Cara Daftar Internet Banking BNI

Saturday, February 22nd, 2020 - Aktivasi, BNI, Daftar
Bagikan Ke:

Bagaimana cara daftar internet banking bni online tanpa ke atm ataupun lewat hp android? Setiap orang di zaman yang serba instan ini, tentu membutuhkan yang namanya fleksibilitas. Hal ini juga berlaku pada aktivitas perbankan, dimana dengan fleksibilitas layanan perbankan bisa mempermudah nasabah untuk melakukan segala aktivitas finansial mereka.

Tidak terkecuali bagi bank BNI yang juga meluncurkan layanan Internet Banking untuk menunjang aktivitas perbankan para nasabahnya.

Cara daftar Internet Banking BNI sendiri sebenarnya sangat mudah. Jika Anda sudah mendaftarkan akun IB BNI, tentu saja Anda bisa melakukan berbagai aktivitas perbankan yang bersifat non tunai layaknya di mesin ATM. Hanya saja perbedaannya, jika di ATM Anda bisa melakukan Tarik tunai.

Apa Itu User ID di BNI?

User ID adalah serangkaian identitas pemilik atau nasabah pengguna bank BNI, yang biasanya dipergunakan untuk mengakses layanan Internet Banking BNI. Dengan kata lain, Anda sebagai nasabah BNI akan mendapatkan User ID yang nantinya akan dipakai untuk bisa menjalankan aplikasi atau layanan Internet Banking.

Bagaimana Cara Mendapatkan User ID?

Untuk mendapatkan user ID ini, Anda harus melakukan registrasi layanan Internet Banking BNI terlebih dahulu, baik di ATM maupun ke kantor cabang BNI terdekat. Namun pastikan Anda sudah memiliki aplikasi BNI Internet Banking di layar ponsel, dengan cara mengunduhnya di Play Store dan gunakan aplikasi ini saat melengkapi aktivasi IB BNI.

Apakah Daftar M Banking BNI Harus Ke Bank?

Cara daftar internet banking BNI atau m-banking sendiri tidak harus pergi ke bank, ini berlaku untuk registrasi awal. Dengan cara membawa kartu ATM dan masukkan kartu ATM di mesin ATM BNI lalu pilih opsi e-Channel dan pilih opsi BNI Internet Banking. Selanjutnya, Anda akan memperoleh PIN registrasi BNI Internet Banking. PIN inilah yang nantinya dipakai untuk pendaftaran sekaligus aktivasi di web. Anda bisa memasukkan PIN registrasi IB BNI sebagai konfirmasi.

Terkait:  Cara Daftar SMS Banking BNI

Ketika proses cara daftar internet banking BNI selsai, selanjutnya Anda akan memperoleh struk berisi 6-8 karakter kode layanan BNI Internet Banking, dimana kemudian bisa Anda pakai untuk proses aktivasi. Untuk lebih jelasnya akan kita jabarkan pada paragraf berikut.

Cara Daftar Internet Banking BNI

Sebelum dapat langsung menggunakan layanan internet banking BNI, kita harus melakukan pendaftaran atau registrasi terlebih dahulu. Dalam tahapan registrasinya pun ada dua metode yang dapat dipilih, yakni melalui ATM BNI atau dengan datang langsung ke kantor cabang BNI terdekat.

1. Daftar Lewat Kantor Cabang

Nah, langkah awal yang tergolong mudah untuk dilakukan adalah melakukan pendaftaran atau registrasi layanan internet banking BNI melalui kantor cabang terdekat. Namun ada beberapa persyaratan yang harus dibawa yaitu nomor handphone yang diletakkan di SIM 1 dan punya email terbaru yang aktif.

Adapun langkah-langkah registrasinya :

  • Kunjungi dan masuklah ke kantor cabang BNI terdekat dari lokasimu saat ini.
  • Ambil nomor antrian, jika ditanyai petugas sampaikan keperluanmu untuk mendaftar layanan internet banking BNI.
  • Setelah antrianmu dipanggil, customer service akan menyapamu terlebih dahulu hingga selanjutnya akan dibantu untuk registrasi internet banking BNI.
  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih metode otorisasi transaksi. Jika kamu tidak ada preferensi, maka kamu akan dihubungkan dengan BNI m-Secure.
    Artinya, setiap akan melakukan transaksi finansial BNI Internet Banking, kamu bakalan mendapat PIN dinamis dari aplikasi BNI m-Secure sebagai alat otorisasi. Dilain sisi, jika kamu memilih metode otorisasi BNI e-Secure, maka kamu akan diberi token.
  • Nah, setelah registrasi layanan iBanking BNI selesai. Kamu akan mendapatkan user id beserta PIN yang dapat digunakan untuk masuk ke layanan Internet Banking BNI dan melakukan aktivasi.

