, kamu bisa menghubungkan ponsel dengan Charger sembari membuka aplikasi Ampere
  5. Di aplikasi Ampere nanti akan muncul keterangan untuk charging yang mana menampilkan daya baterai, dan juga daya charging

Dari hasil diagnosis ini nantinya kamu bisa mengetahui apakah terjadi kerusakan pada baterai hp yang kamu gunakan, ataupun terjadi error pada charger yang kamu miliki. Kamu bisa mencoba untuk mengganti charger yang lain, ataupun membeli baterai lain untuk mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh lewat Pengecekan Fisik

Kemudian untuk cara yang kedua adalah kamu bisa melakukan pengecekan fisik pada baterai yang kamu miliki. Biasanya, hal ini bisa terlihat dari bagaimana posisi backdoor dari ponsel yang mulai tak simetris atau rata. Biasanya, hal ini disebabkan karena memang baterainya sudah kembung dan sulit untuk penuh ketika di charge.

Untuk cara pengecekannya juga mudah

  1. Buka penutup belakang hp atau backdoor di ponsel kamu
  2. Setelah itu, lepas baterai yang ada di hp dan periksa kondisinya
  3. Jika kamu menggunakan ponsel atau hp yang sudah menggunakan baterai tanam, kamu bisa melepas socket baterainya.
Terkait:  5 Cara Bajak WhatsApp dengan Mudah & Benar💚

Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa mendeteksi apakah ada kerusakan pada baterai seperti kembung atau bocor, dan lain sebagainya. Namun, mimin sangat menyarankan kamu untuk mengerti dulu soal cara membuka backdoor pada ponsel terlebih yang menggunakan baterai tanam.

Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh lewat Kernel Custom

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu juga bisa kok melakukan penggantian pada custom kernel atau kernel dari ponsel bawaan kalian masing-masing.

Cara ini memang sering digunakan mereka yang memang sudah melakukan tweaking dengan cara di root ataupun menginstall TWRP dan juga menggunakan custom ROM.

Dan caranya juga mudah banget kok

  1. Silakan download terlebih dahulu custom kernel yang memang sesuai dengan ponsel kalian masing-masing
  2. Setelah itu, kamu bisa masuk ke mode TWRP dengan cara mematikan ponsel, dan menyalakan kembali ponsel dengan menekan tombol kombinasi berupa tombol power + volume up secara bersamaan
  3. Jika sudah, di menu TWRP nanti kamu bisa pilih pada menu Install dan pilih file custom kernel yang biasanya berformat .zip
  4. Langkah terakhir, tunggu sampai proses installasinya selesai dan kamu bisa langsung melakukan swipe to install dan kemudian melakukan reboot to system

Sedikit informasi untuk menggunakan cara ini, kembali lagi mimin ingatkan jika ini hanya berlaku untuk pengguna yang sudah melakukan root saja.

Karena memang ada beberapa jenis ROM ataupun Custom ROM yang tidak cocok dengan kernel bawan dari ponsel mereka, sehingga harus mengganti kernel yang ada, dengan custom kernel.

Selain itu, pemilihan custom kernel juga harus sangat diperhatikan karena memang jika custom kernel yang digunakan tidak cocok atau tidak support, maka kemungkinan ponselmu akan mengalami bootloop.

Terkait:  Cara Cek Memori Hp Samsung

Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh lewat Pengecekan Charger

Dan untuk langkah terakhir adalah kamu bisa melakukan pengecekan pada charger yang kamu gunakan. Memang, hal ini terdengar biasa atau sudah sering disarankan beberapa orang ketika mereka mengalami masalah pada pengisian daya atau charging yang tak kunjung penuh.

Tapi memang hal ini masih menjadi pengaruh besar dari bagaimana sebuah hp bisa mendapatkan pengisian daya yang maksimal hingga penuh dan berada di angka 100%.

Untuk itu, langkah pengecekan yang bisa kamu lakukan juga mudah banget kok

  1. Siapkan 2 charger berbeda sesuai dengan port atau socket charger ponsel kalian
  2. Setelah itu hubungkan charger pertama ke ponsel, dan lihat keterangan di bagian layar
  3. Apabila di charger pertama bertuliskan “pengisian daya dengan cepat” maka kemungkinan charger tersebut original dan bisa kamu gunakan
  4. Jika di charger kedua justru bertuliskan “pengisian daya lebih lambat” maka bisa jadi charger yang kamu gunakan belum support dengan fast charging, atau memiliki daya ampere yang di bawah rata-rata.

Untuk itu, peting untuk diperhatikan jika penggunaan charger yang sembarangan akan menyebabkan kerusakan pada baterai, dan yang paling sering terjadi ialah pengisian daya tak kunjung penuh walaupun sudah di charge seharian.

Maka dari itu untuk mengatasi masalah ini kamu bisa mengecek terlebih dahulu apakah charger yang kamu gunakan memang sesuai dengan daya baterai ponselmu, dan memiliki ampere yang cukup untuk melakukan charge sampai penuh.

Selain daripada beberapa cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh di atas tadi, tentu ada bebeapa hal yang harus kamu lakukan untuk mencegah kerusakan pada baterai hp, salah satunya adalah dengan tidak memainkan hp saat di charge, dan tidak mencharga ponsel terlalu lama (dari tidur hinga bantun tidur) dan tidak menggunakan charger yang memang sesuai dengan tipe dari hp kalian.

Sekian informasi yang bisa mimin bagikan, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu, semoga bermanfaat.

Related posts