Cara Daftar Internet Banking BRI

Friday, February 21st, 2020 - Aktivasi, BRI, Daftar
Bagikan Ke:

Bagaimana cara daftar internet banking bri yang benar? Berikut ini akan diulas mengenai urutan dan langkah-langkah daftar internet banking bri online dengan metode yang mudah dimengerti.

Seperti halnya perusahaan perbankan yang ingin mempermudah para nasabahnya untuk melakukan transaksi, BRI juga menawarkan layanan internet banking yang biasa dikenal sebagai IB BRI. Nasabah dapat bertransaksi dengan mudah tanpa harus pergi ke kantor cabang ataupun ATM, dengan menggunakan fasilitas ini. Selain itu, cara daftar Internet Banking BRI juga cukup mudah.

Fasilitas Internet Banking bagaimanapun lebih banyak dipilih jika dibandingkan dengan layanan Mobile Banking dan SMS banking BRI. Hal ini dikarenakan layanan IB BRI ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, baik menggunakan laptop maupun smartphone. Tanpa harus menggunakan browser, kita cukup mengunduh aplikasinya saja, sehingga bisa lebih menghemat biaya.

Bisakah Daftar Internet Banking BRI Lewat Internet?

Sebenarnya untuk melakukan registrasi IB BRI sendiri tidak bisa langsung dilakukan lewat internet, tapi kita harus pergi ke ATM dan lakukan pendaftaran IB BRI di mesin ATM BRI. Kita juga hanya perlu mempersiapkan SIM atau KTP dan nomor ponsel aktif yang bekerjasama dengan pihak bank BRI, seperti Telkomsel, Tri, XL, Indonesat, dan lain sebagainya.

Bagaimana cara membuat User ID?

Pembuatan User ID untuk akses Internet Banking BRI sendiri dapat dilakukan pada saat kita melakukan registrasi layanan Internet Banking di mesin ATM. Setelah kita mendaftar layanan ini, akan diberikan struk yang berisi User ID yang nantina digunakan untuk menjalankan fasilitas IB BRI.

Apa bedanya mobile banking dan internet banking BRI?

Untuk layanan internet banking BRI sebenarnya bisa diakses lewat website IB BRI, di https://ib.bri.co.id, sehingga kita tidak perlu mendownload aplikasi BRI di smartphone. Selain itu, layanan ini juga dapat siakses lewat smartphone ataupun di computer. Kita bisa mendaftarkan layanan IB BRI dan mintakan password beserta User ID.

Sementara perbedaannya dengan BRI mobile ialah, fasilitas M-Banking ini dapat diakses lewat aplikasi BRI yang diinstall di ponsel kita. Mobile Banking sendiri terdiri atas SMS Banking dan m-banking. Sementara fitur yang kita dapatkan dari layanan BRI Mobile itu sendiri sebenarnya hampir sama seperti fitur IB BRI, Kita bisa melakukan cek mutase, cek saldo, pembayaran dan isi ulang.

Terkait:  Cara Daftar SMS Banking Mandiri

Sayangnya ada jenis pembayaran dan isi ulang di m-banking BRI yang tidak selengkap layanan Internet Banking-nya. Misalnya kita tidak dapat melakukan pengisian ulang e-Money via BRI mobile.

Bagaimana Cara Daftar BRI Internet Banking?

Nasabah dapat melakukan pendaftaran awal di mesin ATM BRI. Kemudian ikuti instruksi atau petunjuk yang terdapat dalam menu IB BRI di mesin ATM. Dari situ nasabah mendapatkan panduan untuk pembuatan user ID beserta password sebagai kunci masuk layanan Internet Banking BRI di https://ib.bri.co.id. Jika tahap registrasi pertama sudah selesai, nasabah pun harus pergi ke kantor cabang bank BRI terdekat agar mendapatkan akses MTOKEN.

Cara Daftar Internet Banking BRI

Dalam melakukan registrasi layanan BRI internet banking, ada beberapa tahapan dan persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Persyaratan sebelum mendaftar tersebut dapat berupa berkas-berkas yang sangat penting yang nantinya dipakai untuk mendaftar layanan internet banking BRI.

Syarat Daftar Internet Banking BRI:

  • Buku tabungan BRI (BritAma, BritAma Junio atau Simpedes) yang memiliki kartu ATM BRI dalam status aktif
  • Kartu identitas diri (KTP).
  • Ponsel (android atau iOS) sebagai alat untuk proses verifikasi. Ponsel harus menggunakan SIM Card operator yang telah bekerja sama dengan BRI, diantaranya yakni Telkomsel, Indosat, XL, Telkom Flexy, Bakrie Telecom, dan Mobile-8.
  • Email aktif untuk menerima email notifikasi Internet Banking BRI.

Setelah semua syarat telah disiapkan, tiba saatnya kita untuk melakukan pendaftaran layanan i-banking BRI. Cara melakukan registrasi sangat mudah bisa mendatangi kantor cabang BRI terdekat, atau bisa juga daftar internet banking BRI tanpa ke bank.