2. Daftar Lewat ATM

Metode kedua yang dapat dipakai untuk melakukan registrasi atau daftar Internet Banking BNI adalah dengan mendatangi ATM BNI terdekat. Dalam hal ini, kita bisa melakukan registrasi dan aktivasi sendiri layanan Internet Banking BNI tanpa bantuan siapapun. Langkahnya:

  • Datang dan kunjungi ATM BNI terdekat dari lokasimu saat ini.
  • Setelah masuk ke ATM BNI, masukkan kartu ATM BNI kamu dilanjutkan dengan input PIN ATM.
  • Di menu utama ATM BNI, tekan menu “Registrasi e-Channel”.
  • Pilih “BNI Internet Banking”.
  • Buat sendiri nomor PIN (6 digit) kamu.
  • Setelah berhasil melakukan registrasi di BNI ATM, kamu akan mendapatkan struk registrasi dari BNI ATM berisi user id dan password.
Terkait:  Cara Daftar Paket Smartfren

Setelah mendapatkan user id dan password, selanjutnya yang harus dilakukan adalah proses aktivasi layanan internet banking BNI. Caranya pun cukup mudah lho!

Cara Aktivasi Internet Banking BNI

Meskipun telah melakukan pendaftaran atau registrasi Internet Banking BNI melalui ATM atau customer service Bank BNI, Tetap saja kita masih diharuskan melakukan aktivasi layanan iBanking BNI melalui website. Tenang, caranya mudah kok! Baca poin-poin berikut ini:

  • Buka browser kesukaanmu yang sering kamu pakai.
  • Langsung saja masuk ke website BNI untuk aktivasi layanan i-banking disini: https://ibank.bni.co.id
  • Isikan semua kolom dengan benar mulai dari Kode Aplikasi yang tertera di struk ATM, Verifikasi, dan PIN Registrasi yang diinput di ATM.
  • Jika semua sudah terisi, klik Cari.
  • Setelah itu kamu diminta memasukkan nomor ponsel yang terdaftar di BNI untuk selanjutnya dilakukan proses verifikasi.
  • Cek SMS (pesan masuk) dari BNI yang berisi kode One Time Password (OTP).
  • Masukkan kode OTP di website. Harap diperhatikan: Jangan sampai salah memasukkan kode OTP agar proses aktivasi tidak dihentikan mendadak dan tetap dapat berlanjut.
  • Kemudian, kamu akan diminta memasukkan password baru dua kali.
  • Setelah input password selesai, kamu akan diberikan User ID, nomor ponsel, dan alamat email yang tersimpan di data BNI. Jika tidak sesuai, kamu bisa melakukan pembaruan lewat BNI Internet Banking.
  • Selanjutnya kamu juga akan diberikan pilihan apakah Anda ingin menggunakan mobile browser (jika Anda tidak melakukan aktivasi lewat PC). Hilangkan centang pada pilihan mobile browser jika tidak setuju. Klik tombol “Proses” untuk menyelesaikan proses aktivasi.
  • Saat pertama kali melakukan aktivasi iBanking, secara otomatis kamu akan dihubungkan dengan BNI m-Secure untuk otorisasi finansial. Apabila kamu tidak setuju dengan metode otorisasi tersebut, kamu bisa datang ke kantor cabang BNI terdekat untuk mengubah pilihan metode otoritas.
Terkait:  Cara Daftar Internet Banking BRI

Proses daftar internet banking BNI beserta aktivasi telah selesai. Selanjutnya kita dapat langsung menggunakannya untuk bertransaksi. Jika mungkin membutuhkan token untuk keamanan tambahan, bisa mendapatkannya di kantor cabang bank BNI terdekat.

Manfaat dan Keunggulan BNI Internet Banking

  1. Bisa diakses melalui PC/Laptop dan Handphone/Smartphone di https://ibank.bni.co.id atau akses website BNI (www.bni.co.id) dan pilih menu Login.
  2. Dapat melakukan transaksi transfer dana dengan limit transaksi hingga 1 milyar dalam 1 hari, multi transfer, transfer terjadwal & transfer berulang.
  3. Dapat melakukan pembukaan rekening (Taplus, Deposito & Tapenas), pemblokiran Kartu Debit BNI, pembaharuan setoran bulanan/jangka waktu Tapenas, dan pencairan Deposito.
  4. Ada link transaksi favorit, informasi kalender transaksi terjadwal, nilai tukar valas, dll.
  5. Memiliki 2 alat otorisasi transaksi finansial yaitu BNI e-Secure atau BNI m-Secure.
  6. Menggunakan 3 otorisasi saat melakukan login ke BNI Internet Banking yaitu, USER ID, Password dan Captcha serta telah memiliki virtual keyboard untuk menghindari praktik keylogger.
  7. Dapat digunakan untuk perencanaan keuangan sekaligus memantau perkembangannya.
  8. Bisa dipakai untuk memantau grafik cash flow, realisasi anggaran dari pos-pos pengeluaran, dan komposisi nominal berbagai pos pengeluaran dan pemasukan.
  9. Dapat melakukan transfer rekening BNI antar mata uang yang sama maupun dari USD/SGD ke IDR.
  10. Notifikasi transaksi dapat berupa email dan SMS

Demikianlah ulasan mengenai beragam cara daftar internet banking BNI beserta langkah aktivasi yang mudah dilakukan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman kamu yang ingin mendaftar layanan internet banking BNI ya slur! 😉 Terimakasih

Apa Pendapatmu?
Latest posts by Myta Mellinda (see all)
Bagikan Ke:
Cara Daftar Internet Banking BNI | Myta Mellinda | 4.5

Tulung ojo di copy ya lur...