Daftar Internet Banking BRI Melalui Kantor Cabang BRI

Langkah awal yang juga menjadi tahapan untuk melakukan pendaftaran/registrasi layanan BRI internet banking adalah dengan mendatangi kantor cabang atau pusat BRI terdekat. Jangan lupa untuk membawa semua persyaratan untuk daftar layanan internet banking BRI yang disebutkan diatas. Setelah semua berkas persyaratan dibawa, maka lakukan langkah berikut.

  • Pastikan bawa semua persyaratan untuk daftar i-banking BRI.
  • Datangi kantor cabang atau pusat BRI terdekat dari lokasi kamu saat ini.
  • Masuklah dan ambil nomor antrian.
  • Kamu akan diberikan formulir pendaftaran yang harus di isi.
  • Sembari menunggu antrian, isilah form pendaftaran tersebut dengan benar.
  • Setelah antrianmu dipanggil, berikan formulir pendaftaran tersebut kepada customer service sekaligus sampaikan keperluanmu untuk mendaftar layanan i-banking BRI.
  • Customer service akan membantumu mendaftar i-banking BRI hingga selesai.
  • Ikuti saja semua arahan yang diberikan.
  • Selesai.
Terkait:  Cara Daftar Internet Banking BRI Tanpa Ke Bank

Daftar Internet Banking BRI Melalui ATM

Masih tahap pendaftaran, jika kita tak punya banyak waktu untuk mendaftar i-banking BRI di bank, maka metode alternatif yang dapat dilakukan yakni melakukan registrasi via ATM BRI. Adapun langkah-langkahnya seperti ini:

  • Datangi ATM BRI terdekat dari lokasimu.
  • Masukkan ATM BRI kamu dilanjutkan dengan input PIN ATM.
  • Pilih dan Tekan menu Lainnya.
  • Pilih Internet Banking.
  • Kamu akan dimintai memasukkan password untuk akun internet banking BRI.
  • Masukkan ulang password yang sama untuk konfirmasi.
  • Kamu akan mendapatkan User ID internet banking.
  • Selesai dan kamu akan dapat struk yang isinya user id beserta password untuk akun internet banking BRI.

Meskipun telah melakukan pendaftaran lewat ATM, tetap saja kita diharuskan untuk ke bank dengan keperluan verifikasi ataupun aktivasi, serta mendapatkan m-Token sebagai pengaman tambahan yang dapat dipakai untuk bertransaksi.

Daftar Internet Banking BRI Melalui HP Android

Bagi pengguna ponsel pintar android atau iOS, bisa juga melakukan pendaftaran layanan iBanking BRI menggunakan HP android atau iPhone. Caranya, telah kami bahas di lain artikel dengan judul Cara Daftar Internet Banking BRI Lewat HP Android.

Cara Aktivasi Internet Banking BRI

Nah selanjutnya, setelah melakukan pendaftaran kita diharuskan untuk aktivasi layanan iBanking BRI agar langsung dapat digunakan. Cara aktivasinya pun sangat mudah, yaitu dengan langkah berikut.

  • Buka saja website BRI internet banking di https://ib.bri.co.id menggunakan browser kesukaanmu.
  • Masukkan User ID dan password, serta kode captca untuk validasi. (User ID dan Password yang telah kamu dapatkan usai mendaftar tadi)
  • Masuklah ke halaman syarat dan ketentuan, dilanjutkan dengan klik “Setuju”.
  • Lalu, kamu akan diminta ubah password akun Internet Banking BRI dan masukkan email aktif.
  • Selesai. Akun Internet Banking BRI kamu sudah dapat digunakan.
Terkait:  Cara Daftar Internet Banking BRI Lewat HP Android

Aktivasi m-Token BRI

Tahapan akhir yang dapat mendukung segala transaksi perbankan, harus dilakukan aktivasi mToken BRI dimana fungsinya adalah mendukung segala jenis transaksi baik transfer maupun pembelian pulsa ecommerce. MToken BRi juga nantinya berfungsi sebagai pengaman tambahan yang dibutuhkan pada setiap transaksi keuangan (transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian), ubah password, dan ubah alamat email.

Usai melakukan tahapan registrasi atau pendaftaran internet banking BRI, sekarang kamu bisa langsung meminta CS BRI untuk aktivasi mToken. Tentu saja, kamu harus melengkapi dan menandatangani formulir permohonan aktivasi mToken. Dan untuk mendapatkan mToken biasanya dikenai biaya tambahan berkisar Rp. 20.000.

Selesai sudah ulasan mengenai cara daftar internet banking bri dengan metode yang mudah dan benar. Selanjutnya kamu bisa bagikan artikel ini kepada teman-teman agar mereka semakin mudah melakukan transasi i-banking BRI.

Apa Pendapatmu?

Topik Terkait:

  • bagaimana cara membuat user id untuk internet banking bri?
Latest posts by Myta Mellinda (see all)
Bagikan Ke:
Cara Daftar Internet Banking BRI | Myta Mellinda | 4.5

Tulung ojo di copy ya lur...